Avanza Owners Indonesia (AVOID) Regional Jakarta adakan Kopdar Oprek Mobil

img-20161113-wa0067

Avanza Owners Indonesia (AVOID) regional Jakarta mengadakan kopdar yang dikemas dalam kegiatan Kopdar Oprek Mobil Avanza pada hari Minggu 13 November 2016 yang lalu , bertempat di Gudang Sarinah Pancoran, beberapa anggota Avanza Owners Indonesia ( AVOID ) dari regional Bekasi, Karawang, Tangerang kumpul di kopdar oprek ini.

Beberapa yang dipraktekkan di antaranya adalah pemasangan Oil Catch Tank (OCT) buatan sendiri, membungkus pipa Air Conditioning yang berada di ruang mesin, modifikasi tampilan speedometer dengan warna sesuai keinginan, tune up mesin dan lampu genit

Pemasangan Oil Catch Tank (OCT), member AVOID mencoba merakit dan membuat sendiri alat OCT ini dengan menggunakan beberapa bahan yang mudah didapat di pasaran.

OCT ini sendiri berfungsi untuk memisahkan dan mengendapkan oli yang bercampur udara (gas blow by) yang keluar bersamaan dari ventilasi crankcase ke dalam tabung OCT agar kandungan
olinya tersebut tidak masuk kembali ke intake ruang bakar, jadi akhirnya hanya gas/udara saja yang kembali ke intake ruang bakar, yang mana jika udara yang mengandung oli dari crankcase ini bila kembali masuk ke intake ruang bakar lama-kelamaan akan menumpuk dan menimbulkan sludge atau kotoran yang akan berpengaruh pada performa mesin.

Praktek membungkus pipa AC yang berada di ruang mesin oleh Om Apri. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan udara dingin dari Kompresor AC yang mengalir melalui pipa tersebut, dilindungi dengan pelapis sehingga panas dari ruang mesin yang bertemperatur tinggi tidak merambat ke dalam saluran pipa AC tadi.

Bahan yang digunakan cukup sederhana, dengan menggunakan selang plastik, busa pembungkus pipa AC ,selotip AC dan lakban Aluminium Foil, . Bahan-bahan ini bisa didapatkan di toko peralatan AC dengan harga yang cukup murah.

Ada kepuasan tersendiri bila itu semua bisa dilakukan sendiri (Do It Yourself). Selalu berbeda, selalu menarik dan selalu bermanfaat dalam setiap kopdar Avanza Owners Indonesia (AVOID)

Please follow and like us:

Leave a Reply