Kawasaki Versys-X 250 terbukti motor yang tepat buat touring jarak jauh

Dari pengalaman perjalanan jauh Solo Ride Adventure Jakarta-London 30.000 Km yang dimulai dari hari Minggu, 25 Maret 2018 hingga hari Jumat, 17 Agustus 2018, ternyata ada 5 (lima) poin penting yang dapat diangkat tentang motor Kawasaki Versys X Tourer bermesin 250cc ini. Apa saja?

  1. Harganya terjangkau. Bahwa motor yang dijual oleh PT Kawasaki Motor Indonesia khususnya untuk Kawasaki Versys X 250 Tourer ini sekitar Rp. 73.100.000 (per tanggal 19 September 2018, pastinya klik ini). Artinya dengan keberhasilan Solo Rider Stephen Langitan mentuntaskan perjalanan Solo Riding Jakarta-London 30.000 Km, hal ini bisa menjadi bukti tentang kelebihan motor bermesin 250cc. Sangat mumpuni, layak dan tidak usah diragukan lagi untuk menempuh perjalanan jauh hingga 30.000 Km. Jadi, bagi mereka yang memiliki dana terbatas dan ingin menjalani turing jarak jauh, sekalipun ingin ke London tidak usah lagi mikirin harga moge dengan harga 2 kali lipat dari harga Versys 250 ini. Sebagai catatan, bahwa setiap motor yang akan jalan ke luar negeri harus memperhitungkan soal dokumen CPD Carnet, dimana setiap pemohon Carnet yang diajukan ke IMI (Ikatan Motor Indonesia) terlebih dahulu harus melakukan deposit 20% dari harga faktur. Untuk info selengkapnya soal permohonan CPD Carnet buka website www.IMI.co.id
  2. Bobot Versys 250 ini adalah 180 kg.  Berat motor ini masih tergolong ringan (light motorcycle) dibandingkan dengan kelas moge 500cc keatas. Bagi Solo Ride Adventure soal bobot ini sangat penting untuk antisipasi apabila motor mengalami kejadian jatuh tetapi mudah untuk diberdirikan lagi. Karena berkendara seorang diri maka saat motor terjatuh harus bisa segera ditegakkan tanpa menunggu atau meminta bantuan orang lain. Biasanya Solo Ride Adventure Stephen Langitan mengalami kejadian insiden kecil yaitu “Jatuh Bego” pada saat motor lagi parkir karena tidak mendapat posisi yang pas.
  3. Model Versys 250 untuk Touring Adventure. Artinya model motor ini sudah dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dan fitur untuk kebutuhan touring jarak jauh serta mampu memberikan perlindungan agar perjalanan berjalan dengan lancar dan aman. Perlengkapan dan fitur yang dimaksud antara lain windshield, hand guard, engine crash bar, lampu kabut, sidebox, dudukan top box, lampu hazard, dan DC power outlet.
  4. Versys 250 mudah untuk modifikasi. Karena alasan kebutuhan untuk perjalanan jauh dari Jakarta ke London 30.000 Km maka Solo Ride Adventure Stephen Langitan melakukan beberapa modifikasi ringan, dan ternyata motor Versys 250 ini sangat pantas mengikuti selera ridernya. Adapun ubahan-ubahan yang dilakukan sebelum start antara lain, engine crash bar diganti dengan pipa besi yang lebih kuat (buatan Syndicate Motor Kalimalang), lampu kabut diganti dengan lampu sorot (buatan Syndicate Motor Kalimalang), klakson diganti dengan suara keras merek Bosch, lampu depan diganti agar lebih terang dengan tipe 120 Gigalight Bosch, side box diganti dengan side Box Pannier 27 liter Badak Hitam, ban diganti diganti dengan ban bertapak/profile adventure Metzeler Tourance, busi diganti dengan merek Bosch, dan ganti cover jok merek MBtech. Sedangkan tambahannya adalah memasang breket/dudukan untuk perangkat GPS Garmin Zumo 395LM dengan merek @serpomoto (Bro Adam), memakai top box Shad 58 Expandable, memakai smartphone holder Shad, meletakkan tank bag Shad E22, meletakkan Duffle Bag Shad Zulu Pack 38 liter yang diikat dengan kencang menggunakan Loop Strap 7Gear.
  5. Versys 250 sangat nyaman dikendarai. Buktinya selama perjalanan Solo Rider Stephen Langitan tidak menemui kendala sedikitpun dengan masalah kenyamanan berkendara pasalnya mesin motor 2 silinder ini bekerja dengan sempurna. Tidak ada keluhan di sektor mesin maupun tenaga, dan akselerasi. Semua medan yang diliewati tetap nyaman apakah di jalan rusak maupun jalan highway dan toll road. Semua rute yang dilewati asyik-asyik saja. Bicara soal spare parts benar-benar sangat awet bisa dipakai untuk jarak jauh sehingga tidak perlu banyak mampir berhenti ke bengkel mencari ataupun mengganti spare parts, dan tentunya hal ini memberikan kenyamanan bekendara. Hal yang lebih lagi penting adalah soal konsumsi BBM dengan kapasitas tangki bensin full 17 liter. Untuk konsumsi BBM nya terbilang irit dan lagi-lagi hal ini membuat kenyaman berkendara semakin lebih asyik menempuh rute jarak jauh, dimana Solo Rider Stephen Langitan tidak perlu pusing dengan refill bensin hingga jarak tempuh 400 Km. Sedangkan riding position untuk jarak jauh memang sudah sangat pas, posisi riding diatas jok Versys 250 ini tidak membuat lelah berkendara. Sedangkan rasa pegal-pegal akan terasa apabila sudah riding non-stop lebih dari 2.5 jam. Adapun cara untuk menghilangkan rasa pegal-pegal adalah berhenti untuk rest atau tetap berkendara sambil berdiri, dan ini sangat mudah solusinya!

Melalui ajang Solo Ride Adventure Jakarta – London 30.000 Km telah membuktikan bahwa motor Kawasaki Versys 250 ini benar-benar telah menjawab semua tantangan yang dihadapi tanpa ada kendala ataupun masalah sedikitpun.

Satu hal yang perlu ditambahkankan adalah spare-part original Kawasaki sangat awet untuk jarak jauh sehingga hemat biaya (tidak perlu sering-sering ganti spare parts). Berikut ini catatan maintenance atau perawatan yang terjadi dalam perjalanan Solo Ride Adventure Jakarta – London 30.000 Km, yaitu:

Catatan Perawatan:

  1. Ganti Oli Pertamina Enduro Racing 6 X
  2. Ganti Kanvas Rem Depan 2 X
  3. Ganti Kanvas Rem Belakang 1 X
  4. Ganti Filter Oli 2 X
  5. Ganti Filter Udara 1 X
  6. Ganti Rantai, Gear dan Sproket 1 X
  7. Ganti Busi 1 X
  8. Ganti Ban Metzeler Tourance 1 X

Catatan Pekerjaan di Bengkel Kawasaki:

  1. Kawasaki Bangkok 5.000 KM – ganti oli
  2. Kawasaki New Delhi 10.000 KM – periksa2
  3. Kawasaki Athena 20.000 KM – service motor, ganti busi, ganti oli, ganti kanvas rem, ganti rantai gear dan sproket, ganti filter udara
  4. Kawasaki Europe HQ (Belanda) 26.000 KM – ganti oli dan periksa2

Informasi Tambahan:

  • Kecepatan Maksimum 145 KM/jam di Toll Jerman (Autobahn No Speed Limit)
  • Jumlah Total BBM ayang dihabiskan 1.100 liter
  • Rata2 Konsumsi BBM 1 liter per 25 – 30 KM

Untuk cerita selengkapnya silahkan simak video perjalanan Solo Ride Adventure Jakarta – London 30.000 Km dengan total 175 Episode Video melalui channel youtube VideoMotoBikerz atau silahkan klik ini.

Please follow and like us:

One thought on “Kawasaki Versys-X 250 terbukti motor yang tepat buat touring jarak jauh

  1. Very cool. Mimpi suatu hari nih hehehe. trims om steph!

Leave a Reply