Datsun Risers Expedition 2 (Lampung) Jelajah Lampung Timur

img_20161112_130659

Di hari ke dua kegiatan Datsun Risers Expedition di Lampung pada Sabtu, 12/10/16 mereka menjelajahi daerah Lampung Timur. Nah, pasti kalian tau ya daerah Lampung Timur seperti apa yang terdengar selama ini. Kali ini Datsun Risers Expedition justru menjelajah ke daerah Lampung Timur yang ternyata menyimpan banyak cerita.

Ada beberapa spot yang disambangi oleh team DRE2 ini diantaranya yaitu Taman Purbakala Pugung Raharjo, Desa Wana, Taman Nasional Way Kambas, serta melakukan CSR di rumah baca pelangi. Selain mengunjungi lokasi-lokasi yang disebutkan tadi ternyata jalur yang dipilih ini juga untuk membuktikan ketangguhan Datsun Panca GO+ yang digunakan para risers. Karena memang jalur menuju Lampung Timur ini memiliki cukup banyak tantangan yang luar biasa.

Sesampainya di Taman Purbakala Pugung Raharjo para risers disuguhkan dengan bentuk-bentuk peninggalan pra sejarah di zaman megalitikum dulu yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya. Setelah dari Taman Purbakala, para risers diajak mengunjungi salah satu desa tua di Lampung yang bernama Desa Wana yang berada di kecamatan melinting yang masih menjaga kelestarian sejarah serta budayanya.

img_20161112_131451

Di desa ini masih terdapat bangunan rumah adat (rumah panggung) yang sudah ada sejak tahun 1928 yang hanya menggunakan kayu dan masih berdiri kokoh. Disana para risers disambut dengan tarian tradisional Lampung yang bernama tari melinting dari suku Lampung Saibatin. Selain itu juga para risers disuguhkan dengan kuliner khas nya serta kearifan masyarakat lokal disana.

“Ini meupakan pengalaman yang luar biasa, walaupun saya sendiri lahir dan tinggal di Lampung saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Karena dengan kegiatan Datsun Risers Expedition ini saya bisa melihat Lampung lebih dekat dengan berbagai kekayaan budaya serta kearifan lokalnya yang sampai kemarin ini saya belum tahu banyak. Harapan saya, masyarakat Lampung bisa lebih peduli dan terus melestarikan budaya yang sudah ada sejak nenek moyang. Karena ini merupakan kekayaan bangsa yang patut kita banggakan”, ujar Andy Qiting salah satu risers yang ikut dalam perjalanan Datsun Risers Expedition 2 ini.

Datsun Risers Expedition 2 di Lampung masih akan berlanjut di hari ke tiga dengan mengunjungi beberapa lokasi lagi yang tetap mengajak para peserta melihat lebih dekat akan budaya serta kearifan lokal yang ads khususnya di Lampung.

This photo is taken with Brica B-PRO5 Alpha Edition mk.¢ò

This photo is taken with Brica B-PRO5 Alpha Edition mk.¢ò

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *