Journey Tiga Negara, Semangat Kemerdekaan dari Toyota Indonesia

Memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72 dan sekaligus menunjukkan keberhasilan Toyota Indonesia menghadirkan kendaraan yang mampu tumbuh dan berkembang, serta menemani masyarakat Indonesia lebih dari 10 tahun, PT Toyota-Astra Motor (TAM) bersama 2 komunitas pemilik Toyota yaitu, Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) dan VELOZity yang tergabung dalam Toyota Owner Community (TOC) menggelar aktifitas Journey Kemerdekaan 3 Negara. 

Mengusung tema Beyond Indonesia 72nd Independence Day with Toyota, journey yang melintasi 3 negara ini yaitu,  Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam akan menggunakan kendaraan Avanza-Veloz dan Kijang yang merupakan produk global Toyota Indonesia, dan merayakan hari kemerdekaan Indonesia di KBRI Brunei Darussalam, bersama warga negara Indonesia lainnya yang menetap di Bandar Seri Begawan.

“Sesuai dengan tema Beyond Indonesia 72nd Independence Day with Toyota, melalui  aktifitas journey tiga negara ini kami ingin menunjukkan  kontribusi  Toyota dalam mengisi kemerdekaan Indonesia  dengan menghadirkan kendaraan yang sesuai dengan kondisi geografis dan karaktersitik rakyat Indonesia guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata ” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata, pada acara  kick-off Journey 3 Negara, di Pontianak, Jumat (4/8).

“Toyota Avanza-Veloz dan Toyota Kijang adalah dua MPV produk global Toyota Indonesia yang kehadirannya mampu melebihi  ekspekatsi masyarakat, tak hanya lekat dengan julukan mobil yang nyaman dan aman bagi keluarga Indonesia, tetapi juga teruji  menyusuri jalan-jalan raya di Indonesia yang mempunyai kontur beragam,” tambahnya.

Letak sebagian negara Malaysia dan Brunei Darussalam yang berada di Pulau Kalimantan akan menjadi tantangan tersendiri bagi peserta journey dalam melintasi beberapa kota yang dituju. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki Toyota Avanza-Veloz dan Kijang,  bukan menjadi kendala bagi kedua MPV produk global Toyota Indonesia tersebut untuk menyusuri jalan-jalan raya di Kalimantan yang memiliki beragam kontur dan terkadang melintasi kawasan hutan.

“Perjalanan yang melibatkan komunitas yang tergabung dalam Toyota Owner Club ini sekaligus merupakan ajang untuk membuktikan durability mobil Toyota yang mereka gunakan dalam menempuh jarak ribuan kilometer dan dengan medan jalan yang beragam. Dengan berbagai kelebihan dari kendaraan Toyota yang mereka gunakan itu, semoga rombongan peserta Journey Kemerdekaan 3 Negara bisa menikmati perjalanan tersebut dengan aman dan nyaman tanpa menemui hambatan apapun hingga kembali ke tempat tujuan,” kata Executive General Manager TAM Soerjopranoto.

Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia di Brunei Darussalam

Diawali dari Jakarta, Journey Kemerdekaan  3 Negara akan menempuh jarak lebih kurang 3.000 km selama 12 hari perjalanan dan  melintasi  7 kota di Indonesia, Malaysia dan Brunei yaitu, Pontianak, Serian,  Kuching, Sebu, Bintulu, Miri, Kuala Belait, Bandar Seri Begawan dan kembali lagi ke Jakarta.  Selain 4 unit Toyota Avanza-Veloz,journey yang melibatkan hampir 45 anggota komunitas Velozity dan TKCI serta beberapa jurnalis, juga akan menggunakan  6 unit Toyota Kijang mulai generasi pertama hingga generasi terakhir.

Memulai perjalanan bersama di Kota Pontianak pada Sabtu (12/8) pukul 04.00 WIB, rombongan peserta journey akan menempuh perjalanan menuju Kuching ibukota Serawak, salah satu negara bagian Malaysia yang terlerak di Pulau Kalimantan.  Jarak Pontianak–Kuching sekitar 353 km dengan perkiraan waktu tempuh 14 jam akan melintasi perbatasan Indonesia-Malaysia dan Kota Serian, salah satu kota terbesar di Serawak.

Setelah bermalam di Kuching, dan pagi harinya, Minggu (13/8)  mengunjungi KBRI Serawak, serta UNWT Kuching-Serawak untuk jumpa pers dan ramah tamah, tepat pada pukul 13.00 waktu setempat, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Bandar Seri Begawan. Perjalanan dari Kuching menuju ibukota Brunei Darussalam ini berjarak sekitar 957 km dan melintasi Kota Sebu, Bintulu, Miri, Kuala Belait. Dengan perkiraan waktu tempuh 34 jam, perjalanan yang dilakukan secara non stop tanpa bermalam ini akan mencapai Bandar Seri Begawan pada pukul 17.00 waktu setempat.

Selama berada di Bandar Seri Begawan, selain mengunjungi Toyota Brunei, city tour  ke Istana Nurul Iman, JameÄsr Hassanil Bolkiah Mosque, Brunei Museum, dan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, serta Disney Land Bandar Seri Begawan, rombongan juga akan melakukan kegiatan penanaman pohon, kampanye keselamatan berkendara bersama komunitas Toyota setempat. Dan tepat pada 17 Agustus 2017, seluruh peserta rombongan akan  mengikuti  upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di KBRI Brunei Darussalam.

Setelah 6 hari berada di Bandar Seri Begawan, pada Seinin (21/8) pukul 03.00 waktu setempat, rombongan Journey Kemerdekaan 3 Negara memulai kembali perjalanan menuju Pontianak.  Menempuh jarak sekitar 1.187 km dengan lama perjalanan sekitar 32 jam, rombongan diperkirakan tiba kembali di Pontianak pada Selasa (22/8) pukul 18.00 WIB.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *