First Time Riding Kawasaki ZX-6R

DSC_1796

23 Oktober 2010. Mengaku sebagai seorang biker? Apalagi sebagai seorang penulis blog dibidang otomotif? Ya.. paling tidak SL.com harus bisa mencoba atau merasakan aneka ragam motor-motor yang sering dibicarakan orang, salah satunya adalah test-ride motor sportĀ  Kawasaki ZX-6R. Nah, siapa sih yang nggak kenal dengan motor sport idaman merek Kawasaki?

Kesempatan ini boleh terlaksana pada saat SL.com ikut group “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau MBR 2010 yang telah sukses di-arrange oleh “Malaysia Tourism” bekerja sama dengan Majalah WTR (World Tour Rider) selama 10 hari dari tanggal 8 s/d 18 Oktober 2010. Saat itu SL.com menjadi salah satu peserta bersama rekan-rekan dari media asing, yang sekaligus bisa menjajal beberapa motor besar yang disediakan panitia MBR 2010.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas ketika SL.com mendapat kesempatan riding motor Kawasaki KLX650, BMW R1200 GS, KTM 990 Adventure, KTM 640 Adventure, dan MV Agusta Brutale 989R. Sedangkan artikel ini hanya sekedar berbagi cerita soal motor sport Kawasaki ZX-6R walaupun sebenarnya SL.com hanya mencoba motor ini hanya untuk beberapa saat.

Kesempatan pertama cobain Kawasaki ZX-6R warna hijau ini, sewaktu rombongan MBR 2010 lagi berhenti di sebuah jembatan menikung tak jauh dari Cameron Highland. Saat itu timbul inisiatif ingin mencoba motor Kawasaki ZX-6R dan jujur saja awalnya rada kagok sewaktu duduk di motor Kawasaki ini karena posisi riding berubah jadi membungkuk, sedangkan SL.com sudah terbiasa dengan motor tinggi KTM.

Jadi, acara test-ride hanya sekedar mencicipi walapun bisa tembus sampai 160 km/jam pada jalur lurus dan panjang. Hitung-hitung lumayan juga sudah bisa merasakan motor sport ini dengan kecepatan tinggi, khususnya buat mereka yang punya nyali. Kalau di Malaysia, motor sport semacam Kawasaki ini sudah umum dan banyak juga kalangan biker wanita naik motor sport. Hal ini karena masalah fasilitas jalan umum yang tersedia dengan baik di negara semenanjung Malaysia.

Kesempatan kedua diberikan oleh panitia, pada saat rombongan MBR 2010 mau pulang ke kota Kuala Lumpur, tepatnya ketika turun dari Bukit Fraser. Saat itu SL.com dan Bro Haryo Widodo tukaran motor, dimana SL.com bawa motor Kawasaki ZX-6R dan Bro Haryo bawa KTM 640 Adventure. Sayang sekali, jalan bukit tajam sungguh tak memuaskan berkendara dengan motor sport, mungkin masih kagok, belum terbiasa, bahkan satu kali mesin mati disebuah tanjakan. Sehingga ditengah perjalanan turun, dari Bukit Fraser, maka SL.com kembali pada motor KTM 640 Adventure.

Singkat kata, SL.com memang kurang sreg bawa motor ini di jalan pegunungan, apalagi jalan bukit dengan tikungan tajam, tapi masih berharap dapat jatah menjajal motor Kawasaki ZX-6R ini di salah satu jalan highway menuju Kuala Lumpur. Namun kesempatan ini akhirnya tak kesampaian. karena rombongan MBR 2010 sudah keburu finish di Hotel Impiana Kuala Lumpur, Sabtu 16 Oktober 2010.

Seperti yang dikatakan, bahwa paling tidak SL.com sudah mencoba, dari pada sama sekali tidak pernah. Namun demikian, intinya SL.com merasakan masih kagok, dan memang belum terbiasa dengan motorĀ  sport, sehingga belum dapat slah, dan juga belum PD, sehingga tidak terlalu ngotot untuk menjajal motor Kawasaki ZX-6R ini.

Selanjutnya, kita tunggu aja review dari blogger Bro Haryo Widodo karena dia yang lebih banyak pakai motor ini. Bahkan Bro Haryo ngaku bisa dapat speed di salah satu jalan highway sampai angka 240 Km/jam. Sungguh fantastis! Menurut Bro Haryo, ini motor lama keluaran tahun 1998 tapi punya sudah dimodifikasi dengan spek motor balap. Jadi, sebenarnya gas masih bisa ditarik lagi, dengan speed diatas 250 km/jam. Wuih..

Spesifikasi

Dilihat dari fairing dan lampu depan, sepertinya Kawasaki ZX-6R yang dipakai dalam acara MBR 2010 adalah keluaran tahun 2000, namun menurut Bro Haryo motor tersebut adalah keluaran tahun 1998. Yang pasti motor ini memiliki mesin 4 tak dengan empat silinder mengusung kapasitas 600cc. Dikenal sebagai salah satu motor balap andalan dengan tenaga kuda 108 HP dan transmisi 6 kecepatan.

General information
Model: Kawasaki ZX-6R
Year: 1998
Category: Sport
Rating: 80.4 out of 100.
Engine and transmission
Displacement: 599.00 ccm (36.55 cubic inches)
Engine type: In-line four, four-stroke
Power: 108.00 HP (78.8 kW))
Top speed: 265.0 km/h (164.7 mph)
Valves per cylinder: 4
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive:
Chain
Chassis, suspension, brakes and wheels
Front brakes: Dual disc
Rear brakes: Single disc
Physical measures and capacities
Dry weight: 176.0 kg (388.0 pounds)
Power/weight ratio: 0.6136 HP/kg
Other specifications
Starter: Electric

Sumber: http://www.bikez.com/motorcycles/kawasaki_zx-6r_1998.php

PHOTO GALLERY

4 thoughts on “First Time Riding Kawasaki ZX-6R

  1. Klo dipake di sini, disangka kawasaki ninja RR yang udah dimodif…

  2. Keren & sangar nih motor..sayang di Indonesia motor blm boleh masuk tol, klo pake motor ini di tengah2 ruwetnya lalin Jkt bisa tersiksa ridernya.

  3. [...] hasil liputannya bisa untuk “First Riding Kawasaki Ninja ZX-6R” bisa dilihat melalui artikel ini. Kawasaki ZX10R @JMCS [...]

  4. welee..welee…
    bagus tuh motornya!!!
    aku bolehh cobain ga???
    seneng liatnya….

Leave a Reply