Honda Racing Championship 2010 Resmi Dibuka

Jakarta, 12 April 2010. Ajang balapan Honda Racing Championship (HRC) 2010 dengan tajuk “Break Your Limit with Honda Blade” persembahan PT Astra Honda Motor (AHM), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor Honda secara resmi telah dibuka oleh Johannes Loman, Executive Vice President Director PT AHM pada akhir pekan kemarin Minggu, 12 April 2010 di area PRJ Kemayoran, Jakarta.

PT AHM menggelar kejuaraan balap motor Honda Racing Championship (HRC) dalam enam putaran di enam kota besar, yaitu Jakarta (10-11 April), Yogyakarta (8-9 Mei), Lampung (5-6 Juli), Bandung (17-18 Juli), Bali (16-17 Oktober), dan sebagai seri penutup di Surabaya (6-7 November). So, bagi mereka penyuka balapan motor, atau klub dan komunitas motor yang ingin meramaikan acara tersebut, nantikan putaran selanjutnya. 

PT Wahana Makmur Sejati (WMS), sebagai perusahaan Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Jakarta & Tangerang, kali ini mendapat kehormatan untuk mementaskan putaran pertama HRC 2010  yang diadakan di Jakarta. Lomba ini memang bertujuan untuk mewadahi minat para pecinta olah raga sepda motor sport dan balapan di Indonesia.

HRC 2010 ini merupakan tahun yang kedelapan sejak kegiatan balap ini diadakan pertama kalinya pada tahun 2003.  HRC 2010 juga turut didukung oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan FR Action Events, selaku Event Organizer Racing yang telah memiliki reputasi di dunia balap motor nasional dengan perlengkapan keamanan yang bertaraf international.

Jumlah pengunjung capai 13 ribuan

Menurut data jumlah pengunjung, ajang balapan Honda Racing Championship  pada putaran pertama di Jakarta mencapai 13 ribu orang yang memadati di areal bazar, maupun para penonton di area tribun lintasan balap. Suksesnya acara ini berkat kerjasama yang baik antara PT AHM selaku prinsipal Honda di Indonesia, bersama dengan seluruh jaringan distribusi atau dealer Honda di Jakarta-Tangerang.

Penulis blog SL.com melihat sendiri dan hadir di seri pembuka balapan HRC 2010 yang digelar di Parkir Barat PRJ Kemayoran, Jakarta. Selain dari pada ajang adu balap yang berada pada lintasan khusus sepanjang satu kilometer, HRC 2010 juga diramaikan dengan beragam acara hiburan. Diantaranya adalah pertunjukkan musik live band. Bahkan, para pengunjung dapat juga menimba ilmu safety riding dari para instruktur serta mencoba Honda Riding Trainer (HRT). Pengunjung yang membawa anak bisa mengunjungi Kid Zone yang disediakan panitia dalam tenda khusus.

Selain itu, pengunjung dapat pula mengikuti beragam permainan (games) dan kuis dengan hadiah menarik. Tak ketinggalan tersedia booth penjualan unit sepeda motor Honda serta suku cadangnya, bahkan beberapa suku cadang motor resmi motor Honda, seperti aki GS, shock absorber Showa, ban motor, kenalpot, busi, piston, juga ikut meramaikan booth sendiri-sendiri.

Wadah Klub dan Komunitas Motor Honda

Ajang balapan HRC 2010 rupanya juga dijadikan wadah kumpul bareng klub dan komunitas sepeda motor motor. Apalagi, pada hari itu ada deklarasi klub dan komunitas motor Honda yang baru, antara lain Raider Honda Blade Club (RHBC) dan Paguyuban Honda Matic Tangerang (PHMT) yang memang dibuat secara resmi dan berbarengan dengan HRC 2010. Bahkan Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) ikut pula turut hadir untuk merayakan HUT pertamanya di tempat yang sama.

Saat deklarasi kedua klub motor tersebut, ternyata jajaran direksi PT AHM dan PT WMS ikut pula hadir diacara tersebut. Mereka datang dan berbaur dengan anak-anak klub motor yang akan diresmikan itu. Secara bersama, tampak Julius Aslan selaku Marketing Director PT AHM bersama jajaran eksekutif PT WMS memencet tombol diremiskannya klub motor Honda yang baru terbentuk.

“Klub dan komunitas sepeda motor Honda tidak akan pernah kami lupakan.  Kami senantiasa mengajak mereka bergabung dalam event besar Honda. Kami sudah mendata semua klub dan komunitas motor Honda di Tanah Air jumlahnya sekitar 400-an dan ini bakal terus bertambah dan berkembang,” ujar Nyoman Kesawa selaku Deputy Department Head HC3 Division PT AHM

“Kami akan pantau mereka melalui wadah yang dibentuk oleh main dealer Honda. Misalnya, AHJ (red=Aosiasi Honda Jakarta), adalah wadah klub dan komunitas motor yang berada di daerah Jakarta dan Tangeran. AHJ ini langsung dibina oleh PT WMS selaku main dealer Honda wilayah Jakarta-Tangerang. Nah, untuk klub motor di daerah lain, akan dibina oleh main dealer Honda di daerahnya masing-masing, tanyakan siapa nama pengurus  nama klub motor Honda di kantor dealer Honda terdekat,” tambah Nyoman yang kerap dikerumin oleh anak-anak klub dan komunitas motor Honda.

Break Your Limit

Dengan tema: “Break your limit with Honda Blade”, pelaksanaan balapan Honda Racing Champrionship  ditahun 2010 ini bertepatan pula dengan perayaan ulang tahun yang ke-51 Honda dikancah internasional dan berkiprah secara khusus dalam dunia balap sejak tahun 1959. Perayaan ini juga dirayakan oleh seluruh tim balap Honda di tingkat dunia.

Ajang balapan HRC 2010 adalah merupakan bentuk komitmen Honda dalam memberikan kontribusi di dunia balap dan olahraga otomotif di Indonesia. Ajang ini juga menjadi sarana untuk mengembangkan minat serta memberikan fasilitas pembalap lokal di ajang nasional. Dari tingkat nasional ini, para peserta dapat mempersiapkan diri untuk pertarungan di ajang international.

Balapan HRC tahun 2010 ini memperlombakan tujuh kelas balap. Salah satu kelas adalah Honda Matic yang baru pertama kali ikut dilombakan dalam balapan HRC. Tahun 2010 ini, kelas Honda Matic tidak lagi berupa balapan exsibisi. Ini merupakan kemajuan besar seiring dengan perkembangan motor skutik yang kini makin meningkat setiap tahunnya.

Dibawah ini adalah kelas balapan motor HRC yang dilombakan sepanjang tahun 2010:

1. Honda bebek 125 cc 4 langkah Tune Up Seeded
2. Honda bebek 110 cc 4 langkah Tune Up Seeded
3. Honda bebek 125 cc 4 langkah Tune Up Pemula
4. Honda bebek 110 cc 4 langkah Tune Up Pemula
5. Honda Matic 130 cc 4 langkah Standard Pemula
6. Honda Matic 130 cc 4 langkah Tune Up Terbuka

7. Honda Blade 110 cc 4 langkah Standard Pemula Lokal

Kesimpulan

Setelah seharian berada di lokasi acara dan beruntung saat itu cuaca cerah, bahkan terik sinar matahari ditengah hari sangat panas, namun akhirnya SL.com dapat menyimpulkan ajang balapan HRC tahun 2010 ini berjalan dengan sukses dan tertib.  Seluruh agenda balapan tepat waktu, tingkat disiplin pembalap dan seluruh mekanik dan kru sangat baik. Tingkat keamanan balapan juga bagus.

Pada akhir acara balapan, PT AHM selaku penyelenggara balapan HRC ini memberikan apresiasi kepada pemenang balapan dengan menyediakan beragam hadiah plakat, uang tunai, dan satu unit motor di tiap kelas seri dan juga untuk juara terbaik kelas nasional. Nilai total hadiah yang tersedia bernilai puluhan juta rupiah dari setiap seri yang diperlombakan.

Pada area bazar dan panggung yang memang khusus disediakan untuk publik, klub dan komunitas motor Honda, terlihat suasana hiruk-pikuk dengan live music band tak menyurutkan animo pengunjung untuk tetap betah dan berlama-lama. Panitia acara menyediakan tenda besar buat para pengunjung yang ingin beristirahat sambil lesehan.

Soal kebersihan, terlihat gerakan petugas kebersihan sangat sigap untuk mengangkat dan menyapu sampah dengan cepat, dan hal ini jelas menjadi hal yang sangat prioritas, sehingga warga masyarakat pun semakin betah berada di acara HRC sepanjang hari.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

10 thoughts on “Honda Racing Championship 2010 Resmi Dibuka

  1. wah gambar cewek2nya kurang banyak bro 😀

  2. Weihhh, foto ane, sama om yunan (mbah dukun) dan temen dari RHBC muncul juga. thanks om stephen.

  3. […] April 2010. Para pembalap motor nasional kelas bebek menyambut gembira ikut balapan HRC Honda Racing Championship 2010 Seri Pertama yang digelar di Pintu Barat PRJ Kemayoran. Pasalnya, […]

  4. Cukup meriah.. hoho

  5. […] motorsport di tingkat nasional. Balapan inipun dilakukan oleh Honda sebanyak 5 (lima) seri bertajuk “Honda Raching Championship (HRC)” dengan lokasi di beberapa kota besar di Tanah […]

  6. […] ternyata Honda juga membuktikan diri dengan menggelar acara balapan sendiri yang dengan tajuk “HRC~HONDA RACING CHAMPIONSHIP 2010″ (HRC 2010) yang digelar sebanyak enam putaran dengan tema “Break Your Limit With Honda […]

  7. […] 22 April 2010. Hampir terlupakan tayangan para Umbrella Girls di ajang HRC~Honda Racing Championship 2010 Seri Pertama yang berlangsung di Minggu 11 April 2010 lalu di PRJ Kemayoran […]

  8. rizki mulya says:

    hidupp honda
    gmna sich cranya ingin jdi pembalap honda

Leave a Reply