Bridgestone Luncurkan Ban Baru Kelas Premium ECOPIA

Jakarta, 24 Juli 2010. Dalam rangka menuju kehidupan ramah lingkungan, Bridgestone sebagai produsen ban mobil asal Jepang ikut memperkenalkan produk terbarunya yang disebut dengan “ECOPIA EP100A”. Ini merupakan sebuah produk ban ramah lingkungan, dengan teknologi yang mampu mengurangi gas buang karbon melalui efesiensi penggunaan bahan bakar pada kendaraan tanpa mengesampingkan aspek keselamatan dan performa terbaik dari sebuah ban.

Pada acara tahunan otomotif yang bergensi, “Indonesia International Motor Show (IIMS)” yang sudah dimulai Jumat 23 Juli 2010, di Kemayoran, maka pada kesempatan ini produsen ternama Bridgestone ikut pula memperkenalkan produk terbarunya  yaitu ban mobil kelas premium dengan nama ECOPIA EP100A.

Produk ban mobil ini merupakan sebuah ban lumayan canggih yang kabarnya mampu mengefisienkan penggunaan bahan bakar kendaraan dengan cara menekan daya hambat putaran ban pada permukaan jalan sehingga mengurangi pelepasan gas CO2 pada gesekan dan juga pembuangan tanpa mengurangi kualitas performa pengendalian dan keselamatan sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.

Kita ketahui bahwa Bridgestone adalah merek ban terkenal dan dipakai dalam ajang balapan mobi balap F1 dan juga balapan motor MotoGP. Pun SL.com sebagai pemilik blog ini juga menggunakan Battlax Bridgestone yang terkenal kuat dan awet. Dalam acara peluncuran terlihat mobil balap replika F1 dari Ferrari Team berwarna merah. Mobil balap ini bakal mejeng selama ajang IIMS 2010. Lumayan buat berfoto.

Bridgestone adalah salah satu pemimpin pasar ban dunia yang menginspirasi pelaku dan pengguna industri otomotif Indonesia untuk aktif berperan dalam pemulihan kelestarian lingkungan bumf melalui produk ramah lingkungannya.

Dalam keterangan pers yang disampaikan Jumat pagi 23/7 oleh jajaran management PT Bridgestone Tire Indonesia, bahwa kehadiran ECOPIA EP100A merupakan bentuk komitmen Bridgestone dalam menjawab tantangan masyarakat global untuk kelestarian lingkungan yang lebih baik, antara lain dengan pertimbangan tingkat konsumsi bahan bakar di Indonesia yang tinggi sangatlah merugikan banyak pihak dan memicu ter adinya kerusakan lingkungan akibat gas buang yang berlebihan.

Melalui ban terbaru-nya jenis ECOPIA EP100A maka efisiensi penggunaan bahan bakar dapat mencapai 3.1 persen. Efisiensi ini dicapai dengan cara menekan daya hambat putaran ban atau yang biasa dikenal dengan Rolling Resistance ke tingkatan yang sangat rendah. Dengan putaran roda yang berjalan seakan tanpa hambatan maka dengan sedikit saja dorongan energi dari pembakaran bahan bakar pada mesin, roda akan lebih mudah digerakkan.

Semakin kecilnya daya hambat pada putaran suatu ban maka daya dorong mesin yang dibutuhkan otomatis juga semakin kecil, hal ini berdampak kepada penggunaan bahan bakar yang lebih hemat. Tentu saja dengan berkurangnya penggunaan bahan bakar pada mesin secara otomatis mengurangi gas karbon yang dihasilkan.

Walaupun ban berjalan dengan daya hambat yang sangat rendah, ECOPIA EP100A didesain untuk tetap mampu memaksimalkan performa pengendaliannya secara maksimal dengan tetap menempatkan faktor keselamatan sebagai prioritas utama. Dibandingkan dengan ban-ban konvensional, ban jenis ECOPIA EP100A memiliki performa pengendalian yang sangat baik bahkan pads saat pengereman mendadak baik di permukaan jalan basah maupun kering.

Tak ada salhnya jika ECOPIA EP100A menjadi pilihan yang tepat untuk keamanan berkendara sekaligus bersahabat dengan lingkungan. Nah, bagaimana pula dengan ban untuk penggunaan motor? Kita ketahui bahwa jumlah motor di Indonesia kian hari makin meningkat, dan rasanya pihak produsen Bridgestone perlu membuat pabrinknya di Tanah Air.

Sejarah Bridgestone Corporation

Bridgestone Tire Co., Ltd, pertama kali didirikan pada tahun 1931 oleh pendirinya, Shojiro Ishibashi, dengan tujuan untuk mengantisipasi kebutuhan masa depan akan ban khususnya di negara Jepang.

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan industri otomotif di negara Jepang, maka grup perusahaan Bridgestone menjadi perusahaan manufaktur ban terbesar di Jepang. Perusahaan ini lalu secara aktif memperluas jaringannya keseluruh dunia.

Saat ini perusahaan asal negara matahari terbit tersebut memiliki jaringan perusahaan dan pemasaran yang tersebar sangat luas diseluruh dunia termasuk Indonesia. Menyadari posisinya sebagai salah satu pemimpin pasar ban dunia, Bridgestone memotivasi penduduk dunia lebih peduli dengan lingkungan bumi.

Hal ini tercermin dari misi dunianya tentang lingkungan hidup yaitu “One Team, One Planet”, yang artinya manusia dan organisasi adalah satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan untuk menjamin kelangsungan hidup anak-anak di dunia.

Dalam rangka mensukseskan misi inilah, maka Bridgestone memproduksi produk-produk yang ramah lingkungan sebagai penguat pesan lingkungan yang menginspirasi pelaku dan pengguna otomotif dunia agar lebih bersahabat dengan lingkungan. Wuih.. mantap!

Profile Perusahaan Bridgestone Corporation

Berkantor pusat di Tokyo, Jepang, Pada saat ini, perusahaan menjadi perusahaan manufaktur produk karet terbesar di dunia, yang mencakup ban untuk mobil, motor, trek dan bis.

Dipimpin oleh Mr. Shoshi Arakawa, Chairman of the Board, CEO dan President, perusahaan ini memperkerjakan sekitar 140.000 karyawan di seluruh dunia, mengoperasikan 190 pabrikan di 26 negara, dan menghasilkan produk-produk dilebih dari 150 pasar dunia.

Selain memproduksi ban komersil, Bridgestone Corporation juga memproduksi ban radial untuk pesawat terbang, konstruksi bangunan dan kendaraan tambang. Pesawat terbang jenis A380, yang merupakan pesawat berukuran terbesar di dunia, saat melakukan penerbangan komersil pertamanya pada tahun 2007 telah menggunakan ban radial Bridgestone.

Kemudian sejak tahun 2008 baik Airbus A380 maupun Boeing 787 sudah dilengkapi dengan ban Bridgestone sebagai standarnya. Perusahaan ini akan terus memasok banyak perusahaan penerbangan di seluruh dunia dengan ban-ban pengganti untuk perbaikan dan juga pemeliharaan pesawat terbang.
Namun, ban bukanlah satu-satunya bidang perusahaan ini.

Sekitar 20% dari konsolidasi penjualan Bridgestone dihasilkan dari berbagai macam produk, dimulai dari conveyor belt (pembawa barang), pengangkut bijih besi untuk industri pertambangan, bantalan karet untuk industri pembangunan gedung hingga produk-produk yang membidik gaya hidup konsumen, termasuk perlengkapan olah raga dan kegiatan pengisi waktu luang seperti bersepeda,golf dan tenis.

Bridgestone pertama kali memasuki dunia motor balap pada tahun 1963, dalam acara Japanese Grand Prix yang pertama di Suzuka. Selanjutnya perusahan ini secara formal memulai berkompetisi dalam FIA Formula One World Championship pada tahun 1997. Bridgestone Motorsport hanyalah satu bagian dari bidang perusahaan yang sudah mendunia ini, dengan catatan pendapatan tahunan sebesar ¥3234 milyar di tahun 2008.

PHOTO GALLERY

3 thoughts on “Bridgestone Luncurkan Ban Baru Kelas Premium ECOPIA

  1. Ban nya mulus2 yah ? hebat bridgestone….banyak “white” wall nya.. hehehe

Leave a Reply