First Time Riding BMW R1200 GS Adventure

11 Oktober 2010. Inilah kisah SL.com yang baru pertama kali dalam seumur hidup menjajal dan mengendarai sepeda motor terkenal BMW R1200 GS Adventure dengan rute Hotel Sari Pan Pacific Kuala Lumpur menuju Sepang Circuit, dan kemudian arah pulang dengan jalur yang sama. Kesannya adalah  merasakan motor mewah dan hebat!

Kesempatan mengendarai BMW R1200 GS Adventure ini karena dipinjamkan oleh panitia acara “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau MBR 22010 dimana SL.com ikut serta sebagai salah satu anggota yang diundang oleh Malaysia Tourism Board selama 10 hari berada di Malaysia. Kesempatan naik motor besar, apalagi naik BMW R1200 merupakan impian bagi semua biker, khususnya mereka yang suka touring.

Ada banyak orang suka menonton film Long Way Down, atau browsing tentang kehebatan motor mewah BMW R1200 GS Adventure yang konon harga jualnya mencapai angka USD 17,000 atau Rp. 153 juta. Kalau motor ini masuk ke Indonesia, lengkap dengan surat-surat resmi, BPKB dan STNK harganya bisa tembus diangka Rp. 500 juta-an.

Dulu SL.com hanya bisa mengamati seorang rekan bikers yang kebetulan bawa motor ini ketika lagi jalan-jalan ke Puncak Pas bersama teman-teman DDOCI (artikelnya disini); tapi sekarang SL.com lagi beruntung dapat kesempatan menjajal motor ini di lintasan highway KL-Sepang dengan kecepatan rata-rata antara 120 s/d 130 km/jam.

Sebenarnya kalau bicara soal kecepatan masih bisa diangkat lagi, hanya saja SL.com lagi ikut seorang biker Marshall yang berada didepan, lagian memang nggak tau jalan di Malaysia. Asal tau saja, di Malaysia banyak persimpangan jalan, banyak flyover bercabang, jadi harus waspada memilih jalur. Kalau sampai salah jalan bisa kacau, karena harus berputar jauh.

Well.. secara umum naik motor BMW R1200 GS Adventure memang enak, apalagi motor ini ditambah dengan side box, membuat motor jadi stabil dan terlihat makin mantap sebagai motor touring. Hampir semua orang dijalan melirik ke motor ini, selain bodinya bongsor, juga suara knalpotnya lumayan garang ketika gas diputar habis. Semua orang sudah tau lah BMW is Made in Germany.

Dalam perjalanan “Malaysia Brotherhood Rider 2010″ dipastikan motor BMW R1200 GS Adventure ini bakal ikut serta, karena satu unit motor ini memang sudah disediakan oleh pihak sponsor dari BMW Malaysia. Menurut info, sepanjang jalan keliling  Malaysia, motor ini nantinya akan dijajal oleh seluruh peserta MBR 2010 secara bergantian.

Bagi SL.com yang penting sudah dapat kesempatan menjajal BMW R1200 GS Adventure menuju Sepang, dan ini sudah cukup memuaskan. Paling nggak sudah pernah merasakan dan sudah tau performa tentang motor ini. Yang pasti motor ini berat, dan sangat tinggi. Hindari kemacetan!

SL.com & BMW R1200 GS Adventure di depan Petronas Twin Tower KL Malaysia
SL.com & BMW R1200 GS Adventure di depan Petronas Twin Tower KL Malaysia

Info lengkap dan spesifikasi tentang motor ini bisa mampir ke website resmi www.bmwmotorcycle.com atau http://www.webbikeworld.com/BMW-motorcycles/r-1200-gs-adventure/

PHOTO GALLERY

11 thoughts on “First Time Riding BMW R1200 GS Adventure

  1. wuih…..jadi ngiri ama om stephen….lain kali kalo diundang, ajak2 donk om…huehuehuehuehe…jadi kapan tiginya mo diganti BMW R1200?? ;)

  2. [...] Foto-foto dibawah ini menunjukkan suasana, situasi dan kondisi yang terjadi dimana rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010” atau MBR 2010 ikut serta meramaikan acara perjalanan riding motosikal ke Sepang ramai-ramai. Saat itu, SL.com dapat kesempatan pertama kali menjajal motor BMW R1200 GS Adventure (baca artikelnya disini). [...]

  3. [...] disediakan oleh panitia. Selain merek Kawasaki KLR650 (3 unit), merek KTM dan BMW R1200 GS yang sudah dijajal [...]

  4. dulu saya ke kuala lumpur okt 1995 gedung menara kembar sdg di bangun dan jalannya blm ada highway, traffic nya sudah memakai sistem apa ?

    • traffic di KL sudah modern.. modalnya jalan diperbanyak, dilebarin, banyakin jembatan, banyakin fly over, juga highway.. bkin penataan pembagunan jangka panjang.. lalu-lintas dijamin pasti lancar..

  5. [...] dengan motor BMW R1200 GS yang sudah dicoba oleh SL.com ketika riding ke Sirkuit Sepang (artikel ini), sebenarnya yang beda adalah bobot motor BMW jauh lebih berat dari pada KTM 990 Adventure. Soal [...]

  6. [...] SL.com sudah pernah merasakan motor BMW R1200 GS dan juga motor KTM 990 Adventure. Jika mau dibandingkan dengan kedua motor tersebut, maka KTM 640 [...]

  7. [...] artikel sebelumnya sudah dibahas ketika SL.com mendapat kesempatan riding motor Kawasaki KLX650, BMW R1200 GS, KTM 990 Adventure, KTM 640 Adventure, dan MV Agusta Brutale 989R. Sedangkan artikel ini hanya [...]

  8. [...] Walah.. sayang sekali SL.com belum pernah mencoba motor ini, jadi harap maklum jika tulisan ini belum lengkap. Namun demikian, SL.com pernah mencoba pesaingnya BMW R1200GS sewaktu ikut acara “Malaysia Brotherhood Ride 2010” dan artikel tentang pengalaman SL.com riding BMW R1200GS tersebut bisa dibaca disini. [...]

Leave a Reply