Review Minerva Megelli 250 New Version Di Sentul

Jakarta, 4 Juni 2010. Beruntung bagi blogger SL.com mendapat kesempatan menjajal motor varian baru Minerva Megelli 250 RE full-fairing sebanyak dua kali di Sirkuit Sentul kemarin (3/6/10). Yang pertama menjajal sebanyak lima lap, dan yang kedua adalah dua lap dengan maksud mau pecahkan rekor diatas 157 km/jam. Motor Megelli 250RE yang dijajal SL.com ini punya harga jual Rp. 31.9 juta.

Selain dari pada tipe tersebut diatas, PT Minerva Motor Indonesia selaku ATPM Minerva di Indonesia punya line-up produk terbaiknya, dengan harga jual Rp.34,900,000.- yaitu Megelli 250 RV. Hanya saja sayang sekali, SL.com tak punya kesempatan menjajal motor line-up ini. Yang membedakan antara tipe RE dan RV, yaitu pada tipe RV memiliki upside down front suspension yang mampu memberikan kestablian lebih, serta digital speedometer Koso tipe RX2N.

Untuk bagian atau part yang lainnya adalah sama, maksudnya disini motor sportrace Megelli 250 NewVersion tipe RE dan RV punya spek mesin yang sama  (lihat tabel detail spek mesin dibawah), dan tentunya kedua tipe ini memiliki bodi dan desain motor yang juga sama. Selanjutnya, apa bedanya dengan Megelli 250R Old Version yang sudah dikeluarkan pada bulan April 2009?

Apakah pemilik Megelli 250R Old Version bisa melakukan upgrade mesin? Bisakah Megelli 250 Old Version dibuat setara dengan New Version ini?

New Version vs Old Version

Namun satu hal sebagai catatan penting, khususnya bagi pemilik Minerva Megelli 250R Old Version, bahwa mesin Megelli 250 New Version ini tidak bisa dipasang ke frame bodi Megelli 250 Old Version. Harap maklum, karena posisi dudukan dan baut mesin sangat beda, walaupun secara fisik dari luar dilihat ada kemiripan antara Megelli 250 Old New version dengan Old Version (red=produk lama).

Hal ini pun dijelaskan oleh  Jasin Jazid, Plant Division PT MMI bahwa perubahan mesin Megelli 250 dari New Version ke frame bodi Megelli 250R Old Version memang tidak bisa dilakukan.

Nah, jika anda mau membandingkan detail spek Megelli 250 antara New Version dengan Old Version, yang paling penting dilihat adalah bagian mesinnya. Yang pasti Megelli 250 New Version sudah dilengkapi dengan radiator yang berfungsi sebagai pendingin mesin, sedangkan Old Version belum tersedia radiator.

Megelli 250R

New Version 2010

Old Version 2009

Engine: 4 Strokes, Liquid Cooled 4 Strokes
Cylinder: Single, 4 Valve Single, 2 Valve
Displacement (cc): 249.6 247
Compression Ratio: 11.5 : 1 11.2 : 1
Max Power (hp/rpm): 26/8500 20.5/8500
Max Torque (N.m./rpm): 22.8/7000 18/8000

Maksimum Speed 157 Km/jam?

Bagian pertama SL.com menggunakan motor Megelli 250RE warna kuning. Sebelumnya tidak disadari kalau ban motor Megelli 250RE warna kuning ini pakai ban terkenal jenis Battlax. Belakangan baru diketahui kalau motor yang pakai ban Bridgestone Battlax disediakan ada dua motor, selain warna kuning juga ada warna putih tipe RV yang cuma dipakai buat pemotretan di tempat.

SL.com menjajal motor Megelli 250RE dalam group ke-tiga, bersama-sama dengan 3 blogger lainnya, antara lain Bro Adhi Nugroho, dan Bro Edo Rusyanto, Bro Taufik Hidayat. Sayang, Bro Triatmono tidak hadir, padahal namanya sudah disiapkan dalam group ke-tiga ini. Akhirnya, pihak panitia menggantikan Bro Triatmono dengan salah satu wartawan (unknown name) dari sebuah media cetak. Wah.. kalau tidak bisa seru balapan diantara blogger KoBOI. :-)

Kami semua dilengkapi dengan perlengkapan balap motor, lagi sayang bagi SL.com tidak bisa mengenakan wear-pack racing Minerva yang sudah disediakan oleh panitia karena ukuran XL masih dirasakan sempit, dan tidak bisa masuk ke badan. Akhirnya SL.com hanya mengenakan jaket Minerva dan protektor pada bagian lutut. Pada bagian pertama ini, SL.com juga mencoba sepatu balap yang disediakan oleh pantitia warna merah.

Setelah lima putaran sirkuit Sentul, SL.com punya pandangan sendiri bahwa motor ini layak memenuhi keinginan konsumen yang bermain dikecepatan 100 km/jam hingga 148 km/jam. Faktanya, SL.com tembus pada kecepatan 148 km/jam, sedangkan Bro Taufik max. 146 km/jam. Yang heran wartawan Otomotif Bro Anto Mr. Testo bisa tembus 157 km/jam. Ia dinobatkan jadi juara pertama.

Soal catatan kecepatan ini, bisa dilihat melalui instrumen speedometer Koso yang terpasang pada motor Megelli 250R New Version dimana alat ini memiliki memory maximum speed. Artinya, alat ini bisa merekam kecepatan maksimum. Selanjutnya, siapa yang bisa melewati angka tersebut maka secara otomatis akan menghapus angka lama, dan merekam angka terbaru (yang lebih tinggi lagi).

Untuk Megelli 250RE warna putih, sebelumnya dipakai Bro Anto Otomotif tercatat 157 Km/jam, dan panitia memberikan kesempatan kepada empat peserta untuk adu nyali tahap kedua, dengan maksud melewati angka 157 Km/jam. SL.com masuk dalam daftar peserta menjajal ulang motor ini, namun sayang hanya dua putaran di sirkuit Sentul ternyata cuma bisa max. 135 km/jam. Motor perlu di-setting ulang.

Maximum Speed Masih Tanda Tanya

Apapun hasilnya, khususnya soal kecepatan tersebut diatas, sebenarnya masih ada rasa penasaran yang cukup mendalam bagi SL.com dan penuh tanda-tanya. Kenapa?

Untuk lebih objektif seharusnya panitia menyediakan alat tambahan untuk mengukur kecepatan, agar ini bisa dibuktikan bahwa kecepatan yang sudah ditempuh adalah benar, atau plus-minus mendekati sama. Namun demikian, pada prinsipnya SL.com sudah menggeber habis motor Megelli 250RE ini diarena balap Sentul yang punya trek lurus didepan podium.

Baik motor warna kuning dan warna putih Megelli 250 RE, keduanya sudah digas habis-habisan tapi tidak bisa tembus diatas angka 150 km/jam. Yang pasti ada kenikmatan tersendiri merasakan sensasi disetiap tikungan Sentul, motor ini sangat stabil.

Rasanya tak berlebihan jika PT MMI layak untuk ikut balapan, memiliki tim balap Megelli dan mekanik yang dapat mengangkat citra motor ini sebagai motor balap. Just for your info, dalam uji coba kemarin,  motor yang dipakai oleh setiap peserta masih dalam kondisi standar, belum disetting sebagai motor balap.

So, dari segi penilaian sebagai motor sport, Megelli 250R New Version rasanya sudah pantas mendapat saingan balapan dari merek motor lain yang sejenis. Memiliki penampilan gagah, keren, warna eye-catching, racing look, sporty, performa mesin pun mengalami peningkatan dibandingkan seri sebelumnya. Maka tak ada salahnya kita lihat kembali kehadiran Megelli 250R New Version.

PHOTO GALLERY

Babes New Megelli 250R

34 thoughts on “Review Minerva Megelli 250 New Version Di Sentul

  1. kid de munk says:

    wew.. pertamaxxx…

  2. Nice info.

  3. wah
    jadi tertarik
    ada tes ride di Solo gak ya_

  4. yang putih RV itu mogok ya makanya gak di pake tes

  5. alrozzzi coolrider 2 says:

    wess, keren bro reportasenya…. gambarnya lengkap banget! menurut sampeyan, kira2 motor ini bisa di “siksa” gak ya? hmmm

    • masih bisa bro.. coba dikonsultasikan langsung ama mekanik balap, ahli tuner, dsb-nya. Harapan gw, semoga ada tim balap Megelli 250R yg turun di sirkuit.

  6. berat badan kali gan….hehehe

  7. yg disurabaya kapan ya….

  8. Naksir yang naked…utk teman harian kaya’nya cuocok.

  9. nah…ada yg dipake freestyle segala…
    keren keren.. :D

  10. bang stephen. Yg pake mesin 250LC4V ini yg fullfairing aja apa yg naked jg?

  11. tenaganya kurang gan…dah pernah nyobain coba di tembak pakek nos ganda pasti bagus..buat pervorm…

  12. om stephen, pke kamera seri apa , fotonya enak dilihat heheh *maap OOT

    • Nikon D5000 lensa kit 18-55mm dibantu Speedlight Nikon SB-600. Sebenarnya kualitas warna agak berkurang di halaman blog ini, karena disini sudah melalui filter watermark.

  13. apapun fotonya yang penting ada umbrella girlnya bro stephen

    hehhehehehehe…

    itu pas nyentul doank ya bannya battlax??
    apa si motor pas di jual bebas udah ban bawaan??

  14. [...] dengan blogger SL.com sendiri? Hasil review motor Megelli 250 New Version bisa dibaca disini. By the way, mohon maaf jika di foto gallery ini banyak foto narsis-nya SL.com, ini memang buat [...]

  15. Setelah Megelli 250 seri RE & RV di lounch, kira2 nantinya akan ada versi barunya lg gak ya atau pengembangan dari versi RE & RV…?!?!??
    Kalo ada, berarti PT MMI setengah2 dalam memuaskan konsumen mlh bisa dibilang mempermainkan konsumen…
    Kenapa gak sekalian di kasih seri yang paling bagusnya aja supaya konsumen gak nyesel & merasa tertipu apalagi salah beli dengan membeli seri yang sebelumnya..?!?

    Trims Broww….

  16. Om Stephen…. itu ban Batlax ude termasuk paket pas kita beli atau cuma pas test aja dipakai?

  17. [...] tau bagaimana ulasan SL.com tentang uji-coba motor Megelli 250R di sirkuit Sentul, silahkan buka artikel ini. Kemudian, di arena PRJ Kemayoran tersebut and bisa juga test-ride motor sport Minerva Sach 150VX [...]

  18. [...] Artikel lanjutan tentang hasil uji-coba ala SL.com. [...]

  19. cumi_bunting says:

    umbrela girlsnya jangan yg berlemak dong,,,,,ngerusak moodee…motornya udah keren

  20. bro SL, mo tanya itu saat nyalakan kontak, speedometer menunjukkan setingan berapa?

    pada gen.1 itu 1860 dan segitu tidak akurat.

  21. Andi Setiawan says:

    Bagi yang membutuhkan produk minerva , harga On the Road di Jogjakarta , tipe R 150 harga Rp16,150.000, R150 VX harga Rp.17.100.000, Maddas 125 harga Rp 17.800.000, dan Megelli Rp. 30.350.000, Megelli 250 RV (yg ini daftar dulu ya? brg belum ada, nanti akhir september atau awal2 november insya Allah barang udah ada) untuk semua gambar bisa di lihat di situs resmi minerva : http://www.minerva.co.id Untuk pembelian bisa menghubungi Staff Penjualan PT. Plaza Minerva Indonesia cab. Jogja, Bpk. Andi Setiawan HP:08170456785 / 085878780312 / 0274 – 8327209 Membantu Melayani Luar Kota

  22. [...] buat performanya, tentu lebih baik dari seri sebelumnya. Perbandingannya diambil dari StephenLangitan : [...]

  23. kk stephen, ane numpang lewat yah… :)

    ya, met kenal bro2 temen2 di SL.com, bagi yg kepincut ama megelli ini, masi bisa digantengin dengan part2 modif dari ane… silahkan mampir yah, ke http://www.Jiester-Modified.com
    thank you… :)

  24. Pertamaxxxx,,,,,tp ane nunggu thn dpn aj,,,nunggu komen dari yg dh beli dulu,,,!

  25. [...] de la vieja Megelli comparada con el modelo mejorado 2010 y muestra las principales diferencia: http://stephenlangitan.com/2010/06/r…ion-di-sentul/ La verdad que se venda en primer mundo como yankilandia no es ningun mal signo, digamos que haya [...]

  26. Boombox Walker says:

    body nya keren sih. tapi, klo soal mesin masih blm tau pasti kualitasnya. soalnya blm bnyk yg punya. dari harga emang murah juga. tp, justru takut. inget jaman motor cina waktu booming di indonesia. harganya murah bgt. tp, kualitasnya bobrok. dan satu persatu ilang dari peredaran. satu hal lagi, minerva after salesnya masih blm bnyk.

  27. ini neh ane demen ama bang stephen pasti setiap artikel pasti lengkap ama gallery na…

    btw harga otr na skrg brp yah???

    itu beneran kaga… di jual bebas pake ban battlax…
    jdi ngiler neh

  28. gan gw mau nie mtr,,tapi klo pngn liat daftar harga yg baru ya dmna ya…

  29. motor yang tidak bisa di handalkan,,rusak-rusak melelulu.

  30. wouww gitu!! q udah cocok ma megali250 ini. mumpung punya duit, beli 3 ah. buat ganti tiap hr. item,kuning,putih. aseekkkk;-)

Leave a Reply