Road To Lumut Perak & Pangkor Island Malaysia

13 Oktober 2010. Artikel ini masih bercerita tentang perjalanan “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau MBR 2010 dimana SL.com dan rombongan meluncur ke arah Pelabuhan Lumut yang berada di Perak, Manjung Malaysia. Lumut adalah kota wisata pelabuhan atau waterfront bagi mereka yang ingin pesiar ke Pangkor Island.

Sesuai dengan agenda perjalanan, rombongan MBR 2010 akan bermalam di Pangkor Island tepatnya hari Selasa malam (12/10/10), namun sebelum nyeberang dengan kapal boat, rombongan harus singgah dulu di Lumut. Menurut panitia, nantinya semua motor MBR 2010 harus ditinggal menginap dan diparkir di salah satu tempat parkir umum dekat pelabuhan. Setelah itu kami naik boat menuju Pulau Pangkor.

Yang menarik, sebelum kami tiba di Lumut, rombongan MBR 2010 yang datang dari Teluk Intan (setelah melihat Menara Condong) seharusnya mampir dulu di salah satu tempat wisata “Terowongan Sejarah Pasir Salak” tapi waktu itu group konvoi terbagi dua antara speed rider dan slow rider.

Hal ini sebenarnya sudah diperkirakan pasti bakal terjadi pecah rombongan jika marshall paling depan tetap memacu motornya tanpa menunggu atau melihat rekan-rekan yang masih jauh dibelakang. Kejadian seperti ini sering dialami oleh SL.com jika lagi touring di dalam negeri sendiri, pasti bakal ada speed dan slow riding group.

Saat itu SL.com bersama empat rekan peserta MBR 2010 masuk dalam group yang di depan, sehingga rombongan depan ini terus saja bablas dan tak lagi berhenti di lokasi wisata “Terowongan Sejarah Pasar Salak”. Info selengkapnya tentang lokasi wisata ini bisa dibaca melalu wikipedia.org.

Manjung Bikers Club (MBC)

Sebuah titik lokasi dekat simpang tiga traffic light menjelang kota Lumut menjadi tempat menunggu, dan sementara itu rombongan bikers anak-anak muda wilayah Manjung datang bertemu dengan SL.com yang lagi duduk menungggu sisa rombongan MBR 2010 yang masih jauh berada dibelakang. Sebuah kesempatan bisa gabung dengan sebuah klub bikers Malaysia.

Skenario perjalanan touring, bahwa rombongan MBR 2010 memang bakal disambut oleh sebuah komunitas motor wilayah Manjung, yang punya nama: “Manjung Bikers Club” atau disingkat MBC. Tak disangka jika SL.com akhirnya bisa bertemu dengan anak-anak klub atau komunitas bikers di Malaysia karena penasaran melihat motor mereka dari dekat.

Dengan hadirnya teman-teman MBC ini, sementara sambil menunggu sisa rekan MBR 2010, SL.com beruntung masih sempat bercakap-cakap dengan pengurus dan anggota MBC  yang masih berusia muda. Mereka umumnya adalah anak muda keturunan Melayu dan boleh diajak bercakap Melayu yang memang mirip dengan Bahasa Indonesia.

Ketika SL.com melihat jenis motor anggota MBC ini, terlihat motor mereka yang paling minim pakai mesin 400 cc. Artinya motor anggota MBC kebanyakan mengusung mesin diatas 400 cc. Bahkan klub motor MBC ini punya mobil khusus untuk petugas “Marhall” berwarna putih, mirip seperti mobil polisi alas Texas yang biasa dipakai untuk pengawalan touring.

Apa saja merek motor mereka? Teman-teman pembaca blog bisa melihat sendiri melalui foto-foto yang ada di halaman ini. Yang pasti keberadaan motor mereka bikin iri SL.com, dimana mereka memang sudah terbiasa punya motor sport besar, sementara di Indonesia punya motor sport besar dengan mesin 400cc ke-atas masih dalam mimpi.

Pelabuhan Lumut

Tak lama kemudian, teman-teman MBR 2010 yang lagi ditunggu akhirnya datang juga, dan mereka langsung bergabung dengan teman-teman MBR 2010 yang sudah sejak tadi menunggu. Kami semua kembali bergabung sekaligus bergabung dengan teman-teman dari Manjung Bikers Club yang siap mengantarkan, serta mengawal rombongan MBR 2010 menuju pelabuhan Lumut.

Konvoi bersama antara MBR 2010 dan MBC pun segera dimulai dan jumlah motor jadi 30 motor. Jarak yang ditempuh hanya 10 km. Terlihat rekan-rekan MBC menjadi petugas dan mobil putih Marshall MBC tadi berada di barisan paling depan. Wah.. asyiknya dapat pengawalan touring dan tak dirasa konvoi sudah berakhir atau berhenti di depan pelabuhan Lumut.

Sebuah pengalaman baru bisa bergabung dengan club bikers di Malaysia, dan yang yang paling penting adalah ketika melihat kebersihan dan keindahan pelabuhan Lumut yang benar-benar sangat bersih, asri dan enak dipandang. Pelabuhan ini mengingatkan SL.com dengan salah satu pelabuhan yang berada di Inggris, memang benar-benar serasa lagi berada di negara Inggris.

Kedatangan kamin di pelabuhan Lumut sekitar pukul 18.20 waktu Malaysia, dan kapal boat penyeberangan akan berangkat pukul 19.00. Saat itu hari sangat cerah, sehingga matahari sore semakin memperindah persahabatan antara peserta MBR 2010 dengan bikers Manjung. Kami ingin ngobrol lebih lama, tapi waktu harus memisahkan kami.

Kemudian rombongan MBR 2010 memarkir motornya di sebuah tempat yang hanya berjarak 100 meter dari pelabuhan. Keamanan dapat dijamin karena SL.com melihat sendiri bagaimana penataan parkir yang sudah dipersiapkan bagi para pelancong yang datang naik motor. Uniknya bagi pemilik Honda Goldwing, mereka memiliki terpal menutup motor mereka.

Anggota Manjung Bikers Club Malaysia

Teman-teman MBC kami foto, dan selanjutnya peserta MBR 2010 bergegas menuju kapal boat yang akan mengantarlkan ke Pulau Pangkor. Katanya pulau Pangkor ini sangat eksotik, bersih, punya pantai putih, dan banyak orang bule yang berjemur. Wah.. kami pun jadi makin semangat bergegas mau melihat pulau Pangkor.

Saat itu alam sunset dapat dilihat dengan jelas saat SL.com lagi melangkah di dalam terminal kapal. Namun sebelumnya, SL.com sempat menjepret anggota MBC yang lagi meninggalkan Lumut. Masing-masing motor anggota MBC ditarik kencang dan mereka berlaju dengan cepat sekali satu persatu. Nguinngggg… mantap bro!

25 Menit Menyebrang Ke Pulau Pangkor

Sekitar pukul 18.48 seluruh peserta MBR 2010 sudah berada diatas kapal boat dan tepat pukul 19.00 kapal boat bergerak meninggalkan pelabuhan Lumut. Selanjutnya adalah acara foto bersama dan pasang aksir narsis selama berada di dalam kapal boat. Terlihat rasa gembira dari peserta MBR 2010 karena merasakan acara touring sambil pesiar ke pulau.

Rombongan Malaysia Brotherhood Rider 2010 di atas boat menuju Pulau Pangkor

Tak lama kemudian pemandangan di luar semakin gelap, dan SL.com masuk dalam ruangan kapal yang ber-AC. Hanya 25 menit perjalanan kapal boat antara pelabuhan Lumut dengan Pangkor Island, dan kapal boat sudah merapat.  Sebuah bus unik milik “Pangkor Island Beach Resort” siap menjemput dan mengantarkan rombongan MBR 2010 langsung ke lobby hotel (hanya 15 menit perjalanan di dalam bus).

Sebagai catatan, perjalanan touring “Malaysia Brotherhood Ride 2010″ terselenggara atas kerjasama dari Malaysia Tourism Promotion Board dan Majalah WTR (World Tour Rider) serta dukungan dari para sponsor.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

4 thoughts on “Road To Lumut Perak & Pangkor Island Malaysia

  1. ➡ PERTAMAX DIAMANKAN

  2. Bnar2 perjalanan yang sgt mengasyikkan, tidak hanya di darat… Road jg di sambung dg kapal pesiar ke Pangkor Island.

  3. […] antara lain ke Bukit Malawati Selangor & Dorani Home Stay, Menara Condong Teluk Intan, Lumut Perak, dan disambung naik boat ke Pulau Pangkor,  akhirnya semua itu bisa dibalas dengan waktu […]

Leave a Reply