Testimony: Shell Advance VSX 4T 10W-40 Motorcycle Oil

IMGP3477 640
Oli Shell Advance VSX 10W-40

28 Oktober 2008. Kamis lalu (23/10) saya hadir di acara “Shell Ubah Kemasan Minyak Pelumas” (lihat Hot News: The New Face of Shell Lubricants), mau tak mau akhirnya saya penasaran juga ingin mencoba minyak pelumas Shell dengan kemasan baru tersebut.

Sebuah botol minyak pelumas ukuran satu liter Shell dengan kemasan baru sudah ada ditangan, jenisnya “Shell Advance VSX 4T 10W-40″. Jenis ini khusus hanya dipakai untuk mesin sepeda motor.

Hari Selasa pagi (28/10) mobil yang saya tumpangi mengisi bensin di SPBU Shell Slipi. Waktu tersebut, saya manfaatkan untuk melangkah menuju counter penjualan minyak pelumas untuk mencari tahu harga dan keberadaan minyak pelumas Shell dengan kemasan barunya.

Sesaat saya melihat rak dan penataan oli Shell sangat rapi berwar-warni. Seketika saya mengeluarkan kamera poket untuk menjepret beberapa sudut, walaupun saat itu di halangi oleh seorang petugas SPBU katanya tidak boleh memotret. Taking a picture is a big problem? What’s wrong?

Mendapatkan jenis oli Shell Advance VSX dengan kemasan baru sangat mudah. Tersedia di rak dengan jelas dan banyak stok. Label petunjuk harga menunjukkan angka Rp43,500.- Sedangkan produk Shell dengan kemasan lama masih ada dipajang mengisi rak, dan ketika itu saya tidak memperhatikan lagi mengenai harga atau jenisnya untuk produk kemasan lama, karena terfokus pada produk kemasan baru.

Yang diperhatikan secara detail adalah botol oli kemasan baru ukuran satu liter. Sekilas bentuk kemasan sebenarnya hampir sama dengan merek oli kompetitor. Model lama pada bagian atasnya miring, dan tutup botol berada di pinggir.

Sedangkan untuk kemasan baru, tutup botolnya berada ditengah, lekukan botol terpusat ke tengah. Secara detai perbandingan model lama dengan model baru bisa dilihat melalui foto ini.

Untuk pemakaian di sepeda motor, saya memang baru pertama kali menggunakan minyak pelumas Shell. Seperti biasa, pada akhir bulan saya selalu melakukan servis rutin sekaligus mengganti oli mesin (minyak pelumas).

Untuk kali ini bengkel yang saya pilih adalah Bengkel PMS (Ponorogo Motor Sport) di kawasan Cileduk. Lagi pula bengkel PMS ini memang sudah menjadi langganan saya sejak lama. Informasi lengkap mengenai Bengkel PMS lihat profil ini.

Setelah bertemu dengan mekanik bengkel Mas Parno, saya langsung katakan jika saya membawa satu botol minyak pelumas Shell Advance untuk menggantikan pelumas lama.

Namun, ketika saya memperhatikan situasi Bengkel PMS, ternyata rak yang ada dibelakang meja kasir PMS terlihat beberapa jenis minyak pelumas motor dari merek lain. Paling tidak, selama saya berada di bengkel PMS saya bisa mendapatkan harga dari merek lain tersebut (lihat keterangan dibawah).

Seperti biasa, Mas Parno langsung menangani motor saya, membersihkan bagian karburator, sekaligus menyetting ulang setelan karburator sesuai dengan karakater saya berkendara, ‘semi speed riding.’ Pada bagian akhir pekerjaan bengkel, minyak pelumas Shell Advance VSX dituang kedalam mesin motor secara perlahan tapi pasti. Saya perhatikan botol minyak pelumas Shell Advance tidak dilengkapi dengan selang pendek untuk membantu proses tuang.

Sedangkan beberapa produk kompetitor sudah dilengkapi selang yang tersedia didalam botol kemasan. Ini lebih mudah dan sangat membantu ketika corong kerucut tidak tersedia khususnya saat perjalanan touring atau jarak jauh.

Proses penuangan minyak pelumas Shell Advance VSX harus dibantu dengan corong kerucut (lihat foto). Terlihat minyak pelumas berwarna kuning bening. Usai proses penuangan oli Shell Advance VSX ke dalam mesin motor, akhirnya engine starter dinyalakan.

Bunyi deru mesin terdengar sambil memainkan gas bekali-kali untuk melihat apakah ada asap yang mengepul, dan ternyata knalpot tidak keluar asap alias bersih. Bengkel PMS melakukan pengetesan ke jalan dan tak lama motor kembali lagi masuk pit untuk “final setting“.

Tak berlama-lama di bengkel PMS, saya pun bergegas meninggalkan Bengkel PMS untuk tujuan berikutnya. Sepanjang sore hari, saya wara-wiri di sekitar Jakarta Selatan menggunakan motor Honda Tiger dengan minyak pelumas baru Shell Advance VSX.

Tarikan gas di level gigi 1, 2, 3 dan 4 sengaja dibuat-buat agar saya dapat merasakan akselerasi laju motor bisa sampai dimana, tapi terasa tarikan pendek belum berpengaruh besar, istilahnya tarikan mesin masih terasa sedang-sedang saja. Mungkin karena olinya masih baru, dan biasanya saya suka merasakan perubahan kalau sudah lebih dari 2-3 hari. Semoga rasanya akan jadi lebih enak lagi. :-)

Tetapi, ketika melintas Jl. TB Simatupang Pondok Indah-Cilandak, saya mendapatkan trek lurus panjang, motor masuk gigi 5 dan 6 dengan putaran mesin 7,000 s/d 7,500 RPM. Disini baru terasa akselerasi motor bisa melaju lebih kencang dari biasanya. Lumayan, bisa lebih baik.

Namun ada beberapa kondisi dan situasi ‘riding‘ yang belum dicoba dengan oli Shell Advance VSX ini, antara lain perjalanan touring, trek jarak jauh, melewati kawasan pegunungan dan juga ketika motor berboncengan (dalam kota maupun keluar kota).

Mudah-mudahan dilain waktu saya bisa mencoba dengan medan dan situasi yang berbeda. Melengkapi informasi testimony minyak pelumas Shell, ada sebuah tulisan yang bisa dikutip dari www.honda-tiger.or.id:

Shell Advance VSX4
10W-40, 15W-50, 20W-40 semi-synthetic 4-stroke motorcycle engine oil. Shell Advance VSX 4 is a unique semi-synthetic lubricant exclusively developed for 4-stroke motorcycles, providing excellent engine protection, cleanliness and superior clutch and gearbox operation. It is specially designed for riders of high-powered bikes who need a superior oil that protects and keeps their bike engine clean in all types of road conditions. Its balanced formulation means the oil retains its viscosity for longer and reduces oil consumption. The special formulation prevents clutch slippage and reduces clutch sticking after cold starts. Smoother gear change. Provides excellent engine protection and performance, keeping engines cleaner for longer. It exceeds the requirements of international specification (API – SL and JASO MA) and all Japanese and European motorcycle manufacturers.

Shell Advance Ultra 4
10W-40, 15W-50 fully synthetic 4-stroke motorcycle engine oil. Shell Advance Ultra 4 is a unique fully synthetic lubricant exclusively designed to provide the ultimate in engine protection, cleanliness and superior clutch and gearbox operation for high-powered performance motorbikes. It is the best Shell 4-stroke motorcycle oil available. It is the perfect choice for riders who demand top performance and push their bikes to the limit and also for urban and city bikers who rely on their machines day-to-day, as it protects against the extra engine stresses caused by today’s stop-start traffic environments, keeping engines cleaner for longer. The balanced friction technology used provides quick engine response without clutch slippage for smooth gear shifts and easy starting. The best engine oil for modern, high performance bikes used in racing or high speed, long distance riding. The technology has been proven in race and endorsed by leading motorcycle manufacturers, Ducati and KTM, and has successfully been used in motor sport (WSBK, World Super Sport Championship, World 4T Enduro and Moto Cross Championship). It exceeds the requirements of international specification (API – SL and JASO MA) and all Japanese and European motorcycle manufacturers.

Referensi harga oli motor yang dijual di Bengkel PMS per 28/10/2008:

Repsol 15W/50 Rp35,000; Repsol 20W/50 Rp30,000; Motul Multi Power 20W/50 Rp45,000; Motul Ester 15W/50 Rp75,000; Castrol Power1 15W/40 Rp30,000; Enduro 4TRacing 10W/40 Rp37,000; Enduro 4T Rp33,000, Pertamina Prima XP Rp28,000, BM1 15W/50 Rp42,000.-

Bagi rekan-rekan yang mempunyai opini tentang minyak pelumas khusus motor silahkan diutarakan disini.

The End.

127 thoughts on “Testimony: Shell Advance VSX 4T 10W-40 Motorcycle Oil

  1. Fungsi penggunaan oli mungkin belum bisa langsung terasa saat baru digunakan, dengan catatan oli lama benar2 sudah tak tersisa, sehingga kita bisa membedakan kerja pelumasannya tanpa tercampur oli lain.
    Penggantian oli reguler dibengkel kan gak dilakukan dengan membongkar mesin secara keseluruhan seperti diajang balap.. Jadi mungkin akan lebih berasa setelah penggunaannya yang kedua dst. Lagi pula oli yang baik (seperti shell) mempunyai fungsi pembersihan mesin, sehingga teorinya di akhir masa pemakaiannya, oli akan lebih kotor (karena makin bagus fungsi pembersihan olinya makin banyak ia membawa sisa kotoran mesin). Jadi mungkin perlu diamati juga gimana kondisinya saat penggantian oli dan rasanya saat menggunakan oli Shell baru berikutnya…

    Ditunggu laporannya ya Bro… :)

  2. siip bro..
    semoga produsen mau ngasih gratis botol kedua untuk laporan selanjutnya.. hahahaha.. :-)

  3. Ane dari dulu (sejak ada SPBU shell) selalu pake oli shell karena paling gampang cari oli aslinya. Udah gitu buka 24 jam, jadi ga repot.
    Dibanding dulu yang nyari Motul 5100 dan ‘harus’ beli di ace hardware?!

    Sejauh ini ngga ada complain pake shell. Semuanya enak. Tapi ane pake yang SX aja. Kl ga salah gara2 SX yang viskositasnya sesuai sama spek tiger

  4. ini yang kemaren gue coba tanyain…
    apa perbedaannya dengan menggunakan Motul 5100, soalnya, terus terang, gue buta sama detail mesin…hanya sebagai logika…bila harga Motul 5100 sampai Rp. 73.000 dibandingkan Shell yang 43.000, apa yang bisa membedakan kedua oli tersebut?
    Kalau memang Shell bisa lebih baik, atau minimal bisa menyamakan kwalitas nya, gue pasti akan pindah…dan apa aja yang musti dilakukan pada saat pergantian type oli, dari motul Ke Shell?? apa harus stel klep lagi??

    soal moto di lingkungan Shell, gue juga pernah pengalaman bro…
    http://digitalmbul.com/blogs/2008/02/29/shell-oh-shell/
    hehehehe

  5. Om stephen,

    Make nya yang bener yang mana yah?
    yang 10W-40 atau yang 15W-50?

    soalnya pada foto saat ngisi olie, make nya yang 10W-40…

    ditunggu yah laporan selanjutnya…

    oiya pengen nanya juga… saya pemakai vsx yang 10w-40.. kenapa yah kalo sering kena macet yang menyebabkan mesin motor panas… jumlah olie nya berkurang, seperti menguap, jadi mau gak mau, hampir tiap minggu ngecek kondisi olie, kalo kurang ditambah lagi deh olienya…

  6. @ Bro Bayu,
    Thanks berat atas koreksinya, yang bener adalah 10W-40. Brosur Shell salah info, liat yang pake judul “rangkaian baru dan kemasan yang dinamis”. Sekali lagi thanks berat.
    Perihal penguapan, itu bisa terjadi karena masalah teknis dan harus diliat dari cara pemakaian, cara berkendara, kebocoran, setelan mesin, knalpot, dsb-nya. Kalau motor standard biasanya tidak ada masalah penguapan yg signifikan.

  7. Betul bro Stephen, saya pemakai shell vsx 10w-40 di satria fu150. Pernah saya mengalami oli kuarng, saya menyangka itu disebabkan oli yang encer, tepi pada saat servis besar, sil klep saya sudah lemah. Setelah diganti, oli mesin tetap tokcer, tidak terliaht ada pengurangan..Thanks.

  8. boz supaya sokbeker blkang gw tinggi di apain ya???
    gw dah pke anting yg tinggi,,tp msih pendek jg

  9. Wah thanks buat pencerahannya Om , kayaknya abis oli yang sekarang mo coba Shell Vsx di Scorpio nih,,,

  10. Om Steph, kira2 advance ultra 4T udah ada blm di awal desember ini?? mohon info!

    Thanks.

  11. Vsx aja om, memang mantap,dulu pake en***o, pndh gigi mash ga mulus,tp pake vsx jd mulus dah, kt bs liat oli pas d ganti pasti htm, nah bg yg tau, tu oli shell vsx jd htm karna bagus buat cuci mesin,hehehe,

  12. mo’ tanya nih om,
    di penjelasan bhs inggris diatas, shell advance ultra ada 2 jenis kekentalan. 10W-40 dan 15W-50.

    Shell Advance Ultra 4
    10W-40, 15W-50 fully synthetic 4-stroke motorcycle engine oil.

    Trus yang dijual di spbu-nya yang mana om? apakah harganya beda?

  13. @Ronie,
    Shell Ultra yang ditampilkan di pameran motor JMCS 2008 adalah jenis 10W-40, dan ini yang bakal beredar di SPBU Shell dengan harga 168,000. FYI, harga oli Shell selama pameran motor JMCS 2008 lagi ada harga khusus! Diskon!

  14. Sekedar menambahkan informasi tertimonial oli Shell VSX 10W-40.

    Biasanya pada akhir bulan, secara rutin saya melakukan servis motor sekaligus ganti oli. Servis motor terakhir kali tgl. 28 Okober yang lalu (tepatnya 55 hari yg lalu), sekaligus pake oli baru Shell VSX, namun sampai hari ini saya masih enggan untuk servis motor rutin. Seharusnya pd akhir November yang lalu saya kebengkel.

    Yang membuat tertunda karena tarikan motor dan setelan mesin semakin enteng sehingga saya merasa sayang kalau diservis kemudian terjadi perubahan. Faktanya ada perubahan yang lumayan signifikan setelah pakai oli Shell VSX lebih dari beberapa hari. Hal ini juga dirasakan oleh boncenger. Ia bisa merasakan kalau tarikan motor makin ringan, cepat melesat, dan lincah. Entahlah.. :D

  15. wah.. saya jadi tertarik nih sama oli shell VSX
    apalagi memang ada perubahan dibanding oli lama yg abang pake (yg saat ini saya pake juga)

  16. Indra Lesmana says:

    tapi saya sempat menemukan kalo Shell Advance VSX 4T cuman 32.500 di Shell pramuka om..swear makanya saya langsung beli n tuang..slurrpp…
    tapi sialnya di AHASS yang d PRamuka terlihat banyak kejanggalan muali dari service sampai ke finishing terlalu cepat untuk service Lengkap..dan yang saya tanyakan ke mereka hanya sekedar ganti oli harus di tambahkan ongkos padahal di service lengkap sudah di tulis ganti oli termasuk kedalam service lengkap
    sangat di sayang kan dari pihak honda tidak menutup AHAAS” yang kurang berkenan di hati sudah 2 kali ini saya di perlakukan kurang mengenakan di AHASS Pramuka..Masa untuk TAmbah Angin bAn TUbeless perlu tambah uang 2000 juga…AHASS yang aneh..
    AHASS ini berada di sebelah Kiri Setelah Jalan Kereta arah ke POM bensin Shell itu sendiri HAti-Hati jangan Jadi Korban AHASS

  17. Gue beli shell advance vsx sae 10-40 kemasan barudi JMCS kemaren (di stan Shell) harga normalnya 43.500 (yang non diskon), katanya nanti mau dijual dengan HET 50.000. Kok bisa ya bang Indra dapet harga 32.500…. Kemasan lama ato yang baru bang/

  18. Gw mesti Beli Shell Advance VSX yang SAE 10-40 saat ini juga. Sudah tidak diragukan lagi kemampuannya setelah baca testimonial ini. Pulang kantor gw langsung mampir ke POM Shell yang di MT. Haryono achh…… (tengkyu mas Stephen atas semua ceritanya). gw emang dari dulu dah pake bensin Shell Super Extra. Jadi sekarang juga mau pake Olienya.

  19. Resensi yg bagus…

  20. rolly febrian says:

    Om Stephen,
    dilabelnya botol lama Shell VSX 2T yang saya beli tertulis
    JASO FC, API TC, ISO EG_D
    MEETS JASO FD
    Itu artinya apa?

    Didaerah saya tidak ada Pom bensin Shell, Jadi kalau beli Shell VSX 2T di bengkel2 atau di toko oli harganya bervariasi,dan itu pun susah ditemukan. Kalau di daerah Om Atau di pom bensin Shell harga Shell VSX 2T berapa?

    Terima kasih Om.

  21. saya mau nanya motor saya smash NR 110 cc apa pakai oli shell advance VSX4 SAE 15w-50 Semi synthetic cocok apa gak YA?

  22. Maaf Mau nanya lagi Shell Advance SAE 15w-50 Semi Synthetic atau mineral, terima kasih mas Stephen

  23. Mas Stephen yang baik, saya mau nanya apakah Oli Shell Advance VSX4 ada yang saenya 15w-50 soalnya waktu saya nanya di SPBU shell tidak ada apa benar terima kasih ya?

  24. @iqbal
    Maksudnya jenis Shell Advance SX 15W-50. Kalau jenis itu pasti tersedia di setiap SPBU Shell dengan harga jual Rp.34,000.- (contoh barang silahkan lihat artikel ini: http://stephenlangitan.wordpress.com/2008/12/30/tips-ganti-oli-sendiri/#more-3376)

  25. [...] 4T: Shell Advance Ultra, Shell Advance 4T VSX, Shell Advance 4T SX, Shell Advance 4T [...]

  26. dany humas says:

    pake oli shell vsx mang beda banget, dengan kekeantalan 10-40, pada november 08 thn lalu gw nempuh jarak hampir 1200 km, waktu touring wing day HTCI, dengan motor tigi thn 08, gw touring jakrta-pangandaran, n mesin ga masalah dengan oake oli shell advance vsx, tp gw untuk penggantian reguler masukin oli smp 1200ml jadi seliter lebih, mengingat cc dan jarak main piston dengan ketinggian oli di bak mesin, jadi ga ikut saran pabrikan

    selamat mencoba

  27. Mas Stephen, bukan SX tapi VSX apa ada 15-50, kalo sx pasti ada soalnya sy pake sx 15-50, yang saya tanyain VSX apa ada 15-50? soalnya yang saya tau adanya 10-40 dan kalo sy pake repsol moto 4T bagus gak?

  28. mas stephen yg baik, saya mau nanya nih, kalo cuaca cerah saya pakai oli shell Advance SX 4T mesin bagus and stabil dan kalo cuaca dingin atau hujan mesin seperti mau mati dan tdk stabil padahal saya pakai SAEnya 15-50 kan olinya encer, mohon penjelasannya, terima kasih sebelumnya

  29. Mas Stephen MO nanya2x dikit nih ttg Shell VSxnya,
    Kendaran saya biasa bwt PP Kntr rmh kurang lebih 1 hr nmph jarah 80km (itu kl ga pk mpr). biasa ganti oli 3 minggu sekali / 2.000 km.
    nah Yang mau saya tanyakan adalah L
    1. kira2x cocok ga motor ay pk shell VSX ?
    2. berapa km idealnya untuk gnti oli..?

    Thx Sebelumnya

  30. @Iqbal,
    Mesin motor mau mati di kala hujan biasanya karena pengapian busi terganggu/basah atau ganngguan di karburator. Hujan tidak ada hubungannnya ama oli mesin, kecuali mesin yg sudah kemasukan air.

  31. Mas Stephen, maaf mau menambahkan biarpun kagak hujan tapi kalo cuaca mendung pagi hari tetap mesin tidak stabil, apa mesin saya baru penyesuaian dulu dalam cuaca dingin apa tdk ya? soalnya saya uda pakai bensinnya PERTAMAX BIRU apa harus PERTAMAX PLUS biar mesin stabil , thanks ya? sblmnya

  32. mas stephen yang baik, maaf saya kalo mau jalan uda dipanasin dulu dan saya uda jalan jauh ,dari bekasi ke jakarta terus sampai dijakarta malah mesin tdk stabil dan mesin sudah diservis di BERES(Bengkel Resmi Suzuki)dan kalo bensin pake PERTAMAX atau PERTAMAX PLUS bagus gak mas , Terima Kasih Sebelumnya

  33. Ferry-lajang says:

    Nice artikel om Stephen,

    Emang nih VSX top bgt deh.. angkat jempol.. gw udah pakai hampir 1thn lebih di mesin Supra X 125 dan pernah sekali nyoba 3000km baru ganti dan masih ok juga tapi akhirnya ngga tega ama si supri akhirnya gw ganti

    Kepengen nyoba yang Ultra hihihihi.. tapi mahal ya om Stephen.

  34. apa dampak dari pemakaian oli shall yang ultra dan ktanya dikhususin buat premium lha kalo pertamax plus gmn ??

  35. oya katanya ada shell buat pelumas rantai motor juga ?Itu harga brapa ?

  36. ane pake Shell advance SX 4T 15W/50, kalo yang VSX ada nya 10W/40. selama ini fine2 aja pake di tiger …
    tapi kemaren baru ganti oli langsung dibawa lari ke bandung, awal2 sempet slip kopling beberapa kali, tapi selanjutnya ilang tuh selip, hehehe …

  37. mas stephen saya pengen tanya dikit -dikt nich
    1. saya ingin ganti oli motor saya pakai shell vsx sae 10 – 40 apakah cocok dengan motor(supra x 125) saya?
    2. ada yang bil jika saya pakai oli encer spt shell vsx ini bisa merusak mesin motor saya apakah itu benar?

  38. mas stephen saya mau tanya lagi ada yng bil kepada saya jika pakai oli yang encer membuat suara mesin jadi kasar apakah itu benar

  39. benar mas willy dibandingkan oli kental tapi tidak terlalu jauh bedanya, soal kualitas dan larinya bagusan encer ,soalnya saya pake 15-50 bensin premium tapi larinya seperti pake pertamax.

  40. shell VSX serkarang hargannya naik jadi 50 ribu…

    baru tadi di ganti pake VSX..

    tinggal tunggu jumat mau di bawa ke plabuhan ratu…
    tokcer kah???

    who knows… :D

  41. #

    mas stephen saya pengen tanya dikit -dikt nich
    1. saya ingin ganti oli motor saya pakai shell vsx sae 10 – 40 apakah cocok dengan motor( honda supra x 125 thun 2008 akhir) saya?
    2. ada yang bil jika saya pakai oli encer spt shell vsx ini bisa merusak mesin motor saya apakah itu benar?
    3. ada yng bil kepada saya jika pakai oli yang encer membuat suara mesin jadi kasar apakah itu benar
    saya mhn pnjlsn y

  42. maaf satu lg kira -kira oli apa yang bgs untuk motor saya ?
    dan sae y brp yg pantas untuk mtr saya?
    saya mohon bantuan y

  43. terima kasih mas Stephen atas penjelasan y ttp ada yang saya ingin tanyakan lagi
    1.memang jenis/ukuran sae yang direkomendasikan pabrik itu sae y 20 – 50 ttp kata orng jika mesin y pgn bersih dan bagus itu pakai oli yang encer sprt bro iqbal ktkan kpd saya,yang menjadi ragu saya adlh sekarang apakah saya harus pakai oli yang encer /kental karena saya sehari-hari menggunakan motor kira -kira pp 80km??
    2.oli shell jenis apa yg cocok untuk mtr saya,apakah vsx/shell helix?
    3.yang ingin saya tanyakan adlh sejak pertma motor saya datg kermh saya langsung isi bensin y dengan petronas prima x 95,kenapa sewaktu saya bensin saya habis dijalan krn jauh dari spbu petronas jadi saya isi dengan pertamax td y pgn isi degan pertamx plus ttp di spbu tsbt hny ada pertamx begitu saya bw jln jadi tidak enk tdk ada tarikan y kenapa y?
    saya mohon penjelasan y

  44. Tes Komparasi Bahan Bakar – Antara Pertamina, Shell dan Petronas
    Wednesday, 19 November 2008 10:48 administrator
    E-mail Print PDF

    Penasaran terhadap mutu tiga produsen bahan bakar, MOTOR Plus melakukan komparasi. Yakni pemain lama Pertamina, Shell dan Petronas. Pengetesan dilakukan terhadap bahan bakar yang memiliki nilai oktan sama. Yakni RON 92. Pertamina punya Pertamax, Petronas punya Primax 92 dan Shell ada Super. Menggunakan bantuan Dynojet milik PT Trimentari Niaga, MOTOR Plus melakukan pengetesan pada motor skubek terbaru milik PT Indomobil Niaga International, SKYWAVE 125.

    POWER

    Terlihat dalam grafik, tenaga maksimun didapat dari Petronas Primax 92, yakni 7,88 dk di putaran mesin 6.490 rpm. Kedua ditempati Shell dengan power maksimum 7,81 dk pada kitiran 6.450 rpm. Paling bawah dihuni Pertamax dengan 7,31 daya kuda pada 6.200 rpm.

    Agak unik terlihat di grafik, yakni terjadi penahanan atau penurunan putaran mesin yang tajam setelah mencapai peak power. Shell dan Petronas turun kurang lebih 200 rpm sebelum stabil di tenaga di kisaran 7 dk. Hal ini tidak terjadi pada Pertamax. Setelah peak power, memang terjadi penurunan tenaga namun dengan putaran mesin relatif sama. Jadi, tidak ada gejala seperti menahan rpm. Shell dan Petronas relatif stabil pada tenaga 7 dk di putaran mesin 6.500 sampai 8.200 rpm. Bahkan Shell mencapai tenaga lebih tinggi dibanding pesaingnya yakni 7,2 dk di rpm menjelang 8.000 rpm.

    Secara umum penggunaan Petronas dan Shell motor lebih bertenaga. Perbedaannya bisa mencapai 0,5 dk dibanding Pertamax. Power atau tenaga berbanding dengan boros. Apalagi di tengah kemacetan untuk menyalip butuh tenaga mumpuni. Sekali gas sudah dapat tenaga. Jadi, tidak perlu pelintir gas lebih dalam. Ini yang diprediksi bisa membuat lebih irit.

    TORSI

    Penggunaan bahan bakar Petronas bisa mencapai torsi tertinggi 6,39 (ft-lbs). Tapi, itu didapat ketika putaran mesin hampir mencapai 6.500 rpm. Sedangkan Shell dicapai pada 6.450 rpm dengan torsi maksimal 6,37 (ft-lbs). Meski Pertamax boleh dibilang paling rendah yaitu 6,20 (ft-lbs), tetapi dilihat dari grafiknya, justru paling stabil.

    Pertamax dapat torsi maksimal pada 6.200 rpm. Selain lebih cepat, dari grafik dynotest terlihat penggunaan Pertamax tidak mengalami penurunan drastis setelah mencapai torsi maksimal. Justru Pertamax paling konstan penurunannya. Bahkan, pada 7.000- 7.500 rpm, Pertamax paling bagus dibanding Petronas dan Shell yang justru lebih rendah. Artinya, kalau dilihat dari grafik secara total, Pertamax paling menguntungkan. Kan penggunaan motor dalam kondisi di jalan paling juga ada di kisaran 6.000-7000 rpm.

    AKSELERASI

    Demikian pula pada grafik pengetesan akselerasi. Penggunaan Pertamax jauh lebih bagus. Kecepatan 100 km/jam bisa diraih dalam 16 detik. Sementara, Shell dan Petronas baru mencapainya saat lebih dari 19 detik. Putaran bawah malah bedanya cukup tinggi. Hanya dalam waktu 8 detik, Pertamax sudah mencapai 80 km/jam. Petronas dan Shell baru di kisaran 70 km/jam. Pertamax baru kalah dalam top-speed. Shell mampu mencapai kecepatan maksimal pada 106,64 km/jam. Sedang Petronas hanya bisa raih 105, 59 km/jam. Top speed Pertamax memang hanya 106,55 km/jam. Tapi, itu diraih dalam waktu tak sampai 20 detik. Kalau kedua bahan bakar lainnya, baru sampai top speed di atas 22 detik.

  45. tpis mengisi bensin:
    BELILAH BAHAN BAKAR ATAU ISILAH MOBIL ATAU MOTOR ANDA DENGAN
    BAHAN BAKAR PADA WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH
    MASIH DINGIN. Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang. Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari……..sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli. Dalam business perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan
    bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam business ini. Tetapi SPBU tidak memberikan ganti rugi/kompensasi karena temperatur.

    SALAH SATU YANG PALING PENTING ADALAH ISI BAHAN BAKAR SAAT TANKI
    KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
    Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi. Tidak seperti SPBU, tempat saya bekerja di sini setiap truck
    yang kami muati ada ganti rugi/kompensasi karena temperatur, sehingga setiap liter yang dibeli jumlahnya benar-benar sesuai/tepat.

    YANG PERLU DIINGAT LAGI, JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR
    SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
    Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda. Saya berharap hal ini akan menolong anda untuk mendapatkan nilai yang maksimal dari rupiah yang anda gunakan untuk membeli bensin.

  46. semoga bermanfaat ,maaf sedikit melenceng
    ini gw ambil dr google

  47. mas Stephen saya baru aja dapat blz dar adira care
    Asep S
    HONDA CUSTOMER CARE CENTER
    PT. DAYA ADIRA MUSTIKA
    Main Dealer Sepeda Motor Honda di Jawa Barat
    Jl. Raya Cibeureum No. 26
    Bandung 40184 Phone 022 – 6051000 mengatakan bahwa Bila memakai oli yang SAE 10 – 40 ( lebih encer ) dampaknya suara mesin akan terdengar kasar, part yang bergesekan akan mudah aus, sistem kerja kopling kurang optimal.jd mana yang benar nich ?

  48. klo koneksi internet tidak masalah, searching aja soal technical data properties sebuah produk pelumas (oli mesin mobil/motor). produsen oli yg bertanggung jawab akan mempublish data2 test dgn metode ASTM di website mereka.technical data properties umumnya meliputi Viscosity index, Total Base Number (TBN), flash point, pour point.
    misalnya
    http://www.finalube.com/Product_Data_Files/ELF_Product_Data_Moto_Sports/SPORT_4_CAMPIONE_pdf.pdf
    http://www.idemitsu-ils.com.sg/index.aspx?uc=products_prodlist&CateID=115 =>> klik “view product information”

    Nah lebih hebat lagi klo ada produsen oli yg mau mempublish four ball test wear (tes keausan), noack, foaming (klo buat mtr 4T foaming-nya harus 0, nol, agar pelumasan makin bagus) dan HTHS. misalnya
    http://www.amsoil.com/storefront/mcf.aspx

    btw, :jempol: buat tulisan ini, terutama fotonya :)

  49. @Willy,
    analisa saya tarikan mesin bisa berubah (lebih baik) kalau:

    – pilih bensin ber oktan tinggi a.l. pertamax biru/merah
    – memakai oli encer SAE 10-40
    – setelan karburator/klep mesin pas
    – kondisi motor yahud, ban, shock, rantai, rem dll.

    hanya si pemakai yang bisa tau dan merasakan perubahan tersebut;
    kalau masih ada yang belum berubah pasti ada hal2 yg tidak beres,
    rasakan dulu, coba jajal, kalau pun kurang puas itu relatif.. :-)
    hindari asumsi ‘kata orang’ kalau pemakai belum pernah mencoba.

  50. Diskusi yang menarik tentang Oli. Motor saya Vixion tahun 2008 (akhir), rata-rata jarak tempuh 20 Km per-hari, sekarang saya menggunakan oli Shell Advance VSX-4. saya punya beberapa pertanyaan, yaitu:
    1) Apakah cocok jika menggunakan oli Shell Advance Ultra-4 ?
    2) Bagaimanakah tingkat penguapan oli Shell Advance Ultra-4 ?
    Terimakasih

  51. fanhar harris says:

    Trimksh…..saya temukan ruang ini…wah sangat menarik,
    Tolong harga minyak pelumas
    1. Tellus 32/46/68
    2. Tellus 100
    3. shell omala 150
    4. shell omala 220
    5. shell omala 320/460/680
    6. Turbo T.32/46/68
    7. shell Diala B
    8. shell alfania EP.1
    9. shell alfania EP.2

    Trims ya

  52. Syalam hangat,

    Gw punya Jupiter Z 2007, gw mo ganti in oli ku yg bawaan dengan Shell Advance VSX 10w/40
    Cuman gt takut itu oli ke enceran buat motor gw, jadi beri saran dong om.
    Gw berdomisili di Pekanbaru, beli oli yg orisinil gw gak tau agen resmi shell di pekanbaru.

    Gw biasanya ganti oli sekali sebulan walaupun kilometer nya belum nyampe 1000 dari penggantian oli sebelumnya.
    Gw mo pake bahan bakar pertamax lebih bagus ga’ ya buat jupiter Z gw, en apa tak mempengaruhi suara mesin dan pemborosan bahan bakar kalo ganti dari bahan bakar biasa ke Pertamax bukan harga nya tapi kuantitas pemakaian,

    Thank’s ya om tolong di balas

  53. Buat om stephen,
    vsx kan isinya 1 L padahal utk mesin bebek gw tertulis 800 ml (0,8L), trs gimana dong ngira-ngiranya?

  54. om Stephen pertanyaan aku, punya kok ga’ di jawab

  55. @Rougen..
    Kau dari Pakanbaru ya? Hehehe.. sorry berat nih kalau kelewatan tak membalas koment kau.. prinsipnya tak masalah kalau kau mau pake oli VSX.. tidak terlalu encer.. bagus. Ganti oli sebulan sekali buat pakai harian di Pakanbaru sudah bagus sekali. Kalau info yg jual oli VSX itu di Pakanbaru dimana? Sorry, aku gak tau itu dimana tempatnya. Soal bensin mau pake Pertamax, wah itu bagus kali. Sudah tentu kualitas Pertamax lebih bagus dari Premium, kan oktannya lebih tinggi, jadi buat motor tarikannya bakal lebih kenceng, apalagi buat Jupiter.. tancap teruss.. ‘selau didepan’.. :-)

  56. @mrwaluyo,
    Harga Shell Ultra untuk dipake buat motor dibawah 200cc, dan buat motor harian rasanya terlalu mahal, tapi kalo mampu ya kenapa tidak? Silahkan saja dicoba dan ditunggu gimana hasilnya.. :-)

  57. Mas stephen yang baik saya uda pake pertamax lajunya makin oke dibanding shell super tapi oli saya pake shell advance SX 15-50 kira kira cocok gak mas stephen, terima kasih sebelumnya

  58. mas stephen saya mau tanya, saya punya motor supra X125 february thn 2009, saya klo mau ganti oli shell yang bagus buat motor saya yang mana? yang VSX atau sx. tong bantu saya

  59. mas stephen saya mau tanya, saya punya motor supra X125 february thn 2009, saya klo mau ganti oli shell yang bagus buat motor saya yang mana? yang VSX atau SX. tolong bantu saya

  60. mas stephen distributor untuk shell di Provinsi Riau tau pekanbaru di mn ya, bagaimana cara membedakan oli shell advance VSX 4T yg asli dengan yg palsu, masalah nya saya takut pake yg palsu, harga terakhir saya beli VSX 4T dari 41.000 s/d 45.000
    Tolong jawaban nya ya mas Stephen

  61. boss nanya dong, kalau di buku manualnya dikatakan API SJ. Apakah saya dapat menggunakan oli dengan API SL?. Mohon informasinya.

    Salam,

    Mardi

  62. saya pakai motor honda supra x tahun 2009, biasa pake oli shell advance vsx 4t.
    tapi saya tertarik dengan oli keluaran baru dari ahm honda yaitu oli mpx1… kira-kira mana lebih bagus dari keduanya untuk pelumas motor saya.

    terima kasih sebelemnya.

    herry perdanakusuma

  63. shell advance vsx 4t cocok gak buat motor matic… setau q shell advance vsx 4t jaso ma…
    klo mio ku di kasih 1 liter efek sampingnya apa ne??
    mhon pencerahannya…

  64. Dear All, saya mau tanya, apakah benar makin encer oli maka tidak baik untuk berboncengan? Apakah benar oli encer itu hanya untuk motor2 yang digunakan untuk ngebut?

    Terima kasih,
    Ben

  65. Bro… gw pernah servis di bengkel resmi… Trs gw di tawarin make Shell… gw lupa tipenya, tapi bungkusnya warna kuning. ‘Yg mao gw tanyain, itu yg d kasih wat motor gw, oli motor / oli mobil ya?? ‘GAWAT!!!

  66. Hi semua, saya mau share tentang pengalaman pertama saya pake Shell Advance Ultra 10W-40 sejak hari Minggu (2/8/09), setelah selesai servis Tigi ’06 langsung saya coba di TB Simatupang dari arah Pondok Pinang sampai Kramat Jati (rumah) yang menurut saya karakteristik jalannya cukup mewakili mulai dari trek lurus kosong sampai stop n go di daerah Kramat Jati yang pastinya ruame banget tanpa kenal hari & jam :)

    Kesan pertama tarikan terasa enteng dan napas agak panjang karena biasanya di rpm 6,000 mesin udah agak meraung2 tapi sekarang gak berasa tiba2 rpm udah 7,000 ajah.
    Selain itu motor juga jadi lebih responsif baik di rpm rendah maupun rpm tinggi, dah gitu pergantian kopling jadi lebih lembut dan gak kasar.

    Yang bikin saya agak senang yaitu suhu mesin tetap terjaga meskipun kondisi jalan padat merayap jadi yang biasanya bikin paha/betis agak hangat :)
    Oia satu lagi, motor juga jadi lebih mudah dihidupkan pada pagi hari.

    Jadi intinya saya puas telah mengeluarkan uang 160rb untuk 1 liter oli tetapi mendapatkan sensasi berkendara yang muantab…
    Awalnya ini merupakan ajang coba2, tapi kalau udah begini mendingan seterusnya aja deh pake Shell Advance Ultra 10W-40…
    Emang bener duit gak boong :)

    Selamat mencoba…

  67. Istiadi N says:

    Dear,

    Can your give us to quote as bellow :

    1). 20 ltr Oli SHELL TURBO T100

    Thank you for your kind attantion and wait your reply.

    Regards
    Nusantara Mining Services
    Istiadi N
    Phone : +625427206901
    Fax : +625427206901
    Email : nusamservice@yahoo.co.id

  68. sharing om..
    motorku megapro 2006.biasa pake motul 3100 udah nyaman dan aman.tapi karena niatan coba coba, aku pake enduro racing.busyet. abis ganti oli di bengkel,suara motor jadi kasar minta ampun. padahal bengkel tidak melakukan peruabahan apapun pada mesin motor.aku liat kaleng, kemungkinan palsu juga tipis coz ada nomor reg. yg sama antara body oli sama tutup oli.3 hari pake cuma ketar ketir aja, mo balik pake motul. dana buat beli oli mesti nunggu gajian bulan depan lagi.yo wis pelan pelan wae.aku lait comment disini kok pada bilang oke sama si shell vsx.
    pertanyaan; bagus mana shell vsx sama motul 3100. secara harga tidak beda jauh juga.
    rencana mx, mau pake motul 5100 ester.
    ada yg pernah bandingkan antara shell ultra sama motul 5100 ester ndak..???

  69. aku uda pernah pake vsx 4t 10w-40
    dan aku uda pernah pake motul ester 5100 10w-40

    hasilnya hampir mirip… tapi klo uda jalan 1mgg-an… dah terasa bedanya… vsx perfomance udah berubah… motul masi bertahan ampe 2mgg-an

    motul ester 5100 jgn dibanding dengan ultra, coz beda klass… ultra kan full syntetis… klo mao compare dengan motul full-syntetis jg

    btw… mang ada vsx 4t 15w-50? ane cari di pom bensin shell, tapi ga ada tuh… adanya vsx 10w-40… cmiiw

  70. saya memakai honda blade, apakah cocok jika saya memakai shell advance vsx 10w40?

    trus oli AHM mpx1 bgs ga?
    thx..

  71. oli ahm mpx1 bgs ga buat blade?
    kan SAE nya 10w30, kan cocok untuk udara dingin, sedangkan di jakarta kan lebih panas…
    jd jika memakai AHM mpx1 apakah mesin lebih cepat pns?

  72. Kemaren abis beli Shell Advanced VSX 4T 1 Liter.. yang membingungkan kok kemasan berubah.. dan setelah saya buka tutup botol nya.. ada Segel tapi putih polos tidak ada hologram Shellnya.. Oli yang VSX dulu setelah dibuka tutup botolnya ada hologram Shell nya.. dan terbukti keasliannya… kok malah buat design baru tapi ga ada hologramnya ya?? apa palsu?? kualitas kayaknya lebih bagus yang dulu dehh.. yang ada hologramnya… kelihatan asli nya..

  73. Gw udah bandingin antara shell advance vsx dg motul ester 5100. Tentu ada bedanya sih. Motulester 5100 memang lebih responsif & powerfull dibanding shell advance vsx. Maklum….harga gak pernah bohong. Gw coba pake v-ixion. Pake shell advance aja tigi revo ga ada apa2nya…apalagi pake motul ester 5100.

  74. maaf om Stephen saya mau tanya,,kalau oli shell ultra di pakai buat motor mio bagus ngga?
    sebelumnya saya pakai oli shell vsx dari pertama kali saya beli motor,,

  75. yang kedua: sebenernya oli motor matik itu sifatnya lebih bagus encer apa kental?
    kata mekanik saya orang yamaha bilang : sama aja oli motor standar matik sama shell vsx,,begitu pula oli gardannya,,saya jg menggunakan oli shell vsx,karena sisa oli buat mesin masih sisa 200ml..jadi saya pakai buat oli gardan 100ml,,

  76. sabdho guparman says:

    iya masbro stephen ,ane juga pake vsx buat red pulsie ane , memang saya rasakan lebih enak daripada olie standar bawaan dari pabrik. yang saya rasakan adalah minim getaran, oper gigi ndak ada suara “cekrak” , dan akselerasinya lebih enteng .

    untuk pergantian oli secara periodik idealnya berapa ribu kilometer si mas?
    soalnya ane ngganti olinya ndak tentu , cuma feeling aja kalau mesin udah ” kemracak” dan oper gigi udah kasar. mohon pencerahan ya mas. . .
    maklum ora ngerti mesin babar blas. . .

    keep brotherhood,

    salam,

  77. sabdho guparman says:

    oke mas,
    terima kasih atas pencerahannya

    keep brotherhood,

    salam,

  78. iqbal muslimin says:

    mas stephen apa khabar nih? begini mas aku uda pake shell advanced 4T sx dan jalannya ok dan BBMnya premium waktu dulu saya pake pertamax emang jalan tambah enteng dan lajunya pasti tambah kenceng TAPI mas kalo lagi macet mau jalan suka ngedet , apakah pake pertamax kepanasan atau ada gejala lain, tapi kalo kepanasan aku ppake premium lagi deh. oh iya mas mau nanya juga ada bedanya gak? PREMIUM dan BIO PREMIUM Thanks ya?

    • @Iqbal,
      Masing motor beda karakter, tergantung stelan mesin dan juga cara bikers bawa motornya. Keluhan ini bisa ditanyakan langsung ke bengkel, pilih dua atau tiga bengkel dengan waktu yg beda. Misalkan bulan Oktober ke bengkel A, terus servis berikutnya di bulan ke bengkel B, dan seterusnya. Mudah2an dari situ bisa menemukan setelan yang pas. Boleh juga sambil coba2 BBM bio-premium, siapa tahu ini cocok. Selamat mencoba.

  79. iqbal muslimin says:

    Mas Stephen yang baik, mau nanya soal ban kalo ban merek ASPIRA bagus gak? terus kalau CORSA bagus juga gak , maklum soalnya kantong lg tiris jadi nyari ban murah tapi kualitas OK, dan kalo kita pake ban belakang ukuran 90/90 ada efek samping gak?, terima kasih sebelumnya

  80. [...] lebih jelasnya, silahkan baca artikel ini, yaitu Testimonial Shell Advance atau ini: [...]

  81. [...] 30 Oktober 2009. Oli motor Shell Advance, patut diberikan acungan dua jempol tangan “two thumbs” karena sudah terbukti jika [...]

  82. selama ini sy baru coba pake shell adv sx di jupiter mx saya, sy minat ganti ke vsx, tapi kenapa sae nya 10w-40 aja ya? ga ada yg 15w-50 kah pak steven?
    karena pengalaman sy pake yg 10w-40 mesin jadi ga enak malahan apalahi kalo panas powernya langsung ngedrop
    thank u

  83. Apapun olinya…yang penting asli. Kenapa saya bilang bgtu, karena untuk kal-sel susah nyari oli yg asli. Karena ga ada spbu shell dsini.
    Saya mau tanya ciri segel & kemasan oli shell yang terjamin keasliannya. Thx a lot mas…

    • @Aidi, untuk daerah seperti Kalsel, paling tidak konsumen belanja oli di toko oli besar, atau yang terkenal di kotanya, harapan saya oli yg dijual adalah barang asli. Kalau kedapatan oli palsu, silahkan segera lapor ke kantor polisi setempat.

  84. [...] dari PT SHELL Indonesia, dimana saya pernah memuat artikel testimoni pelumas Shell dan ternyata artikel ini mendapat perhatian khusus dari pihak [...]

  85. gw robby agt club supra pnasli pontianak.pke oli shell advance vsx 1ltr tarikan mtor jd ringan n otomatis jd lbh knceng larinya.akselarasi oke punya.ga gmpg slip kopling.mesin jg ga cpt panas.pokokny harga n mutunya sbnding deh.hrga dslh1 kbupten di kalbar.slm bikerz

  86. gw robby agt club supra pontianak.pke oli shell advance vsx 1ltr tarikan mtor jd ringan n otomatis jd lbh knceng larinya.akselarasi oke punya.ga gmpg slip kopling.mesin jg ga cpt panas.pokokny harga n mutunya sbnding deh.hrga dslh1 kbupten di kalbar.slm bikerz

  87. gw pake ninja rr selama ini gw pake shell vsx baik buat oli mesin dan juga oli samping.
    tarikannya enak banget dan mesin jadi halus.walaupun gw da pek tuch motor 4 tahun lamanya masih kayak barus rasanya.

  88. arief wicaksono says:

    saya mau tanya apa beda oli shell ultra advance 10-40 dng shell advance 10-40 4T, saya pakai sepeda motor suzuki fxr 2002 dan sering pakai rpm tinggi, mohon informasi dan petunjuk , sebaiknya
    1. saya pakai oli yang mana ultra atau VSX-4T ?
    2. kalo saya campur oli ultra dengan VSX-4T komposisinya apakah baik ?
    ** /ket. konsumis harian saya pakai bensin shell super dan oli ultra 10-40 1,5 ltr
    terimakasih atas pencerahannya.

    b17ak

  89. fahry oktavian says:

    saya mau nanaya kawan shell Advance VSX berapa jarak tempunya???

  90. orangbiasa says:

    bro saya pake matic skywave kalo pake oli shell bgus yang tipe mana? thnk

    • Shell belum keluarin oli utk motor skutik, tapi kalo mau pake Shell cari yg oli encer a.l. VSX 1 liter seharga Rp.52 ribu. Kalo mau mahal jenis Ultra seharga 170 ribuan..

  91. Pertamina Enduro 4T Racing 10W40. Saya ganti setiap 1000km. Saya pengen punya data four ball wear test untuk pelumas yang beredar di Indonesia bisa dapet dimana ya? Sama parameter lain boleh deh ^^

    Thanks all

  92. Nimbrung, Udah hampir 5 taon pake MX, Waktu servis gratis pake Yamalube,tarikan kurang kalah trus ma Satria.standartlah.. trus ganti Shell VSX (maunya Motul, cuma susah nyarinya) tarikan OK, cuma kalo agak lambat diganti, suara mesin kasar.

    Sekarang lagi pake Castrol Power1, so far tarikan enteng dan lembut suaranya…

  93. kl oli shell advance yg vsx 4T sae 10w-40 (semi-synthetic) itu bisa tahan sampe berapa km? thx

  94. mas, ikut kopas yah + imagenya =)
    bwat referensi & hobby saya, thanks mas …
    oya emg bener nih oli enak bget dipake di motor ane…
    mantap bget dah & gag mau coba yang lain2 lagi..
    salam kenal 4 all ^^

  95. ada baiknya merek dari perusahaan oli yg anda pakai dicek di eolcs.api.org. Apakah sudah terdaftar ato blm..soalnya untuk standard internasional dan proteksi terhadap mesin yg agan pake..just share dan berbagi ilmu gan..thx

  96. vsx 4t, menurut gw jelex, soalnya pernah buat kopling saya bermasalah, akhirnya pake lagi shell hellix, lagian sekarang mau beralih ke oli lain, soalnya shell yang sekarang licencynya dari negri jiran malingsia, coba kalian amati shell baru vsx dengan oli petronas, samakah bedakah ato apa? kalian temukan sendiri.

  97. uniol bagus ngak

  98. bos mau tanya ni…
    apa shell advance 2T kemasan baru aroma oli nya kaya oli bekas ya bos..??
    ga ada wangi-wanginya..!!!

  99. pernah coba oli import dari amrik LUCAS OIL SAE 20W/50 dan Syn SAE 20W/50 ??????

  100. Saya selama ini pake Motul 5100 10W-40, enak bro…tarikan mantap, gak kaya dulu sewaktu masih pake Yamalube.
    Pengalaman gue nih, untuk oli samping/2T dari semua yang pernah kucoba paling bagus menurutku REPSOL Elite 2T Competicion, mungkin sekarang susah carinya, saya dulu langganan beli di Yamaha Sumber Baru Motor di perempatan jalan Magelang – Godean, Yogyakarta.

  101. Bisa tahu nggak kalo’ pake’ shell (khusus untuk motor matic/yang scooteer) itu daya tahannya sampe’ berapa KM ya?
    Sebab selama ini saya pake’ Federal Flick atau AHM yang daya tahannya sampe’ 4,000 Km!

  102. Oli yang cocok untuk Vixion 2012 Fuel Injection apa ya..?? mohon infonya bisa sms ke 087884050368 thx

  103. boleh2 saja.. masalah pilihan oli biasanya karena selera dan biaya.

  104. Shell Advance SX 4T 15W-50 = Mineral.
    Harga jual di SPBU Shell Rp34.000,- (24/12/08)

    Informasi tambahan seputar jenis/tipe oli Shell Advance bisa dilihat disini:
    http://jouledoc.wordpress.com/2006/09/14/shell-advance-4-stroke-oils/

  105. @iqbal,
    Oli jenis VSX 15W-50 tidak ada, karena memang tidak ada di brosur Shell Advance.

  106. @iqbal,
    Mesin butuh pemanasan. Kalau saya tiap pagi mau berangkat selalu panaskan mesin dulu sekitar 5 menit. Nah, kalau mesin mati-mati, karburator disetel untuk penyesuaian rpm, bersihkan kepala busi dan businya. Kalau masih ada masalah, langsung bawa ke bengkel.

  107. @Willy,
    Gak usah ragu bro.. langsung aja dijajal oli yg dimaksud. Kalau pun ada keluhan langsung aja ke bengkel. Semua oli yg dijual dipasaran dan sudah punya nama besar pastinya tidak akan merusak mesin. Mesin motor rusak biasanya karena kurang perhatian dari pemiliknya (kurang oli), make motor hancur-hancuran, atau bongkar-pasang mesin gak karuan.

    Untuk jenis/ukuran SAE yang akan dipilih, sesuaikan dengan rekomendasi pabrik (lihat buku manual) atau lihat stiker petunjuk yang nempel di dekat lubang oli mesin.

  108. @yeye,
    namanya juga ngira2, jadi pake feeling aja..
    kalau mau akurat terpaksa pake alat ukur.. :-)

  109. @iqbal.. cocok banget! jajal aja dulu untuk sebulan.. lihat hasilnya nanti.. :-)

  110. bro.. sebaiknya pake oli khusus motor skutik.. oli skutik lebih encer SAE10W/30. Blog ini sudah banyak bahas oli skutik.

  111. soal boncengan gak ada hubungan ama oli.. tapi jelas soal kecepatan, speed tinggi, balapan, atau doyan ngebut, motor butuh oli yg lebih encer, dgn waktu penggantian yg lebih cepat atau harus sering ganti oli..

  112. maksudnya itu shell helix.. emang sih itu buat oli mobil.. tapi bwt motor sebaiknya oli khusus motor.. btw gpp koq..

  113. sore om…motor saya vixion,pake oli standar yamalube..mau ganti shell yang cocok shell apa ya…thanks

  114. coba aja menggunakan oli yg ada diartikel ini.. ;)

  115. wouw luar biasa pengalamannya.. hebat!

  116. gw gak pernah pake motul, jadi soal perbandingan gak bisa di share.. kalo pake VSX pernah dan hasilnya seperti yang sudah ada diatas.. ;) mungkin ada info dari bikers lain?? silahkan aja di share..

  117. saya memakai honda blade, apakah cocok jika menggunakan shell advace vsx 10w40?
    trus apakah oli AHM mpx1 bgs?

  118. soal bagus pasti dong.. semua produsen oli harus bikin oli yg bagus, tapi soal cocok dari setiap konsumen pasti akan beda2.. jadi di coba aja olinya, kalo cocok dan tak ada masalah silahkan di lanjutkan.. :-)

  119. blum ada yg bantu jawab nih…?

  120. ryan, Soal bagus ya sudah pasti, kan olinya lebih encer.. tapi apa itu gak kemahalan buat Mio? Setahu gw Shell Ultra harganya 150 ribu. Tapi okelah kalo Mio-nya doyan ama Ultra, yg pasti ini bukan Ultra Milk, hehehe.. :-)

  121. @sabdho, motor dipake harian, sebaiknya ganti oli rutin antara 1,000 s/d 1,500km. kalau saya sih cari gampangnya aja yaitu ganti oli tiap akhir bulan, ya tapi ini tergantung ama sikon juga sih.. :-)

Leave a Reply