4 Tips Jitu Membeli Mobil Seken, Teliti Sebelum Membeli

Usaha jual-beli mobil seken adalah hal yang biasa, artinya sudah umum diketahui masyarakat bahwa usaha ini adalah transaksi jual-beli mobil bekas pakai yang sekarang lebih nge-trend disebut dengan “mobilseken”. Tetapi masalahnya kebanyakan orang belum memiliki tips jitu atau kiat-kiat membeli mobil seken.

Dalam hal membeli mobil seken biasanya saya dan keluarga datang ke mobil88 yang dikenal sebagai perusahaan ternama apalagi sudah berpengalaman dalam hal jual-beli mobil seken. Biasanya saya dan keluarga berkunjung ke showroom mobil88 yang berada di Jl. TB Simatupang, (seberang Citos) Cilandak Jakarta Selatan.

Pada umumnya, saya menilai sebuah mobil seken dari harga, usia, jarak tempuh, lokasi/daerah, warna, bunyi-bunyi, suaramesin, surat-surat, latar belakang pemiliknya dan sebagainya.

Tetapi ketika datang ke mobil88, hal yang menjadi penting pada saat membeli mobil seken adalah kualitas dan jaminan yang diberikan oleh penjual. Kabar bagusnya mobil88 senantiasa menawarkan mobil seken yang berkualitas dengan garansi.

Namun demikian sebagai konsumen saya pun tetap harus teliti sebelum membeli. Berikut ini 4 langkah sebagai tips jitu pada saat saya ingin membeli mobil seken, yaitu:

1. Memperhatikan Lokasi Jual-Beli Mobil Seken

Dari pengalaman pribadi, saya biasanya  memilih lokasi penjualan mobil seken berdasarkan lokasi dan gedungnya. Hal ini semata-mata untuk kenyamanan, keamanan dan kredibilitas. Dengan melihat gedung dan lokasinya, maka umumnya mobil seken yang ditawarkan dalam kondisi bagus.

Memang ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan harga yang dibawah pasar tapi menurut saya hal ini harus tetap diwaspadai. Jika saya datang ke showroom mobil seken biasanya saya akan mendapatkan banyak pilihan. Masalah kenyamanan dan ketenangan menjadi hal prioritas bagi saya pada saat ingin membeli mobil seken, soal harga adalah soal nomor berikutnya. Saya paling tidak suka dikejar-kejar atau dipaksa untuk membeli jika mobil seken jika memang belum sesuai. Prinsipnya kalau memang bukan jodoh ya tidak apa-apa juga.

2. Memperhatikan Detail Interior dan Eksterior

Biasanya saya selalu teliti memperhatikan atau mengecek secara seksama pada bagian interior dan eksterior mobil. Hal ini menjadi sangat penting karena saya tidak cukup hanya melihat dari luarnya saja, tetapi juga mengecek secara detail pada bagian dalamnya.

Biasanya saya melakukan pengecekan secara hati-hati dengan memukul pelan dibagian-bagian bodi luar untuk mengetahui apakah ada dempulan atau tidak. Saya cukup melakukan dengan ketukan-ketukan ringan dari lekukan jari tangan. Sementara pada bagian kolong, saya biasanya ingin apakah ada karatan dan bodi yang keropos.

Untuk bagian eksterior (bodi luar) ada beberapa bagian yang harus dicek, yaitu panel-panel bodi, seperti kapmesin, pintu, fender depan belakang, kapbagasi, atap, bumper, dan grill. Juga, saya tidak lupa memeriksa kebagian kaca.

Lampu-lampu juga harus di periksa satu persatu, bahkan saya menghidupkan semua lampu apakah ada lampu yang terang sebelah. Tak ketinggalan saya juga memperhatian kondisi ban, apakah ban yang terpasang masih original, apakah sudah pernah diganti. Kondisi keausan ban yang sedang terpakai juga bisa menjadi ukuran.

3. Memperhatikan Bagian Mesin

Dari pengalaman saya, jangan pernah luput untuk memeriksa bagian mesin. Satu-satunya cara untuk mengetahui performa mesin adalah dengan melakukan Test Drive atau mencoba sendiri mobil. Saya bahkan minta ijin mencoba pada kecepatan tertentu.

Mesin harus mudah di start, dan mobilpun dicoba langsung di jalan raya hingga kecepatan tertentu, misalkan hingga 80Km/jam.

Kemudian saat berhenti, keluar sejenak untuk melihat asap dari knalpotnya apakah ada asap putih atau berbau. Mesin yang bagus, suaranya akan halus halus, dan mesin tidak berebet, bahkan asap knalpotnya pun tidak berwana putih. Kalau knalpotnya keluar asap putih mobil seken tersebut segera dihindari.

Juga jangan lupa mencoba melakukan rem mendadak, untuk merasakan kinerja rem. Kemudi sekali-kali harus dilepas, apakah mobil tetap jalan lurus, atau malah condong kearah kanan atau kiri.

4. Memperhatikan Surat-surat dan cek fisik

Saya wajib waspada membeli mobil seken, karena membeli mobil seken sangat rawan dengan kriminalitas. Jadi, kelengkapan surat-surat adalah hal yang sangat penting dan wajib ditelusuri mulai dari KTP penjual/pemilik, apalagi dokumen STNK, BPKB semuanya harus diperlihatkan yang asli, bukan fotokopi.

Juga tanyakan kepada penjual bagaimana status mobil seken tersebut masih atas nama milik orang lain (bukan penjual), apakah sudah aman dan bukan barang sitaan, barang gadaian, barang bukti polisi, dan semuanya harus jelas. Selain itu cek fisik mobil seken tersebut di kantor Samsat setempat, pastikan juga pajaknya sudah terbayar lunas.

Kesimpulan

Ternyata membedakan mobil bekas yang bagus dan aman itu susah-susah gampang, kalau Anda bukan ahlinya, sebaiknya hati-hati mencoba. Bisa jadi malah salah estimasi.

Sepengetahuan saya jika kita bertransaksi mobil seken di mobil88, ada jaminan yang dapat diberikan kepada pelanggan, antara lain keaslian dokumen, bebas kecelakaan, bebas banjir, nomor chassis dan mesin yang sesuai dengan dokumen, kemudian kondisi odometer terjamin (bebas manipulasi).

Selain itu mobil88 juga menawarkan garansi pembelian kembali (buyback) agar pelanggannya dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam proses pembelian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *