GIIAS 2017 Menjadi Parameter Pertumbuhan Industri Otomotif Indonesia

Sebagai satu-satunya pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), GIIAS 2017 merupakan pameran GAIKINDO ke-25 yang diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan sejak tahun 1986.

Tahun ini pameran GIIAS 2017 telah didukung secara penuh oleh PERTAMINA dan Mandiri sebagai sponsor. Selain itu diikuti oleh lebih dari 300 merek pelaku industri otomotif di Indonesia termasuk 32 merek mobil anggota GAIKINDO, termasuk didalamnya 24 merek kendaraan penumpang yakni:

Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Dodge, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, Volvo, VW, dan Wuling, serta 8 merek kendaraan niaga yaitu DFSK, FAW, Hino, Hyundai Bus and Truck, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, dan UD Truck.

Tahun ini GIIAS 2017 mengajak pelaku industri otomotif di Indonesia untuk menghadirkan dan memamerkan new products, product development dan new technologies sehingga masyarakat dan pelaku industri otomotif di Indonesia memiliki pemahaman yang lebih mengenai pesatnya kemajuan industri otomotif yang terjadi di negara berkembang lainnya.

Upaya GAIKINDO mengajak APM peserta pameran untuk menghadirkan kendaraan-kendaraan terbaru yang menjadi andalannya memberikan kontribusi yang positif, tercatat sebanyak 47 peluncuran kendaraan terbaru dan kendaraan konsep berlangsung pada gelaran GIIAS 2017, termasuk 3 World Premiere dari segmen passenger, commercial dan concept car.

Hadirnya produk dan teknologi terbaru pada gelaran otomotif bergengsi ini turut mendukung sekaligus mengukuhkan nama Indonesia dan pameran GIIAS 2017  sehingga dapat disejajarkan dengan pameran otomotif internasional lainnya seperti Frankfurt Auto Show, Tokyo Motor Show, Detroit Auto Show, Geneva Motor Show  dan beberapa pameran internasional lainnya.

Pameran GIIAS 2017 yang ditutup hari ini (21/8) berhasil menarik daya pikat pengunjung.  Yohanes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO 2017 menyatakan kesannya terhadap sambutan positif yang diberikan oleh masyarakat luas.

“Kami bersyukur bahwa pencapaian GIIAS tahun ini mencatatkan peningkatan pengunjung yang signifikan hingga akhir penyelenggaraannya dan yang lebih membanggakan adalah fokus utama kami, pemerataan pengunjung di sepanjang penyelenggaraan GIIAS, baik selama hari kerja atau weekdays maupun weekend, sehingga salah satu motto kami, Enjoy the show dapat tercapai,” ujar Nangoi.

Selanjutnya Nangoi juga mengungkapkan tanggapan postif dari para pengunjung atas beberapa program yang dijalankan GIIAS 2017 pada saat weekdays, “Kami harap pengunjung dapat merasakan benefit lebih dari program weekdays special yang kami jalankan pada tahun ini, tujuan kami agar kenyamanan untuk pengunjung terus terjaga.” tambahnya.

Lebih lanjut Ia kembali menekankan bahwa target GAIKINDO pada GIIAS adalah transfer of knowledgekepada pengunjung tentang produk dan teknologi terbaru pada industri otomotif Indonesia, “Kami ingin GIIAS menjadi ajang yang menunjukkan perkembangan industri otomotif, baik lewat kendaraan konsep hingga launching mobil-mobil terbaru,” tuturnya.

Menurut Nangoi, walaupun angka penjualan bukanlah prioritas GIIAS, namun tidak dipungkiri transaksi memang mewarnai penyelenggaraannya, dan hingga Minggu (20/8) penjualan terlapor sudah melampaui pencatatan tahun lalu, sebanyak lebih dari 21.000 unit kendaraan. Dan angka tersebut masih akan bertambah dengan dengan berjalannya proses pelaporan dari anggota GAIKINDO yang berpartisipasi pada GIIAS 2017.

Pada hari penutupan, juga sudah diundi Grand Prize tiket masuk berhadiah 1 unit Nissan Grand Livina yang dimenangkan oleh Aulia Hardianti, serta 1 unit Datsun GO+ yang dimenangkan oleh Masrul Septiawan.

Romi, Presiden Direktur Seven Events menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan dan kelancaran jalannya pameran GIIAS.  “Event besar ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dan koordinasi dari seluruh pihak terutama GAIKINDO, Kementerian Perindustrian yang memberikan dukungan yang luar biasa, Agen Pemegang Merek dan industri pendukung yang merupakan peserta pameran, pengunjung serta media yang meliput acara ini. Kami berharap dapat memberikan suguhan yang lebih baik lagi pada GIIAS 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 2 hingga 12 Agustus 2018 mendatang”.

Gelaran world class auto show series, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 digelar selama 10 hari dari tanggal 10 s/d 20 Agustus 2017. Mengusung tema “Rise of the Future Mobility”, dan ajang GIIAS ini diharapkan dapat mewakili gerak langkah GAIKINDO dalam membangun dan mengembangkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Sampai jumpa di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *