Hyundai All New Tucson XG CRDi EVG Turbo, apa saja kelebihannya?

Selama beberapa hari StephenLangitan.com mendapat kesempatan untuk meminjam mobil milik PT Hyundai Mobil Indonesia dalam rangka ajang test drive sekaligus merasakan performanya. Untuk kali ini adalah jenis/tipe SUV (Sport Utility Vehicle) dengan berkapasitas 5 penumpang yaitu Hyundai All New Tucson XG CRDi EVGTurbo.

Sebagaimana diketahui bahwa sebelumnya All Hyundai Tucson sudah hadir dengan varian GLS bermesin bensin dengan tampilan baru mengusung desain fluidic sculpture 2.0 yang memiliki konstruksi rangka berteknologi AHSS (Advance High Strength Steels).

Kemudian di ajang di ajang GIIAS 2016, All New Tucson XG hadir sebagai varian teratas dari All New Tucson dengan dilengkapi fitur-fitur menarik salah satunya seperti automatic power tailgate dan panorama sun roof.

Nah, di tahun 2017 ini PT. Hyundai Mobil Indonesia menghadirkan All New Tucson XG CRDi EVG Turbo bermesin R 2.0 CRDi, 2000 cc dengan mesin yang sangat bertenaga menghasilkan tenaga maksimum atau horse power 178 PS torsi 400 Nm. Yang satu ini menjadi varian teratas dari semua tipe All New Tucson.

Berikut ini adalah ringkasan yang dapat kami sampaikan untuk beberapa keunggulan/kelebihan All New Tucson XG CRDi EVG Turbo berdasarkan hasil test drive pada pekan lalu (21 -24 Juli 2017), antara lain:

Pertama, horse power 178 PS torsi 400 Nm yang dihasilkan dari mesin diesel CRDi EVGTurbo adalah benar-benar sangat powerfull. Tenaga dan torsi yang besar ini membuat All New Tucson XG CRDi EVG Turbo sangat enteng tarikannya, memiliki akselerasi yang cepat dan lincah pengendaliannya. Dalam kesempatan mendahului kendaraan didepan, terasa sangat mudah. Kami tidak perlu ragu-ragu untuk menyalip beberapa kendaraan sekaligus karena akselerasinya terasa sangat ringan dan cepat.

Kedua, dengan tampilan baru mengusung desain fluidic sculpture 2.0 membuat kami sangat percaya diri menggendarai All New Tucson XG CRDi EVG Turbo apalgi warna putih tampak keren sesuai dengan trend mobil masa kini. Singkat cerita kamipun tertarik dengan tampangnya karena enak dilihat dari semua sisi dan memiliki ground clearance yang cukup tinggi. Oh ya.. tampang moyong depannya dibalut Chrome Front Grille memang keren. Mobil SUV ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki jiwa petualang.

Ketiga, walaupun bermesin diesel tapi mudah pengendaliannya apalagi All New Tucson XG CRDi EVG Turbo menggunakan transmisi Automatic Shiftronic 6 Speed dan juga dilengkapi dengan fitur mode driving Eco dan Sport. Mau ekonomis di jalan macet pilih menu Eco, mau berkendara cepat di jalan bebas hambatan pilih menu Sport. Kebanyakan kami memilih menu standard (tidak Eco, maupun tidak Sport), dan itupun sudah cukup ekonomis dan cepat lajunya, tidak diragukan lagi.

Keempat, memiliki fitur 180 derajat Eagle Eye Front View Camera. Nah, saat kami duduk dan ingin bergerak maju, mundur ataupun parkir tampak beberapa menit di layar monitor berukuran 8 inchi sebagai Multimedia Head Unit Monitor yaitu gambar sosok mobil All New Tucson XG CRDi dengan pemandangan disekitarnya. Hal ini sangat berguna untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi kami sebagai pengendara juga penumpangnya.

Jadi, mobil SUV yang diproduksi di Korea Selatan ini memiliki wide angle camera dengan jangkauan hampir 180 derajat. Fitur baru terasa sangat membantu pengemudi memantau/melihat bagian depan, sisi depan kiri dan sisi depan kanan kendaraan pada layar monitor head unit. Khususnya ketika menghadapi blind spot area atau blind junction area, agar terhindar dari kemungkinan buruk yang datang dari sisi yang tidak terlihat.

Menurut Hyundai, fitur 180 derajat Eagle Eye Front View Camera merupakan fitur yang pertama di Indonesia yang khusus dipersembahkan bagi konsumen Indonesia. Keren banget bro!

Kelima, kami sangat suka dengan SUV All New Tucson XG CRDi EVG Turbo ini karena sudah dilengkapi dengan banyak fitur modern yang sangat dibutuhkan. Setidaknya mobil ini sudah mengikuti trend masa kini dan tidak ketinggalan jaman. Untuk varian XG secara khusus memiliki fitur-fitu, antara lain:

Leather Wrap Steering Wheel, Modern Cluster with MID, Auto light control, ECO & Sport Drive Mode Select, Chrome Front Grille, Black Gloss Fog Lamp with DRL, Panorama Sun Roof, Folding Key, Leather Seat (Beige on Black), Side Mirror LED light repeater, Automatic power tailgate, 8 inch Multimedia Head Unit Monitor,  180 degree Eagle Eye Front View Camera, 17 inch Alloy Wheel.

Harga OTR DKI Jakarta

PT Hyundai Mobil Indonesia yang kini menempati gedung baru di Simprug Jakarta Selatan tepatnya di Jl. Teuku Nyak Arif No.14 Jakarta 12220 (sejak akhir Desember 2016), menyebutkan bahwa harga jual All New Tucson XG CRDi EVG Turbo adalah Rp. 458.000.000 ,- (OTR DKI Jakarta). Namun demikian, sebaiknya masbro melakukan test drive, karena akan terbukti ada harga ada kualitas.

VIDEO

Selain itu, masbro ditunggu di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2017) yang berlangsung pada tanggal 10 s/d 20 Agustus 2017. Hyundai bakal menampilkan seluruh produk terbarunya termasuk All New Tucson XG CRDi EVG Turbo ini. Untuk info selengkapnya silahkan mengunjungi www.hyundaimobil.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *