First Time Riding KTM 640 Adventure

18 Oktober 2010. Lagi, sebuah kesempatan menjajal motor KTM buatan Austria yang lebih dikenal sebagai motor adventure dan sering dipakai buat rally Paris-Dakkar. Sepanjang dua hari perjalanan bersama “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau MBR 2010 dimana SL.com bisa juga merasakan kehebatan motor KTM 640 Adventure.

Sebelumnya SL.com sudah pernah merasakan motor BMW R1200 GS dan juga motor KTM 990 Adventure. Jika mau dibandingkan dengan kedua motor tersebut, maka KTM 640 Adventure terasa sedikit lebih ringan. Tapi dari segi ketinggian tetap saja dudukan motor ini lumayan tinggi, sehingga cukup sulit naik motor untuk tinggi badan buat orang Indonesia pada umumnya.

Sesuai dengan artikel sebelumnya, sudah disebutkan kalau motor KTM 640 Adventure ini ada sedikit masalah, yaitu oli bocor dan tetesan oli ikut membasahi ban belakang khususnya bagian di sebelah kanan. Jadi, disaat manuver belok ke kanan, paling tidak harus extra hati-hati karena ban belakang licin dan mudah selip. Kalau tidak, bakal jatuh.

Dan, harus lebih waspada lagi karena KTM 640 Adventure lumayan galak, sangat responsif dengan dorogan suara kenalpot yang lumayan keras atau nyaring. Sangat terasa motor ini selalu minta dipacu. Setau SL.com settingan motor ini memang buat main diatas, artinya ketika gas ditarik dan oper gigi pasti langsung ngacir minta kecepatan tinggi. Tak heran jika speed-nya bisa tembus diatas 150 km/jam.

SL.com riding KTM 640 Adventure @Malaysia

Masalahnya motor ini pakai ban cangkul, sering bergetar, jadi kurang nyaman ketika melintas di jalan aspal. Namun, tetap saja motor selalu dipacu dengan speed atas dengan rata-rata 120 hingga 130 km/jam. Maka tak heran jika dudukan “engine guard” disebelah kiri patah dan perankat tersebut pada saya kiri harus dilepas. Akibatnya tampilan motor ini ada yang kurang di bagian kirinya.

Apapun kekurangan dan kelebihan dari motor ini, tetap saja bisa diatasi oleh SL.com. Pada rute pulang dijalan pegunungan, terpaksa merubah gaya mengendarai motor ini, kurang lebih ambil gaya-nya “motor motard” dengan cara kaki diturunkan ketika lagi cornering, khususnya saat belok ke kanan.  Hal ini dilakukan agar SL.com tidak terjatuh.

Saat lagi jalan pulang atau turun dari Bukit Fraser, tujuan kota Kuala Lumpur, boleh dibilang SL.com bisa menempel ketat motor KTM 990 Adventure yang dikendarai Bro Isham. Melintasi rute pegunungan dan jalan bukit (banyak tikungan) dengan kecepatan tinggi, kemudian berlanjut di trek lurus, hingga melewati jalan highway kota Kuala Lumpur, dan tetap saja motor KTM 640 Adventure ini bisa dikendalikan dengan mantap.

Spesifikasi KTM 640 Adventure:

Manufacturer KTM
Model 640 Adventure
Price 6,495
Top Speed 110mph
Insurance Group 11
Engine Size 625cc
Engine Type Liquid-cooled, single-cylinder, four-stroke
Compression Ratio 11.7 : 1
BH Power 53bhp
Torque 55Nm
Gears 5
Seat Hight 945mm
Ground Clearance 315mm
Fuel Capacity 25.5 Litres
Dry Weight 158kg
Front Suspension USD 48mm
Rear Suspension Monoshock with Pro-Lever linkage
Front Tyre Size 90/90 – 21
Rear Tyre Size 140/80 – 18
Brakes Front Two x twin piston, floating caliper, two x brake disc 300mm
Brakes Rear Single piston, floating saliper, brake disc 220mm

Sumber: http://www.adventurebikerider.com/

Tepat pukul 18.45 waktu Malaysia, akhirnya penulis blog SL.com tiba atau finish di Hotel Impiana KLCC Hotel, Jalan Pinang, Kuala Lumpur. Selain check-in di hotel, juga malam itu harus mengikuti acara dinner bersama pejabat “Malaysia Tourism” dalam rangka mengakhiri atau menutup “Malaysia Brotherhood Ride 2010″ yang telah sukses digelar dengan selamat.

Sebagai catatan, bahwa perjalanan tour Visit Malaysia bersama rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010″ terselenggara atas kerjasama dari Malaysia Tourism Promotion Board, Majalah WTR (World Tour Rider), dan Modenas serta dukungan dari para sponsor yang lainnya.

PHOTO GALLERY

4 thoughts on “First Time Riding KTM 640 Adventure

  1. Wuiihhh..mantaappp jalanannya,kapan Indonesia bisa kayak gitu ya? Klo di Indonesia tuh pasti kiri kanannya udah ada warung2 atau tenda biru :D

  2. [...] ketika SL.com mendapat kesempatan riding motor Kawasaki KLX650, BMW R1200 GS, KTM 990 Adventure, KTM 640 Adventure, dan MV Agusta Brutale 989R. Sedangkan artikel ini hanya sekedar berbagi cerita soal motor sport [...]

  3. Bos can u give me some information about the bike, from where u get this bike in malaysia, im interested to have this one

Leave a Reply