IIMS 2017: Toyota mengembangkan komponen (parts) lokal

Mendukung pengembangan produk agar mampu memenuhi kebutuhan karakteristik konsumen otomotif nasional, PT Toyota-Astra Motor sejak 2006 lalu membentuk C&A Planning and Design Department untuk mengembangkan komponen (parts) lokal yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Seiring perjalanan waktu, Departemen yang berada di bawah divisi Product Planning & Development ini juga telah berhasil mengembangkan sejumlah kendaraan untuk show model seperti Agya Kojo, Yaris Heykers, Yaris Legian dan Veloz Tigre.

“Kami bersyukur, TAM sudah mendapat persetujuan dari Toyota Motor Corporation (TMC) untuk menjadikan Yaris Heykers sebagai salah satu line-up di Indonesia dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, seperti terlihat dari kontribusinya sekitar 50% dari total penjualan Yaris,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto kepada wartawan di sela-sela pameran IIMS 2017 yang berlangsung 27 April-7 Mei di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Soerjo mengatakan, TAM telah mengembangkan desain komponen (parts) lokal sejak 2006 dengan desain pertama yaitu Front Grille Ornament untuk Toyota Vios. Sejak itu, C&A Planning and Design Department sebagai penanggung jawab terus mengembangkan desain local parts untuk model Toyota yang dipasarkan di Indonesia, mulai dari Agya, Etios, Avanza, Rush, Sienta, Innova dan Fortuner.

“Kami bersyukur prinsipal mempercayakan Toyota Indonesia untuk mengembangkan produk dan desain parts lokal yang diimplementasikan dengan mendirikan departemen C&A Planning and Design pada 2006. Sampai saat ini sekitar 2.600 komponen lokal yang sudah berhasil didesain dan diproduksi untuk meningkatkan Total Ownerhip Benefit bagi pelanggan Toyota,” kata Chief Designer TAM, Donny Adhi Yuwono.

Komponen itu antara lain digunakan pada line up Avanza Luxury, Yaris TRD Sportivo, Innova Luxury, NAV-1 V Grade, Rush TRD Sportivo, Sienta Q Grade, Agya TRD S, Yaris TRD Sportivo, Vios dan Etios TOM’S.

“Semua line up itu memberikan kontribusi signifikan kepada penjualan di masing-masing segmen,” kata Donny.

Bahkan, sejumlah komponen yang dikembangkan TAM telah berhasil diekspor ke beberapa negara melalui 4 produk Toyota yaitu; Innova, Fortuner, Yaris dan Agya.

“Ini menunjukan bahwa komponen lokal yang dikembangkan TAM telah diterima dunia dengan standar kualitas Toyota Global,” kata Soerjo.

Sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond, pengembangan komponen lokal ini memberi peluang besar bagi Toyota untuk terus memenuhi kebutuhan dan melebihi ekspektasi pelanggan. Upaya itu dicapai melalui tiga pilar Let’s Go Beyond, yaitu Beyond Product, Beyond Technology dan Beyond Service.

Let’s Go Beyond sebagai semangat baru Toyota Indonesia yang diperkenalkan pada 2015 telah berhasil meluncurkan sejumlah produk yang mendapat respon mengembirakan seperti terlihat dari pertumbuhan penjualan dan pangsa pasar. Produk yang diluncurkan dalam semangat Let’s Go Beyond ini antara lain Grand New Avanza-Grand New Veloz, All New Kijang Innova, All New Fortuner, All New Sienta, All New Calya, New Venturer, dan New Agya yang semuanya mendapat sambutan positif dari pelanggan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *