Tips Safety Riding Saat Hujan & Melintas Banjir

29 November 2010. Apa yang mau dibahas dari judul diatas? Ya.. inilah dia akibat perubahan iklim atau pemanasan global yang membuat cuaca hujan hampir terjadi setiap hari. Sekarang ini sulit menentukan apakah sekarang lagi musim panas atau musim hujan. Sekalinya lagi terik panas, sesudahnya turun hujan deras, sampai-sampai beberapa ruas jalan di Jakarta ter-genang air.

Oh ya.. istilah “genangan air” datang dari Bapak Fauzi Bowo selaku Gubenur DKI Jakarta, karena genangan air itu cuma sebentar dan cepat surut. Sedangkan menurut warga masyarakat, bahwa genangan air itu adalah banjir, apakah mau cepat surut, atau lama surutnya tetap saja itu namanya banjir! Apapun istilahnya, buat para pengendara motor, hujan pasti bikin repot. Selain harus berteduh dulu, kemudian berganti jaket hujan, dan kalaupun perjalanan mau dipaksakan maka kerap harus melintasi genangan aii atau banjir.

Inilah resiko-resiko alam yang harus dihadapi oleh para bikers, ketika hujan memang seharusnya berteduh, tapi masalahnya sambaran kilat kini tak pandang bulu. Beberapa berita menyebutkan sambaran kilat seringkali menewaskan orang yang lagi berteduh. Resiko lainnya, ketika motor tetap dijalankan maka masalah yang ditemui adalah bikers akan kehujanan, motorpun bisa mogok ditengah jalan karena busi kena air. Ketika hujan sudah reda, maka masalah yang ditemui adalah banjir. Serba salah!

Singkat kata, buat bikers tetap harus waspada dengan resiko-resko ini. Selain berdoa memohon perlindungan-Nya, juga antisipasi menghadapi keadaan terburuk. Baik berteduh atau melakukan perjalanan dengan cuaca hujan, keduanya memiliki resiko. Apalagi ketika melintasi banjir, yang perlu kita ketahui oleh bikers adalah jangan sok tau, atau sok jagoan, karena resikonya sangat banyak. Saat melintasi banjir, banyak kejadian buruk buat kalangan bikers, antara lain bisa masuk lubang, masuk got atau motor kelelep air dan akhirnya mogok.

Kalau begitu, apa aja sih tips-tips Safety Riding yang perlu diketahui disaat hujan dan melintas banjir? Bagaimana dengan tips-tips dari pembaca yang bisa di-sharing. Silahkan berbagi pengalaman. Foto-foto di halaman ini saat lagi hujan hari Minggu 28/11/2010 siang/sore hari di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan

20 thoughts on “Tips Safety Riding Saat Hujan & Melintas Banjir

  1. Sering saya baca tentang posting semacam ini. Tapi tetap saja menarik, apalagi Om Stephen mengajak pembaca ikut sharing…

    Selain memang harus tetap waspada dan hati2, terlebih akan jalanan yang aspalnya robek, saya sendiri sih sementara pake karet bundar yg cocok buat jalan basah. Bukan jaminan segalanya sih tapi paling tidak antisipasi dari tergelincir. Apalagi kadang karena macet atau jalan tidak bisa dilewati, maka jalur dipindah ke jalan alternatif yang kadang pula berlumpur.

    Demikian, tetap berhati2 dan disiplin berlalulintas….
    Thks. Om Stephen Langitan…

    • thanks bro .. semoga ini ngga ngebosenin.. tapi kondisi alam sekarang kayaknya makin parah ya?? semoga aja kita saling mengingatkan untuk selalu berhati2..

      *) waspadalah.. (minjam istilah bang napi)

  2. Tgl 28/11 kemarin hujan memang sangat deras, saya & keluarga hrs melewati genangan2 yg cukup dalam di Alam Sutra – Serpong, kebetulan kami sedang bermobil. Utk teman2 biker, mohon jangan berteduh di bawah jembatan penyebrangan / layang, krn dpt menyebabkan jalanan macet & tentunya membuat kesal pengendara2 yg sedang melintas.

  3. Ikut sharing saja, Pada saat Hujan berteduh merupakan pilihan yang paling tepat, tentunya tempat berteduh yang aman, jangan dibawah pohon tentunya. tapi kalau terpaksa jalan,
    1. Kecepatan normal, jangan kebut2an, biasanya kita suka kebut2an apalagi saat hujan baru mulai turun.
    2. pilih Jalan yang kita sangat hapal kondisinya.
    3. kalau belum kenal jalannya atau baru pertama kali ditempuh liat situasi sekelilingnya. jangan asal nyolonong.
    4, di Perlintasan Kereta Api perlu kewaspadaan tinggi, pernah pengalaman saya kepeleset oleh rel kereta api disaat hujan, ada teknik untuk melewati rel tersebut.
    5. jangan berlindung dibelakang mobil truck atau bus. biasanya kita lakukan untuk menghindari air hujan, sehingga kita tidak tau situasi di depan bus, malah bisa saja terperosok kedalam lubang yang dilewati Bus/truck atau bus/trucknya ngerem mendadak, habis sudah kitanya.
    Demikian.

  4. perhatikan tekanan ban, kembang ban, dan kapasitas pembebanan ban.. Soalnya Ban yang aus akan berkurang kemampuannya baik dalam ketahanan maupun fungsi fraksinya, dan bisa bahaya di jalanan licin.. bikin sepeda motor oleng..

  5. beberapa tips kalo kepepet jalan pas hujan/banjir:
    - lebih jaga jarak dengan kendaraan lain
    - jangan bermanuver mendadak
    - jika banjir/permukaan jalan tak terlihat jangan terlalu minggir karena risiko masuk got, jika di perumahan ambil aja tengah-tengah antara rumah di kanan dan kiri, kalau papasan kendaraan lain minggir dikit aja yg penting perkiraan kita udah di lajur kiri dan kendaraan dari depan cukup buat lewat.
    - kalo genangan agak tinggi pake gigi rendah, buka gas agak gede
    - kalo pake skutik liat genangan agak tinggi kurangi kecepatan, kalo kenceng ntar bisa jadi jetski dadakan. :lol:

  6. Safety Riding perlu disosialisasikan kemasyarakat agar masyarakat lebih paham cara2 menghadapi situasi apapun.Saya lihat beberap ATPM sudah melakukanya, contohnya HONDA sebagai pelopor safety riding dan Yamaha yang baru2 ini mulai ikutan sosialisasi safety riding.

  7. aduuuuhhhhh…..
    notot juga tu orang,,pake acara terobos banjir segala lagii!!!!
    ntar jatuh lageeee….
    motor juga rusak tar jadinya!!!

  8. Pilih jalanan yang agak ke tengah krn pastinya got sudah tdk klihatan lg.
    Agar mesin ga mati , jgn ada niat berhenti di genangan banjir. Gas jgn sampai terlalu kendor…
    Klo mesin mati di tengah genangan air hrs kerja keras Lho….

  9. Safety Riding perlu penting untuk disosialisasikan kemasyarakat agar masyarakat lebih paham cara2 menghadapi situasi apapun.satu produk yang terlihat concern terhadap kampanye safety riding adalah HONDA. sebagai pelopor safety riding HONDA memang patut dijadikan contoh bagaimana memperhatikan aspek keselamatan dari si pengguna motor.

  10. harga memang berbanding lurus ama kualitas. so, beli motor itu yang sekalian canggih bro, jgn beli motor jadul tp ngakunya hi tech!. cuma HONDA yang terbukti berpuluh tahun sebagai pemimpin pasar roda dua di Indonesia..

  11. agar nyaman dalam berkendara, pengguna motor harus memahami aspek-aspek keselamatan diri seperti helm, celana panjang dan sepatu serta jaket. ternyata seminar safety riding dari HONDA bermanfaat juga ketika menemukan kejadian seperti diatas.. hehehe.. be safety!

  12. ada cara yang lebih aman untuk berkendara disaat cuaca sedang tidak bersahabat.. mau tau? ya gampang.. gak usa kemana-mana. cukkup dirumah aja.. hehe.. tp sy juga salu ama HONDA, kampanye safety ridingnya masih terus jalan, beda dengan rodusen laen yang tidak terlalu memikirkan konsumen darii sisi keselamatan..

  13. Be Carefull kalau kamu berjalan di jalan cengkeh Rimbo Datar Padang, dan Tanah Sirah Padang, karna sekarang lagi musim hujan, banyak lobang, gede dan dalam.

  14. hati-hati yg jelas :)

  15. Pernah waktu itu Ane pulang dari Jakarta ke Tangerang lewat Ciledug.
    Ternyata disitu banjirnya ga kalah ama Daan Mogot, dalem2. Ada kali 20-30 senti’an ketinggian genangan airnya.
    Untung motor Ane matic (n kbetulan lgy pake Pertamax), jadi lancar aja nglewatin banjir, biar sedikit2 selip n’ oleng.
    Anehnya, waktu knalpot udh kerendem, motor ttep nyala :-D
    Sementara motor lainnya udah mogok dluan, hehehe….
    Apa karena mesin matic itu putaran mesinnya tinggi banget yah??

  16. keep safety aja bro…..

    pengalaman saya naik beat,airnya ga sampe di kaki…karena board kakinya tinggi,,

    jadi go on aja pas di genangan air..

    saluttt buat honda

  17. Boombox Walker says:

    setuju sama extensa 86. safety itu kudu dari diri sendiri. klo emang banjirnya dalem, mending putar balik deh. klo masi semata kaki airnya mngkn masih bisa jalan. tp, tetep kudu ati2. warning juga buat pemerintah untuk diperhatikan kondisi jalan raya karena kondisi hujan/banjir + jalanan rusak = maut

Leave a Reply