Jangan Lupa Pakai Helm!

img_1021Jakarta, 13 Januari 2011. Masih pentingkah naik motor pakai helm? UULAJ 22/2009 sudah mengatur tentang sanksi jika pengendara sepeda motor tidak pakai helm. Namun sayang, ternyata di jalan umum masih banyak ditemui warga masyarakat yang naik sepeda motor tidak peduli soal pentingnya penggunaan helm.  Apa sih susahnya pakai helm?

Bisakah helm dijadikan sebuah kebiasaan? Apakah masyarakat kita tidak punya keterampilan pakai helm? Menurut pendapat SL.com, sebenarnya kasus ini bukannya warga masyarakat yang ngga paham soal pakai helm, atau ngga paham soal aturan, tetapi karena lebih kepada tidak punya kesadaran, atau lebih tepat tidak punya “attitude” atau “sikap hati” yang peduli soal pentingnya keselamatan.

Bicara soal teori, kakek-nenek moyang juga tau betapa pentingnya pakai helm, dan masalahnya bukan karena takut sama peraturan. Hanya saja, masyarakat kita sendiri yang tidak punya “attidute” yang benar. Namun demikian, seburuk-buruknya “attitude” dari warga masyarakat tetap saja kita harus saling peduli untuk berbagi. Ya, setidaknya kita mau saling mengingatkan saja sudah bagus. Apalagi kalau kita mau bikin gerakan positif kampanye pakai helm.

Seandainya kita sibuk, paling tidak kita mau ikut mendukung dan respek dari setiap usaha yang dijalankan oleh setiap anak klub & komunitas motor, maupun perusahaan yang sudah turun tangan memberikan dorongan, arahan, sekaligus mengingatkan kepada warga masyarakat agar paham soal safety riding (aman bekendara). Dengan bersikap respek saja, hal ini sudah bagus untuk memberikan dukungan bagaimana pentingnya pakai helm.

Foto-foto di halaman ini bisa dijadikan contoh, bagaimana usaha dari PT Astra Honda Motor (AHM), bersama klub & komunitas motor Honda Jawa Barat, serta pabrikan Helm NHK  mau bergandengan tangan untuk terus meng-kapanyekan tentang perlunya pakai helm. Acara ini terekam dalam event “Honda Biker Day 2010” di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor Sumedang, Jawa Barat pada hari Minggu, 12 Desember 2010.

Mari, kita sama-sama tunjukkan kepedulian kita kepada warga masyarakat untuk selalu pakai helm saat berkendara sepeda motor! Paling mudah kita mulai dari rumah, mengingatkan kepada adik-kakak, om-tante, bibi-paman, bapak-ibu, sanak bersaudara dan semua orang yang kita kenal disekitar kita. Cukup gunakan kalimat pendek ini: Jangan lupa pakai helm!

ALBUM PHOTO

7 thoughts on “Jangan Lupa Pakai Helm!

  1. mgkn masyarakat memang blm mempunyai kesadaran akan pentingnya helm, krn biasanya masyarakat memakai helm krn takut kena tilang ama pak polisi, padahal klo masyakat sadar, bahwa helm sangatlah penting dlm berkendara. so…bwt para ATPM, Bikers, & pabrikan helm jgn bosan2 utk meng-kampanye-kan pentingnya helm & safety riding.

    • Pakai helm karena takut ama polisi, koq bukan takut karena accident ya? Nah, yg beginian kita perlu rajin2 sosialisasi agar masyarakat semakin sadar.

  2. emang harus sring2 disosialisasikan nie btapa pntingnya gunakan helm kan demi keamanan dri sndri jga saat mngendarai sepeda motor…gerakan HONDA n NHK bgus bnget nie n ptut d cntoh ma perusahaan2 yg lain.

  3. emang perlu sring2 disosialisasikan nie gunakan hlm saat mengendarai mtr biar masyakarat sdar n peduli dmi keamanan dan kselamatan mereka jga dlam berkendara…gerakan HONDA n NHK bgus bnget nie n patut d cntoh ma company2 yang lain.

  4. Kesadaran pemakain Helm ,memang harus ditingkatkan dan terus terus disosialisasikan, baik oleh Pemerintah, KEPOLISIAN, pabrikan, Perusahaan Hel. Para Bikers. Untuk Perusahaan helm tetap ciptakan Helm-Helm yang Gaul, karna dengan begitu, anak-anak muda Indonesia ( Pengguna Sepeda Motor Terbesar di Indonesia ) tidak sungkan untuk memakainya, karna ..Gaul gitu lo….

  5. Terima Kasih HONDA,
    Pabrikan Honda ini memang peduli sekali terhadap keselamatan pengguna motor,
    Buktinya Iklan di TV Pabrikan Honda,
    “Jangan Lupa Pakai Helm”
    Ini Iklan yang sangat mendidik sekali,
    Dan acara “Honda Biker Day 2010″,
    Honda mengajarkan kepada Ribuan bikers ttg penting nya Helm,
    semoga hal ini bisa menjadi budaya di para pengemudi roda 2,
    Bravo Honda.

  6. Gemini007 says:

    Setuju banget …

    Pake helm tuh bukan hanya karena takut kena tilang dari Pak Polisi… tetapi sebagai salah satu tindakan buat nge-jaga keselamatan kita, salah satu Safety Riding juga …

    Apalagi buat kita para cewek2,,, jangan gengsi donk utk pake helm !!!

    Lebih sayang mana,, rambut atau nyawa ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *