Test & Review Suzuki Smash Titan 115cc

Jakarta, 31 Agustus 2010. Motor baru Suzuki Smash Titan (Tiada Tanding) 115cc mampir kerumah. Pemilik Bro Rimet/Jules, anak bersaudara (sepupu) dengan SL.com kasih kesempatan uji-coba disekitar rumah. Kita tau Suzuki Smash Titan 115cc diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales bulan Mei 2010 yang lalu.

Menurut catatan, motor 4-tak itu baru pertama kali diperkenalkan pada tanggal 6-7 Mei 2010 melalui acara “media gathering” di kota Yogyakarta, dan setelah itu acara berlanjut di Jakarta dalam acara peluncuran yang cukup meriah di Gedung Rama Sinta, Dunia Fantasi Ancol, Jakarta. Namun sayang, ketika itu SL.com tidak ikut hadir, namun dari beberapa informasi yang ada bahwa pabrikan Suzuki memang bermaksud menaikkan volume penjualan motor ini dari segmen sepeda motor low underbone.

Pengujian yang dilakukan oleh ATPM Suzuki tidak tanggung-tanggung, saat itu mereka memiliki acara pengujian selama tiga hari berturut-turut dengan total waktu 60 jam nonstop di lintasan Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Tak heran jika motor Suzuki ini memiliki ikon “Tiada Tanding” untuk membuktikan ketangguhan dan performa mesin dalam ajang “Uji Ketahanan 5000 Kilometer“. Melalui ajang uji ketahanan ini, motor ini pun berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Rangkaian perkenalan Suzuki Titan 115, ATPM Suzuki menggelar touring jauh dengan tema “Suzuki Jelajah Negeri (SJN) 2010” yang memang sudah menjadi agenda rutin Suzuki.  Beberapa nama tim pembalap Suzuki ikut serta dan mengelilingi 572 kota dan melintasi tujuh pulau di Indonesia selama 50 hari, yang tidak lain untuk membuktikan performa Suzuki Titan 115 yang tiada tanding. SL.com sempat bertemu Tim SJN di PRJ 2010 yang lalu.

Kehadiran Suzuki Titan di rumah SL.com tidak sampai pada pengujian konsumsi BBM, tapi dikabarkan motor ini memiliki performa yang cukup mengagumkan soal konsumsi BBM, menurut acara media gathering Yogyakarta, kabarnya motor ini secara rata-rata minum bensin dengan perbandingan 1:64 (1 liter untuk 64 km).

Beda antara Suzuki Smash Titan 115 dengan Suzuki Smash 110 terdahulu, dari sini saja sudah jelas dapat terbaca bahwa ada perbedaan pada kapasitas mesin, maupun modelnya. Kalau Suzuki Smash mengusung mesin 110 cc, maka Suzuki Titan 2010 ini naik menjadi 113 cc dan dibulatkan menjadi 115cc.

Mesin. Penambahan kapasitas mesin Suzuki Smash Titan ini dilakukan dengan perubahan pada diameter dan langkah mesin. Posisi mesin Titan sedikit lebih tegak dan katupnya lebih panjang. Hal itu dilengkapi dengan throttle position switch (TPS) yang digunakan juga pada Suzuki Shogun. Mesin Titan, adalah tipe long stroke atau langkah panjang.

Hal ini bisa dilihat dengan diameter silinder 51 mm dan langkah 55,2 mm atau lebih panjang 7,6 mm dari Smash 110. Hasilnya, tenaga mesin naik 0,1 PS, sedangkan torsi naik cukup besar, yaitu 1,7 Nm. Perubahan ini dilakukan agar konsumsi bahan bakar lebih irit.

Handling. SL.com sudah terbiasa bekendara dengan motor Honda Tiger 2004 dan Yamaha Mio 2005, dan otomatis merasakan kemudi Suzuki Titan terasa beda. Namun yang pasti handling motor ini ringan, stang kemudi kecil, dan mantap buat selap-selip di kemacetan.Pada prinsipnya hampir sama dengan jenis motor bebek yang lain di kelas 110cc-115cc.

Penampilan. Lebih baik dan lebih modern mengikuti perkembangan. Lampu depan diatas, menyatu dengan kemudi sehingga memudahkan pengendara bermanuver di malam hari.

Dimensi. Sedikit lebih besar. Bodi tengah agak membengkak dibanding motor lama. Dibandingkan dengan Suzuki Smash terdahulu, jarak sumbu roda lebih panjang 15 mm, tapi motor ini lebih berat 4 kg dari pendahulunya. Dengan model rem cakram dan casting wheel, berat motor ini tambah berat 2 kg sehingga total berat 102 kg.

Panel instrumen. Titan dengan desain 3D terdiri dari dua bagian, spidometer bulan dengan dasar putih, di dalam ada trip meter dengan dasar hitam. Indikator gigi, mulai dari bawah, naik ke atas.

Knalpot. Knalpot berlapiskan krom, tampak lebih trendi, menghasilkan suara halus. Hanya saja tidak ada pelapis, sehingga panas kenalpot lumayan membahayakan kaki atau atau anak-anak.

Bagian belakang. Formatnya sama merah di tengah dan putih di samping, ada sedikit perbedaan di sudut-sudut lampu. Lantas, behel atau pegangan belakang pada Titan dicat hitam dan terasa kokoh.

Sumber: SL.com & data olahan

SPESIFIKASI

 

14 thoughts on “Test & Review Suzuki Smash Titan 115cc

  1. Suzuki… inovasi tiada henti….

  2. om SL…
    ada typo tuh… trendu

  3. Konsumen butuh bukti untuk bs menjdi pecinta pd suatu merk, slamat mningkatkan pengorbanan ja…..Untuk memunculkan bukti2 terbaru thd keunggulan produk.

    • Motor yg ditest SL.com sudah menjadi milik konsumen, bukan milik ATPM lagi. Ketika ditanya sama yg punya, kenapa pilih Suzuki Titan? Dijawab, “gw emang cinta merek Suzuki”, katanya.

    • dari generasi Smash 110, ke New Smash 110(lampu dada)aja dah dibuktikan perubahannya jauh bro.apalagi ke Titan,

      jngan salah. kalo dalam perombakan mesin suzuki jauh lebih terasa perbedaannya.

      coba deh New Smash 110(lampu dada) beda banget rasanya dngan Smash lawas, Tarikan halus, dan anti menghentak.

      mungkin beda lagi dngan titan yg punya cc 115.

    • dari generasi Smash 110, ke New Smash 110(lampu dada)aja dah dibuktikan perubahannya jauh bro.apalagi ke Titan,

      jngan salah. kalo dalam perombakan mesin suzuki jauh lebih terasa perbedaannya.

      coba deh New Smash 110(lampu dada) beda banget rasanya dngan Smash lawas, Tarikan halus macam bawa matic, anti menghentak. dan Revisi cover body yg lebih kuat.

      mungkin beda lagi dngan titan yg punya cc 115.

  4. waduh sepi bgt y……….

    gw cm bisa blg: mudah2an suzuki bisa bnr2 melakukan inovasi yang tiada henti, jgn cm wacana doank, hehehe, peace…….

    :-) :-) :-)

  5. ane punya 1 om,,ga mengecewakan nih titan,, temen ada yg tes gigi 3 sampai 100km/jam..hmm…
    yg ga bikin demen joknya yg keras dibandingkan Y/H

    titanners disini om
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4235942

  6. […] bahan bakar, dan telah memenuhi standar emisi Euro-2. Motor sudah beredar di pasar lokal (lihat hasil review SL.com untuk Suzuki Titan). Bahkan, untuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah, dalam hal penyediaan fitur […]

  7. buat nanjak lemot…

  8. om testi ku mau tak kirim neh cuman lupa

  9. Bohong nih Suzuki. Ane pake motor Suzuki Smash Titan 115 cc. Kecepatan rata-rata cuma 83 km/h dengan jarak 37 km, itu ngabisin 1 liter bensin. Mana nih? katanya irit ?

  10. haloo brooo

    ak mo tanya gmana cra ningkatin

    performa prikityu gw

    pdhal dlu tmbus 120 km/ h,skrang kok cm 100….

    pa aja yg prlu di gnti

    tp yg aman bwt harian lhooooo……..

    trims……

Leave a Reply