Strategi Menghindar Antrian Di Bengkel Resmi

Jakarta, 18 Maret 2010. Menurut pendapat dan komentar dari teman-teman khususnya pemilik motor baru bermerek Yamaha, dikatakan kalau mau servis motor di bengkel resmi Yamaha kabarnya bisa menunggu sampai 2 atau 3 jam, bahkan kadangkala bisa lebih. Wah.. betul kah demikian? Masa sih?

Setahu SL.com kebanyakan para pemilik motor baru, biasanya “baru bisa” datang ke bengkel resmi Yamaha hanya di hari Sabtu dan Minggu. Kejadian  ini kerap terjadi hampir diseluruh bengkel  Yamaha diwilayah Jabodetabek, dimana para pekerja orang kantoran memang hanya punya waktu di akhir pekan saja.

Ya.. kalau begini sudah tentu kepadatan akan terjadi di bengkel, jadi gak salah juga kalau bengkel Yamaha sampai kebanjiran konsumen di akhir pekan. Tapi lain cerita atau pengalaman SL.com yang sejak dulu menyiapkan waktu untuk servis motor selalu pada siang hari, yaitu diatas pukul 13.00, dan biasanya datang kebengkel pukul 14.00. Lagian hari yang dipilih adalah di hari kerja, bukan di akhir pekan. Mau tak mau hal ini memang dimaksudkan untuk menghindari kepadatan tadi. Loh.. ngapain lagi harus nunggu 2 s/d 3 jam lebih di akhir pekan. Cape’ deh.. 🙂

Kita semua sama-sama sibuk, tapi bagaimana pun kita harus punya strategi untuk mengatur waktu untuk urusan ke bengkel ini. Jika memang posisi kita sebagai orang kantoran, ya terpaksa harus ambil cuti, atau minta izin dulu sama boss. Kalau anda orang marketing atau orang lapangan, biasanya anda akan jauh lebih ‘pintar’ bagaimana mengatur waktu di lapangan. Maksudnya bisa saja curi-curi kesempatan. Betul gak?

Pengalaman SL.com hari ini sangat menyenangkan, tadi siang pukul 14.15 membawa motor “Unyil Merah” Yamaha Mio tahun 2005 ke bengkel Yamaha di Jl. Cinere Raya, Perwira Motor.

Begitu SL.com sampai di muka bengkel resmi Yamaha dengan nomor kode YACS* 03045 saat itu juga langsung disambut dengan ramah oleh seorang petugas Satpam sambil ia menanyakan mau servis motor pak? Langsung dijawab iya, dan melangkah ke loket untuk pendaftaran. Singkat cerita, ada  6 pit yang sudah kosong maka segera saja “Unyil Merah” masuk ke pit.

Di meja pendaftaran tadi, SL,com sempat bertanya sama petugas, apa bengkel memang lagi sepi? Dijawab singkat: ya (tanpa ada basa-basi lagi). Terlihat petugas loket memang lagi buru-buru menulis, dan SL.com pun agak malas untuk bertanya lebih lanjut. Tapi ketika bertemu dengan Satpam yang ramah tadi, malah terjadi obrolan panjang.

Dijelaskan oleh pak Satpam ini, bahwa biasanya bengkel rame di akhir pekan Sabtu dan Minggu, dan juga di hari Senin. Hari lengang, biasanya terjadi di siang hari diatas pukul 14.00 khususnya pada hari Rabu, Kamis, Jumat. Namun lain cerita lagi untuk hari libur, biasanya H-1 dan H+1 dari hari libur tersebut bengkel juga ramai.

SL.com hanya menunggu sekitar 30 menit lebih, akhirnya motor “Unyil Merah” sudah siap dibawa pulang. Urusan administrasi hanya dikenai biaya servis ringan Rp.29 ribu, ditambah biaya satu botol Yamalube Gear Oil Rp.10 ribu. Untuk pelumas mesin, SL.com membawa dari luar yaitu pelumas Pertamina Enduro Matic dengan biaya Rp.30 ribu. So, total biaya servis dan pelumas hanya Rp.69 ribu.

Terlepas dari soal biaya dan jenis servis yang dipilih, paling tidak soal waktu yang menjadi konsen, cuma butuh 30 menit saja dan itu sangat baik. Konsumen tidak perlu duduk berlama-lama di bengkel. Setelah itu kesibukan pekerjaan pun bisa dilanjutkan lagi.

So my friends, ternyata bicara soal waktu kita hanya butuh strategi saja, kita bisa atur gimana menghindari waktu yang padat tadi. Menunggu waktu hingga 2 atau 3 jam di bengkel Yamaha, sebagaimana  banyak dikeluhkan oleh para “konsumen week-end“, sebenarnya hal itu bisa dihindari koq.. 🙂

*) YACS = Yamaha Authorized Claim Service

 

Please follow and like us:

8 thoughts on “Strategi Menghindar Antrian Di Bengkel Resmi

  1. Arif Vixion says:

    pertamax he2
    klw gwe sh datangnya lebih awal sebelum bengkel buka, msal bengkel bukanya jm 8, jadny gwe dateng jam 8 kurang pasti djamin ga nunggu lama, pkoknya gwe puas sma bngkel yamaha, biaya murah (bngkel dtmpat gwe di pamulang banten (muas motor) servis motor vixi cma 25 ribu bndingin sma biaya bengkel remi mtor merk lain) dan memuaskan (bsa minta di stel begini bgitu misal setel klep masuk 0,12 mm klwr 0,18 CO 3+ trus minta dset yg lainnya, dan montirnya ga ngeluh tuh setel klep termasuk servis ringan, ini yg gwe suka :mrgreen:

  2. Pengalaman kalo ke bengkel yamaha (sinar jaya motor), dateng pagi2 trus motor ditinggal nitip ke ownernya, bilang keluhannya apa, ntar sore pulang ktr motor diambil. Kebetulan bengkel resmi yamaha lokasinya deket ama kantor.

  3. Saya ke bengkel biasanya hari Sabtu, baik ke bengkel mobil atau motor saya pilih datang sebelum bengkel buka. Klo ke bengkel motor Honda di BSD hampir selalu dapat nomer 1 (lha wong bengkelnya dekat rumah) jd ga pake ngantri lama. Klo ke bengkel mobil biasanya booking dulu beberapa hari sebelumnya, jd enak ga nunggu lama.

  4. Di bengkel honda dewi sartika yang pusat, biasanya pakek daftar antrian dulu, bisa telpon atau datang langsung, pas antrian kita kita baru dateng jadi langsung naik pit, tunggu 20 menit selesai, bisa pulang.

  5. vega birput says:

    iya bener. .kalo akhir pekan seperti itu rame apalagi kalo minggu pertama awal bulan.
    ditambah kalo sabtu minggu biasanya di perwira ini buka cuma sampe jam 2an saja.
    saya udah langganan di bengkel perwira indah motor ini kurang lebih hampir 5 tahun. dari mekanik langganan saya masih jadi mekanik hingga sekarang udah jadi chief ( kepala mekanik nya )
    tapi jujur aja, saya jarang ngantri walaupun rame. mungkin karena udah kenal.hehhe

  6. Cahaya Surya says:

    Enaknya Honda karena gw punya Honda member card jadi bisa booking antrian ntar dari pihak bengkel sediain 1 pit buat yang punya Honda member card. Manteeep 🙂

  7. terima kasih atas info-infonya

  8. Kalo saya lebih milih servisin ke bengkel malem setelah magrib balik dari kantor..soal’a di tempat saya ada bikermart bengkel’a buka sampai jam 8 malam tiap hari’a. kalo bosan nunggu di ruang tunggu bisa sekalian muter2 di area supermarket buat liat2 part2 variasi kali ada yang naksir kalo ga ke lantai 2’a ada cafe..ga susah susah amat sih bikermart udah manjakan biker di wilayah purwokerto heheehee.. 😀

Leave a Reply