Atraksi Freestyle Motor TVS APACHE!

image006

27 Maret 2010. Gila bener.. ternyata motor laki asal negara India, TVS APACHE RTR Dual Disc (DD) 160 cc milik pabrikan India, PT TVS Motor Company Indonesia mampu memukau para penonton Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran, Jakarta Pusat khsusnya mereka yang berada di acara ACHILLES Drifting Battle Seri Pertama.

Melalui acara aksi bebas dari Tim Free-style TVS setidaknya bisa membuat penonton dan pencinta otomotif semakin betah sambil bedecak kagum disela-sela acara ACHILLES Drifting yang berlangsung selama dua hari tersebut (27 dan 28 Maret 2010). Bagi yang belum sempat nonton, jangan lupa masih ada hari Minggu 28 Maret 2010 dimulai pukul 12.00 sampai pukul 21.00 WIB.

Khusus acara di hari Sabtu 27 Maret, sebagai hari pertama acara, PT TVS Motor Company pada pukul 17.30 memberikan sajian aksi profesional biker melalui ajang freestyler TVS Apache RTR 160 cc. Hal ini dimaksudkan untuk membuktikan keandalan motor sport keluaran pabrikan India yang diproduksi di Karawang Jawa Barat. Artinya, kini konsumen tak perlu kuatir lagi soal kehandalan motor TVS ini yang ternyata telah terbukti kalau motor ini bisa dipakai untuk apa saja, termasuk ajang free-style.

Loh koq TVS bikin acara di ajang drifting? Kita ketahui acara Drift Battle adalah gelaran bagi pecinta otomotif menunjukkan kemampuan berkendara mobil secara cepat dan profesional, oleh karena itu atraksi bebas freestyler TVS juga ikut ditampilkan. Sebenarnya cabang olahraga drifiting di Indonesia memang masih relatif baru, dan pembibitan untuk bersaing di pentas internasional dimulai dari acara lokal.

Kehadiran pihak PT TVS Motor Company Indonesia, serta atraksi free-style akan tampil secara konsisten meramaikan acara ACHILLES Drift Battle yang akan diadakan sebanyak 5 seri sepanjang tahun 2010, yaitu:

  1. Seri 1 : 27-28 Maret 2010
  2. Seri 2 : 1-2 Mei 2010
  3. Seri 3 : 31 Juli-1 Agustus 2010
  4. Seri 4 : 9-10 Oktober 2010
  5. Seri 5 : 20-21 November 2010

Pada gelaran acara ACHILLES Drift Battle yang pertama di tahun 2010 ini, TVS Motor ikut membuka booth serta menampilkan produk-produk inovatifnya seperti TVS RockZ 125 cc dan TVS Apache RTR 160. Kedua motor tersebut diwakili oleh tipe TVS Apache RTR Single Disc 160 cc dan TVS Apache RTR Dual Disc 260 cc.

“Keikutsertaan TVS Motor dalam mensponsori kegiatan ini berkaitan untuk lebih nemperkenalkan brand TVS terutama TVS Apache RTR di Indonesia. Kami juga ingin lebih mendekatkan diri dengan komunitas otomotif yang suka dengan tantangan sesuai dengan karakter brand motor TVS Apache. Mereka yang suka akan tantangan tentu akan memilih motor yang tepat. TVS Apache RTR adalah motor sport yang tepat yang memiliki kelebihan baik dari segi kecepatan dan kontrol. Kedua hal inilah yang bisa kita saksikan, baik dalam event drift battle maupun sajian khusus dari TVS Apache freestyle,” ujar Benny Widyatmoko, GM Marketing PT TVS Motorotor Company Indonesia yang mana pada sore itu sempat diwawancara oleh kalangan media cetak otomotif.

Sekilas TVS Apache RTR Dual Disc 160 cc

Motor TVS Apache RTR Dual Disc 160 cc dirilis pada pertengahan 2009 silam memiliki teknologi superior Racing Throttle Response (RTR) yang mampu melesat dari 0-60 km/jam dalam waktu 4,8 detik. Ini jelas merupakan yang terbaik dikelasnya. Beberapa kali SL.com menyaksikan sendiri bagaimana motor digeber di arena drift battle, ternyata motor ini memang memiliki akselarasi yang sangat cepat.

Motor TVS Apache RTR DD berkapasitas mesin 160 cc ini memiliki kontrol total yang sangat responsif melalui Roto-Petal Disc Brakes pada roda depan dan belakang. Selain kesan gaya, fungsinya memang sangat membantu pengereman dalam kecepatan tinggi dan ke-stabilan para pengendaranya. Hal ini telah dibuktikan, dimana SL.com pun menyaksikkan sendiri bagaimana pengereman roda depan begitu sempurna, dan membuat aksi stopie sangat manis.

Motor TBS ini didukung dengan Poly Shock Absorber, dimana pengendara merasa aman dan nyaman ketika harus berkendara di jalanan yang rusak. Kayaknya yang ini memang gak salah lagi, lagi-lagi SL.com melihat ke-tiga freestylers sangat mudah melakukan kontrol, handling, dalam aksi mereka. Terlihat kenyamanan supsensi membuat aksi freestyler juga enak dilihat.

Secara teknis RTR ini dilengkapi dengan fifur terbaru pada desain tangki berikut airscoop. Dimana airscoop ini akan membantu kestabilan mesin dan mengurangi panasnya temperatur mesin. Cara kerja airscoop ini adalah menangkap udara lewat lubang yang lalu diputar. Setelah perputaran udara dalam airscoop, udara yang berlebihan dilepas disertai panas mesin. Ini membantu kerja pada sirip silinder yang tugasnya sebagai pendingin dari temperatur mesin.

Motor TVS Apache memiliki bobot 137 kg, diciptakan sebagai motor sport dengan desain aerodinamis serta mampu memberikan kenyamanan dan performa pengendara ketika melesat di jalanan dengan cepat. Sementara itu, untuk speedometer, menggunakan sistem digital dengan 2-Trip Reading yang mudah dilihat saat melesat, dan terdapat penunjuk jam, indikator bahan bakar, indikator aki dan servis sebagai pengingat. Teknologi ini menjadi yang pertama kali ada dalam industri sepeda motor di Indonesia.

Anda tertarik ingin memiliki motor TVS Apache RTR DD 160 cc? Ya.. siapa tau anda punya bakat freestyle, dan bisa dilatih dari rumah.  Ngomong-ngomong, tuh motor yang dipakai untuk ajang freestyle tersebut dalam kondisi standard pabrikan, tidak ada modifikasi pabrik. Asli masih standard! Nah, kalau memang berminat, motor ini tersedia dalam empat warna pilihan, antara lain radiant orange, flame red, stallion black, dan titanium grey.

Soal harga masih wajar koq, untuk wilayah JADETABEK motor TVS Apache RTR DD 160 cc ini dibanderol dengan harga Rp 18,5 juta, sedangkan jenis TVS Apache RTR SD Rp 17,5 juta.

Masih gak percaya dengan informasi diatas? Ya sudah.. segera sambangi acara ACHILLES Drift Battle untuk hari Minggu, 28 Maret 2010 di halaman parkir barat (pintu 6A) Kemayoran, Jakarta Pusat. Tiket masuk cuma Rp.20 ribu saja, tapi kalau mau dapat tempat duduk silahkan bayar lebih. Yuk kita ketemuan disana yuk.. :-)

Sekilas mengenai TVS Group

TVS Group adalah sebuah kelompok industri besar yang didirikan pada tahun 1911, terdiri lebih dari 30 anak perusahaan dengan pendapatan lebih dari USD 2,7 miliar dan memiliki lebih dari 30 ribu karyawan di seluruh dunia.

TVS Motor memiliki tiga pabrik berkelas dunia dengan fasilitas modern di India, yaitu di Hosur (70 hektar), Mysore (seluas 110 hektar) dan Himachal Pradesh (seluas 20 hektar). Selain itu TVS Motor Company juga memiliki 2500 pusat layanan konsumen di seluruh India.

TVS Motor Company meraih “The Deming Prize for Total Quality Management” dari Union of Japanese Scientists & Engineers. TVS juga meraih “TPM Excellence Award” dari the Japan Institute of Plant Maintenance.

Divisi riset dan pengembangan (R&D), yang terdiri dari lebih 400 pakar teknologi, berhasil menciptakan inovasi-inovasi yang revolusioner, termasuk teknologi VT-i (Variable Timing Intelligent) dan Economy-power mode, dan memiliki lebih dari 150 hak paten.

TVS Motor Company memproduksi berbagai jenis sepeda motor dan skater dan telah mengekspor ke 40 negara., termasuk produk unggulannya TVS Apache dan Scooty Pep+

Selayang Pandang PT TVS Motor Company Indonesia

PT TVS Motor Company Indonesia merupakan pusat produksi TVS Motor Company India untuk kawasan Asia Tenggara. TVS mendirikan pabrik sebagai fasilitas produksi yang lengkap, terdiri dari perakitan mesin, perakitan sepeda motor, pengujian dan pengecatan di atas lahan seluas 40 HA di Kawasan Industri Suryacipta City di Karawang Jawa Barat, dengan kapasitas produksi terpasang 300.000 unit sepeda motor.

Pabrik TVS adalah sebuah pabrik manufaktur yang beroperasi secara lengkap dan utuh dan dilengkapi riset dan pengembangan dalam negeri yang luas. TVS bertekad untuk memproduksi produk berkualitas kelas dunia, dari pabriknya di Indonesia. Investasi pads tahap pertama adalah sebesar 50 juta Dolar Amerika. Hingga tahun kedua ini, total investadi telah ditambahkan sebanyak 40 juta Dolar Amerika.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10 thoughts on “Atraksi Freestyle Motor TVS APACHE!

  1. kerennnnnnnnnnn :D

  2. Gak sempet mampir ke Kemayoran euy :( hiks

  3. andew endrow says:

    wah bagus juga tuh,harganya juga gak beda jauh ma motor india lainnya….

  4. Mantabbb!!!
    acara driftingnya tu seri berikutnya di Jakarta terus ato ke kota lain juga bro?

  5. [...] Namun demikian, atraksi bebas freestyle motor asal negara India, TVS 160 cc rasanya memberikan hiburan mengingat motor TVS ini masih jarang muncul di Jabodetabek, tapi punya kelebihan untuk mereka yang punya nyali melakukan atraksi. Sejauh ini SL.com belum pernah melakukan test-ride, jadi belum bisa memberikan ulasan teknis mendalam. Info lengkap freestyle motor TVS bisa dibaca di artikel ini. [...]

  6. My name is Piter Jankovich. oOnly want to tell, that your blog is really cool
    And want to ask you: is this blog your hobby?
    P.S. Sorry for my bad english

    • Hi Piter.. nice to meet you in this blog. Yes, originally this blog is a part of hobby in automotive, but since I opened the advertisement space, then it become business opportunity. Not too bad! :-)

  7. [...] tapi lebih pas masuk ke potretkota.com. Silahkan kunjungi artikel Achilles Drifting 2010 Seri I, Atraksi Free Style, dan juga Motor TVS Apache. Mampir dulu jika belum pernah [...]

  8. [...] yang dikenal memiliki Racing Throttle Response (RTR). Bagi mereka yang pernah datang mellihat acara TVS Apache Freestyler pasti timbul rasa penasaran dengan penampilan motor asal India ini. Memang, motor ini masih jarang [...]

  9. halo bro.wah bohong tuh kalo standar bisa utk freestyle. motor saya apache double disc standar, tapi saya tetap nggak bisa freestyle kok….hehehe…anyway, kpn yg 180 cc muncul ya???

Leave a Reply