Honda Racing School: Fokus 4 Sasaran Pembinaan

3 Desember 2010. Masih ingat dengan pembalap MotoGP Honda Repsol Dani Pedrosa yang datang ke Indonesia bulan Juli 2010 yang lalu? Waktu itu Dani Pedrosa memang sengaja datang ke Indonesia untuk memberikan semangat buat para siswa pembalap muda Indonesia yang lagi ikut pendidikan di Honda Racing School (HRS).

Rupanya untuk menyiapkan pembalap masa depan, PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) memberikan komitment dan secara konsisten melanjutkan pendidikan bagi siswa balapnya di Honda Racing School (HRS) dengan fokus utama pada Peningkatan Riding Skill, Fisik, Mental, dan Way of Thinking. Keseriusan AHM di bidang motorsport memang di implementasikan pada tahapan pendidikan yang dikembangkan dalam program HRS.

Setelah memberikan materi riding skill dan melakukan seleksi di tahap I dan II di Sirkuit Sentul International Karting, Jakarta, pembinaan calon pembalap masa depan Honda ini memasuki tahap III yang dilangsungkan di sirkuit PARK Kenjeran, Surabaya pada pekan lalu.  Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM mengatakan pada tahap III HRS ini, pembinaan pembalap difokuskan pada latihan fisik, mental, dan way of thinking.

“Riding skill tetap ada pada tahap ketiga ini, namun secara keseluruhan titik tekannya lebih pada fisik, mental dan way of thinking. Secara keseluruhan, empat hal ini menjadi sasaran pembinaan HRS 2010,” ujarnya.

Noboru Ueda, Instruktur HRS yang juga mentor balap Suzuka Racing School menyatakan empat hal tersebut merupakan kunci kesuksesan seorang pembalap. Dengan riding skill, mental dan fisik serta way of thinking yang bagus, pembalap akan mudah meraih prestasi. “Empat hal ini sangat berkaitan dalam mendukung prestasi pembalap.”

Anggono Iriawan, Manager Safety Riding & Motor Sports Department AHM menambahkan tahap III HRS di Surabaya diikuti oleh 11 siswa, yang merupakan hasil seleksi dari tahap I dan II.  “Pembinaan di Kenjeran PARK Surabaya merupakan tahap lanjut dari rangkaian pembinaan yang dilakukan HRS 2010. Jika pada tahap I ada 20 orang, tahap II berkurang jadi 16 orang, dan pada tahap terakhir ini hanya diikuti 11 orang. Ini merupakan hasil dari seleksi dan analisa perkembangan berbagai aspek di tahap sebelumnya,” paparnya.

Ke-sebelas siswa balap yang dilatih pada tahap III HRS ini adalah Tommy Salim, Gerry Laurent (Surabaya), Rizky Saputra (Subang) dan Andi Faryd (Makassar), Ayatullah M. Ro’jan (Jakarta), Johntra William (Pontianak), Dedi Kurniawan (Karawang), M. Iqsal D.(Bogor), Yogha Dio (Jakarta), Reynaldi Pradhana (Jakarta), Prasetyanto Hitachi (Bandung).

“Sangat senang bisa mendapat ilmu banyak dari Om Nobby (Noboru Ueda). Benar-benar bermanfaat dan langsung dipraktekan,” kata Prasetyanto.

dsc_7061

Dilihat dari grafik catatan waktu yang diraih oleh siswa, pembinaan selama seminggu cukup membuahkan hasil. Kerja keras Noboru Ueda yang dibantu mentor lokal Ahmad Jayadi dan Wawan Hermawan, membuat 11 siswa mampu meraih catatan waktu rata di rentang 43-44 detik di sirkuit tersebut dengan menggunakan motor Honda Blade standar.

“Awalnya masih banyak siswa yang raih 45. Tapi dengan pengetahuan teknik racing line, different point, titik braking, titik rebah, serta teknik buka tutup throttle, yang diperagakan langsung oleh Noboru Ueda, perkembangan anak-anak jadi sangat pesat,” papar Anggono.

Dia menambahkan tahun depan, tahapan dan sirkuit untuk pelaksanaan program HRS ini akan ditambah untuk semakin memantapkan pembinaan terhadap calon pembalap masa depan Honda di Indonesia. “Kami akan konsisten melakukannya karena ini merupakan bagian dari usaha Honda mendidik dan menciptakan pembalap masa depan yang bisa menuju ke jenjang international.”

PHOTO GALLERY

[nggallery id=202]

Please follow and like us:

18 thoughts on “Honda Racing School: Fokus 4 Sasaran Pembinaan

  1. powerpuffgirlz says:

    Dahsyat..Ane yakin di indonesia itu emang banyak banget bibit pembalap dan HOnda sangat brilian dengan memberikan pembinaan..Salut dahhhh

    • Setuju banget bro, Gwa sependapat pasti bakal banyak bibit bibit pembalap..apalagi yg ngajar tuh bisa diliat…siapakah dia (ya jelaslah Gwa hehehehe, Pedrosa langsung) gimana ga pembalap ga mau klo diajarin sm Beliau tuch…..Pokoknya mah salut bwt Honda dua jempol
      :2thumbup

  2. mantaaapp!!!!!!!

    bibit2 buat masa depan

    tx to honda yang udah merhatiin ini…

    bravo one heart!!!

  3. Klo dr awal dah di bri perhatian dan bimbingan yang max, tentunya prestasi pembalap di Indonesia bs terangkat…
    Slama ini kbanyakan bibitny KO duluan krn ga dtp penyaluran bakat…

  4. Pedrosa datang hanya untuk mengajarakan putra2 Indonesia agar bisa menjadi pembalap Moto GP yang hebat…..

    Gua setuju bangetzzzzzzzz…..

    Ini bisa dijadikan motivasi bagi yang akan terjun langsung ke dunia Moto GP….

    Siapa tau aja dari mereka ada yang bisa meneruskan karirnya Pedrosa……

  5. meet_hana says:

    salut buat Honda.. ini nih yang namanya mempedulikan bakat-bakat anak muda.. Selain meningkatkan citra brand, di satu sisi menyentuh dunia pendidikan.. semoga Honda makin aktif bekrontribusi untuk bangsa ini

  6. Good job…I like it…Bukti Honda peduli dengan kemajuan dunia balap Indonesia…Semoga dari HRS ini bisa lahir pembalap2 kelas dunia andalan Indonesia…Bravo Honda

  7. ini bukti Honda care…

    always be One Heart!

  8. bibit2 baru..langsung dibina honda!!!

    mantaaapp!!!

    tx to honda

  9. Siganugaya says:

    mantaapp..

    semoga bibit2 baru membawa kejayaan untuk nama honda

    bravo one heart!!!!!!

  10. Dead Eater says:

    semoga biit2 yang baru ini bisa mengharumkan nama indonesia

    bravo honda!!

  11. semoga dengan ini honda bisa maju dalam bidang race…

    sudah cukup lama para kompetitor bertahta

    saatnya buat honda :iloveindonesia:

  12. Dead Eater says:

    Tommy Salim, Gerry Laurent (Surabaya), Rizky Saputra (Subang) dan Andi Faryd (Makassar), Ayatullah M. Ro’jan (Jakarta), Johntra William (Pontianak), Dedi Kurniawan (Karawang), M. Iqsal D.(Bogor), Yogha Dio (Jakarta), Reynaldi Pradhana (Jakarta), Prasetyanto Hitachi (Bandung).

    bibit2 aru penerus masa depan neh!!! :kr

  13. semoga bibit ini bisa mengunguli pendahulunya yang kurang bersinar…… jangan sampe kurang danakarena ga bisa berprestasi ah….. Garuda di dadaku

  14. yang ce nya di fotonya cakep euy….. hehehehehehehe klo di event 2 gede butuh penyegar kayak gini nih buat penarik kaum adam buat dateng …. tambah lagi foto2 bidadari nya gan… wkwkwkwkkww

  15. honda sangat memperhatikan para penerus kita ini

    salut :peluk

  16. 2 wheelers says:

    Jadilah pembalap sejati dan sportif!

  17. Mudah2an ajah Dani Pedrosa membawa pengaruh yang positif bagi pembalap2 yang sedang berjuang untuk membawa harum bangsa Indonnesia…..

    Salut deh…..

    Jaya terus HONDA di GP 2011….

    :rate :iloveindonesia :mahongintip

Leave a Reply