AHM ajak blogger bedah mesin All-New Honda CBR250RR

PT Astra Honda Motor (AHM) pada Sabtu, 7 Oktober 2017 secara khusus mengundang 20 orang blogger otomotif roda dua untuk mengikuti acara workskhop sehari tentang kupas tuntas teknologi All-New Honda CBR250RR di Astra Honda Training Center Sunter, Jakarta. Acara bedah mesin Total Control ini dipandu oleh dua orang senior instruktur AHM, yaitu Bapak Edi Sarwono dan Endro.

Pada sesi pertama dipaparkan spesifikasi Honda CBR250RR yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 28.5kW (38.7PS) / 12.500rpm dan torsi maksimum hingga 23.3Nm (2.4kgf.m) / 11.000 RPM. Motor ini mengusung mesin generasi terbaru 250cc liquid-cooled 4-stroke DOHC 8-valve, paralel twin cylinder.

Pada saat ini Honda CBR250RR diklaim menjadi model paling ringan di kelasnya dengan bobot 165 Kg untuk tipe standar (STD) dan 168kg untuk tipe ABS berkat penyematan rangka teralis terbaru dan mesin compact.

Didukung dengan bobot ringan dan bertenaga, akselerasi Honda CBR250RR sangat luar biasa. Motor ini hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 200 meter dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 170 KPJ (kilometer per jam).

Kelebihan motor ini mengusung teknologi teranyar Throttle By Wire (TWB), yaitu sebuah teknologi tanpa kabel gas tetapi motor ini hanya mengandalkan tenaga listrik dari handle/grip gas yang disebut dengan Accelerator Position Sensor (APS).

Bagaimana cara kerja APS ini? Pada saat masbro membetot gas maka perangkat APS secara otomatis akan mendeteksi putaran selongsong gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU dan selanjutnya ke mesin. Selanjutnya simak skema dibawah ini tentang cara kerja yang dimaksud.

Setidaknya, para blogger yang ikut dalam ini semakin paham apa yang disebut dengan konsep “Total Control” dari motor All-New Honda CBR250RR ini sebagai filosofi dasar dari pengembangan motor super sport Honda yang tidak hanya menghadirkan akselerasi tinggi namun juga memberikan pengendara performa yang menyenangkan.

Hebatnya lagi, All-New Honda CBR250RR ini memiliki menu atau setelan Riding Mode, yaitu pilihan berkendara. Terdapat tiga riding mode sesuai selera, pertama Mode Comfort dengan power smooth alias jinak. Kedua Mode Sport, yang sedikit di atas mode comfort atau powernya lebih bertenaga. Dan ketiga Mode Sport+ yang memiliki karakter agresive alias ganas dari semua mode yang ada.

Pada sesi kedua, adalah acara bedah mesin dimana seluruh part-part mesin All-New Honda CBR250RR dipreteli satu persatu sehingga para blogger yang hadir melihat sendiri bagaimana isi atau daleman dari mesin motor ini.

Kesimpulannya, mesin motor All-New Honda CBR250RR ini sudah canggih, dan diperlukan perawatan alias maintenance dengan baik maupun benar, dan yang penting adalah jangan sampai kekurangan oli, salah pasang parts, dan kalaupun mau modifikasi termasuk ganti silincer (pemilihan knalpot racing) harus ekstra hati-hati.

Please follow and like us:

One thought on “AHM ajak blogger bedah mesin All-New Honda CBR250RR

Leave a Reply