GIIAS 2017: “Mitsubishi FUSO Andalan Bisnis Sejati”

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku authorized distributor dari Mitsubishi FUSO Truck & Bus Corporation (MFTBC),  turut berpartisipasi pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 bertempat di ICE BSD, Tangerang, 10-20 Agustus 2017.

Mitsubishi FUSO mengusung tema “Dulu, Sekarang, Yang Akan Datang, Mitsubishi FUSO Andalan Bisnis Sejati”.

Sejak tahun 1970, Mitsubishi FUSO hadir dengan mengemban misi mendukung pembangunan Indonesia. Kontribusi ini akan terus dilanjutkan saat ini hingga masa mendatang, melalui produk dan layanan yang ditawarkan oleh Mitsubishi FUSO.

Atsushi Kurita, Presiden Direktur KTB, menyebutkan bahwa untuk mendeskripsikan bahwa “Dulu, Sekarang, Yang Akan Datang, Mitsubishi FUSO Andalan Bisnis Sejati”, KTB memiliki 3 komponen di Masa Lalu, Masa Sekarang, dan Masa Depan, yang dihadirkan di booth Mitsubishi FUSO.

Ketiga konsep tersebut akan di hadirkan di booth seluas 1.134 m² yang terletak di Hall 3A, ICE BSD. Mitsubishi FUSO menghadirkan tujuh unit truk Colt Diesel di segmen light duty truck (LDT), yaitu: varian terbaru FE 74 Long, varian Colt Diesel terpanjang di dunia, E-Canter Prototype, FE 74 HD Gold Colour Limited Edition yang dijadikan Truk Sejuta Mimpi, FE 84 G BC yang dijadikan bus Minitrans, FE 74 HD yang dijadikan unit Pemadam Kebakaran, FE 74 HD yang dijadikan Mini Mixer, serta 1 varian prototype yang siap diluncurkan dalam beberapa waktu mendatang, yaitu FG 83 4×4.

Masa Lalu : Pencapaian 1 Juta Unit Colt Diesel

Di awal tahun 2017, Colt Diesel meraih penjualannya yang ke-satu juta unit dan berhasil memecahkan rekor “Penjualan Truk Terbanyak di Indonesia” dari MURI.

Mitsubishi FUSO juga berhasil memimpin pasar kendaraan niaga selama 47 tahun berturut-turut. Data penjualan Mitsubishi FUSO semakin mempertegas dominasinya di pasar kendaraan niaga, dimana selama tahun 2017 (Januari-Juni) Mitsubishi FUSO berhasil memperoleh market share sebesar 46,1% dengan angka penjualan sebanyak 19.294 unit meningkat 24,2% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu sebanyak 15.531 unit. Khususnya untuk kelas LDT, Colt Diesel berhasil mencapai 17.479 unit dengan market share sebesar 59.5%.

Pencapaian ini dapat terwujud berkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Mitsubishi FUSO. Sebagai bentuk apresiasi, KTB memiliki Truk Sejuta Mimpi yang telah berhasil mengumpulkan lebih dari 3.500 mimpi masyarakat Indonesia. Truk Sejuta Mimpi mengajak masyarakat bermimpi untuk Indonesia yang lebih baik. Satu mimpi terbaik yang membawa manfaat serta dampak positif bagi masyarakat Indonesia akan diwujudkan oleh KTB, dan akan di umumkan pada tanggal 17 Agustus bertepatan dengan konser Iwan Fals.

Masa Sekarang : Customer Business Consultant dan Peluncuran FE 74 Long

Di tahun ini KTB memperkenalkan salah satu pilar strategi Andalan Bisnis Sejati, yaitu Customer Business Consultant setelah di tahun-tahun sebelumnya KTB telah mensosialisasikan dua pilar lainnya yaitu Zero Down Time di tahun 2015, dan Best Life-Cycle Value di tahun 2016.

Customer Business Consultant merupakan upaya KTB dalam memaksimalkan fungsinya untuk tidak hanya sekedar menjadi penyedia kendaraan niaga Mitsubishi Fuso, tetapi lebih dari itu, untuk menjadi konsultan bisnis yang memajukan usaha konsumen.

Konsep Customer Business Consultant diwujudkan melalui beragam program seperti Business Meetings yang berfokus pada konsumen dengan segmen bisnis tertentu, Driver and Mechanic Training untuk mendukung operasional harian kendaraan konsumen, serta Special After Sales Program seperti konsinyasi suku cadang serta in-house workshop resmi.

Semua program ini bertujuan memberikan pemahaman kepada business owner beserta jajaran stafnya mengenai keberlangsungan bisnis serta memajukan bisnis yang mereka jalani.

Dari sisi produk, KTB berupaya untuk melengkapi jajaran produknya yang menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen, salah satunya dengan meluncurkan varian terbaru FE 74 Long. Varian ini merupakan varian Colt Diesel terpanjang diantara truk sekelas light duty truck lainnya di keluaga Mitsubishi FUSO global. Varian ini merupakan satu-satunya varian Colt Diesel terpanjang di dunia, yang khusus dikembangkan untuk pasar Indonesia.

Produk ini disasar untuk penggunaan di jalan on-road dengan kapasitas payload 3-7 ton. Dengan panjang wheelbase 4.200 mm serta muatan volume hingga 15,6 m³, menjadikan varian ini paling panjang di kelasnya, sehingga volume angkut lebih besar dan efisien. Varian ini diperuntukkan untuk segmen usaha yang mengutamakan volume angkut dalam pendistribusian dan pengiriman barang seperti consumer goods, industri, manufaktur, dan logistik.

Ketangguhan varian FE 74 Long akan dibuktikan melalui Truk Panggung, hasil kolaborasi Mitsubhi FUSO dengan Iwan Fals sebagai keluarga baru dari Mitsubishi FUSO di Indonesia. Truk Panggung ini nantinya akan mengikuti Iwan Fals untuk melakukan Road Show di beberapa kota di Indonesia. Selain untuk memperkuat aktivitas branding Mitsubishi FUSO, kolaborasi ini juga bertujuan untuk memperkenalkan varian baru ini ke berbagai daerah di Indonesia.

Masa Depan : E-Canter Prototype

Mitsubishi FUSO menghadirkan E-Canter Prototype sebagai komitmen  untuk terus menciptakan inovasi produk dan layanan di masa depan.

E-Canter Prototype merupakan truk konsep yang digunakan untuk kepentingan uji dan tes truk listrik pertama di dunia, yang sepenuhnya dioperasikan menggunakan tenaga listrik. Prinsipal Mitsubishi FUSO telah mengembangkan konsep truk listrik sejak tahun 2010, dan di tahun 2017 ini telah memasuki tahap produksi terbatas.

E-Canter Prototype hadir di booth Mitsubishi FUSO sebagai simbol simbol inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen kami di masa depan, dan juga sebagai konsep “Masa Depan” di booth kami.

Kontribusi Untuk Negeri

Melalui GIIAS 2017, KTB berharap untuk dapat memberikan kontribusinya terhadap pencapaian target 2,5 juta produksi di tahun 2020 dari Menteri Perindustrian di sektor otomotif. Mitsubishi FUSO siap memberikan kontribusi terbesarnya untuk segmen kendaraan niaga.

Ketiga konsep yang dihadirkan di booth Mitsubishi FUSO akan semakin memperkuat pemahaman konsumen bahwa “Dulu, Sekarang, Yang Akan Datang, Mitsubishi FUSO Andalan Bisnis Sejati”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *