IIMS 2010: The New Generation of VW Caravelle

27 Juli 2010. Bertempat di lokasi booth Volkswagen di ajang pemeran otomotif terbesar “The 18th Indonesia International Motor Show (IIMS 2010)” kembali PT Garuda Mataram Motor (PT GMM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Volkswagen mempekenalkan secara resmi mobil terbarunya yaitu “The New Generation of Caravelle” pada hari Jumat, 23 Juli yang lalu.

Mobil terbaru VW Caravelle ini diklaim memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  1. Memiliki mesin TDI common rail dan transmisi DSG 7-speed generasi terbaru yang mampu mengurangi konsumsi bahan bakar (lebih irit).
  2. Memiliki desain bagian depan terbaru yang sesuai dengan desain Volkswagen yang telah disempurnakan.
  3. Memiliki fleksibilitas interior, sistem infotainment untuk kenyamanan yang optimal bagi para penumpang dan pengendara.
  4. Sebagai generasi terbaru dengan keamanan berkendara, yaitu ESP (Electronic Stabilization Program) termasuk hill-start assistant.

Sebagai bagian dari pada komitmennya, Volkswagen atau VW mempersembahkan sebuah produk yang disebut dengan “the international bestselling car” yang telah terjual jutaan unit di Jerman clan Eropa serta memiliki banyak penggemar yang loyal. Bahkan mobil VW Caravelle terbaru ini telah menjadi symbol of life, dan lambang dari sebuah multifungsi dan mobilitas manusia yang tiada henti.

The New Generation of VW Caravelle datang ke Indonesia dalam bentuk CBU (completed built up) dalam 2 (dua) versi, yaitu tipe Short Wheel Base dengan harga Rp. 936,000,000 dan tipe Long Wheel Base dengan harga Rp. 1,036,000,000. Harga tersebut dalam kondisi Off The Road, dan belum termasuk dengan surat-surat.

Keunggulan The New Generation Caravelle

Menurut dokumen press release yang dikerluarkan oleh PT GMM, bahwa mobil ini memiliki keunggulan yang perlu dicatat, antara lain:

The new Generation of Common Rail TDI Engine yang merupakan fitur terbaik dari The New Generation of Caravelle ini yang ada di mesin Bi-Turbo TDI. Dengan mesin diesel TDI generasi terbaru yang menggunakan teknologi common rail berkapasitas 2.000 cc (4 silinder), mampu menghasilkan tenaga hingga 18o bhp serta torsi maksimal mencapai 400 Nm (Newton meter).

Mesin ini terbukti lebih efisien, lebih halus serta lebih ramah lingkungan (emisi CO2 berkurang hingga 52 g/km). Jika mesin versi sebelumnya harus menggunakan kapasitas lebih besar untuk mencapai power tersebut, kini dengan ukuran cc lebih kecil mampu dihasilkan power yang lebih besar dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Secara keseluruhan mesin ini dapat mengurangi pemakaian bahan bakar dan emisi.

The New Generation of DSG Clutch Gearbox yaitu memiliki 7-speed dual clutch gearbox (DSG) sebagai pilihan di seri The New Generation of Caravelle. Hal ini merupakan inovasi gearbox yang pertama kalinya digunakan oleh mobil di kelasnya dan berada di puncak performa efisiensi karena mampu mengurangi penggunaan bahan bakar dibandingkan dengan versi 6-speed automatic sebelumnya.

The new Generation of Design DNA yaitu memiliki desain yang terbaru dari fitur-fitur The New Generation of Caravelle sudah melewati berbagai standarisasi di kelas big MPV dengan kehadiran modified front end. Serta garis horisontal yang mampu memberikan sentuhan elegan yang timeless. Rangka dari kisi-kisi radiator berwarna matte black mengkilat yang dilapisi dengan bahan krom.

Juga untuk pertama kalinya, The New Generation of Caravelle disematkan lampu kabut di bumper depan yang juga berfungsi sebagai cornering lights dengan tetap mengadaptasi design DNA dari Volkswagen. Fitur terbaru lainnya yang ditampilkan adalah climatronic air conditioning systems control and three-spoke multifunction steering wheel.

The New Generation of Interior yaitu mobil VW Caravelle ini tetap mempertahankan pengaturan kabin yang fleksibel, ergonomic dan multifungsi untuk kenyamanan pemiliknya. Mulai dari susunan bangku untuk meeting didalam mobil, travelling, acara keluarga, maupun untuk week end ke mall, semua dapat diadopsi dengan mudah oleh Caravelle.

Yang membuatnya menjadi lebih spesial jika dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah, bangku yang bisa dibalut dengan material kulit yang berkualitas tinggi untuk kedua versi Short Wheel Base clan Long Wheel Base, serta desain dashboard yang lebih modern dan dinamis.

Dalam versi Short Wheel Base juga dilengkapi dengan moonroof sedangkan versi Long Wheel Base dilengkapi dengan partisi pemisah antara ruang kemudi dan kabin belakang.

Penumpang akan dimanjakan dengan Car Entertainment (LCD 19 inch dan DVD Player) yang ditunjang dengan sound system surround serta dilengkapi dengan 7 (tujuh) speakers.

The new Generation of Safety Features yaitu safety modul yang ada di mobil The New Generation of Caravelle yang telah dikembangkan dengan adanya standard hill-start assistant, refined ESP (Electronic Stability Program), dan a new emergency brake lights yang dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara.

The New Generation of Caravelle tersedia dalam 2 (dua) versi yaitu Wheel Base dan Long Wheel Base, yang mana terdapat dalam beberapa warna: Candy White, Natural Grey, Toffee Brown, Reflect Silver dan Deep Black.

Sebelumnya PT GMM telah meluncurkan mobil terbarunya yaitu VW GOLF TSI 1.4. Info lengkap silahkan klik artikel ini.

PHOTO GALLERY

One thought on “IIMS 2010: The New Generation of VW Caravelle

  1. pertamaaax lagi..

Leave a Reply