‘Mengintip’ Pabrik Ban Tertua di Indonesia

Atas undangan PT Goodyear Indonesia, Tbk pada Rabu dan Kamis (18-19/10/2017) kemarin, SL.com beserta rekan media dan komunitas SUV Brotherhood berkesempatan untuk ‘mengintip’ pabrik ban tertua di Indonesia yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat. Di pabrik ini SL.com berkesempatan melihat langsung proses produksi merk ban asal Amerika tersebut.

Semua kegiatan yang berlangsung saat melihat fasilitas pabrik ban berlogo ‘sepatu bersayap’  yang memproduksi lini ban untuk passenger car dan truk ini sama seperti halnya ketika SL.com mengunjungi pabrik ban merk lain di Indonesia, beberapa waktu silam. Kami diperlihatkan bagaimana proses membuat ban dari bahan baku hingga menjadi sebuah ban yang berkualitas.

Pabrik ban Goodyear Indonesia disebutkan sebagai pabrik ban tertua di Indonesia, sekaligus satu-satunya pabrik yang berada di tengah kota. Ini disebabkan pabrik ini telah beroperasi sejak tahun 1917 atau 28 tahun sebelum Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tahun ini adalah 100 tahun berdirinya PT Goodyear Indonesia, Tbk. Alasan kenapa pabrik ini terletak di tengah kota karena 100 tahun lalu areal sekitar pabrik ini terdapat banyak sekali pohon karet,” sambut ujar Wicaksono Soebroto, Head of Communications PT Goodyear Indonesia, Tbk.

Meskipun Goodyear Indonesia merupakan pabrik ban tertua bukan berarti pabrik ini tidak menerapkan atau mengaplikasikan teknologi ban terkini.

“Melalui kunjungan ke pabrik Goodyear ini kami harap rekan media, blogger maupun komunitas mobil mendapatkan pengalaman yang bermanfaat. Kami juga selalu mengaplikasikan teknologi mutakhir pada setiap proses pembuatan produk kami, sehingga tercipta ban yang dibutuhkan oleh konsumen,” tutup Wicaksono.

Sekedar informasi, saat ini pabrik ban Goodyear Indonesia juga memproduksi ban truk dan kendaraan alat berat untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *