[Video] First Ride BMW G310R di Indonesia

Atas undangan PT Maxindo Moto sebagai Authorized Main Dealer BMW Motorrad Indonesia, rider Stephen Langitan menjadi salah satu orang yang pertama kali menjajal motor terbaru BMW G310R dikawasan wisata GunuAng Bunder, Bogor Barat pada hari Sabtu, 13 Mei 2017. Simak langsung 2 rekaman videonya di halaman ini.

Bagaimana rasanya? Sebagai motor bermerek BMW terasa mewah serta dapat memberikan rasa kesenangan berkendara karena modelnya sporti dan mudah dikendarai. Model satu ini sengaja dirancang BMW khusus sebagai penjelajah urban, dan ditujukan untuk mereka yang sangat menyukai motor yang ringan, lincah, dan yang pasti mudah dikendalikan.

Walaupun terasa kecil dengan postur 176cm (tinggi) dan 80Kg (berat badan), namun tetap saja G310R sangat enak diekndarai saat melewati tanjakan dan turuna di sekitar kaki Gunug Salak. Tidak peduli apakah ridernya berfigur tubuh tinggi atau kecil, yang pasti BMW menjamin kenyaman riders serta betah mengendarai BMW G 310 R. Nah, kalau mau yakin silahkan test ride dan kunjungi showroom BMW Motorrad di Jl. TB Simatupang Cilandak, Jakarta Selatan.

Memiliki bobot kurang dari 160 kg (dengan bahan bakar penuh) maka tak heran bobot motor BMW G310R tergolong ringan dengan kapasitas mesin 313 cc. Tidak banyak fitur namun memiliki perpindahan gigi percepatan yang sangat ringan sampai ke level 6. Tenaganyab besar, artinya nafas motor ini panjang, buktinya pada tanjakan masih mampu pada gigi 4-5.

Karena rider Stephen Langitan memegang kamera pada tangan kiri, operan gigi sering kali tanpa menggunakan kopling, tidak masalah karena operan giginya memang ringan sepertinya menggunakan quick shifter sehingga sangat mudah alias tidak keras. Hanya saja pada test rider tersebut, tidak menjumpai trek lurus panjang sehiingga top speed di peroleh namun tarikannya disetiap gigi super ringan.

Tampilan Desain

BMW G310R memiliki tampilan sangat bagus, dan tersedia dua warna, biru dan hitam kombinasi putih. Konon model paling baru ini mengambil ciri dari BMW S 1000 R, hal ini bisa dilihat dari fairing sporty, lampu depan, desain dinamis dari tangki bahan bakar serta proporsi desain roadster sejatinya.

BMW G310R ditopang dengan frame yang kuat, serta sadelnya yang rendah menegaskan kedinamisan bagian belakang motor yang memberikannya tampilan motor sport. Warna emas pada fork model up side down (USD) dan kaliper remnya menunjukkan pada dunia hasil kerja berkualitas tinggi dari BMW Motorrad.

Highlight lainnya adalah detail aluminium pada swing arm. Potongannya memastikan bobot ringan dan tambahan strutnya menghadirkan stabilitas tinggi. Profil ban lebar juga ikut menyumbang pijakan yang tepat dengan aspal, kesenangan berkendara terjamin.

Performa Mesin Tangguh

Dari segi teknologi, BMW G310R mengikuti teknologi terbaru BMW mengusung mesin satu silinder 4 tak berkapasitas 313 cc. Uniknya mesin silindernya condong ke belakang, juga cylinder head yang diputar 180° menurunkan centre of gravity dan mendorongnya ke bagian depan motor. Hasilnya, BMW G310R menjadi lebih lincah dan mudah dikendalikan.

Dalam acara first test drive ini, rider Stephen Langitan hanya merasakan pada trek gunung di kawasan Gunung Bunder Bogor yang terbukti G310R ini sangat ringan dan lincah sehingga motor ini tepat diajak turing ke wilayah pegunungan yang ada di Indonesia. Jika ada ada kesempatan lain, semoga motor BMW bisa di ajak turing jauh sekaligus menggunakan box dan menghitung BBM-nya.

Kenyamanan

Sementara swing arm (lengan ayun) lebih rendah dan panjang membuatnya menjadi lebih stabil, tanpa harus menambah wheelbase. Hal ini menghasilkan motor BMW G310R sangat nyaman dikendarai, ringan, serta mudah bermanuver. Kelebihan yang lain adalah untuk pengereman menggunakan ABS.

BMW G310R bisa dibilang sebagai produk BMW Motorrad yang bakal digemari bagi mereka yang berjiwa muda, kreatif dan energic, serta menawarkan  Riding Position yang nyaman. Sementara bagi yang berumur juga tak salah memilih motor ini, selain bakal tambah muda lagi juga cangat pas dipakai buat harian maup[un turing. Ini motor BMW bro..

Diajang IIIMS 2017 selama 10 hari, motor G310R ditawarkan dengan harga perkenalan Rp. 99 juta dan dipesan oleh 41 calon konsumen. Usai pameran IIMS 2017 tersebut, harganya pun naik dan pada acara test ride tersebut, fix harga BMW G310R sudah menjadi Rp. 104 juta (off the road, belum termasuk surat-surat dan pajak). Kemungkinan besar harga tersebut akan naik lagi dan mereka yang berminat segera buruang pesan, sekarang juga bro!

One thought on “[Video] First Ride BMW G310R di Indonesia

  1. […] orang yang pertama kali menjajal BMW G310R pada hari Sabtu 13 Mei 2017 (simak artikel dan videonya disini). Namun kali ini kami mendapat kesempatan icip-icip dengan rute yang lebih jauh sekitar 60 Km x 2 […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *