Tips Memilih Helm Motor Untuk Anak-Anak

image006

Saya pernah membuat thread tentang ‘Ride Safe bersama Boncenger Anak-Anak’ di forum KHTI www.honda-tiger.or.id.

Ketika itu saya tampilkan sebuah foto helm warna putih milik anak saya.

Ada yang menanyakan dimana saya membeli helm tersebut. Helm tersebut waktu itu memang saya beli di Singapore, karena di Indonesia pada saat itu belum ada toko yang menjual helm ukuran kecil yang layak dipakai anak-anak.

Tetapi, baru-baru ini ketika saya mau menjemput anak saya di sekolahnya, saya pernah melihat helm seorang anak kecil dengan merek lokal GM.

Secara kebetulan, pada hari Sabtu pagi kemarin (1/11) saya sedang berada di sekitar Jl. Kebon Jeruk III dan saya bisa manfaatkan melihat dan mencari tau tentang helm yang bisa dipakai untuk anak-anak.

Toko pertama yang dijumpai, Toko Maju Jaya Jl. Kebon Jeruk No. 1E, toko ini menunjukkan ada lima jenis helm untuk anak-anak dengan kualitas yang berbeda. Harga jual antara Rp35 ribu-an sampai Rp200 ribu.

Toko kedua, Seribuk Dolok Jl. Kebon Jeruk III No.6. Toko ini hanya menjual dua jenis helm anak-anak, yaitu merek GM dan KYT.

Setelah memperhatikan dengan seksama, helm anak-anak merek GM model ‘half-face’.

Sedangkan helm anak-anak merek KYT adalah model ‘full-face’ yang lebih cenderung dipakai oleh anak-anak beranjak dewasa atau yang mungkin sudah bisa bawa motor sendiri.

Untuk helm merek KYT jenis ‘full-face’, dijual untuk anak-anak dengan ukuran Xtra Small (XS). Untuk merek KYT ini bisa dijumpai hampir di semua toko helm yang ada di Jl. Kebon Jeruk III.

Namun, selain dari pada Toko Maju Jaya dan Seribu Dolok, merek KYT bisa juga ditemui di Toko Mega Jaya Jl. Kebon Jeruk III No. 21 dan Toko Moto Cheif Jl. Kebon Jeruk III No. 27.

Untuk helm anak-anak merek GM jenis ‘half-face’ tersedia dengan berbagai motif dan harga jualnya sekitar Rp100,000.-

Menurut saya, helm anak-anak yang masih sekolah di TK dan SD, maupun hingga kelas enam SD, rasanya jenis helm ‘half-face’ merek GM ini bisa menjadi pilihan. Karena bentuk ‘half-face’, memiliki busa tebal, ringan, dan harga yang relatif terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

Demikian pula para ABG yang konon punya ukuran kepala kecil, tapi kalau urusan gaya pasti tidak pernah mau ketinggalan. Produsen helm merek GM mengambil celah peluang bisnis ini dengan menawarkan motif-motif yang lucu dan rada genit seperti terlihat pada brosur dibawah ini.

Pada akhirnya, apapun merek dan jenis helm yang mau dipilih, semua tergantung dari pada selera masing-masing orang. Sudah barang tentu masalah anggaran seringkali menjadi pertimbangan.

Tapi, jangan lupa kualitas dan standarisasi harus menjadi perhatian utama.

Nah, bagi mereka yang ingin info secara lengkap mengenai apa-apa saja yang perlu diketahui mengenai seluk-beluk helm, dibawah ini ada tulisan dari Bro Patra yang dikutip dari www.honda-tiger.or.id (sumber tulisan dari sini).

Syarat-syarat Konstruksi Utama HELM sesuai standard DOT

1) Outer shell atau Bagian Terluar

Outer shell biasanya terbuat dari fiberglass, molded plactic atau polycarbonate composite yang berguna untuk melindungi penetrasi ke kepala dari benda keras dan mengurangi impact energy akibat benturan.

2) Impact-Absorbing Liner/Padding atau Permukaan luar helm.

Yang biasanya terbuat dari bahan impact-absoring polystyrene. Bagian ini yang berfungsi meredam atau mengurangi impact dari outer shell ke bagian kepala yang ditimbulkan pada saat benturan.

3) Comfort Linner atau bagian dalam helm

Biasanya terbuat dari ‘Soft Foam’ dan Clotch Layer’ yang akan bersentuhan langsung dengan bagian kepala.

4) ‘Retention System’ atau Tali Pengikat

Tali pengikat ini akan menjaga Helm tetap menempel di kepala pada saat terjadinya benturan. Sehingga proteksi Helm dapat bekerja. Bagian helm lain yang juga cukup penting adalah visor/ kaca pelindung yang berfungsi untuk memberikan proteksi terhadap mata dari penetrasi debu, pasir, kerikil, serangga.

TIPE HELM

FULL FACE: Perlindungan yang diberikan Helm untuk jenis ini adalah seluruh bagian kepala, dari mulai permukaan wajah, seluruh bagian kepala belakang, dagu. Helm full face tidak memberikan proteksi optimal terhadap leher.

HALF FACE (3/4): Perlindungan yang diberikan Helm untuk jenis ini adalah hampir sama dengan helm Full Face, namun untuk tidak memberikan proteksi maksimal untuk bagian wajah dan dagu.
Jika menggunakan helm jenis ini sebaiknya menggunakan Goggles atau kacamata jika helm tersebut tidak dilengkapi kaca pelindung.

TIPS MEMILIH HELM

1) Pilihlah helm yang telah berlabel stiker DOT, dimana maksudnya adalah Helm tersebut telah memenuhi Safety Test Standard yang dilakukan oleh suatu lembaga resmi untuk pengujian Helm.

2) Jangan menggunakan HELM “cetok” karena helm seperti ini tidak akan dapat melindungi kepala pada saat terjadi kecelakaan.

3) Pilihlah kaca pelindung helm yang dapat melindungi mata serta dapat memberikan keleluasaan dalam pandangan.

4) Pilihlah helm yang mempunyai kaca pelindung transparent (tidak berwarna hitam), karena sangat berbahaya bila digunakan pada saat malam hari.

5) Pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala dan nyaman dipakai.

6) Jangan menggunakan helm yang pernah terbentur, karena helm tersebut tidak memiliki perlindungan yang optimal.

7) Masa waktu penggunaan HELM adalah 3 tahun sejak dikeluarkan oleh pabrik, untuk menghindari masa expires pada saat dikeluarkan oleh pabrik dan dipasarkan di toko gunakan helm selama 2 tahun.

Referensi Beberapa Toko Helm di Jl. Kebon Jeruk III, Jakarta Barat

Maju Jaya: Jl. Kebon Jeruk III No. 1E Telp. 92609950/6917929

Seribu Dolok: Jl. Kebon Jeruk III No. 6 Telp. 6244730/6497275

Mega Jaya: Jl. Kebon Jeruk III No. 21 Telp. 6250240/6250241

Moto Chief: Jl. Kebon Jeruk III No. 27 Telp. 62317070/62317171

The End.

12 thoughts on “Tips Memilih Helm Motor Untuk Anak-Anak

  1. Gimana cara merapikan helm merk Caberg yang lapisan luarnya terbalut dari bahan karet? Baret-baret serta tampilannya yang carut-marut benar-benar merusak pemandangan. :)

  2. @akmal
    sudah coba pakai kit black magic?
    kalo ban yang karet beneran saja bisa kelihatan hitam mulus seperti baru
    mungkin helm lapis karet juga bisa begitu.
    cuma jadi agak licin aja… hehe
    tapi ini sekedar nalar lho, bukan pengalaman pribadi
    karena saya ngga punya helm seperti itu.

  3. Terima kasih atas sarannya Bro Stoner, nanti saya coba…

  4. kalo yang buat di semarang, ada gak?

  5. biasanya anak-anak kan suka berkeringat dan bau, trus buat ngilangin baunya tu gimana?

  6. [...] Tips Memilih Helm Motor Untuk Anak-Anak, silahkan link ke sini. [...]

  7. alhamdulillah anak saya sudah terbiasa memakai helm, thanks to dephub atas helm gift acara Global Road Safety.

    related article : http://www.jalanraya.net/index.php?option=com_content&task=view&id=36&Itemid=41

  8. mau nanya nih.ada helm dgn gambar winnie the pooh en hrgnya mahal ga? Tq

  9. mau nanya aja neh, helm gratisan atau sample ada gak ya..???
    gw mau donk..!!!

  10. ada helm gmbr winnie the pooh gag??

    ak pngin bgt nich…

  11. anak saya umur 2,5thn, cocoknya pake helm apa yaa?? trims

  12. Clarisa,
    mahal atau murah sangat relatif, sekitar 150 s/d 200 ribuan, syukur2 masih bisa ditawar.. :-)

Leave a Reply