Shell Indonesia Terbangkan 26 Tim Ke SEM 2017

 

Shell Indonesia terbangkan 26 tim Ke SEM 2017 Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2017 akan digelar di Changi Exhibition Center, Singapura pada 16 – 19 Maret 2017 mendatang. Pada SEM 2017 ke-26 tim yang diberangkatkan Shell Indonesia merupakan mahasiswa dari 19 perguruan tinggi di Indonesia akan bertanding melawan 120 tim dari negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Tahun ini SEM berlangsung dalam ajang ‘Make The Future Singapore 2017’, sebuah festival yang menampilkan berbagai gagasan dan inovasi seputar energi yang terkait dengan tantangan energi global untuk menghasilkan lebih banyak energi bersih dan rendah CO2.

Anita Setyorini, Social Investment Manager PT Shell Indonesia mengatakan Kompetisi SEM Asia 2017 akan menjadi salah satu sorotan utama dalam festival ini.

“Tim-tim mahasiswa dari Indonesia adalah tim-tim yang telah hadir sejak kompetisi SEM Asia diadakan untuk pertama kalinya pada 2010. Indonesia menjadi negara yang mengirimkan tim di ajang SEM 2017,” terang Rini kepada wartawan dalam acara jumpa pers di di Restoran Mera Delima pada hari ini (10/03/2017).

Tim yang akan diberangkatkan merupakan tim yang telah berkompetisi di SEM Asia pada tahun-tahun sebelumnya yaitu tim Batavia Gasoline dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), tim Nakoela/Sadewa dari Universitas Indonesia (UI) serta juara SEM Asia Manila 2016 dan SEM DWC 2016 yaitu Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Menurut Ramdhani, manager tim Bumi Siliwangi Team 4, tahun ini mereka telah menyiapkan mobil baru untuk berlaga di SEM Asia 2017 di Singapura. “Kami fokus pada bagaimana membuat mobil baru ini lebih ringan dan bisa mencapai jarak terjauh.” terang Ramdhani.

Lebih jauh Ramdhani mengatakan mobil barunya yang bernama Turangga Cetha EV 5 timnya memiliki bobot lebih ringan dibandingkan mobil sebelumnya yang mereka bawa ke Maranello, Italia pada awal Desember 2016 lalu.

“Kami membuat mobil baru lagi, kerangka baru, desain baru. Semua konsep mobil ini kami dapatkan ketika mengunjungi markas besar Ferrari,” ungkap Ramdhani yang sebelumnya adalah driver tim Bumi Siliwangi Team 4.

“Untuk target tahun ini, kami harap mobil Turangga Cetha EV 5 bisa mencapai 200 km/kwh atau lebih di SEM 2017 Singapura,” ungkap Ramdhani.

Spesifikasi Turangga Cetha EV 5

Spesifikasi Turangga Cetha EV 5

Please follow and like us:

Leave a Reply