IIMS 2017: Varian terbaru Tata Super Ace dan Tata Xenon

Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia, kembali menunjukkan komitmennya dalam membangun brand Tata Motors di Indonesia dengan tampil konsisten pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS).  Pada IIMS 2017, TMDI memperkenalkan varian terbaru pikap terlarisnya, Tata Super Ace dan Tata Xenon.

Tata Super Ace telah berhasil menciptakan ceruk pasarnya sendiri melalui keunggulan teknologi mesin diesel yang menawarkan biaya operasional terbaik di kelasnya. Sekarang telah hadir varian Tata Super Ace High Torque (HT) DLS yang memiliki keunggulan performa menanjak dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

“Tata Super Ace HT kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen kami akan kendaraan yang tangguh untuk menghadapi tanjakan terjal. Kami sadar banyak jalanan di Indonesia memiliki kontur jalanan dengan tanjakan terjal dan kami mendengarkan saran dari mereka,” kata Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI.

Tim engineering kami di Indonesia dan India bekerjasama secara khusus untuk mengembangkan varian terbaru ini. Dengan konsumsi bahan bakar yang irit dan torsi yang besar dari mesin diesel yang baru, kami yakin Super Ace HT DLS dapat mengubah dinamika pasar pikap berkapasitas angkut 1 ton. Selain itu, varian ini juga memiliki interior berwarna hitam yang terlihat lebih premium,” tambahnya.

Pada IIMS 2017, TMDI juga memperkenalkan Tata Xenon HD (Heavy Duty). Xenon HD adalah penerus dari pikap Tata Xenon RX yang memakai mesin diesel berkapasitas 3.000 cc. Xenon HD yang sudah dilengkapi dengan mesin turbo-intercooled dengan high gear ratio untuk menunjang kemampuan daya angkutnya ini, menawarkan kemampuan menanjak dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Respons yang diberikan oleh konsumen Indonesia terhadap Xenon RX tahun lalu sangat baik. Setelah mendengarkan masukan dari konsumen kami, kami memutuskan meningkatkan performa Xenon melalui versi terbarunya ini. Selain performa superiornya, produk ini juga terbukti lebih irit dibanding kompetitor sekelasnya sehingga dapat menambah keuntungan untuk konsumen setia kami,” jelas Biswadev.

Biswadev menambahkan, sebagai brand yang baru di Indonesia, kami selalu berusaha untuk menjawab kebutuhan dari setiap konsumen kami. Suara konsumen sangat membantu kami dalam mengembangkan produk dan pelayanan yang lebih baik setiap saat.

Kedua pikap ini sudah mulai bisa dipesan pada IIMS 2017. Dijual dengan harga yang hanya sedikit saja lebih tinggi dibanding varian sebelumnya, varian terbaru ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan Tata Super Ace dan Tata Xenon RX lebih baik lagi. Jika Tata Super Ace HT DLS akan tersedia di bulan Juli, Tata Xenon HD tersedia di show room dealer TMDI pada Agustus 2017.

Tata Super Ace HT DLS

Tata  Super Ace HT (High Torque) memakai mesin diesel berkapasitas 1.400 cc dengan transmisi manual 5-speed. Mesinnya ini bertenaga 70 HP pada 4.500 rpm dan menghasilkan torsi puncak 135 Nm pada 2.500 rpm.

Performanya ini disalurkan ke kedua roda belakang melalui Rear Axle Ratio (RAR) 4.88. Mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimal 125 kpj dengan standar emisi Euro II dan Euro III.

Karakter mesin dieselnya yang bekerja optimal pada putaran mesin rendah menjamin konsumsi bahan bakar yang ekonomis. Gesekan antar komponen yang rendah menjamin usia pakai komponen menjadi lebih panjang dan berkontribusi terhadap biaya perawatan yang rendah dan lebih baik daripada mesin bensin.

Warna yang tersedia: Putih

Spesifikasi Super Ace HT DLS/ DLE / DLS Cab chassis
Mesin TATA 475 IDI TCIC  Turbocharged, Intercooled
4-Silinder
Kapasitas mesin 1.405 cc
Tenaga 70 Hp @ 4500 rpm
Torsi 135 Nm @ 2500 rpm
Rasio gigi 1st-5.07 / 2nd-2.4 / 3rd-1.41 / 4th-1 / 5th-0.79 / Rev-4.18
Rasio gigi akhir 4.88
Suspensi Depan : Independent, strut type, with coil springs
Belakang : Semi Elliptical Leaf Spring with Shock absorber-Hydraulic double acting telescopic type
Rem Depan: Cakram
Belakang : Tromol
Kemudi Power steering. Hydraulic power rack and pinion steering gear with collapsible column
Berat bersih 1.260 kg
Berat kotor 2.260 kg
Jarak sumbu roda 2.380 mm
Kapasitas BBM 38 Litres
Dimensi bodi 2.630 mm X 1.460 mm X 300 mm
Ban 165R14 LT 8PR Radial
Kemampuan menanjak 39 %
Kecepatan maksimum 125 Kpj

Tata Xenon HD

Mesin Tata Xenon HD (Heavy Duty) 3.0 Liter Turbo Direct-Injection bertenaga 72 PS dengan torsi puncak 275 Nm. Mampu mencapai kecepatan maksimum 105 kpj mesin ini juga menawarkan efisiensi bahan bakar yang terbaik di kelasnya. Xenon HD dilengkapi dengan Turbo Intercooler dan RAR 4.55. Menggunakan transmisi dengan teknologi terbaru, Xenon HD didesain untuk memberikan pengoperasian perpindahan gigi yang mudah. Tata Xenon HD telah dilengkapi dengan power steering, adjustable steering column, dan bucket seat untuk kursi depan dengan pengaturan posisi duduk. Kabinnya yang luas dilengkapi dengan clutch footrest dan port untuk pengisian baterai ponsel.

Warna yang tersedia: Putih

Parameter Xenon Heavy HD (Duty Pickup)
Mesin
TATA 497 SPTC79 Turbo Charged, Water cooled, Direct Injection,

Diesel Engine, Turbo Intercooler

Kapasitas mesin 2.956 cc
Tenaga 75 PS @ 3.050 rpm
Torsi
275 Nm @ 1.350-1.600 rpm
Rasio gigi 1st-4.1, 2nd-2.22, 3rd-1.37, 4th-1.00, 5th-0.82, Rev-3.75
Rasio gigi akhir 4.55
Suspensi Depan : Semi Elliptical Leaf Spring  with Hydraulic double acting telescopic type shock absorber.

Belakang : Semi Elliptical Leaf Spring with Hydraulic double acting telescopic type shock absorber.

Rem Depan:  Disc brake with Twin pot calliper.

Belakang: Drum brake with LCRV.

Vacuum assisted independent Hydraulic Brakes on Front and Rear through Tandem Master Cylinder.

Kemudi Power Steering. Tiltable collapsible type steering column.

 

Berat bersih 1.980 kg
Berat kotor 3.550 kg
Jarak sumbu roda 3150 mm
Kapasitas BBM 60 litres
Dimensi bodi 2440 X 1675 X 415
Ban 215/75 R 16 LT 113/111 S
Kemampuan menanjak 28%
Kecepatan maksimim 105 Kmph

 

Please follow and like us:

Leave a Reply