Autochem Racing Siap Pecahkan Record Drag Race Di Indonesia

Dalam rangka memecahkan rekor drag race tercepat di Indonesia yang pernah ditorehkan oleh Robert Paul, PT Autochem Industri, distributor Prestone dan Master di Indonesia resmi membentuk tim balap bernama Autochem Racing. Pembentukan tim yang dikomandoi oleh Taqwa SS berlangsung pada Sabtu (07/04/2018) di gelaran Parjo 2018 di TMII, Jakrta Timur.

Robert Paul merupakan pemegang rekor drag race di Indonesia dengan catatan waktu 9,278 detik untuk lintasan 402 meter di sirkuit Sentul dan 6,318 detik di lintasan 201 meter saat Otomotif Night Race seri 3 di Kelapa Gading, Jakarta tahun 2005 lalu.

Sekilas tentang Robert Paul, pria kelahiran Edmonton, Kanada ini mulai berkompetisi di Indonesia sejak tahun 1995 dengan mengikuti balap supercar. Ajang drag race mulai diikuti sejak tahun 1997, Robert pun telah berprestasi di berbagai kejuaraan seperti: juara balap supercar, drag race dan balap kelas super retro hingga saat ini.

Berbekal Holden Torana bermesin V8 supercharged yang pernah dibesutnya dan kini diupgrade kembali, di tahun 2018 ini Autochem Racing berencana untuk memecahkan rekor tersebut. Mobil yang dahulu hanya menghasilkan tenaga 900 HP kini telah memiliki tenaga lebih dari 1.500 HP di 7.000 rpm. Dengan spesifikasi ini, Autochem Racing memasang target waktu Holden Torana ini untuk meraih waktu dikisaran 8 detik di lintasan 402 meter.

“Ini merupakan sebuah target yang cukup menantang. Setelah 13 tahun rekor tak terpecahkan, tentu persiapan matang dalam meracik Holden Torana dengan spesifikasi baru, diperlukan keseriusan dan fokus 100% untuk mewujudkannya,” kata Taqwa SS saat dijumpai SL.com Sabtu kemarin.

“Faktor cuaca akan sangat menentukan tercapainya rekor ini, kalau hujan / basah kita tidak akan start karena ini menyangkut soal safety,” imbuh Taqwa SS, yang juga mekanik dan punggawa dari bengkel Garden Speed.

Christoper Sada, Marketing Director PT Autochem Industry (tengah)

“Begitu pun dengan saya sebagai dragster. Kecepatan finish yang meningkat, tentu melebihi dari 260 km/jam, akan memerlukan kesigapan saat melakukan pengereman setelah finish, mengingat Indonesia belum memiliki trek khusus untuk ajang drag race. Jadi tidak semata berkonsentrasi saat start dan di lintasan, kemampuan deselerasi pun perlu diperhitungkan,” ujar Robert Paul.

Begitu banyaknya peserta di ajang drag race, membuat keberadaan tim Autochem Racing menjadi cukup penting sebagai media promosi.

“Dengan membawa brand Prestone dan Master, otomatis Autochem Racing kian mendekatan lini produk ini ke penggemar otomotif nasional. Apalagi Prestone yang selama ini lebih dikenal sebagai produk cairan rem, kini telah memiliki produk pelumas andal. Begitu pun dengan radiator coolant Master yang cocok untuk mesin modern di iklim tropis seperti Indonesia ini,” ujar Christoper Sada, Marketing Director PT Autochem Industry.

Sekedar info tambahan, Autochem Racing yang turut meramaikan balap turing nasional dan drag race Tanah Air dengan komposisi pembalap Fitra Eri, Rama SB dan Robert Paul di balap turing.

Please follow and like us:

Leave a Reply