Sekilas Race Supersport 600 CC di ARRC Seri-3 Sentul

Jakarta, 29 Juni 2010. Harus diakui keunggulan embalap Thailand, Decha Kraisart dari Tim Petronas Yamaha Thailand yang menjadi juara kelas Supersport 600cc. Decha memenangkan juara pertama untuk dua race Supersport dalam balapan “Petronas Asia Road Race Championship 2010” seri ke-3 di Sirkuit Sentul (Minggu 27/6/10).

Decha memimpin posisi pole di garis start untuk kedua race kelas Supersport 600cc yang diikuti 17 pembalap tingkat Asia. Sejak start, Decha memang tak bisa dikejar oleh pembalap lainnya, walaupun secara jarak ia ditempel sangat ketat oleh pembalap Malaysia, Azlan Shah Kamaruzaman yang juga dari tim Petronas Yamaha Malaysia. Azlan sendiri akhirnya hanya meraih juara kedua untuk kedua race Sportsport 600cc dan balapan ini setidaknya telah memberikan tontonan menarik di Sentul.

Bagaimana dengan performa para pembalap Indonesia?

Hasil balapan yang cukup menggembirakan diberikan oleh M. Fadli dari tim Petronas Yamaha Indonesia. Bendera Merah Putih akhirnya dapat berkibar di podium kemenangan, setelah Fadli merebut posisi ke-tiga untuk race pertama Supersport.

Pembalap motor Yamaha R6 ini akhirnya bisa naik podium setelah salah satu pembalap Malaysia, Zamri Baba dari tim Petronas Yamaha Malaysia terjatuh di tikungan terakhir sebelum garis finish. Untung saja ada yang jatuh.

Di race pertama, ada tiga pembalap Petronas yang bersaing ketat dengan jarak sangat dekat, yaitu Azlan Shah Kamaruzaman, Zamri Baba, dan Fadli. Perkiraan SL.com pada saat itu hanya menunggu siapa yang bakal mental atau jatuh, dan benar jika Zamri Baba terlalu ngotot atau grogi sehingga Zamri tergelincir ditikungan terakhir. Kesempatan manis akhirnya direbut oleh Fadli untuk mendapatkan juara ke-tiga di race pertama tersebut.

Pembalap nasional Doni Tata Pradita dari Tim Yamaha Indoprom HRVRT sepertinya tak begitu perform, dan kenapa posisi Doni hanya di 10 besar d9 dua race Supersport. Padahal Doni menggunakan mekanik bule, dan terlihat ia pembalap profesional layaknya pembalap kelas MotoGP. Doni finish diurutan ke-6 dirace pertama, dan ke-8 dirace kedua.

Buruknya performa Doni Tata bisa jadi karena ia sudah jarang latihan dan kurang persiapan. Hal ini juga terlihat bagaimana performa pembalap nasional Sudarmono dari Tim Petronas Yamaha Indonesia yang mana pada race pertama hanya menyelesaikan 12 laps dari 16 laps yang diperlombakan. Sedangkan race kedua, Sudarmono berada di posisi ke-10.

Apakah ini benar karena kurang latihan? Atau karena kondisi aspal tambalan Sirkuit Sentul yang sering dikeluhkan oleh pembalap? Sudahlah.. jangan cari alasan ahh!

Data Pemenang SUPERSPORT 600cc RACE 1

Data Pemenang SUPERSPORT 600cc RACE 2

Klasemen Poin Sementara

1. Decha Kraisart / THA / Petronas Yamaha Thailand Yamaha / 88
2. Glenn Allerton / AUS / Privateer / 81
3. Chalermpol Polamai / THA / Petronas Yamaha Thailand / 74
4. Azlan Shah Kamaruzaman / MAS / Petronas Yamaha Malaysia / 74
5. Md Zamri Baba / MAS / Petronas Yamaha Malaysia / 62
6. M. Fadli / INA / Petronas Yamaha Indonesia / 49
7. Makoto Inagaki / JPN / Moto-Rev India / 48
8. Ahmad Fuad Baharudin / MAS / Petronas Yamaha Malaysia / 44
9. Toshiyuki Hamaguchi / JPN / Moto-Rev India / 35
10.Doni Tata Pradita / INA / Yamaha INDOPROM HRVRT / 29

ALBUM PHOTO: RACE 1 and RACE 2.

Please follow and like us:

8 thoughts on “Sekilas Race Supersport 600 CC di ARRC Seri-3 Sentul

  1. mudah2an aja penjualannya sama kaya kejuaraanya 😀

  2. jeng kelin says:

    Payah lu Don.. kelas lokal aja kalah, gmn mo kelas dunia.. serius dong!!!

  3. jeng kelin says:

    be better next race yah..

  4. betul… jangan cari alasan terus.
    Main sepeda aja deh.

  5. cape deyyyyy

  6. […] lengkap balapan di Sentul kemarin silahkan meluncur ke artikel ini, karena disitu sudah ada beberapa foto-foto Glenn Allerton yang lagi menunggangi motor Yamaha R6 […]

  7. ko doni tata letoy?

  8. […] harus meninggalkan usahanya dan saat itu lagi berada di Sentul? Apakah ia sedang menonton balapan Petronas Asia Road Racing Championship 2010 putaran […]

Leave a Reply