Visit Pabrik Motor MODENAS Malaysia

16 Oktober 2010. Sebuah kesempatan tak mungkin datang dua kali, untung saja SL.com dan rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau MBR 2010 dapat kesempatan baik berkunjung ke pabrik motor Modenas di Kawasan Perindustrian Gurun Kedah Darul Aman, Malaysia. Lokasinya lumayan jauh dari pusat kota Kuala Lumpur.

Modenas (Motosikal dan Enjin Nasional Sdn Bhd) merupakan sebuah pabrik motor terbesar di Malaysia yang memproduksi berbagai jenis motor tipe bebek dan skutik (scooter matic). Motor Modenas ini sangat populer di Malaysia, dan mayoritas motor bebek dan skutik di Malaysia adalah merek Modenas dikenal sebagai motor rakyat Malaysia. Sedangkan motor-motor merek Jepang dan Eropa lebih banyak bermain pada motor bermesin 400cc ke atas.

SL.com bersama rombongan MBR 2010 tiba di pabrik Modenas sekitar 13.15 setelah menjalani touring dari Lumut Perak. Sebelum kami tiba di Modenas, rombongan MBR 2010 sempat istirahat di sebuah stasiun bensin Shell dan disana kami sudah ditunggu oleh 4 motor Honda Goldwing anggota Goldwing Owner Associations Malaysia atau GOAM.

Ke-empat motor Honda Goldwing angota GOAM ini dari wilayah Kedah Darul Aman yang siap mengantarkan rombongan MBR 2010 sekaligus bertugas menjadi marshall bagi rombongan MBR 2010. Total motor anggota GOAM ketika menuju pabrika Modenas menjadi 8 unit motor Honda Goldwing. Yang menarik bagi SL.com adalah melihat ada 3 unit motor Honda Goldwing warna putih.

Kedatangan kami di pabrik motor Modenas hari Kamis, 14 Oktober 2010 mendapat sambutan hangat dari staff dan management Modenas. Setelah itu kami diantar kedalam ruangan untuk mendengarkan presentasi tentang pabrik motor Modenas.

Rombongan MBR 2010 Parkir Motor di depan Pabrik Modenas Gurun Malaysia

Sekilas Tentang Modenas

Pabrik motor Modenas berdiri bulan Agustus 1995 dengan nilai investasi RM400 juta. Memiliki kapasitas produksi 200 ribu unit per tahun dan bekerja dengan sistem waktu kerja 3 shift. Perusahaan ini bernaung dibawah grup besar DRB-HICOM BERHAD yang memiliki ber-aneka ragam usaha, antara lain automotive sector, property sector, service sector, dan defence sector.

Hingga saat ini pemilik saham pabrik Modenas terdiri dari 70% HRD-HICOM Berhard sebagai induk perushaan, kemudian 19% Kawasaki Japan, dan 11% Sojitz. Tak heran jika alih teknologi Kawasaki Jepang diberikan kepada perusahaan Modenas. Sedangkan produk Modenas 80% sudah dibuat di pabril sendiri (lokal) sedangkan sisanya dari pihak luar.

Info lengkap tentang seluk-beluk Modenas, silahkan saja kunjungi website resmi http://www.modenas.com.my/

Jenis motor yang diproduksi adalah jenis bebek dan skutik, lihat daftar produk Modenas melalui website mereka di halaman produk. Disana sudah jelas dipaparkan apa saja nama produknya. Secara produk mirip dengan produk motor yang diproduk oleh ATPM motor di Indonesia, tapi Modenas sudah bawa nama sendiri. Sedangkan di Indonesia, nama industri asal Jepang masih melekat.

Pada bagian akhir presentasi, kami mendapat penjelasan tentang produk baru motor Modenas, yaitu motor bebek listrik dengan tenaga battery. Rasa ngantuk di ruangan dingin ber-AC langsung berubah dengan rasa penasaran untuk mendengarkan seluk-beluk motor listrik milik Modenas dengan merek CTric yang belum resmi di lauched.

Alhasil SL.com sendiri masih bingung soal motor listrik karena diklaim bisa laju dengan kecepatan 105km/jam dan kekuatan motor ini hanya perlu di charge mirip handphone. Istilah low bat berlaku untuk motor CTric ini.

Bagaimana modelnya ?

Masih dalam gambar, namun kami dijanjikan akan melakukan test-ride motor listrik Modenas CTric dari kaki Gunung Jerai menuju Puncak Gunung Jerai. Ya.. katanya ada acara naik gunung dengan motor listrik. Makin bingung lagi dan semua peserta MBR 2010 pun dibuat penasaran ikut test-ride motor listrik. Apa benar motor ini kuat naik gunung?

Usai acara presentasi, rombongan MBR berpindah ruangan menuju acara makan siang. Setelah itu acara kunjungan ke dalam pabrik untuk melihat langsung proses produksi motor Modenas untuk beberapa bagian saja. Dalam hal ini peserta MBR 2010 tak perlu menyusuri semua isi perut pabrik Modenas, karena kami akan melanjutkan perjalanan ke Gunung Jerai.

Rombongan Malaysia Brotherhood Ride 2010 foto bersama di pabrik Modenas Gurun Malaysia

Menurut agenda, acara di Gunung Jerai selruruhnya adalah persembahan dari Modenas, dimana kami akan mendapat tantangan menjajal motor listrik CTric dengan rute menanjak sepanjang 12 km, kemudian akan menginap di sebuah villa di puncak Gunung Jerai yang konon udaranya lumayan dingin. Wow.. rasanya mendengar tantangan ini kami sudah tak sabar lagi.

Sebagai catatan, perjalanan tour Visit Malaysia bersama rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010″ terselenggara atas kerjasama dari Malaysia Tourism Promotion Board, Majalah WTR (World Tour Rider), dan Modenas serta dukungan dari para sponsor yang lainnya.

407770_297864596937032_1333966445_n

PHOTO GALLERY

7 thoughts on “Visit Pabrik Motor MODENAS Malaysia

  1. waooo…asok donk bisa jalan2 keliling Malaysia,apalagi mampir di pabrik motor terbesar di malaysia…..
    blh ikutan ngga?hihihihi…

  2. […] Lumpur, 16 Oktober 2010. Setelah berkunjung ke pabrik Modenas di Gurun Malaysia, akhirnya SL.com dan rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau […]

  3. […] Lumpur, 16 Oktober 2010. Akhirnya yang dijanjikan oleh pabrik motor Modenas benar juga. SL.com dan rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau MBR 2010 […]

  4. modenas kan teknologi kawasaki utk bebeknya dan teknologi SYM utl skutiknya ya?

  5. ada agenda berkunjung ke proton ato perodua ???

  6. kok belum cakram depan ya…desain lampu jga belum kristal…tapi salut utk nasionalisme rakyat Malaysia, klo disini pazzti gak laku tuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *