Tips Bikin Bengkel Jadi Ramai Dikunjungi Konsumen

2 Desember 2010. Anda mau punya bengkel yang cepat laku, rame, ngga sepi order? Salah satu cara adalah membangun kemitraan dengan Pertamina. Caranya? Lihat saja beberapa bengkel yang sudah pakai logo “Pertamina Enduro, Motor Jadi Hero” dan salah satunya adalah Bengkel PMS (Ponorogo Motor Sport) terletak di Jl. Sabar, Cileduk, Jakarta Selatan (foto kiri).

Sebenarnya, unit Pertamina Lubricants sudah lama membuka kesempatan kepada para pemilik bengkel roda dua untuk menjalin kemitraan, dan persyaratannya untuk ikut menjadi Bengkel Pertamina Enduro sangat mudah. Antara lain, punya lokasi bengkel di pinggir jalan raya yang ramai, kemudian memiliki bangunan yang permanen dan mampu menampung minimal  5 unit motor. Selain itu pemilik bengkel bersedia melakukan renovasi bengkel bila diperlukan.

“Keuntungan yang lebih menggiurkan adalah kenaikkan penjualan, order makin ramai, konsumen pun berdatangan, paling tidak bisa naik hingga 50% atau lebih dibanding sebelum bergabung dengan bengkel Enduro,” jelas Retail Marketing Manager Lubricants Business Unit Pertamina, Afandi.

Keuntungan sebesar itu bisa terwujud apabila pengelolaan bengkel Enduro sudah berjalan sesuai dengan sistem yang telah diterapkan dari Pertamina Lubricants. Diantaranya adalah, selalu berpegang pada slogan Enduro 4T, yaitu selalu Tersenyum saat melayani konsumen, Terampil saat menangani kendaraan konsumen, dan Teruji pelumasnya dan Terpercaya pula hasilnya.

Melihat aturan dari Pertamina diatas, maka nggak heran jika sosok melihat Mas Parno (panggilan akrab pemilik bengkel PMS)  yang selalu murah senyum, mau mengerjakan sendiri beberapa motor konsumen, dan berani memberikan rekomendasi soal merek oli Pertamina Enduro yang harus dipakai konsumen. Harus diakui, bahwa ada banyak konsumen yang punya pilihan sendiri tentang merek oli, tapi kalau yang ngasih rekomendasi dari Mas Parno, banyak juga yang nurut.

Menurut info dari Pertamina, setiap pemilik Bengkel Enduro juga mendapatkan keistimewaan, diantaranya akan diikutkan dalam program-program promosi bagi para pelanggan secara periodik dan berkelanjutan. Juga ada program branding outdoor dan indoor yang sesuai dengan standar Pertamina Pelumas, pelatihan mekanik, dan pemberian seragam (wearpack) untuk mekanik dan kasir. Serta support material promosi. Wah.. lumayan tuh.

Nah, bagi mereka yang berminat mau bergabung menjadi Bengkel Enduro, dengan mudah anda hanya kontak nomor Telepon 500-000, dan berlaku untuk di seluruh area di Indonesia. Anda tertarik? Buruan pencet nomor telponnya. Sebagai catatan, bahwa tips ini bukan cara untuk menjadi kaya mendadak, tapi merupakan salah satu cara membangun usaha yang berhasil, karena masih banyak lagi cara-cara yang harus dilakoni oleh sang pemilik bengkel untuk maju dan berhasil. Semoga sukses!

 

14 thoughts on “Tips Bikin Bengkel Jadi Ramai Dikunjungi Konsumen

  1. Good artikel nih…bagi para pengembang usaha perlu dicoba nih, coba liat kutipan di akhir “bahwa tips ini bukan cara untuk menjadi kaya mendadak, tapi merupakan salah satu cara membangun usaha yang berhasil”.
    Pemikiran kaya gini perlu dibudayakan… :peluk

  2. podium….

  3. Betul Betul Betul

    Artikel yang bisa dijadikan bahan masukan kepada para usahawan pemilik bengkel…..

    Bukan pake dukun y tuh bengkel bisa rame, hihihih, tapi yang terpenting adalah pelayanan yang terbaik yg diberikna kpd konsumen……

    Dijamin laris maniezzzz…..

    🙂 🙂 🙂

  4. Intinya semua memang ada pd playanan…
    Jk pd Bengkel enduro konsumen bs mendapatkan playanan lebih dr yang di harapkan, ya bakalan ga muat tuh sama pelanggan,,

  5. Gak jauh2 sama yang namanya pelayanan……

    Mau apapun usahanya, yang paling dibutuhkan konsumen adalah pelayanan yang terbaik…

    USaha ramai dan lancar, anda pun pastinya akan senang….

    Betul kan para usahawan????

    :ngakak :siul :recsel

  6. Lady Biker says:

    Semakin banyak fasilitas extra diberikan bengkel ya gw lebih seneng.. Kalau bisa ada salon di bengkel. Motor cantik, gw juga..

  7. Lauren Zoo says:

    Hmmm… emank berpengaruh banget ya??? mungkin cuma bengkel itu saja yang memiliki kenangan baik belum tentu juga dengan brandy Pertamina bisa ramai… Mungkin saja daerah sana lebih banyak pengguna motor dengan jumlah bengkel yang tergolong sedikit

  8. enry agustweetamona says:

    mau dong jadi PERTAMINA ENDURO, MOTOR JADI HERO cara dan prosedurnya bgmn bos? tlg sy dibantu. trims

  9. bengkel saya sudah di brand,cuma older barang aga terlambat di enduro sendiri bahkan pembayaran blm pernah telat…. apa salah nya

  10. Untuk masalah pembukuan dan administrasi kita ada software murah gan
    Software flexibel bisa anda cuatom semau agan
    Kunjungi parengan.com

  11. Ya tapi mereka gak mau pasang plang kalau bengkel2 kita sepi

  12. Pertamina enduro hanya mau kerja sama dg bengkel besar saja bagaimana nasib bengkel yg kecil dan sepi itu namanya bukan kerja sama

  13. Ikut gabung Enduro ahhhh

  14. Apa boleh bozzzz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *