Daftar Kota & Kabupaten Peraih Indonesia Road Safety Award 2016

img_20161206_143610

Bertempat di JW Marriot Hotel, Jakarta, hari ini (06/12/2016) Adira Insurance kembali menobatkan kota dan kabupaten yang dinilai berhasil menerapkan tata kelola keselamatan di jalan dalam acara ’Indonesia Road Safety Award 2016’.

Penghargaan IRSA 2016 merupakan bentuk apresiasi bergengsi bagi pemerintah daerah yang konsisten menciptakan serta memperbaiki dan memperbaharui wilayahnya di bidang tata kelola keselamatan di jalan. IRSA merupakan bagian dari kampanye I Wanna Get Home Safely! ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, serta penerapan sistem keselamatan di jalan raya.

img_20161206_142833

Serupa dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, penilaian pada 5 pilar Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) yaitu: Manajemen Keselamatan Jalan, Jalan yang Berkeselamatan, Kendaraan yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan. Penilaian terhadap kota dan kabupaten juga dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jumlah penduduk, di atas 1 juta, atau di bawah 1 juta.

Pada IRSA 2016, total kota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2016 adalah sebanyak 110 kota dan kabupaten. Dari 110 kota dan kabupaten peserta tersebut, terdapat 92 kota dan kabupaten melalui mekanisme pendaftaran serta 18 kota dan kabupaten yang direkomendasikan oleh pakar road safety. Jumlah pendaftar tersebut mengalami kenaikan 51% dari total peserta IRSA tahun 2015 yang mendaftar.

Ajang IRSA tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi para pemerintah kota dan kabupaten lainnya di seluruh Indonesia sehingga penerapan tata kelola keselamatan jalan di Indonesia akan semakin baik setiap tahunnya. “Semoga sinergi antar berbagai pihak dapat terus terjaga dan terjalin dengan baik sehingga seluruh lapisan masyarakat terus berupaya untuk menjaga keselamatan di jalan dan angka kecelakaan dapat semakin menurun,” ungkap Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance.

Indra menambahkan bahwa penyelenggaraan program IRSA ini tidak berjalan dengan baik tanpa dukungan dari berbagai pihak. “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan IRSA yaitu Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Kementerian Kesehatan, Global Road Safety Partnership, Masyarakat Transportasi Indonesia, dan para penggiat road safety lainnya,” ujar Indra.

Daftar Kota & Kabupaten Peraih Indonesia Road Safety Award 2016

1. Pemenang Kategori Kota dengan Jumlah Penduduk di Atas 1 Juta Jiwa diraih Kota Surabaya
2. Pemenang Kategori Kota dengan Jumlah Penduduk di Bawah 1 Juta Jiwa diraih Kota Balikpapan
3. Pemenang Kategori Kabupaten dengan Jumlah Penduduk di Atas 1 Juta Jiwa diraih Kabupaten Jepara
4. Pemenang Kategori Kabupaten dengan Jumlah Penduduk di Bawah 1 Juta Jiwa diraih Kabupaten Pekalongan
5. Pemenang Kategori Khusus
– Kota / Kabupaten dengan Peningkatan Indeks Keselamatan Jalan Terbaik: Kota Tangerang Selatan
– Kota / Kabupaten dengan Inovasi Program Keselamatan Jalan Terbaik: Kabupaten Jepara
– Kota / Kabupaten pada Upaya Meningkatkan Jumlah Pengguna Angkutan Umum: Kota Semarang
– Kota / Kabupaten pada Upaya Meningkatkan Kualitas Sarana Pejalan Kaki yang Berkeselamatan: Kota Jakarta Pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *