Kawasaki Edge: Buat Yang Berani!

Jakarta, 31 Januari 2010. Artikel ini hanya menyambung dari artikel sebelumnya soal gathering dan launching motor baru yang dipersembahkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (PT KMI) hari Sabtu 30/01/10. Dibawah ini saya coba berikan pemaparan soal detail dan sosok dari motor baru Kawasaki Edge yang kebetulan saya lihat dan test-ride langsung.

Motor kelas bebek manual ini diklaim oleh PT KMI memiliki mesin 4 tak 112 cc tapi punya invoasi baru dengan konsep dan desain yang Radical (ekstrim), Sharp (nyata) dan Edgy (tajam). Mangkanya motor ini dikasih nama ‘Edge’ yang punya arti tajam bagaikan pisau pedangnya Ninja.

Beruntung saya sempat melakukan test-ride di sirkuit ‘super-mini’ arena Gathering Kawasaki di Parkir Timur Senayan. Bisa dibilang performa mesin motor ini cukup handal dan memiliki responsive accelaration, serta desain bodi yang aerodinamika, ramping dan compact karena bodinya memang memiliki rangkaian tekukan siluet yang tajam-tajam. Ini jelas terlihat dari penampakan Edge dengan garis-garis siluet tajam pada detail lampu depan, fairing, spadboard yang tajam mirip ujung mata pisau.

Secara teknis dan menurut literatur dari produsen PT KMI yang punya markas di Pulo Gadung Jakarta Timur, bahwa motor ini menjadi sempurna karena memiliki teknologi anyar, yaitu KACR (Kawasaki Automatic Compression Release), yaitu suatu sistim Decompression yang katanya berguna untuk memperingan saat hidupkan mesin dengan starter manual (mesin diengkol) atau Kick Starter.

Nah, bagi orang Indonesia yang senang dengan motor ekonomis alias motor irit, lagi-lagi PT KMI mengklaim motor ini dijamin lebih irit  karena sudah dilengkapi dengan perangkat KSAI (Kawasaki Secondary Air Injection System). Sebarapa irit? Katanya sih 54.9 km/liter. Hanya saya belum membuktikan sendiri apakah motor ini benar-benar super irit. Berharap suatu waktu PT. KMI bakal mengajak SL.com untuk ajang test-ride. Kapan saja siap koq, sekalipun keluar touring kota. 🙂

Bicara soal tenaga, torsi dan karakter mesin, motor  Edge ini punya tenaga maksimum 8,3 PS pada 8000 rpm dan maksimum torsinya 8,13 Nm pada 6,300 rpm. Namun demikian, saat ditest karakter mesin memang terdengar lebih halus dan nyaman. Ini sekedar opini pribadi saya dan belum tentu sama dengan rekan yang lain.

Ketika dicoba di sekitar Parkit Senayan, motor ini memiliki tarikan yang lebih kuat dan responsive mulai dari putaran 2.000 rpm dan saat gas ditarik untuk berakselerasi pindah gigi, suara mesin terasa halus. Hanya saja top speed motor Edge ini belum didapat karena trek test-ride di Parkit memang tidak memadai. Untuk emisi gas buang, motor Kawasaki Edge sudah memiliki standard Euro 2 sesuai dengan regulasi pemerintah Indonesia. Hal ini dikarenakan motor ini memiliki teknologi KSAI yang telah disebut diatas.

Hadirnya motor Kawasaki Edge ini, jelas sudah kalau PT KMI ikut pula meramaikan pasar penjualan motor bebek untuk kelas 110 cc keatas yang sudah diisi oleh Honda dan Yamaha. PT KMI optimis bahwa penjualan motor bebek di Indonesia akan terus meningkat sejalan dengan makin membaiknya ekonomi Indonesia. Berdasarkan angka dan data statistik tahun 2009 yang diperoleh dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), secara umum trend penjualan motor bebek akan tetap tinggi dan ini merupakan kesempatan bagi kalangan industri motor untuk meningkatkan penjualan sejalan memenuhi permintaan pasar.

Harga motor Kawasaki Edge ada dua pilihan, pertama Edge jari-jari Rp.12.9 juta dan kedua Edge Velg Racing Rp.13.8 juta masing-masing dengan pilihan warna hijau, mera dan biru. Edisi khusus juga tersedia tapi khusus buat racing. Apakah anda tertarik dengan motor Kawasaki Edge, segera saja meluncur ke showroom atau dealer Kawasaki terdekat. Mau kredit juga bisa.. 🙂

Untuk mendukung penjualan motor Kawasaki Edge, PT KMI tak segan-segan bikin buku khusus ‘Sales Manual’ tentang produk ini sebanyak 14 halaman, Untuk test-ride di kawasan Pantura menggunakan pembalap Indoprix Hadi Wijaya, sedangkan untuk brand ambassador untuk motor ini dipilih selebriti Titi Kamal karena penampilannya yang anggun namun berwatak berani. Nah, bagaimana dengan balapan di sirkuit? Apakah PT KMI sudah punya tim balap atau ajang balapan KawasakiPrix??

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

17 thoughts on “Kawasaki Edge: Buat Yang Berani!

  1. pasti minumnya bkn PERTAMAX

  2. Yg edisi khusus itu beda apanya pak?

    • @lekdjie, yg gw lihat pake rem cakram belakang, cakram depan, knalpor racing, shockbraker, stiker dan striping khusus, yg pasti harus dipesan (by order), soal harga tak ada info. Info lengkap silahkan di check ke dealer Kawasaki-nya.

    • cuma warnanya aja kaya yang di indoprix dari tim kawasaki IRC NHK REXTOR MANUAL TECH harganya sama ama VR

  3. siiip… biasanya KMI agak “extra ordinary” kalau buat model bebek… seperti Kawasaki Zone [aduuuh, desainnya…]… tapi setelah muncul athlete dan zone hmmmm bagus juga.. apalagi basis mesin blitz… hmmm..
    Pak Stephen, Bapak juga pernah mencoba Honda Blade kan? mmm bagaimana kira2 apa sama-sama responsif? mengingat kedua produk ini [blade vs edge] adalah bebek andalan AHM dan KMI? Nuwun

  4. thwuerhouwnguisth says:

    belum banyak yg punya ga pernah liat di jalanan… coba teknologi iritnya di gaungin lebih keras krn kayaknya masyarakat kita lebih suka produk yg begitu….. yg pasti transparan dan jujur jd ndak membohongi konsumen…..

    • pada waktu in rayen, bensin terasa boros, tapi makin lama makin uirit. Bener kayknya yang diutarakan di artikel di atas.

  5. perlu menyemak:)

  6. […] hadir ke Sentul sebagai brand ambassador motor Kawasasi, khususnya untuk tipe Kawasaki Edge yang di luncurkan bulan Januari 2010 lalu. Pemain film berjudul “Ada Apa dengan Cinta” adalah memang bintang iklan-nya […]

  7. […] motor Kawasaki yang dipajang di PRJ 2010 ini, antara lain Kawasaki Ninja 250R, Ninja 150, DTracker, Edge, dan yang lainnya terlihat beberapa motor Kawasaki import CBU (completely built up). Sementara itu, […]

  8. bkrc dibandung dimana?cara daftarnya gimana?terima kasih aldi 70286963

  9. Yg pasti ada 3 hal yg kalian dapat dr kawasaki, kenyamanan tiada tara, kestabilan tiada banding dan akselerasi tiada tanding, di jamin!!!

  10. Saya kemaren coba ngebut dari cirebon – slawi PP, tenaga bagus boleh diadu….kenceng bro! makin panas makin edan larinya…..(meski ngeri jga, motor imut tapi lari kaya setan)
    meski body kecil dan ringan tapi mantap , stabil ga goyang/ngelayang/kokoh bodynya (aku pernah pke vega, vega ngeri..aga kerasa ngelayang klo kenceng), cuma mesin aga gerung jadi wasa-was takut meledug ( agka di 100/km) perpindahan gigi halus, tapi kalo pelan aga kasar………akselerasi aga lambat ya, kaya ada jeda, laen kalo pake yamaha, ato honda, sekali tarik ngacir……mangkanya biasanya merk laen nyalip duluan, tapi pas track lurus satu-satu bisa disalip…….(selama cc-nya masih sekelas lho? jgn dibalapin ma mx/honda city..ya jauh lah…qiqiqi), kadang kepikiran meski mesin 112cc, ‘pi kayanya kalo di rombak lagi, yang cc diatasnya bisa pada minggir tuh…hehe, abis mesin standar yg q pake aja larinya udah kaya gitu apa lagi dirombak…….rekomendasi q, ini motor mantep abiss loh, ga nyesel beli…( skilas info q; aku belasan taun tukang luar kotaan pake motor, dan pastinya jago ngebut juga; penah pegang jupiter mx yg 135cc meski ga nyampe se-taun, jadi meski sekarang downgrade ke 112cc, tapi kalo liat performa nya dan dibuktikan sudah aku jajal, ga minder lah biar turun cc juga, it’s ok, kawasaki edge barang bagus Bro!

  11. kemaren gue coba ngebut pake edge: Cirebon – Slawi PP. nih resume-nya;
    Tarikan gas awal (akselerasinya lambat, kalah ma yamaha dan honda…….terus di track lurus dan panjang; kecepatan 80- 100km/jam, mesin gerung, sempet ngeri takut meledug, tapi entar dulu?………berikutnya, satu-satu bisa disalip, larinya tambah kenceng kaya kesetanan (ini motor imut tapi gelo), pengendalian cukup stabil, ga goyang kena angin, kayanya bahan casis bodynya terbuat dari material bagus dan kokoh, pengalaman pake motor merk laen yg sekelas; kaya yg ngelayang ga karuan, mengerikan, apalagi udah disalip bus wezzzz…..gue sempet kepikir juga meski cc kecil 112, pi kayanya kalo mesinnya diutak-atik dan di rombak dikit, motor nyank ber cc diatasnya bakal ngeper juga ngadepinnya…..hehe soalnya dengan mesin standar saja yg gue pake, ini motor udah edan larinya, kenceng buanget…..!!!!……bensin lumayan, dengan di panteng 80-100 km/jam ga mogok keabisan bensin dijalan meski diisi cuma 15.000 perak…..edge barang bagus bro! mantep (gue bukan promosi; pi belasan taun dijalan berbagai merk motor pernah coba, pastinya jago ngebut juga, malah pernah sampe patah tangan jat0h dari motor, terakhir masih baru gue pke mx 135cc, tapi gue ga minder sekarng downgrade ke 112cc, karena terbukti performance nya hebat, ‘dah ta buktikan kemaren…), ga nyesel deh gue beli…..

Leave a Reply