2 Biker Wanita Inggris Melintas Dunia

20 Oktober 2010. Ketika SL.com ikut rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau MBR 2010 sudah disebutkan pada artikel sebelumnya ada dua orang wanita asal Inggris yang ikut jadi peserta, namanya Sheonagh Ravensdale and Pat Thomson. Kedua wanita ini lagi keliling dunia, dan bulan Oktober lagi berada di Malaysia.

Beruntung jika SL.com dalam satu group dengan mereka, dimana selama 10 hari acara MBR 2010 kami selalu jalan sama, breakfast, lunch, dinner dan semua rute perjalanan MBR 2010 diikuti dari awal hingga akhir dengan penuh rasa kompak. Setelah SL.com pulang dan sudah berada di rumah, bisa mempelajari artikel perjalanan touring mereka di website ini: http://www.horizonsunlimited.com/tstories/dustyoldbags/

Siapakah mereka?

Ya kedua wanita ini selalu jadi tanda-tanya di dalam grup  MBR 2010 ini. Dalam obrolan santai sebenarnya mereka sudah menjalani “traveling” dengan motor selama 35 tahun. Kemudian, mereka tidak menikah, dan sudah tentu tak punya beban keluarga. Punya anak butuh biaya, dan mereka lebih senang traveling naik motor dari pada ngurusin anak.

Berapa umur mereka?


Silahkan ditebak sendiri karena mereka tak pernah mau menjelaskan secara pasti. Tapi, menurut SL.com usia mereka sudah berada diatas 60 tahun, karena raut muka kedua wanita ini terlihat sudah lanjut, dan sudah seperti seorang oma. Ya ampun.. ternyata mereka masih kuat naik motor Honda NX400 yang dibawa keliling dunia. Mereka punya nyali!

Mereka sudah kemana saja? Perjalanan kali ini sudah sejak bulan November 2009. Benua Amerika adalah tujuan pertama, kemudian benua Asia, yang dimlai dari Korea, Japan, kemudian ke Malaysia. Setelah Malaysia, mereka lanjut ke Cambodia, Afganistan, India. Bisa jadi perjalanan tour mereka akan berakhir bulan April 2011 ini? Loh koq bisa?


Sistim perjalanan keliling dunia yang mereka terapkan dengan cara mencicil. Jadi, sebenarnya selama 35 tahun mereka sudah jalan banyak negara lain, bahkan benua Afrika sudah pernah mereka jalani pada tahun 2006. Kalau benua Eropa jangan ditanya lagi, hampir semua biker asal Inggris dan Eropa sudah pasti pernah menjajal benua Eropa.

Alasan kedua, kenapa harus mencicil sudah tentu karena masalah biaya. Tapi, mereka justru lebih concern pada masalah asuransi perjalanan. Masalahnya polis Travel Insurance, Health Insurance dan Motorcycle Insurance mereka di tahun 2010 akan berakhir April 2011. Soal ini terjadi obrolan dengan SL.com karena mereka lagi agak kesulitan dapatkan renewal policy (polis perpanjangan).


Jika polis bisa diperpanjang maka mereka akan lanjutkan touring, tapi jika polis tadi tak bisa diperpanjang, maka mereka harus pending sebelum dapatkan dokumen polis. Pertimbangan perusahaan asuransi saat mau renewal biasanya soal klaim yang sudah pernah diajukan. Sedangkan, kedua wanita ini pernah klaim kamera hilang.

Hm.. soal asuransi ini bagi SL.com paham benar. Karena sebuah perjalanan bagi orang Inggris kudu harus mendapatkan asuransi. Hal ini memang sangat perlu sebagai jaminan dan perlindungan, entah itu karena kecelakaan, kematian, kehilangan, sakit ataupun evakuasi (dijemput atau diantar dengan helikopter atau pesawat jet dalam hal darurat). Motor dan properti mereka juga perlu diasuransikan.

Soal asuransi, mereka mau bayar premi, asalkan ada perusahaan yang ngasih jaminan atau perlindungan dengan limit yang diminta, sesuai dengan kegiatan mereka naik motor lintas dunia, dan usia mereka pun sudah lanjut. Nah, disinilah masalah dan kendala bagi perusahaan asuransi yang kudu harus seleksi atas resiko dari proposal yang masuk.

Oh ya.. ketika ditanya soal kunjungan ke Indonesia, dijawab belum ada rencana, dan masalahnya soal asuransi tadi. Setau SL.com setiap mereka ajukan asuransi perjalanan touring, sudah pasti mereka harus jelaskan soal jalur atau rute yang akan dilewati. Tampaknya wilayah Indonesia masuk dalam daftar exclusion oleh perusahaan asuransi.

Karena jika mereka sampai melanggar aturan dan persetujuan atau sudah disepakati dengan perusahaan asuransi, maka polis mereka bisa dibatalkan oleh perusahaan asuransi. Selain itu, jika ada klaim yang terjadi di negara yang di-exlude maka mereka sudah tak  dapat jaminan penggantian. Jadi, paham kan soal ini? Yaitu alasan keamanan di Indonesia.

Well… foto di halaman ini saat mereka ikut bergabung bersama MBR 2010. Bagi yang mau melihat foto mereka sewaktu di Mexico Amerika Selatan, silahkan mampir di website: http://www.horizonsunlimited.com/tstories/dustyoldbags/

SL.com berpisah dengan kedua wanita ini saat breakfast dihari Minggu, 18 Oktober 2010 di Hotel Impiana KLCC, Jalan Pahang Kuala Lumpur, Malaysia.

PHOTO GALLERY

6 thoughts on “2 Biker Wanita Inggris Melintas Dunia

  1. dapat info ternyata usia Pat 57 tahun dan Sheo 61 tahun.

  2. Wuihh…mantap si nenek, tapi apa gak ribet ya, keliling dunia gitu gak pake box?

  3. wah hebat ..bener …. pakai honda lagi …. memang itu nenek sepaham ama ane pilih honda walaupun aku masih pake supra x … hati2 nenek

  4. Kalo udah pake baju riding lengkap, gak nyangka kalo yg mengendarai biker wanita berumur

  5. oooowww….sungguh luar biasa… salut deh..
    klu di Indonesia ada ngga ya wanita yg mau touring kliling Indonesia aja hehehehe…

  6. Motifasi khusus untuk para rider tanah air untuk bisa keliling dunia..
    Namun sebelumnya harus punya persiapan dan tujuan yang jelas, tidak gampang punya keberanian kayak si nenek…
    Moga aja selamat di tujuan ya…

Leave a Reply