Mesin Honda New MegaPro Memang Responsif

23 Agustus 2010. Harus diakui bahwa motor terbaru Honda New MegaPro (Honda NMP) memang sangat responsif, hal ini terbukti melalui acara “Riding Experience Honda New Mega Pro” yang disuguhkan PT Astra Honda Motor (AHM) khusus buat blogger otomotif. Kelebihan motor ini sangat banyak, dan ini sudah diulas di artikel ini.

Secara umum rekan-rekan blogger memberikan pandangan yang sama, bahwa motor Honda NMP ini sangat baik. Salah satu tamu mewakili komunitas HTML (Honda Tiger Mailing List), Bro Marko ikut diundang PT AHM, memberikan padangan bahwa motor ini punya citra rasa Honda Tiger, bahkan ia mau cari tahu lebih dalam, apakah ada komponen-komponen mesin Honda NMP ini bisa diaplikasikan ke motor Honda Tiger. Ia adalah salah satu penunggang Honda Tiger sejak lama dan sampai saat ini ia masih berharap agar PT AHM akan menjual New Honda Tiger Revo dengan fitur-fitur yang sama persis dengan Honda New MegaPro.

Nah, kalau begitu apa sih yang bikin enak dan responsif dari mesin Honda New MegaPro ini? Untuk bagian mesin ada empat teknologi yang menjadi keunggulan Honda New MegaPro, yaitu:

Salah satu materi presentasi keunggulan Honda New MegaPro @21/8/10

Menurut catatan SL.com yang ikut mendengarkan penjelasan dari salah satu staff PT AHM sesudah waktu berbuka puasa (Sabtu 21/8/10), adalah sebagai berikut:

Teknologi Low Friction, yaitu memiliki Roller Rocker Arm yang secara sifinikant dapat mengurangi hambatan gesek, dan memiliki Low Weight Piston yang lebih ringan dan kuat. Semula berat piston Honda MegaPro adalah 144 gram, dan yang sekarang ini sudah menjadi 89 gram (Honda New MegaPro).

Teknologi Fuel Efficiency, yaitu memiliki Inlet Tumbler Port agar campuran bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar diarahkan secara vertikal, sehingga walaupun bahan campuran bahan bakar yang masuk hanya sedikit kedalam ruang bakar tapi tetap dapat terbakar dengan sempurna.  Disamping itu, memiliki Offset Crank-Shaft yang dapat menahan tekanan hasil pembakaran lebih lama, sehingga power dapat digunakan lebih effektif.

Teknologi Cooling Improvement, yaitu memiliki Two Way Air Jacket System yang berfungsi sebagai sistim pendingin yang lebih baik karena udara dialirkan melalui dua sisi, yaitu sisi inlet dan busi. Serta memiliki Oil Jet System yang berguna sebagai pendinginan dan ketahanan piston yang lebih baik, karena oli disemprotkan langsung ke bagian bawah piston.

Teknologi Fuel Supply and Ignition Control, yaitu adanya CV Type Carburetor dimana Honda NMP ini menggunakan karburator tipe Constant Velocity yang dapat mengatur asupan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin. Ditambah lagi dengan adanya Multi Mapping Ignition, dimana sewaktu pengapian dihubungkan dengan bukaan gas tangan, sehingga mesin Honda NMP akan menghasilkan kontrol pengapian yang lebih baik.

Dengan ke-empat teknologi diatas, Honda NMP diklaim memiliki tenaga yang lebih baik, mulai dari RPM (radius rotation per minute) rendah, menengah, sampai RPM tinggi dibandingkan dengan model sebelumnya. Maka, tak heran jika mesin motor ini punya kelebihan dengan tarikan-tarikan  yang jauh lebih responsif dan mumpuni buat dipakai harian.

Artinya, nih motor dijamin nggak lemod (red=lelet mode). Dengan kondisi standard pabrikan tanpa ngoprek sana-sini dan kenalpot standard bawaan pabrik, topspeed-nya bisa tembus 106.6 km/jam dan konsumsi bahan bakarnya lebih hemat 22% dari model lama.

Wah.. kalo begini tentu saja nggak heran blogger yang ikut test ride makin betah dengan Honda New MegaPro, hampir semua blogger menjajal habis-habisan (termasuk SL.com). Silahkan simak foto-foto jepretan ala SL.com buat teman-teman blogger KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia) yang lagi pada test-ride Honda New MegaPro di kawasan SCBD kemarin. Dalam album ini termasuk tamu Bro Marko HTML dan Bro Ndee Siswandhi Pulsarian.

ALBUM PHOTO

29 thoughts on “Mesin Honda New MegaPro Memang Responsif

  1. honda nmp mantab..
    ngmg2 pertamax nh..

  2. koreksi om … RPM rotation per minute

  3. tigerpiceks says:

    om stephen, cari info part2 mana saja yang bisa di taruh di honda tiger

  4. tigerpiceks says:

    om stephen, cari info part2 mana saja yang bisa di taruh di honda tiger dong :)

  5. [...] referensi bacaan, silahkan melihat Review Mesin, Spesifikasi Umum, dan Blogger Rame2 Test Ride Honda NMP. Monggo di klik satu persatu jika memang [...]

    • wehhh…gw jadi kabita euy sareng NMP,,gw uwis pake honda blade 3 tahun lebih.tarikan tetep manteb,

  6. NMP udah banyak bgt teknologi yg digunakan, mkx tetangga sebelah suka iri dgn teknologi yg udah kita punya, y harap maklum, ahaha……

  7. wah ………….
    memang keren abis neh Honda NMP…..
    jadi pengen cepat2 neh ‘nunggangi’ NMP…….

  8. Dhika_dhuar says:

    Di paragraf kedua dari bawah, ada tulisan “lebih 22% dari model lama.”
    Itu maksudnya lebih hemat bbm 22% yah, Om Stephen??

    Koreksi tuh, Om….

  9. seri SW-nya juga gak kalah keren…

  10. aank wijaya says:

    yaiyaaalahhh….HONDA githu lho…!!!
    pokoke aku “One Heart” ama HONDA…
    \(^_^)/ YEAH…..

  11. aidil ihsan hasibuan says:

    kalau diliat lagi new megapro ini memang bagus ya, tarikannya responsif, desainnya gagah dan keren juga, handling serta kenyamanannya bagus, kira kira udah ada hasil test ride nya belum motor ini

  12. Salam Biker. Saya ingin bertanya:
    *Apakah Roller Rocker Arm New Mega Pro bisa dipasang di Head Honda
    Tiger?
    * Apakah Head New Mega Pro (isi lengkap) bisa dipasang di Honda Tiger sedangkan block borring Tiger?

  13. keren abizz pokonyamah,maju terus honda……ok bro.

  14. keren abizz bro…tapi gua masih tetep sayang sama tiger si jagur….hitam

  15. sudratara says:

    kalau bener lebih irit 22 % new megy yang dulu aja udah lumayan irit maka sekarang jauhhhh lebih irit … jadi mau pemerintah nggah subsidi itu premium kagak takut

  16. waduh,,motor yang oke kudu didapet,,lebih oke ga ya pke oktan 92 keatas?

  17. Boombox Walker says:

    wajar aja klo NMP jadi motor terbaik 2010. mantab……

  18. nmp ku standart pabrik bisa lari mpe 125 km/jam….. jujur n g bohong

  19. NMP…mang sanagat responsif…mudah dikendalikan broo…..paling bagus pake BB pertamaxx mantab

  20. g belum coba sh gigi limanya baru selama ini cuma pake gigi 4 tupun blm ful di pake..w coba tes bahan bakar 1 banding 25

  21. Asseeekkkk…aq jg pake NMP…tarikannya mantapppp….

  22. terus terang ane kasih penilaian 9 dari 10 buat nih motor, kurang 1 ….rem depan ane dah coba 3 bengkel ahass, belum terpecahkan. masalahnya suka bunyi ” cekit cekit” kalo narik rem depan, kampas rem dah diganti masih tetep gitu terus, ada yang bisa kasih solusi? apa musti ganti beli caliper rem depan brembo? :D

  23. Ternyata pengakuan teman qu bahwa Honda New Mega Pro sangat responsif di sebapkan oleh penerapan bergagai teknologi juga pada karburatornya…
    Pantasan tuh makin cinta ama Motor..hehe

  24. Nmp ap ninja r y…bingung ;(

  25. NMP gw top speed’a ampe 120km/h sob…..
    pdHL gw bLm ngotak-ngatik mesin, karburator, N kenaLpot…
    mesin 100% msih standard.. kecuali Body,,,,,

Leave a Reply