Radio Motorcycle Contest 2010

Jakarta, 18 Juni 2010. Rekan-rekan anggota RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) di seluruh wilayah Jabodetabek dan juga di seluruh Tanah Air, dibawah ini ada informasi penting tentang kegiatan RAPI RIDERS atas prakarsa RAPI Wilayah Jakarta Selatan.

Sedikit tentang latar belakang RAPI RIDERS, terbentuk dari kegiatan anggota RAPI khususnya mereka pecinta otomotif diatas kendaraan bermotor roda dua. Hal ini sejalan dengan berkembangannya klub dan klomunitas sepeda motor di Tanah Air, dan adapula anggota RAPI yang kerap membawa peralatan komunikasi HT atau Rig sambil berkendara sepeda motor, maka dari situlah terbentuk wadah yang disebut dengan RAPI RIDERS.

Deklarasi RAPI RIDERS

RAPI RIDERS di deklarasikan pada tanggal 23 Juni 2007 bertempat di Kebun Teh Gunung Mas Puncak. Berdasarkan rapat Daerah RAPI Wikayah DKI Jakarta tanggal 12 April 2008, bahwa  RAPI RIDERS secara resmi di resmikan sebagai bagian kegiatan RAPI yang mewadahi para penggiat radio komunikasi mobile (stasiun penggerak) dan otomotif.

RAPI RIDERS memiliki misi dalam membentuk anggota RAPI yang terampil dalam mengoperasionalkan stasiun bergerak, menguasai safety riding dan juga terampil dalam hal first responding sekalipun dimaksudkan untuk memberikan bantuan komunikasi dalam keadaan darurat tanpa pamrih bagi warga masyarakat.

Kegiatan Rutin

Kegiatan rutin RAPI RIDERS seperti kopdar (kopi darat) yang dilakukan secara rutin setiap jam kerja di masing-masing wilayah, demikian pula city touring untuk melatih disiplin lalulintas.

Dan sudah tentu acara touring ke luar kota merupakan event yang selalu dinantikan oleh setiap anggota RAPI RIDERS karena acara ini merupakan ajang pelatihan berkendara motor secara group atau dengan sebutan  group safety riding. Sebagai bagian dari unsur komunikasi, maka penggunaan peralatan komunikasi mobile station, serta aspek team work menjadi bagian penting dan ini adalah ciri khas dari RAPI RIDERS yang memiliki seragam khusus.

Mobile Station dengan Motor

Sebagai anggota RAPI, setidaknya selalu merasa terpanggil dan peduli untuk mengadakan sebuah kegiatan bersama. Pihak panitia melihat kegiatan seperti ini adalah suatu hal yang bersifat positif untuk mewadahi keinginan para Anggota RAPI yang memiliki installasi komunikasi di kendaraan khususnya roda dua yang sering kita lihat di Jalan Raya.

Para anggota RAPI yang selalu bergerak dengan kendaraan sepeda motor inilah yang selalu disebut dengan RAPI RIDERS atau mereka adalah anggota resmi RAPI yang selalu mobile (bergerak) diperjalanan dengan kendaraan roda dua yang dilengkapi dengan perangkat komunikasi.

Radio Motorcycle Contest

Berangkat dari minat dan keahlian yang sama, maka pihak panitia terinspirasi untuk mengadakan kegiatan atau event lomba dengan judul “Radio Motorcycle Contest”.

Dalam kegiatan ini diharapkan para peserta dan juga mereka yang bukan sebagai peserta,  akan dapat lebih memahami serta dapat memaknai arti  “Tali Silaturahmi” yang juga menjadi ajang guyub rembug menjadikan suatu sarana untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan seputar teknik instalasi.

Ajang ini tentu juga bermanfaat, karena masing-masing individu akan terjadi interaksi yang positif, saling bertukar informasi dalam rangka meningkatkan kemampuan berkomunikasi mau pun kemampuan merakit perangkat (baik radio mau pun antena yang digunakan) yang menjadi lebih baik lagi.

Maksud dan tujuan kontest

Sebagaimana sudah dijelaskan diatas, adapun maksud dan tujuan utama diadakannya kegiatan acara Radio Motorcycle Constest sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Tali Silaturahmi sesama anggota RAPI.
  2. Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan angota RAPI.
  3. Menyalurkan minat dan bakat serta kreatifitas teknik installasi perangkat komunikasi khususnya pada kendaraan roda dua.
  4. Menempatkan alokasi pancaran signal agar tidak di ujicobakan pada frekuensi yang sudah ditentuka.

Tanggal Pelaksanan

Kegiatan atau Event Radio Motorcycle Contest 201 ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 8 Agustus 2010, pukul 08.00 WIB s/d selesai bertempat di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan.

Pendaftaran

Untuk informasi, mengenai juklak dapat dikonfirmasikan atau dapat mengubungi Panitia:

  1. Sdr. David (JZ 09 HTD) Hp. 081380479558
  2. Sdr. Ade (JZ 09 EZS) Hp. 08129512096
  3. Sdr. Dhiemas (JZ 09 IRE) Hp. 081319906910

Untuk para peserta lomba kontest yang ingin ikut serta akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 65.000,-/orang (jumlah ini sudah termasuk biaya untuk baju kaos peserta, ID Card Peserta  dan makan siang).

7 thoughts on “Radio Motorcycle Contest 2010

  1. kid de munk says:

    pertamaxxxx

  2. JZ 09 IRE says:

    Salam RAPI 51-55….

    Bravo buat om stephen yg udach bantu teman2 RAPI Riders……makintop aja dech…
    ohya, om…..jgn lupa dateng ya biar tambah seru….pokoknya gak ada si om gak rame dach……hehehehe….

    JZ 09 IRE – HVC #188

  3. manteb banget rapi punya komonitas motor sendiri
    kek kaskus juga :)

  4. Moga Sukses acaranya Oms….
    Salam 51-55 buat rekan2 Rapi Raider…..

    JZ14BNT
    HTML 1703

  5. asik neh pengen liat.. bosen pentung-2an terus di mobil hehe

  6. [...] sudah ditulis pada artikel sebelumnya, bahwa ajang ini memang sangat bermanfaat karena masing-masing individu membuat interaksi yang [...]

Leave a Reply