#3 Enjoy Pangkor Island Malaysia

14 Oktober 2010. Artikel ini adalah lanjutan dari “Enjoy Pangkor Island MalaysiaPart 1 dan Part 2. Kenapa judulnya disebut enjoy? Karena memang SL.com bersama dengan rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau MBR 2010 benar-benar lagi enjoy atau menikmati salah satu tujuan wisata yang ada di negara Malaysia khususnya Pulau Pangkor.

Setelah kami berenang, berjemur dan bermain sepuasnya di Pulau Giam dan melihat pemandangan alam Coral Bay di Teluk Nipah dengan naik boat, maka acara selanjutnya adalah kami menikmati perjalanan dengan motor bebek sewaan (rental bike) yang sudah disediakan oleh panitia acara dari Majalah WTR (World Tour Ride) bekerja sama dengan Malaysia Tourism.  Dalam hal ini peserta MBR 2010 tinggal mengikuti saja setiap suguhan acara yang sudah dibuat. Mantap!

Sewa Motor

Di Pulau Pangkor ada banyak tempat sewa motor, dan jika pembaca blog mau ke Pulau Pangkor sebaiknya disana sewa motor untuk jalan-jalan. Pulau Pangkor tidak besar dan rutenya hanya berputar keliling Pulau Pangkor (lihat peta Pulau Pangkor diatas). Dalam peta tersebut sangat jelas jarak dan rute maupun titik lokasi wisata yang perlu dikunjungi.

Sebagai wisatawan kita perlu tau lebih banyak isi pulau ini dengan cara naik motor. Untuk penyewaan motor sebaiknya tanyakan petugas tempat menginap.

Nah, selama di Pulau Pangkor mau kemana saja? Mungkin cerita perjalanan dari SL.com disini ketika naik motor bersama rombongan MBR 2010 bisa menjadi referensi, antara lain:

Pantai Pasir Bogak

Pemandangan pantainya sangat indah. Sebenarnya semua pantai di Pangkor memang indah, tapi pemandangan disini ada boat yang lagi diparkir. Boat tersebut untuk disewa bagi pelancong atau turis yang datang ke Pulau Pangkor. Selain itu, tempat ini punya sarana bermain waterpsort, seperti jetski, banana boat, parasailing, dan lainnya.

Setelah itu mau kemana lagi? Oh ya.. kalau naik motor jangan lupa pakai helm, karena disana tetap peraturan harus dipatuhi, kalau tidak maka kita akan kena tilang/denda atau hukuman penjara. Hukuman di negara Malaysia sangat berat. By the way, kalau nyewa motor jangan lupa isi bensin.

Chinese Temple

Setelah menikmati Pantai Pasir Bogak, maka rute berikutnya adalah menuju Chinese Temple di sekitar kawasan Sungai Pinang Pulau Pangkor. Disana kita bisa melihat tempat ibadah umat Chinese dengan pernak-perniknya. Bagi penggemar fotografi, lokasi ini bakal nikmat karena permainan warna merah kuning selera Chinese, plus pemandangan ke laut.

Di temple tersebut ada sebuah kolam ikan, dan terlihat ikan beberapa ikan tawar dengan ukuran sangat besar, konon kehadiran ikan besar ini menjadi sebuah ikon dari Chinese Temple ini. Selain itu, ada juga “The Great Wall” dengan ukuran miniatur yang menyusuri bukit di bagian belakang temple Lumayan buat ajang berfoto bagi yang belum pernah ke tempat aslinya.

Bangun Kapal Kayu

Penasaran dengan pembuatan kapal kayu? Tak ada salahnya mampir dulu ke sebuah tempat yang disebut dengan “boat maker” atau pembuat kapal kayu. Terlihat dua buah kapal kayu sedang dibangun yang berlokasi di pinggir laut. Susunan bahan kayu terlihat dari pinggir jalan, dan ketika turun kebawah atau mendekat, badan kapal kayu sudah jadi.

Menurut info, pembuatan kapal kayu butuh sekitar enam bulan, dan biasanya kapal  akan dibangun bila ada pesanan sesuai dengan kebutuhan dan ukuran kapal yang diinginkan konsumen. Walaupun tradisional karena terbuat dari bahan kayu, namun cara pembuatannya sudah modern. Terdengar suara mesin gergaji, mesin bor lagi aktif dan pekerja yang ada dilokasi tidak banyak.

Kilang Satay Ikan

Perjalanan naik motor masih dilanjutkan lagi munuju Kilang Satay Ikan, dan rombongan MBR 2010 ini saling sibuk memotret, bahkan ada sebuah mobil dengan pintu belakang terbuka dipakai untuk keperluan acara motret dan merekam video kearah konvoi motor. Yang lucu adalah melihat peserta MBR 2010 punya badan besar malah pakai motor kecil.

Ukuran motor dan si-pengendara banyak yang tidak proporsional, sehingga ini menjadi bahan joking diantara peserta MBR 2010.

Lokasi Kilang Satay masih di pinggiran laut dekat lokasi pembuatan kapal kayu diatas. Kami melihat langsung bagaimana ikan laut dipilha-pilah sesuai dengan jenisnya, ada pula ikan yang lagi dijemur, dan bagaimana cara memasaknya. Singkat kata ikan sudah jadi, tapi dalam bentuk satay yang langsung dilahap seperti makan sate. Sebuah sudut tempat belanja oleh-oleh sudah tersedia, namun kami nikmati saja makan ditempat, selain lapar juga haus.

Kota Belanda

Kami menyusuri bagian dari Pulau Pangkor disebelah timur, dan terus kearah Selatan. Akhirnya perjalanan dengan motor terhenti pada sebuah benteng tua yaitu bekas Kota Belanda. Lagi, kami berhenti untuk melihat keajaiban sejarah Kota Belanda yang pernah dibangun oleh Belanda ditahun 1670. Wouw.. ajaib lihat benteng kuno tapi masih asri.

Usai dari Kota Belanda, terlihat peserta MBR 2010 mulai kecapaian karena seharian sudah jalan-jalan di sekitar Pulau Pangkor. Akhirnya panitia memberikan acara bebas, dan kami hanya diminta bertemu pada acara dinner di Pangkor Beach Resort Hotel sekitar pukul 20.00 waktu Malaysia. Setelah itu masing-masing peserta bubar, dan mengendarai motor bebek ke lokasi hotel.

Sunset

Pada beberapa kesempatan SL.com dan Bro Haryo Widodo mampir dilokasi pemandangan laut dan salah satunya adalah Pusat Pandangan atau Look Out Point dalam rangka menentukan Ramadhan. Tempat ini memang sangat eksotik untuk melihat matahari saat terbenan ke arah laut Selat Malaka yang bersebelahan dengan Pulau Sumatera.

Singkat kata, Pulau Pangkor memang indah dengan pemandangan sunset. Lihat artikel dan foto berikutnya tentang sunset di Pulau Pangkor.

Sebagai catatan, bahwa perjalanan tour Visit Malaysia bersama rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010″ telah terselenggara atas kerjasama dari Malaysia Tourism Promotion Board dan Majalah WTR (World Tour Rider) serta dukungan dari para sponsor.

PHOTO GALLERY

2 thoughts on “#3 Enjoy Pangkor Island Malaysia

  1. […] melihat arrtikel sebelumnya dengan judul “Enjoy Pangkor Island Malaysia” Part 1; Part 2 dan Part 3. Semoga artikel yang ada […]

  2. […] ini menunjukkan ketika SL.com untuk sementara jadi ojeker’s (red=tukang ojek) di Pulau Pangkor, Malaysia. Pada saat itu  SL.com lagi ikut rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau MBR […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *