Menguji Kebenaran Motor Honda Yang Paling Irit

Jakarta, 24 Maret 2010. Sadarkah kita jika sumber alam minyak mentah yang ada didalam perut bumi ini makin menipis? Maka dari itulah, sejak dini kita harus pintar-pintar berhemat, dan menggunakan sepeda motor hemat bahan bakar atau motor irit!

Selain dari pada memperhatikan persoalan menipisnya sumber alam bahan bakar, kita juga perlu memikirkan soal effisiensi dan nilai ekonomis atas kendaraan bermotor yang kita pergunakan. Bagi pengguna sepeda motor, maka ada baiknya, kalau kita menggunakan motor yang irit. Setuju gak sih?

Selaku pabrikan sepeda motor kelas nasional, dan merupakan industri motor terbesar, Honda melalui perusahaan PT Astra Honda Motor (PT AHM) telah memiliki program adu irit motor untuk membuktikan produknya merupakan motor yang paling irit, effisien dan hemat. Sebenarnya PT AHM sudah berkali-kali menggelar acara serupa, namun untuk tahun 2010 ini, terpilih motor bebek New Honda Absolute Revo 110cc yang diperlombakan adu irit.

Hajatan yang digelar secara bergilir, yaitu 14 Maret – 11 April sebenarnya telah dimulai dari kota Surabaya 14 Maret 2010 lalu, sedangkan di Jakarta 28 Maret, dan Bandung 11 April. “Adu irit Revo merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penghematan Bahan Bakar Minyak,” demikian tutur Julius Aslan, Direktur Pemasaran PT AHM, dalam keterangan persnya pada hari Senin (15/3).

Penghematan, kata Julius, dapat diraih melalui produk sepeda motor yang dirancang sedikit mengkonsumsi bahan bakar dan akan lebih optimal bila dibarengi dengan keterampilan berkendara dan kebiasaan merawat sepeda motor yang baik dan teratur. “Adu irit Revo merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penghematan itu,” jelas Julius.

Hasil Lomba Surabaya 15 Maret 2010

Lomba adu irit konsumsi bahan bakar New Honda Revo 110 telah sukses digelar di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (15/3) dan mencatatkan sebuah rekor baru, yaitu satu liter bahan bakar untuk jarak tempuh 187 Km. Gila bener.. Setahu SL.com yang namanya motor irit palingan 1 liter/35 Km, tapi ini tembus 187 Km.

Hasil rekor tersebut dipecahkan oleh Bapak Bambang Gunawan, dari kategori peserta umum. Padahal Bambang bukan seorang mekanik, tapi ia adalah seorang wiraswasta yang menggunakan Honda Absolute Revo 110 keluaran 2009. Menurut Bambang, ia mengaku kalau kunci kemenangannya terletak pada gaya berkendara dia saat memacu motornya dengan kecepatan 35-40 kilometer (km) per jam dengan posisi gigi empat.

Pada gelaran di Sidoarjo itu, para peserta menempuh jarak sejauh 20,1 km di sepanjang jalan Lingkar Timur Sidoarjo. Sejumlah ketentuan diberlakukan dalam lomba ini, diantaranya sepeda motor dalam kondisi standar, rute yang ditempuh merupakan jalan umum yang mendatar dengan kondisi lalu lintas normal. Sedangkan penilaian lomba ini dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari akademisi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, wartawan otomotif, PT Astra Honda Motor, dan PT Mitra Pinasthika Mustika Surabaya yaitu dealer utama Honda di Jawa Timur.

Berikut ini adalah urutan daftar pemenang perlombaan paling irit New Honda Revo 110cc yang telah berlangsung di Sidoarjo, Surabaya , 15 Maret yang lalu: Bambang Gunawan, Wiraswasta, 187,908 km/liter; Nur Akromin, Mahasiswa, 170,157 km/liter; Arifin, Wiraswasta, 167,077 km/liter; Hanindya, Karyawan Swasta, 160,539 km/liter; dan Agil, Mahasiswa, 127,875 km/liter

Perlombaan di Jakarta, Minggu 28 Maret 2010

Untuk di kota Jakarta, perlombaan yang sama akan dilaksanakan di halaman parkir ITC Cempaka Putih, Jakarta. Sejauh ini pendaftaran telah ditutup, dan jumlah yang sudah mendaftarkan diri ada 300 orang peserta yang masing-masing peserta akan dibagi ke dalam 20 grup. Nantinya masing-masing grup tersebut akan memiliki 10 orang peserta.

Garis start perlombaan dimulai dari ITC Cempaka Mas, dan perlombaan ini akan dilakukan di jalan umum dengan jarak antara 15-25 km dengan tujuan untuk memberikan suasana dan kondisi berkendara sehari-hari pada peserta. Dengan kondisi mesin standar dan kondisi lalu lintas yang nyata seperti sehari-hari, diharapkan konsumsi bahan bakar ideal.

Perlombaan di Jakarta, PT AHM bekerjasama dengan distributor Honda wilayah DKI Jakarta-Tangerang, yaitu PT Wahana Makmur Sejati selaku panitia yang akan menyediakan seluruh fasilitas acara perlombaan yang tampaknya bakal berlangsung seru. Sebelum menjalani lomba, pihak panitia akan memeriksa berbagai komponen motor peserta termasuk mengganti busi serta oli. Pada saat bersamaan bahan bakar yang ada di tangki juga diukur. Kemudian pada saat mencapai finish, panitia akan kembali mengukur bahan bakar yang tersisa.

Panitia juga mengharuskan mesin tetap dalam kondisi menyala sepanjang perlombaan. Selain itu, kendaraan tidak boleh didorong serta diawasi ketat oleh marshal di sepanjang rute. Sebelum perlombaan dimulai motor pemenang dicek ulang melalui proses scrutinizing dengan membongkar mesin untuk memastikan kondisi motor masih dalam keadaan standar. “Dengan kriteria ini, diharapkan masyarakat dapat membuktikan sendiri konsumsi BBM ideal Honda New Absolute Revo 110,” tutur Julius.

Penjualan New Honda Absolute Revo 110cc

Motor ini sangat digemari masyarakat Indonesia, pemakainya tak terbatas, dan memang sangat cocok dipakai oleh semua kalangan. Karena dirasa cocok dan pas bagi orang Indonesia, maka tak ayal lagi jika penjualan motor ini memang cukup signifikan bagi pabrikan PT AHM karena sepanjang bulan Februari lalu, model ini telah terjual sebanyak 84.469 unit atau meningkat 40 persen dibanding penjualan bulan yang sama 2009 yang sebesar 60. 510 unit.

Kenapa harus motor Honda Absolute Revo yang dilombakan adu irit? Julius beralasan karena model bebek Honda itu telah dilengkapi dengan teknologi terbaru EFT (Efficient & Low-Friction Technology). Selain itu, Honda Revo 110 ini juga sudah dilengkapi teknologi SASS (Secondary Air Supply System) dan CECS (Crankcase Emission Control System) yang menghasilkan emisi gas buang yang rendah dan aman bagi lingkungan.

Mengapa Honda Revo bisa menjadi motor paling irit ya? Untuk bahan referensi, silahkan pelajari ulasan teknis dan spesifikasi motor.

26 thoughts on “Menguji Kebenaran Motor Honda Yang Paling Irit

  1. Acara perlombaan adu irit di Jakarta, Minggu 28 Maret 2010 di ITC Cempaka Mas, Jakarta. Acara terbuka untuk umum. Khusus acara adu irit motor Honda Revo, dimulai dari pukul 08.00 s/d 15.00. Selebihnya acara panggung menampilkan Cheerleaders, Virtual Band, Custom Band, Illuminos Band, Capoiera Glue Band, Bojavo Performance, Modern Dance, Wide Band Prudence, Band Steven n Zayon, Games, dan banyak hadiah!

    • wuiih..banyak banget band nya…AHM lg berusaha keras ngejar kompetitornya nih.

    • Klw mw adu irit, kosongin dulu bensin semua peserta terus isi serentak 1Lt semua. Plus check mesin, karbu, CDI, koil. Klw udh semua. Baru deh mulai start lomba. Nanti terbukti sejauh apa iritnya. Wong revo ane j cuma pondok kopi-kasablanka mall kokas itu 2liter PP. Tekooor.

  2. tapi mungkin pada kenyataannya kan nggak nyampai segitu oom Stephen. Karena sisa bensin diukur dan dikalikansehingga seolah-olah mencapai satu liter sehingga mencapai hasil seperti itu.

    • @bro eko.. betul, angka 187 didapat dari faktor perkalian. Seandainya motor bener2 dipake 187 km, apakah iya 1 liter masih sanggup? Kalo iya, pake dorong2 kale.. :-) Btw, jadi penasaran test-ride 187 km dgn 1 liter bensin.. pinjam motor siapa ya?

  3. maticgaya says:

    Masalahnya, motor kan buat dipake harian dengan kondisi jalan yang muacam-muacam. Bukan buat lomba irit-iritan yang kondisinya bisa bikin motor manteng di 30 km/jam… Coba lomba iritnya pake route Grogol ke Cawang, hasilnya paling gak jauh di kisaran 45-50 km/jam

    • @Maticgaya, ya betul nih.. mangkanya gw mau liat yg sesungguhnya seperti apa sih, jangan2 pakai acara didorong, pernah liat kan motor di belakang mendorong motor didepan pake kakinya yg ditaruh di kenalpot.. :-)

  4. Kalo adu iritnya di sirkuit sentul pasti seru deh :) mental rider diuji diantara 2 pilihan memenangkan lomba irit2an ato nafsu geber gas mumpung di sirkuit hehehe…… :D menurut bro SL gmn ?

  5. honda revo boros gitu kok irit.. pengalaman pribadi…

    naik motor turing2an… supraX125, VegaR ama absolute revo

    vegaR ama absolute revo dah ngisi bengsin supra X masih nyantai nungguin di luar sambil ngopi di depan pom bengsin

    btw itu test irit2an banyak yang curang tuh.. pake slip kopling, di matiin mesinnya pas turunan dll…

    buat yang mo beli motor jangan percaya lomba irit2an kek gini :)

    mantabss

  6. Yg penting pemakaian bensin hrs 1 liter, tangki kosong isi 1 liter trus suruh jalan ampe mesin mati. Ukur Km pun hrs pake race logic ato alat yg lain (bukan odometer motor ybs, krn bisa direkayasa gigi speedometernya), termasuk ban hrs ukuran standart. Kalo hasil perkalian sangat tdk akurat, Koreksi mas, biasanya dorongnya tdk di knalpot tapi pd footstep belakang. Semoga Honda berani mengawali lomba yg sportif demi nama besar Honda

    • Setuju banget dengan cara ini. Pengalaman saya juga begitu, pernah bikin mesin sampe kehabisan bensin, termasuk reserve/cadangan-nya.. bret-bret.. mati, nah baru diliat berapa Km jarak yg sudah ditempuh.. :-)

  7. […] perlombaan adu irit Honda Revo kali ini (sebelumnya berlangsung di Surabaya, baca artikel ini), sebuah motor Honda Revo dengan kondisi standard dari pabrikan ditunggangi oleh Budi Satryo telah […]

  8. are kaltim says:

    Revo Terpilih dengan iritnya dan tangguhnya,so revo emang irit dengan adanya kontes irit ini maka terbukti memamng honda embahnya irit…..

  9. powerpuffgirlz says:

    wew…seneng bro SL membahas motor irit..dari dulu, saya slalu mendukung motor irit supaya bumi lebih indah…Save our nation!!

  10. […] Indonesia. Salah satu kegiatan HRC pernah terlihat  oleh SL.com saat mereka ikut meramaikan acara Adu Irit Honda Revo yang berlangsung di halaman parkir ITC Cempaka Mas , 26 Maret 2010 lalu.  Selain itu, mereka juga […]

  11. Honda sekarang mulai banyak ngeluarkan motor irit tp kenceng yah… asyik lah.. bs kenceng tp hemat uang saku :)

  12. Revo irit..
    banyak bohongnya tu…
    Pengalaman pribadi “HSX125 2007 vs Revo Absolut 2010 masih iritan n kecengan HSX125…”

  13. Jika ingin membuktikan tanding saja dg merk yang lain, ada yg punya inisiatif & berani???

  14. Siip…Honda punya visi ‘n misi ke depan jauh lebih matang…
    sementara kita masih pake bahan bakar fosil…tp mendatang sapa tau kita bisa pake bahan bakar dari air…???
    ayo Honda…

  15. guntur nasution says:

    mas kalau memang hasil itu di dapat dari perkalian.

    memang bagaimana cara menghitungnya..?
    bagaimana rumus menghiutngnya dan mohon kirimkan juga contoh kasus perhitungannya..

    dan apakah itu akurat?

  16. pengen nyoba tuh

  17. revo 110 boros…1 liter 40km….kecepatan dibawah 60km…bohong kalo irit…masak pakai motor lari dibawah 40km terus yak gak masuk akal…banyak konsumen yang dibohongi honda….

  18. bagus prasetya says:

    1 liter 187 km itu beneran?

  19. joko arianto says:

    menurutku revo 110cc,boros.
    1/43km.yg irit itu astrea supra X,100cc.1/60km.
    sementara tossa prima supra X,110cc.1/60km.dan top speednya bisa sampe 105 lebih.

Leave a Reply