GIIAS 2017: BOSCH hadir dengan inovasi technologi & produk after market

Bosch, penyedia layanan dan teknologi otomotif global terkemuka, menghadirkan pengalaman mobilitas secara menyeluruh di Gaikindo International Automotive Conference 2017 (GIIAS 2017). Pada ajang ini, perusahaan mempersembahkan solusi untuk saat ini dan masa depan di bidang mobilitas yang terkoneksi, terotomatisasi, dan terelektrifikasi, serta solusi layanan aftermarket-nya.

“Bosch mendambakan lalu lintas yang bebas kecelakaan, bebas stres, serta sedapat mungkin, bebas emisi,” ujar Andrew Powel, managing director Bosch di Indonesia. “Visi tersebut memandu upaya pengembangan kami dan inilah yang ingin kami tunjukkan di GIIAS 2017,” tambahnya.

Mobilitas bebas kecelakaan melalui teknologi keamanan yang aktif

Bagi Bosch, setiap kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas sangatlah disayangkan. Sebagai pemasok otomotif, Bosch percaya bahwa salah satu sumbangsih paling mendasar yang dapat diciptakan industri otomotif adalah menghasilkan kendaraan lebih aman, yang dilengkapi dengan sistem keamanan modern seperti Electronic Stability Program (ESP®), yang juga dikenal sebagai Electronic Stability Control (ESC), dan diperlihatkan di stan Bosch di GIIAS melalui simulator.

Pada 1995, Bosch menyempurnakan teknologi ABS dengan mengembangkan Electronic Stability Program (ESP®) pertama di dunia. Dengan menggunakan sensor cerdas, ESP® membandingkan 25 kali per detik apakah masukan setir pengemudi sesuai dengan arah kendaraan yang sebenarnya. Jika sistem mendeteksi ketidaksesuaian dan mengidentifikasi kendaraan cenderung menjadi tidak stabil, ESP® melakukan intervensi dengan mengurangi torsi mesin untuk mengembalikan stabilitas. Jika diperlukan, rem ke setiap roda akan diaktifkan, seandainya sistem merasa kendaraan masih dalam kondisi berbahaya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melalui Global Status Report on Road Safety 2015 menyatakan Electronic Stability Program (ESP®) sangat efektif membantu mengurangi risiko kecelakaan, dan patut diwajibkan terpasang di setiap kendaraan di dunia. Jika semua kendaraan dilengkapi dengan ESP®, hingga 80 persen dari semua kecelakaan yang terjadi akibat kendaraan selip dapat dicegah.

Memimpin transformasi mobilitas melalui elektrifikasi

Pengemudian terotomatisasi dan terelektrifikasi adalah dua aspek yang mewakili bagaimana Bosch menggambarkan masa depan mobilitas. Dalam bidang elektrifikasi, Bosch telah merancang sistem hibrida 48 V sebagai salah satu solusi elektrifikasi, bukan hanya untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar, tapi juga menghadirkan manfaat lebih seperti tenaga pendorong dan sistem dual power-net,  dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sistem tegangan tinggi. Sistem hibrida 48 V adalah jembatan yang efektif untuk elektrifikasi lebih lanjut, sementara Bosch juga menyediakan rangkaian solusi elektrifikasi mulai dari sistem hibrida tegangan rendah hingga tegangan tinggi, hibrida plug-in, kendaraan listrik, dan sel bahan bakar.

Teknologi terotomatisasi memperlihatkan masa depan otomotif

Bosch mendukung pengemudian terotomatisasi melalui teknologi yang memungkinkan mobilitas masa depan yang lebih nyaman, mudah, dan bebas kecelakaan. Salah satunya melalui Electric Power Steering Systems (EPS). Bosch menawarkan EPS untuk kendaraan berpenumpang dan komersial – memberikan solusi sempurna untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan efisiensi energi. Sistem kemudi listrik menawarkan potensi penghematan hingga 0,8 liter bahan bakar per 100 kilometer, memberikan teknologi dasar yang dibutuhkan untuk mewujudkan sejumlah sistem bantuan di mobil, pengemudian otomatis, dan kendaraan listrik.

Layanan suku cadang – bytes – bengkel yang menghadirkan ketenangan

Menyediakan solusi aki untuk kendaraan sejak 1922, Bosch meluncurkan aki AM Hightec Silver AMS (Alternator Management System) untuk pasar Indonesia di ajang GIIAS 2017. Mobil penumpang semakin sesuai dengan AMS, sebuah teknologi yang mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi kendaraan dengan terus memantau kondisi operasi kendaraan serta menyesuaikan dengan kondisi pengisian aki.

Selain itu, pengemudi juga semakin membutuhkan daya lebih besar untuk mengaktifkan alat elektronik di dalam kendaraan, seperti sistem navigasi dan telepon genggam, sehingga terjadi peningkatan konsumsi energi pada mobil. Aki AM Hightec Silver AMS Bosch yang baru dirancang untuk mendukung kinerja teknologi Alternator Management Systems yang banyak ditemukan dikendaraan masa kini. Kapasitas daya bermuatan tinggi pada aki AM Hightec Silver AMS dapat memasok energi ke beberapa perangkat listrik, dan tidak memerlukan perawatan apapun.

Bosch juga menampilkan solusi konsep augmented reality (AR) untuk perawatan dan perbaikan kendaraan. Seiring dengan perkembangan kendaraan modern yang menjadi semakin kompleks, ahli mesin di bengkel kesulitan dalam menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan tugas yang rumit.

Solusinya, aplikasi untuk smartphone dan tablet yang memberikan visualisasi komponen yang bermasalah, langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya, serta kesalahan umum yang harus dihindari. Aplikasi ini bertujuan untuk mengurangi waktu perbaikan dan memperbaiki kualitas layanan bengkel dengan cara melengkapi ahli mesin dengan informasi perbaikan yang diperlukan melalui AR, secara cepat dan efisien.

Bosch merupakan pemasok peralatan diagnostik dan perbaikan untuk bengkel otomotif, dan menaungi salah satu jaringan bengkel independen terbesar di dunia dengan merek “Bosch Car Service”.

Sebagai penyedia layanan dan teknologi otomotif global terkemuka bagi produsen kendaraan, Bosch menawarkan portofolio komponen otomotif dan suku cadang yang menyeluruh untuk aftermarket yang sebanding dengan kualitas peralatan asli kendaraan.

Perusahaan mempersembahkan rangkaian suku cadang berkualitas dengan teknologi Jerman untuk kendaraan-kendaraan Asia, mulai dari klakson, bohlam, wiper kaca depan, busi, dan aki bebas perawatan, seperti AM Hightec Silver AMS untuk pasar otomotif Indonesia.

Dengan solusi lengkap yang dihadirkan bagi  pengemudi Indonesia, Bosch menyediakan suku cadang kendaraan yang berkualitas untuk pengalaman berkendara lebih aman, peralatan diagnostik berteknologi terdepan, dan jaringan bengkel perawatan yang andal untuk memastikan pengemudi mendapatkan ketenangan.

VIDEO

Please follow and like us:

Leave a Reply