Generasi VW GOLF & Spek VW GOLF TSI 2010

15 Juli 2010. Melanjutkan artikel sebelumnya tentang peluncuran produk terbaru mobil sedan Volkswagen, yaitu VW Golf TSI 2010 maka tak ada salahnya di halaman ini kita ketahui sedikit banyak tentang beberapa hal khususnya sejarah kehadiran mobil Volkswagern yang berasal dari negara Jerman hingga sampai ke Indonesia.

Awalnya merek mobil Volkswagen memasuki pasar di Indonesia sudah dimulai sejak awal tahun 1950-an. Ada dua varian yang sangat terkenal pada saat itu VW Beetle (red=VW Kodok), dan VW Combi. Kedua jenis mobil tersebut menjadi legendaris hingga saat ini karena memiliki model yang unik dan mesin yang berada di bagian belakang.

VW Merek Mobil Legendaris

Setelah melewati masa gejolak, akhirnya pada tahun 1990-an Volkswagen hadir kembali di Indonesia dengan membawa nuansa mobil MPV kelas dunia dengan hadirnya varian VW Caravelle yang dikenal sebagai sang abang VW Combi.

Untuk jenis VW Caravelle pada awalnya merupakan pesanan pemerintah untuk keperluan KTT Non Blok, dan dalam perkembangan selanjutnya, akhirnya VW Indonesia melalui ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) PT Garuda Mataram Motor dapat melanjutkan penjualan dan memberikan produk yang berkualitas tinggi, inovatif dengan teknologi Jerman.

Kehadiraan dealer resmi VW di Indonesia juga memiliki layanan purna jual yang ter-integrasi, meliputi garansi kendaraan, ketersediaan suku cadang dan layanan service 24 jam yang siap membantu konsumen dengan layanan kelas premium. Saat ini, VW Indonesia sudah hadir di berbagai kota seperti Medan, Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya. Kehadiran VW selalu didukung oleh layanan yang terpadu, meliputi penjualan unit, perbaikan dan suku cadang.

Semenjak kehadiran VW bersama ATPM di Tanah Air, Volkswagen kini semakin diterima dan juga semakin dekat dengan konsumen, apalagi dengan mereka penggemar fanatik mobil VW Jerman yang berada di Indonesia. Untuk makin mendekatkan hubungan yang kental itu, maka Volkswagen selalu melakukan pengembangan tehnologi untuk dapat memberikan produk unggulan untuk memuaskan konsumen, yaitu dengan kendaraan premium berteknologi tinggi, aman dikendarai dan ramah lingkungan.

Sekilas Generasi VW Golf di Indonesia

VW Golf Generasi Pertama

VW Golf Generasi Pertama 1974-1983

Teknologi yang dimiliki saat itu adalah water-cooled front engine, pertama dengan transversely installed diesel engine. Total produksi VW Golf generasi pertama sebanyak 5,526,328 unit.

VW Golf Generasi Ke-Dua

VW Golf Generasi Ke-Dua 1983-1991

Memiliki teknologi catalytic converter dan ABS khusus untuk tipe GT, GTI, dan 16V. Total produksi selama delapan tahun adalah 6,576,372 unit.

VW Golf Generasi Ke-Tiga

VW Golf Generasi Ke-Tiga 1991-1999

Dalam kurun waktu delapan tahun terjual sebanyak 5,029,691 unit. Memiliki teknologi Airbag yang diperkenalkan sebagai mobil yang pertama di kelasnya yang telah menggunakan mesin 6 silinder. Saat itu memperkenalkan jenis mesin TDI engine.

VW Golf Generasi Ke-Empat

VW Golf Generasi Ke-Empat 1997-2003

Memliki teknologi 4MOTION yang pertama kali dipasang di mobil VW Golf dan ESP yang juga pertama kali dipasang. Total produksi: selama enam tahun menghasilkan jumlah penjualan 4,906,970 unit.

VW Golf Generasi Ke-Lima

VW Golf Generasi Ke-Lima 2003-2009

Memiliki teknologi dengan las bodi yang menggunakan laser yang mana digunakan pertama kali di mobil VW Golf pabrikan Jerman. Total produksi selama enam tahun menghasilkan penjualan sebanyak 3,548,739 unit.

VW Golf Generasi Ke-Enam

VW Golf Generasi Ke-Enam 2010 (launching 14 Juli 2010)

  1. Desainer : Walter de Silva (Group), Klaus Bischoff (Brand), Flavin Manzoni (Creative Design), Marc Lichte (Model)
  2. Kerangka mobil : suspensi depan MacPherson, suspensi belakang multi-link, standar ESP
  3. Warna: “Candy white”, “Tornado red”, “Shark blue metallic”, “Reflex silver metallic”, “Shadow blue metallic”, “United grey metallic”, “Deep black pearl effect”
  4. 5-pintu luxury hatchback
  5. Mesin bensin 4 silinder inline engine dengan Twincharger Technolog
  6. Kapasitas mesin 1,390 cc
  7. Mesin bensin transmisi otomatis 7-speed DSG
  8. Maximum Output: 16o hp @ 5,800 RPM
  9. Maximum Torques: 240 Nm @2,000 RPM
  10. Bensin 1 liter per 16.6 km (rute kombinasi – Euro cycle)
  11. Standar emisi Euro-4.
  12. Peralatan standar sudah termasuk ESP, 7 airbags, air conditioning system, electro-mechanical powersteering, power windows, multifunctional display, central locking, adjustment steering wheel.
  13. Kemudi dengan penggerak roda depan
  14. Entertainment dilengkapi dengan RCD 31o, radio-CD player systems; MEDIA-IN port, AUX-IN port, 8 speakers sound system.
  15. Ukuran dimensi: panjang 4,199 mm, luas 1,779 mm, tinggi 1,479 mm , lebar depan 1,540 mm; lebar belakang 1,513 mm.

 

Keunggulan Utama Volkswagen Golf TSI 2010

Dari segi Safety (keamanan)

  • Untuk pertama kalinya VW melengkapi GOLF TSI dengan airbag untuk melindungi lutut pengemudi;
  • Total ada 7 airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang;
  • 2 airbag untuk pengemudi dan penumpang di bangku depan;
  • curtain airbag system di sisi kiri dan kanan mobil;
  • 2 airbag samping di kedua bangku depan.
  • modul The Theft “Plus” disposes indoor lamp;
  • bantalan kepala (WOKS) di tiap kursi untuk melawan trauma syaraf leher.

Dari segi state of the art design

  • Garis di profit sisi samping, yang oleh desainer Volkswagen disebut sebagai “character line” yang mampu memberikan sentuhan sisi samping yang lebih penuh dan lebih rendah di jalan.
  • Lampu belakang “Cherry Red” yang disematkan dengan sempurna di body.
  • Lampu depan dengan lampu halogen, di depan dengan penampilan baru.
  • Kaca spion samping dilengkapi dengan lampu sein, sehingga dengan jelas dapat dilihat oleh pengguna jalan yang lain.
  • Rangka dari kisi-kisi radiator yang sudah dilapisi krom. Berwarna hitam mengkilat, elegan dengan penampilan stylish dan sporty.
  • Garis elegan yang tegas di bagian belakang mobil dan lampu ekor yang disematkan dengan rapi, dilengkapi rear spoiler dan diffuser untuk mengoptimalkan aerodynamics.
  • Roda 6.5 J x 16 dari logam campuran dengan ukuran ban 205/55 R16 yang dinamik.
  • Pegangan pintu yang ergonomics, tidak hanya indah dilihat namun juga kuat, kokoh dan mudah digenggam.

Dari segi interior

  • Setir mobil yang sudah dilapisi dengan bahan kulit serta dilengkapi multifunction steering wheel: switch untuk radio, mobile phone, “Plus” multifunction display dan paddle shift.
  • Memiliki audio system yang dilengkapi dengan radio CD tipe RCD 33.o dengan CD drive, 8 loudspeakers dan AUX-IN multimedia socket yang untuk memutar MP3 dan file WMA.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Dealer Resmi Volkswagen atau PT Garuda Mataram Motor, Authorized Disitrubutor di Wisma Indomobil I, Lantai 3. Jl. M.T. Haryono Kav. 8, Jakarta 13330. Telephone (021) 819 1588. Fax, (021) 819 1587. Website www.vw.co.id

PHOTO GALLERY

Leave a Reply