Spesialis Jok Motor Haji JAJA: 130 Motor Per Hari!

Jakarta, 21 Maret 2010. Urusan jok motor gak bisa dianggap sepele. Kadangkala lapisan penutup (cover) jok sering kali ditemukan bermasalah, entah itu sobek, usang, bocor (rembes air), berkerut, kendor, atau memang sudah bosan sama modelnya. Belum lagi soal busa jok yang sering ditemukan sudah kempes, (lembek) atau melempen, atau memang sudah jelek dan tak enak lagi untuk didudukin.

Apapun kebutuhan jok motor, pak Haji JAJA siap meladeni semua kebutuhan dan keinginan pemilik motor. Anda yang lagi mau modifikasi jok motor, tambah busa, ganti model, ganti kulit, dan semacamnya bisa dikerjakan oleh kios jok motor pak Haji JAJA yang sudah sangat terkenal di kawasan Tanah Baru Depok.

Kalau mau jelasnya, lokasi kios jok Haji JAJA terletak di ujung jalan M. Kafi I, M. Kafi II (Jaksel), dan Tanah Baru (Depok).

Hanya berjarak seratus meter dari pertigaan ke-tiga jalan tersebut diatas, maka anda dengan mudah menemukan kios ini. Jadi, lokasi kios ini berada pas di ujung perbatasan antara DKI Jakarta dengan Depok yang dkenal dengan kawasan Tanah Baru.

Paling gampang mencari lokasi kios Haji JAJA, lihat saja keramain motor yang lagi diparkir. Kios dikunjungi oleh para bikers dari klubĀ  dan komunitas motor, dan juga orang-orang bengkel yang mau mencari reparasi jok dengan harga murah tapi berkualitas.

Pak Haji JAJA (54) punya nama lengkap Sudirja, ketika dikunjungi oleh SL.com ia bersedia diajak ngobrol. Ia bercerita bahwa membuka usaha jok sudah dimulai sejak tahun 1972, waktu itu dimulai dari kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Saat itu ia main di jok mobil, motor, dan juga kursi. Kemudian ia pindah ke kawasan Warung Buncit, dan terakhir sejak tahun 1991 ia sudah berada di kawasan Tanah Baru Depok.

Ketika ditanya soal generasi, ia jelaskan sebenarnya sudah banyak anak buahnya yang sudah berhasil, mandiri dan punya usaha sendiri. Katanya mereka sudah mencar-mencar kemana-mana, dan dulunya mereka memang belajar dan berkarya dari didikan Haji JAJA. Sedangkan beberapa adik kandungnya juga sudah pada mapan dan punya usaha sebagai agen bahan kulit jok.

Pada saat kunjugan SL.com terlihat ada lima anak buah yang duduk jongkok sedang mengerjakan, sedangkan yang jahit adalah pak Haji JAJA sendiri. Namun demikian, ia bilang ada tiga orang anak buahnya yang sudah bisa menjahit.

Pak Haji JAJA berujar bahwa kios ini hanya menerima untuk jok motor saja, karena ia sudah tidak sanggup lagi untuk pesanan mobil atau jok kursi rumah. Alasannya, karena order atau pesanan untuk jok motor saja per harinya sudah mencapai 130 motor khususnya di hari Sabtu-Minggu. Untuk hari biasa Senin-Kamis, rata-rata menerima order kerja sampai 70-80. Sedangkan hari Jumat libur. Ditambahkan, untuk hari libur nasional 17 Agustus, lebaran idul fitri, lebaran haji juga libur. Jam operasional dimulai dari jam 08.00 s/d 17.00 WIB. Nah, soal jam tutup pukul 5 sore, tidak ada tawar-menawar walaupun yang ngantri masih banyak.

“Disini yang paling murah dah.. untuk kulitnya saja mulai dari Rp.20 ribu sampai Rp.45 ribu dan ini sudah termasuk ongkos jasa tukang. Soal pilihan kerjaan, tergantung ama pesanan yang punya motor, mau ganti bahan, mau di papras, mau tambah busa, atau apa saja semuanya bisa diladeni. Yang lagi trend sekarang model polos-polos dan bahan kulitnya merek MBtech,” kata Pak Haji JAJA.

37 thoughts on “Spesialis Jok Motor Haji JAJA: 130 Motor Per Hari!

  1. hasi akhir joknya gak di foto juga bro???

    wah hj jaja emang udah terkenal. tapi saya gak tau jalan kesana. :lol:

    so nyari tukang jok deket rumah ajah :D

    • @macan, hasilnya bagus.. harus diraba bro.. gak cukup kalo cuma di foto doang, gw pake bahan kulit merek MBTECH.. untuk lokasi mudah koq.. dari Lenteng Agung, masuk ke jalan M. Kafi II, nyusurin jalan yang ada kali disebelah kiri jalan, terus aja sampe ketemu perbatasan DKI-Depok. Dari situ cuma 100 meter.

      • wah kaaknya musti ketemu di selatan nih bro sembari kopdar :D

        • y namanya juga banting harga,,,, tapi pasangannya gterllu rapih,,, klo itu j sih gampang, coba bkin variasi ide sendri jangan nyontek dari yang laen, bisa kagax….?

  2. Wah.. Dibahas juga H.Jaja.. Kerjaannya emang rapih.. Dan yang pasti rame banget.. Kudu sabar klo bikin jok disini.. Hehehe..

  3. Wah, pas banget nih infonya. Kebetulan minggu lalu jok ane sobek. Lagi nyari benerin jok yang bagus.

    Btw, disini bisa bikin jok dari nol ga ya? Maksudnya sampe rangkanya. Soalnya waktu itu ane ganti tanki motor, ternyata tanki motor generasi lama, agak beda bentuknya. Jadinya jok motornya kurang ngepas. Ini yang ane duga sebagai penyebab jok motor ane sobek cover-nya

    • @Bro Eko, mau bikin apa aja bisa koq, mulai dari nol juga bisa, karena gw liat semua materialnya lengkap.. terus keahlian tukang dan jahitan juga ok banget..

      • Siiippp deh. Mau mampir pas next time pulang.
        Tanya2 aja dulu. Apa perlu ningga jok asli buat mal, berapa lama, berapa biayanya, dsb

  4. jok tiger revo keras banget, apa bisa bikin yang empukan dikit yah

  5. arie slight says:

    jok ane bikin sana juga, terus cover mika lampu belakang spesial dibikinin haji JAJa…dua2nya cuma 35000..highly recommended..kelihatannya penuh mulu dan ngantri panjang, tapi kerjanya cepet, jadi ngantri paling cuma 10-15 menit..

  6. Wah harus dicoba nech buat benerin jok motor karisma ku. kemaren waktu ke senayan pas jambore beat tergores jadi rawan rembes nech…… dijadwalkan menuju depok……. sekalian mau mampir benerin klakson…..

  7. dapit dandanin motornya ! says:

    kalo fu baru bisa juga yah ??

    mau modif spy joknya terbelah 2 kaya cbr bisa juga khan ??

    bisa masuk dr KKo kan yah ??

  8. Bengkel jok ini yang gw sambangi setelah dapat rekomendasi dari Bulil HTBC. Kita juga sempat ketemuan di sini kalo nggak salah. Petugas yang kerjanya rapi adalah yang memakai kaos biru muda dengan logo tabloid MotorPlus di lengan kanan. Semenjak itu gw udah jarang kesini karena beberapa temen selatan menyarankan untuk ke Afas Cempaka Putih.

  9. Akhirnya sabtu lalu sempet mampir sini. Lumayan jauh juga, abis nganter istri kuliah di salemba, lanjut kesini, abis itu balik lagi. Sabtu siang bolong. Panas…

    Masalahnya, jok Monster sobek dideket tangki akibat salah beli tangki baru. Jok jadi ga pas, menekan tangki, kegesek2 malah sobek.
    Setelah berkonsultasi ternyata perlu merubah bentuk jok agar tidak terulang lagi (sobeknya). Sobeknya sendiri cuma perlu dijahit ulang & dilipat ke belakang.

    Setelah menunggu antrian, akhirnya giliran ane. Karena pengerjaan ringan & mudah, cukup 10 menit aja pengerjaannya. Yang bikin ane kaget adalah biayanya, cuma 5000 perak! Padahal sebelumnya ane kasih tip 10rb ke mas yang ngerjain. Jadinya tipnya lebih gede dr biayanya. hehehe

  10. klo sy naek kreta dari stasiun kota, trs turun di stasiun depok…
    trs uda deket blm?

  11. mau ganti kulit jok satria FU ane ke MB tech nih skalian mau dibentuk agak sporty.
    disana persediaan kulit MB technya lengkap gak? soalnya ane mau ganti yg warna abu2.

    kalo misalkan kurang lengkap ane beli bahannya sendiri trus masangnya di sini deh.

  12. bang, bikin cabang di jakarta barat donk, biar saya gampang klo mua modif jok motor..
    Heheheh… >>

  13. selamat malam,….

    perkenalkan, kami dari Busainomutu, agen busa, yang berlokasi di tangerang, bersama ini menawarkan aneka busa polyurethane untuk kebutuhan industri Bapak/ Ibu..Busa yang kami tawarkan competitf dari segi harga dan kwalitas.termasuk jok mobil

    jika berminat, silahkan hub kami di 0852 1936 4856, atau kunjungi website kami di http://www.busainomutu.com

    hormat kami

    Abdul Rozak
    marketing

  14. kalo mau ganti busa disitu and dikikis kira2 berapa yaaa

  15. klo custum jok Jupiter Z dibentuk Jok Ninja RR bisa ndak ?? soalnya saya pernah liat jok Jupiter model Ninja RR ., Owner bales yah !!!

  16. Wasalam

    Kami perlu no tlp H.Jaja karena ada yang perlu di bicara kan lebih mendalam

  17. lumayan ketimbang di batam

  18. waduh….130 sehari, kl cuma ngebungkus sih 200sehari jg nyampe..kl modif 30sehari nyampe ga tuh..hasilnya kaya apa yah kerja buru2…………….

  19. nganting harga jd’a murah,,, tp klo pasangnya g rapih percuma bkin kapok tuh pelanggan,,,

  20. anto - adank spesialis jok motor banjar - banjarsari- ciamis says:

    Wa ija klo ke banjar lebaran bwa busa ea …????

  21. Bro.. mau tanya.. ada yg tau tempat bikin tulang jok, Kemaren sempet beli body variasi R6 buat scorpio, tapi sumpah itu variasi, tulang joknya culun bangetsetelah dipasang. nanggung banget gitu tulang jok nempel kebodynya. pernah dibawa ke model tukang jok spt haji jaja, nyerah. katanya kudu ditambah tulang. kalo cuma nambah busa gak nolong. Ada yang tau kah dimana tempatnya.?

  22. Pagi ini meluncur dr seputaran pamulang tuk menguji reputasi bengkel jok haji jaja, seperti biasa naik motor abs revo-ku males-malesan, krn Sudah tau perjalanan Bakalan menjumpai banyak polisi tidur dan jalanan kurang rata, betulkan…! Duh tulang ekorku sakit bgt. Makanya ngejabanin tempuh perjalanan jauh tuk buktikan review ini itu ttg bengkel jok haji jaja. Wuss, sudah tiga kali lewat bengkel jok yg dicirikan, nggak yakin! Abis nggak Ada tulisannya… Widiihh nyampe jam 10 pagi… Banyak yg ngantri… Ada 5 yg lg dikerjain, langsung Aja ngobrolin keluhanku, senengnya Langsung Ada yg nanggapin Dan setelah selesai pekerjaannya , punya aku deh dilayanin. Klik, aku waktuin… Padahal aku sudah rada cerewet , Dan yg ngerjain sambil bersenda gurau, pak haji sambil ngomando 3 anak buahnya, di Balik Mesin jahitnya tuntas dalam kurang Dari 15 menit…. Crek habis kasih tip ke pekerjanya. Werrr… Werrr… Motor berdatengan nggak behenti-berhenti…. Aku puas… Balik pulang jok empuk dg kulit MB Tech… Nyamaan …. Tulang ekor bebas dr sakit …mantab… Sukses pak haji!!! Salut gw… Buktiin deh ndiriii…

  23. dungplakdungces says:

    kalo mau ganti kulit jok jgn di kebon jeruk kota. mahaaalll. ditawarnya cuma boleh tipis bener. udah gitu kerjaan ga rapih. kulit jok gua asal2an gt ngelemnya. jadi ga rata. ga enak bgt diliatnya. nyesel gua..

  24. Yg mao tanya tanya tentang jok haji jaja follow twitter saya aja anak nya haji jaja @galuhkibo

  25. asalamualaikum pak haji bisa bikin tulangan jok minerva gak
    klo bisa hubungin ane ya bang haji 089696739332

Leave a Reply