Bajaj Pulsar 135 LS: Motor Light Sport Berjiwa Muda

image006

23 April 2010. Sampai saat ini masih sangat terasa geliat dan perkembangan pasar sepeda motor di Indonesia. Satu hal yang sangat penting untuk dicatat adalah jumlah populasi penduduk Indonesia yang sudah membludak, bahkan sudah lebih dari angka 200 juta.Kabarnya Indonesia adalah negara yang ke-empat di dunia yang memiliki jumlah penduduknya terbanyak (imho).

Jumlah penduduk negara kita ini jelas masih menjanjikan, walaupun kita ketahui bahwa sepeda motor kelas bebek dan skutik masih menguasai angka penjualan sepeda motor nasional. Tapi harus diingat, bahwa keunikan budaya dan sifat penduduk Indonesia yang selalu ingin tampil beda, modern, dan trendi merupakan sebuah life-style dan ini peluang baru untuk menggarap sebuah segmen pasar motor tersendiri.

Menurut pandangan penulis blog ini SL.com, tak semua orang begitu suka dengan motor jenis bebek, atau skubek matik, walaupun kedua jenis motor tersebut memang bisa dipakai oleh siapa saja, bahkan oleh anggota keluarga. Jika mau cerdik, dan ingin menggarap sebuah segmen pasar yang baru, maka tak ada salahnya bermain di kelas sport, dengan harga jual sedikit di atas kelas motor bebek atau di atas harga motor skutik.

Target Pasar: Yang Berjiwa Muda

Apalagi, sebagian besar anak muda Indonesia, merupakan pasar yang sangat potensial dimana mereka pasti ingin punya motor sport yang tampil beda, modern dan trendi. Yang pasti, mereka tak ingin disamakan dengan para pengendara jenis motor bebek atau skutik. Inilah keinginan terpendam bagi masyarakat anak muda Indonesia, demikian pula impian bagi orang-tua yang ingin berjiwa muda.

Sensasi berkendara motor layaknya seperti anak muda, seharusnya tidak hanya dirasakan oleh kalangan komunitas touring, namun pengendara motor harian yang kerap dipakai buat bekerja, atau mahasiswa buat kuliah yang berkutat dengan kemacetan, tetap saja ingin merasakan lajunya adrenalin motor dan memiliki perasaan yang sama, yaitu memiliki sensasi berkendara.

Kalau begitu anda mau pilih motor apa?  Apakah anda ingin mencari motor yang berat, atau motor yang ringan? Anda mau pilih motor sport laki, atau motor bebek atau jenis skutik? Anda mau pilih motor sport-race atau motor sport-naked bike?

Kalau lagi bingung, mungkin anda sudah bisa tentukan dari sekarang  atau mau mempertimbangkan sebuah motor yang baru saja diperkenalkan oleh PT BAJAJ AUTO INDONESIA (PT BAI) yaitu jenis Bajaj Pulsar 135 LS (Light Sport). Perkenalan produk baru ini baru saja dilakukan di Hotel Mulia, Jl. Asia Afrika Senayan Jakarta, pada hari Rabu 14 April 2010 yang lalu.

Kenapa Pilih Bajaj Pulsar 135 LS?

Motor Bajaj Pulsar 135 LS adalah yang pertama kali di Indonesia  menggunakan mesin 135cc untuk jenis sport-naked bike.  Dari segi model dan desain, motor ini merupakan sebuah life-style baru menciptakan segmen kelas light-sport. Biasanya, motor laki berada di kelas 125 cc, 160 cc, 180 cc, 200 cc dan 225 cc. Tapi kali ini Bajaj menelurkan 135 cc yang memang beda dengan merek lainnya.

Menurut keterangan staff dan pimpinan PT BAI disaat acara peluncuran dihadapan para udangan kalangan media, Bajaj Pulsar 135 LS ini dipersenjatai dengan mesin 4-katup DTS-i yang menghasilkan tenaga maximal 13,5 HP pada putaran 9000 RPM. Mesin dengan pendingin udara, pakai silinder tunggal SOHC memiliki bore 54 mm dan stroke 58.8 mm dan memiliki tosi maksimal 11.4 Nm pada putaran mesin 7500 RPM.

Motor ini memiliki postur yang agresif, jok terpisah yang sporty, pakai stang jepit yang sangat cocok untuk motor kawula muda masa kini. Bajaj Pulsar 135cc ini menghasilkan performa yang setara dengan motor 150cc. Berat kosongnya hanya 122 kg dapat memberikan rasio tenaga berbanding bobot 110,6 PS/ton, membuat motor ini sepertinya memiliki keseimbangan yang optimum dari kelincahan dan kenyamanan bermanuver di jalan yang padat (macet).

Lagi, kabarnya motor ini sudah dilengkapi dengan rangka yang kuat namun ringan, menggunakan suspensi gas NitroX di bagian belakang. Bajaj Pulsar 135 LS sepertinya memang datang untuk memenuhi tantangan dari kaum muda Indonesia.

Tenaga Bajaj Pulsar 135 LS ini dihasilkan dari sistem 2-katup masuk dan 2-katup buangnya, mampu membuat motor jenis light-sport ini bisa bertahan di putaran atas hingga 10,500rpm. Mengingat faktor keamanan dan keselamatan adalah hal yang utama dari semua versi Pulsar, tak lupa motor ini dilengkapi dengan lampu DC, rem cakram depan 240 mm sebagai perlengkapan standard.

Pulsar: Motor Sport di Indonesia

Menurut K. S. Grihapathy, President  Direktur PT. Bajaj Auto Indonesia, “Merek Pulsar telah sangat lekat dengan segmen motor sport di Indonesia dan visi kami adalah menjadikan Indonesia sebagai negeri bikers dari negeri para komuter. Harga jual motor Bajaj Pulsar 135 LS dijual dengan harga Rp 14,7 juta (on-road di Jakarta). Warna pilihan hanya ada dua, merah atau hitam.”

Sedanghkan jasa pembiayaan sudah bisa diperoleh melalui perusahaan leasing, antara lain SOF, WOM, Kredit Plus, dan perusahaan-perusahaan pembiayaan lainnya.

Grihapathy menambahkan, bahwa unit uji coba (test ride) Bajaj Pulsar 135 LS sudah tersedia di seluruh showroom Bajaj di Indonesia. Showroom akan mulai menerima pemesanan pembelian, sementara pendistribusian motor kepada para pembeli baru akan dilakukan awal Juni 2010.

PT BAI akan memberikan reward (penghargaan) untuk para pelanggan yang mengunjungi showroom dan melakukan test ride motor Bajaj Pulsar 135 LS ini. Nah, bagi pembeli yang beruntung, akan memperoleh undian menonton perlombaan F1 di Singapura pada bulan September 2010 mendatang.

Keunggulan Mesin 4-katup DTS-i Bajaj Pulsar 135 LS

Berbicara soal mesin 4-katup memang telah di desain untuk sebuah performa yang lebih baik jika mau dibandingkan dengan mesin 2-katup. Dikombinasikan dengan teknologi DTS-i (Digital Twin Spark-ignition) yang revolusioner yang dapat memaksimalkan pembakaran untuk menghantarkan tenaga yang lebih kuat dan hemat bahan bakar dengan emisi rendah. Secara terperinci dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Lebih Bertenaga: mesin 4-katup menghasilkan tenaga yang lebih besar pada area intake dan exhaust, hampir setara dengan mesin 2-katup 150cc.
  2. Tenaga Puncak: karakter mesin 4-katup yang ringan (ukuran sistem 4-katup yang lebih kecil dibandingkan dengan sistem 2-katup yang berat), membuat mesin mampu bertahan di putaran 10,500 rpm (dibatasi secara elektrik).
  3. Kecepatan dan Akselerasi: dengan kisaran RPM yang besar, mesin dapat berputar secara cepat menembus 60km/jam hanya dalam 5,1 detik dan mampu menembus 115km/jam.
  4. Lebih Efisien: dengan gabungan mesin DTS-i dan 4-katup tidak hanya menghasilkan performa optimal tetapi juga penggunaan bahan bakar yang efisien.
  5. Ramah Lingkunga: Memenuhi semua standar emisi gas buang.

Spesifikasi Teknis Bajaj Pulsar 135 LS

Mesin
Tipe: 4-Tak, Pendingin Udara, 4-Katup, Silinder tunggal, SOHO, DTS-i
Bore (mm) X Stroke (mm): 54 x 58.8
Displacement (cc): 134.66
Katup per silinder: 4
Tenaga Maksimal (HP @ rpm): 13.5 @ 9000
Torsi Maksimal (Nm @ rpm): 11.4 @ 7500
Starter: Kick + Elektrik
Transmisi
Kopling: Multiplat tipe basah
Tingkat kecepatan: 5
Sistem perpindahan gigi: 1 depan, 2-3-4-5 belakang
Rangka
Tipe: Single down tube
Suspensi Depan: Garpu Teleskopik dengan pelapis anti gesek (stroke 130)
Suspensi Belakang: NitroX
Rem Depan: Cakram (diameter 240 mm)
Rem Belakang:  Tromol (diameter 130 mm)
Ban Depan: Tube-type Unidirectional – 2.75 x 17″
Ban Belakang: Tube-type Unidirectional – 100 / 90 x 17″
Kapasitas Tangki: 8 liter (penuh) dan 2.5 liter reserve (1.6 liter usable)
Dimensi
Jarak Sumbu Roda (mm): 1325
Jarak terendah ke tanah (mm): 170
Berat kosong (kg): 122
ElektrikBaterai (Aki) 12V, 5AH
Lampu Utama 35/35W
Lampu Belakang (tail/stop) 0.4W / 2.6W

DTS-i – Digital Twin Spark Ignition 26 W-4

Digital Twin Spark Ignition adalah sebuah revolusi dalam era berkendara motor modern dan Bajaj Auto adalah yang pertama menawarkan kepada konsumen. Teknologi ini menawarkan tambahan performa yang fenomenal dan diperkenalkan pertama kali pada sepeda motor Pulsar sebelumnya yang terbukti sangat berhasil. Teknologi ini telah dipatenkan oleh Bajaj Auto Ltd.

Pada saat ini satu busi di ujung ruang pembakaran adalah hal yang biasa dilakukan. Bagian pengapian yang dihasilkan oleh busi memakan waktu untuk mencapai bagian terjauh dari ruang pembakaran. Ini berakibat pada pembakaran campuran udara-bahan bakar yang lambat dan menyebabkan keterbatasan dalam mengoptimalkan karakteristik ruang pembakaran. Dua busi di masing-masing ujung ruang pembakaran membantu pembakaran menjadi lebih cepat dan lebih baik. Proses pembakaran dengan Twin Spark ini sedang dipatenkan oleh Bajaj Auto Ltd. (Digital Twin Spark Ignition).

Starter dengan Digital C.D.I.

Sebuah Digital CDI dengan chip mikroprosesor 8 bit mengatur kinerja busi. Memori chip yang telah diprogram mengandung pengaturan waktu starter optimal pada saat RPM mesin manapun, sehingga mendapatkan karakteristik performa terbaik dari ruang pembakaran. CDI juga menentukan waktu pembakaran di kedua busi menjadi lebih stabil dan presisi. Bekerja sama dengan sistem Trics III, ia memberikan waktu starter yang terbaik untuk kondisi beban yang berbeda-beda.

TRICS III

Throttle Response Ignition Control System III Generation. Fungsi dari TRIOS III adalah pemicu pengapian pertama dan kedua untuk pembakaran yang sempurna terhadap campuran udara dan bensin pada berbagai posisi throttle guna mendapatkan tenaga dan performa yang optimal.

Exhaus TEC

Teknologi dalam sistem gas buang dari mesin ‘Pulsar DTS-i’.  Sedangkan ‘TEC’ merupakan singkatan dari ‘Torque Expansion Chamber’. Teknologi pertama di dunia ini mampu meningkatkan torsi mesin secara drastis saat putaran rendah sehingga pengendara tidak perlu mengoper gigi terlalu sering. Knalpotnya juga mempunyai kualitas suara yang khas. la memberikan suatu identitas tertentu bagi Pulsar dan membuatnya sangat unik. Kami dengan bangga mengungkapkan bahwa Bajaj telah diberi hak paten atas inovasi “Exhaus TEC” ini.

Sekilas PT Bajaj Auto Indonesia:

PT Bajaj Auto Indonesia (PT BAI), adalah anak perusahaan dari Bajaj Auto Limited, India. PT BAI didirikan pada bulan Juli 2006 di Indonesia. PT BAI sendiri memulai kegiatan operasionalnya dengan meluncurkan motor Bajaj Pulsar 180 pada November 2006 dan diikuti dengan peluncuran motor Bajaj Pulsar 200 pada Januari 2008. Merek Pulsar saat ini merepresentasikan sensasi bermotor dengan produk Bajaj di Indonesia. Hal ini dengan segera diikuti dengan peluncuran Bajaj XCD 125 DTS-Si untuk membuka jalan bagi konsumen untuk memasuki segmen kategori motor sport.

Saat ini, PT BAI dengan kantor pusat di Jakarta dan pabrik perakitan di Cikarang, (Jakarta) memiliki lebih dari 90 showroom 3S ekslusif yang menjual Pulsar 180, Pulsar 200, dan XCD 125. Memiliki jaringan servis yang kuat dengan teknisi terlatih yang menyediakan layanan purna jual teknikal kelas dunia. Spare part asli Bajaj memiliki harga terjangkau dan mudah didadapatkan di sekuruh jaringan servis Bajaj.

PHOTO GALLERY

46 thoughts on “Bajaj Pulsar 135 LS: Motor Light Sport Berjiwa Muda

  1. harganya berapa..?????

  2. motor yg bener bener LS…. sayang masih di luar pulau,,

  3. harganya 14,7 jt OTR di jkt..

  4. [...] PRJ 2010 Kemayoran ini, sudah jelas PT BAI lebih menonjolkan varian terbarunya, yaitu motor lelaki Bajaj 135LS (Light Sport) yang mana motor ini sudah diperkenalkan kepada media dan publik pada tanggal 14 April 2010 yang [...]

  5. Gua inget ama MX135 nih!Model cover filter olinya persis MX,bro!Andai saja MX punya spek kayak 135LS,5 speed.Harga juga seimbang sama MX.

  6. ketahanan mesinnya berapa tahun..?
    kehematan BBMnya irit gak..?
    daya jual kembalinya gimana..??

    • aneh mau beli motor apa mau jualan ..mass…kalo yang namamnya motor sportmah dari pada di jual lagi mendingan dikoleksi kali

  7. arief sugiharto says:

    Dealer Bajaj pulsar yang dicileduk penipu!!!
    gw beli pulsar 135. Dari tanggal motor dikirim (22 juni) sampe detik ini (29 juli) STNK nye belom keluar juga, padahal gw dijanjiin paling lambat satu bulan. udah gitu waktu pameran gw dijanjiin dapet 1 helm n 2 jaket, tapi kenyataannya waktu motor dikirim gw cuma dapet 1 helm n 1 jaket, pas g tanya ke kurirnya die bilang jaket yg satu lagi minta ke dealer, eh ternyata pas gw minta ke dealer gw malah dibilang gak berhak minta karna jaket yg g dapet ud jaket touring. Padahal waktu dipameran gada tu nyingung2 soal jaket touring segala. satu lagi, soal spakboard belakang yg katanya rubahan dari pabrikan di indo ape sekarang juga belom gw dapet, padahal waktu pameran gw uda tanya, katanya pas motor dikirim spakboardnya uda nempel karna skarang uda diproduksi dalam jumlah banyak di pabrikan sini nya. Buat loe-loe yang pada mau beli, mending tanya yang jelas n mikir dua kali tiga kali deh dari pada ribet kayak gw.. makasih buat yang da baca…

    • wah wah padhal saya mau cari bajaj 135cc ,klo mang banyak masalh mending saya ga jadi,makasih buat info2nya mas… :marah :marah :hoax :marah :hoax :hoax :hoax :hoax :hoax :hoax :hoax :hoax :hoax

      • wah kacau nie urusan, padahal gua udah mau BEli nie…
        mending gua beli Odong2 aja dah… Payah dah Urusan…

  8. harga otr di lampung piro alias brpe…..
    irit kgk dibanding ma honda

  9. [...] akhirnya teringat dengan artikel ini yang telah mengantarkan SL.com menjadi pemenang perlombaan ini, padahal kalau mau dilihat artikel [...]

  10. mau tanya apakah oindikator accu yang dikeluhkan udah teratasi, asesoris apa aja yang yang udah disediakan oleh pihak bajaj?

  11. Gw Punya Pulsar 135 LS dari Bulan Juni 2010, Motor gw udah sampe kilometer 5200 (Pergi Pulang dari Rumah ke Kantor). yang gw mau pertanyain, setiap 1000 km oli motor gw pasti berkurang setengahnya. dan apabila sudah 2000 km, oli mesin sudah dibawah garis low (dilihat dari kaca ukuran oli di blok mesin). gw sering tanya ke mekaniknya katanya ga apa2 itu cuma penguapan. tapi kok penguapan sampai habis begitu olinya. sedangkan di buku panduan sampai 4000 km oli baru diganti. Gimana mau sampai 4000 km, baru 2000 km aja Oli mesin gue udah habis. kalo dipaksain pasti mesin bisa JEBOL. Gue mau KLAIM nich, gimana ya caranya. biar dapat penggantian.

  12. Beautiful bike…I really like this bike.Watch it here http://goo.gl/tvUE

  13. Salam smuanya.. Aku naksir juga nih sama ni motor. tapi dibatam harganya 16jt. yang aku takutin dealernya cuma da satu. ntar kalo da msalah, mesan spere na lama gak ya..?

  14. SY UDAH BELI PULSAR 135CC TP BNYAK KLUHANNYA TUH.MULAI DR AKI ,PAKING POTENSIO, PAKING TUTUP OLIATAS BAUT KNALPOT,PENGATURAN KARBU TRUS ,STLAH SEMUANYA DIGANTI TTP AJA MASIH TDK ADA PERUBAHAN ,NGGAK ADA SPARERPART, …..TRUS SY JG MAU TANYA AMA PT BAI EMANG ADA PERBEDAAN BELI PRUDOK BAJAJ DI FONTANA & JAR ,SY BELI DI PT.JAR KOMPLAINT KE PT.FONTANA NGGAK DIKASIH KRN ALASAN LAIN PT…WKTU ITU SY KOMPLAINT SPEDOMETER ,TP SY PINDAH KE PT.FONTANA LAIN DIGANTI DGN SPEDOMETER BARU HASILNYA MOTOR SY SKRNG MALAH TMBAH PARAH SISTEM KELISTRIKANNYA……..

    • Supri,
      Keluhan anda sudah saya teruskan (forward email) kepada PT BAI.

    • boss…..sy mau tanya nich motor pulsar 135cc sy kl pg susah sekali langsamnya,kl mesin sdh panas barulangsam itupun rpm naik terus & tertahan di 3000rpm,kl lampu ON mesin mati, sy sdh komplain kebengkel karbu&klep distel ulang tp sesudh 1hari kumat lg mlh skarang knalpot sering nembak…solusinya bagaimana nich sy sdh bsn komplaint ke bengkel trus abis kurang memuaskan….mengenai spedometer yg br diganti tp ttp saja eror bs diganti lg nggak yaech ….

  15. w pnya pulsar 135LS,menrut w slma w pake ini motor g prnh ad mslh..
    malah yg w rasain enak bener ni motor..rasany pnya kebanggan trsndiri gt.
    apa lg ni motor irit bgt.. w isi bnsin 20rb bs nympe 150 kilo,baru lmpu indikatorny bensinny nyala..(wew)…pokony bagi lw smua yg mw nyoba atw beli pulsar 135Ls jngn ragu-ragu dech…

  16. gan kalo dealer bajaj yg yg DP sama cicilannya murah dmn???untuk wilayah BNDUNG!!!
    thanks infonya,,

  17. rizky anugrah says:

    APA KAH MOTOR PULSAR 135 BAGUS GAN

    ANE MAU BELI

    • rizky..
      menurut saya bagus.. hanya keluhan di suku cadang.. katanya sulit didapat.. tapi.. kalo agan setia ama motornya, dijamin ada solusinya.. buktinya komunitas pulsar tumbuh subur..

  18. Boss mau nanya nie
    setelah saya beli bajaj pulsa dari pertama service ke dealer dan saya bawa pulang meuncul berbagai keluhan :
    1. indikator Accu selalu low bat di tanyakan ke dealer katanya di ganti nyatanya sampai skrg gak ada realisasinya.
    2. baut di knalpot yg ke mesin pernah patah dan kubawah ke dealer memang d perbaiki tapi setelah di perbaiki dan di pasang kembali mesin packing g di ganti cuma di lem saja hingga mengenai lubang pompa oli ke mesin sehingga oli gak bisa terpompa ke mesin dengan baik, dan sekarang muncul permasalahan baru piston kocak dengan kluar suara yg keras.
    kash info nya dong gimana solusinya

  19. Boss mau nanya nie
    setelah saya beli bajaj pulsa dari pertama service ke dealer dan saya bawa pulang meuncul berbagai keluhan :
    1. indikator Accu selalu low bat di tanyakan ke dealer katanya di ganti nyatanya sampai skrg gak ada realisasinya.
    2. baut di knalpot yg ke mesin pernah patah dan kubawah ke dealer memang d perbaiki tapi setelah di perbaiki dan di pasang kembali mesin packing g di ganti cuma di lem saja hingga mengenai lubang pompa oli ke mesin sehingga oli gak bisa terpompa ke mesin dengan baik, dan sekarang muncul permasalahan baru piston kocak dengan kluar suara yg keras.
    kash info nya dong gimana solusinya
    makasih ……

  20. saya udah minat tuk beli ni motor 135cc pulsar tp setelah melihat keluhan keluhan di atas jd saya urungkan deh niat saya heheheeee…..harga on the roadnya berapa?….kalau di pulau kalimantan(banjarmasin) thanks.

  21. bang, bentar lg saya mau ambil mtor bajai 135 ls secara kredit..
    gmn nih?? kira2 sayang ga? soalnya takut kualitas nya buruk..

    kasih pendapat nya dong !!!

  22. motor ini nyaman , enak n irit ,
    gw uda lama beli …
    yg tntng kluhan itu mah krg jagain motornya ..
    dan mslah sparepart itu memang kurang memuaskan ..
    krn klo yg diluar jkt biasanya nunggu dlu krn brg g ready stock ..
    klo trburu ya …. jd yg service it pake sgala cara

  23. Halo…mr sl sy mau tanya mohon jawabanya: 1.knpa motor sy autochokenya nyala trus walaupun mesin panas,apakah yg rusak autochokenya atau sensor panasnya :2.sy sdah memakai semua jenis oli yg saenya sama tp ttp saja oli motor sy nyusut setla 700km nyusut setengahnya dan pada 1000km oli sdh ada digaris minimum ,solusinya apayg meyebabkan oli nyusut sekarang sy pakai oli MOTUL GOLD 3100,

  24. Deni kurniawan says:

    Udah hampir 8 bln aku pake pulsar 135 ada kendala yaitu di accu… sensor selalu kedip” spt kurang daya walo motor hidup dan jalan juga dinamo starter bunyi kasar sekali kecepatan maximum sendiri cuma bisa tembus 100 utk ke 110 ngoyo banget.. ya wajar aja soale motor ini ngirit buaaaanget jd harus di ganti sitem pengapian + pilot main jetnya biar lumayan larinya jgn lupa knalpot standar juga hrs di ganti…. PULSAR 135 oke juga di kelasnya…..

    • RPMnya kan dibatasi mas pke sistem elektrik, ya pasti ngoyo kalo digeber paksa. pake aja CDI racing klo g mau dibatasi mh (ga dianjurin pabrik)

  25. Pulsar kok banyak keluhan ya ?

  26. ƍω pake pulsar 135..aman terkendali tuh agan” semua..
    Asal perawatan ∂ϊ cek bener” bro..
    Nama’​Пyåª jga buatan manusia..
    10 produksi..pasti 3 atau 4 bsa jdi amsyong alias gaa bener
    So gaa fulsar aja semua pasti sama motor termahal/ terkenal bagus sekali pun..

    Jdi jgn terpengaruh ma keluhan org klo mang qta lum coba karna ada Ɣªήƍ ngeluh ada jga yang muji..

    Selamat mencoba petualangan baru dengan motor BAJAJ Fulsar 135..

  27. Bisnis Pulsa Elektrik. Kenapa Bisnis Pulsa? karena modal ringan hanya cukup 100.000 saja anda sudah bisa isi ulang nomor sendiri dan nomor yang lainnya. sukses yuks… makasih atas artikelnya

  28. Keren ya
    komposisi spart part lokal nya ada gak ya ?
    Kapan ya Indonesia bisa export motor

  29. wajar kalo customer 135 ada yg bilang ribet, ibarat kalo pegang hape convensional ke smartphone.
    tekhnologi elektrik motor yg atu ini emang masih baru jadi kenali dulu tekhnonya, misalnya motor ini dilengkapi autochoke yg ototmatis kalo idupin keadaan mesin dingin otomatis minta diangetin dulu (kyk mobil2 baru gt ). nah kalo ada yg ngalamin autochoke nya rada ngaco kyk yg dialami bang SUPRI, biasanya autochoke dlm keadaan longgar, posisinya ada dibelakang blok mesin (tanpa buka2 mesin kok).
    semoga membantu

  30. 52.000km tak terasa sudah, 2 tahun lebih pake pulsar 135. So far sih oke. Tapi oli emang kayanya cepet banget nyusut.

  31. Des 2010 gw beli pies. Baru beberapa hari indikator accu kedap kedip, gw langsung klain ke beres pd labu, lgsung diganti. Smpe skrg ga ada gejala aki genit lagi. skrg udh 53rebu km. Motor nya irit, tp spare part agak susah untuk yg slow moving,harus bnyk bersabar. Soal speed lumayan lah, bebek sama itik mah lewat.

Leave a Reply