NMAA Datsun Live Modz Show Off 2016: Kolaborasi APM Datsun, Modifikator dan Aftermarket

NMAA Datsun Live Modz (1)

Berawal dari kontes desain modifikasi Datsun GO Panca, National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) bersama Datsun Indonesia, Pioneer, dan GT Radial, akhirnya memilih 3 pemenang dari aktivitas NMAA Datsun Live Modz Show Off 2016. 

Ketiga pemenang dari berbagai kota ini lantas menerjemahkan konsep modifikasinya pada GO Panca yang hasil karya seninya bisa dilihat di booth NMAA Hall 2B, pameran otomotif terbesar, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, 11-21 Agustus di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Ketiga pemenang NMAA Datsun Live Modz Show Off 2016 yang berkolaborasi dengan NMAA Brand Partners adalah :

  • IATS (Indonesia Authorized Trimer) X Mayaratih (Fashion Designer). Dengan tema modifikasi:  Ethnic Indonesia.
  • Tangan Makassar/ Surya Auto Custom X Surfer Girl Indonesia. Dengan tema modifikasi: Outdoor Crossover.
  • Java All Star (Gabungan modifikator pulau Jawa) X Pickers Store Bandung. Dengan tema modifikasi: Retro Stylish.

“Selamat kepada para pemenang. Kami sebagai brand yang senantiasa memberikan akses kepada risers untuk meraih impiannya sangat mendukung program ini karena LMSO 2016 dapat memberikan inspirasi kepada risers untuk menyalurkan ekspresi mereka dalam hal modifikasi kendaraan,” kata Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia

Inovasi NMAA yang dituangkan dalam program NMAA Datsun Live Modz Show Off 2016 juga diapresiasi oleh brand aftermarket Pioneer dan GT Radial. Dukungan yang diberikan kedua brand ini sangat maksimal, memberikan apa yang dibutuhkan oleh para peserta. Kolaborasi yang apik
ini sukses mempertemukan antara APM, modifikator, dan brand aftermarket secara dinamis dan harmonis.

“Sudah menjadi tugas kami untuk selalu menjadi Pioneer untuk sebuah konsep baru dalam gabungan berbagai industri untuk melahirkan sebuah karya seni yang dapat dinikmati dan menghibur. Seperti moto brand Pioneer kami yang bukan hanya sekedar produk, tapi sebuah penciptaan karya seni yang dapat dinikmati dan menghibur,” kata Max Adam Kamil, Head of Promotion Marketing Division Pioneer Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih banyak untuk mengajak GT Radial untuk berpartisipasi di event Live Modz yang sangat bergengsi. Kebetulan GT Radial juga meluncurkan pattern baru, yaitu: GT Radial Champiro GTX Pro di GIIAS 2016. Tujuan kami ikut event ini adalah untuk meningkatkan brand awareness GT Radial kepada para modifikator-modifikator Indonesia. GT Radial Champiro GTX Pro tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari rim 13 inci sampai dengan 16 inci dengan lebar tapak 45, 50, 55, 60, dan 65. Semoga GT Radial bisa selalu diajak untuk mensupport event – event NMAA dan Datsun kedepanya,” kata Leonard Gozali – Group Brand Manager (Domestic &
ASEAN). PT Gajah Tunggal Tbk.

Kebanggan atas hasil kreativitas modifikasi tiga unit Datsun GO Panca juga diungkapkan Andre Mulyadi, selaku CEO NMAA. “Begitu banyak list perusahaan dan modifikator yang bekerja di bidang aftermarket, akan tetapi semuanya tidak pernah disatukan, event ini  merupakan show case sehingga kita bisa melihat apabila semuanya bersatu akan menjadi suatu hal yang menarik dan belum pernah dihadirkan sebelumnya,” tukas Andre.

Berikut 3 Pemenang NMAA Datsun Live Modz Show Off 2016 :

Datsun GO Panca : Barong
By IATS (Indonesia Authorized Trimer) X Mayaratih (Fashion Designer).

Karakter “Barong” menjadi konsep utama dalam modifikasi ini. Terinspirasi dari katakter etnik Bali yang di kenal sebagai ‘Raja dari roh halus’ dan ‘Tuan rumah yang baik’. Sosok Barong digambarkan menyerupai singa berkepala merah dengan perhiasan emas di kepala. IATS dan Mayaratih Couture berusaha memberikan jiwa karakter “Barong” tersebut di setiap detail dan keseluruhan dari modifikasi. Hal Ini dilakukan untuk mendapatkan hasil pengkarakteran yang sempurna.

Menurut kami Karakter “Barong” mempunyai kesamaan semangat dengan moto ‘Datsun GO Panca’ itu sendiri yaitu menjadi  jembatan bagi para risers Indonesia sebagai salah satu sarana untuk meraih impian mereka. Pemilihan warna berdasarkan dari 3 warna utama dari karakter “Barong” itu sendiri. Yaitu warna emas digunakan sebagai warna utama pada eksterior yang melambangkan Kemewahan. Warna merah digunakan sebagai warna utama pada interior yang melambangkan semangat, keberanian dan kekuatan. Warna hitam digunakan sebagai warna kombinasi di setiap detail yang melambangkan keanggunan.

Disini kita berhasil menerapkan tehnic baru dengan mengunakan material kain tenun Bali yaitu Kain-Gringsing ke dalam eksterior ataupun interior mobil. Pemilihan tampilan velg terinspirasi dari bunga favorit khas bali yaitu bunga Kamboja. Kami juga menerapakan tekhnik grafir pada permukaan velg untuk menambah tampilan etnik.

Motif ukiran Bali menjadi panduan yang cukup kuat bagi kami dalam tehnik Airbrush, Printing seatbelt dan Gambar Tangan oleh Mayaratih (freehand). Karena IATS fokus pada bidang khususnya interior mobil. Kami melakukan terobosan baru dengan memperkenalkan 6 kelebihan tehnik yang belum pernah dilakukan di indonesia ataupun di dunia sebelumnya.

Pertama Digital Patern, guna mencapai kesempurnaan pola, menggunakan Visual Rendering Technology yang di perkenalkan oleh Auto De Vie (IATS Member). Kedua Customized Perforation, Pola Gringsing berhasil di terapkan dengan tehnik laser cut dan dilapis dengan foil emas di kombinasikan dengan kulit terbaik dunia yaitu “Exclusive Nappa Wollsdorf”.

Ketiga Computerized Stitching, untuk memberikan tampilan modern, digunakan tehnik ‘Computerized Stitching’ untuk membuat pola motif pada bagian samping jok yang terinspirasi dari motif Gringsing. 3 kreasi ini dilakukan modifikator berpengalaman yaitu Alterpro Automotive untuk mendapatkan hasil jahitan dan potongan yang sempurna.

Keempat, Freehand drawing by Mayaratih. Selain teknik airbrush pada eksterior, kami juga menerapkan teknik gambar tangan langsung (freehand drawing) di atas permukaan depan dan belakang mobil yang telah di-inlay. Kelima, Custom Seatbelt, dengan mengunakan hasil gambar tangan dari Mayaratih. Kami mencoba untuk menjiplak melalui Pola digital lalu di print dengan foil emas + Teknologi UV Printing untuk menciptakan sesuatu yang baru. Terakhir Custom ‘Gringsing’
Panel, menggunakan kain Gringsing pada interior ataupun eksterior dilakukan dengan tehnik Inlay untuk memberikan tampilan mewah pada keseluruhan mobil.

Datsun GO Panca : Outdoor Crossover
By Tangan Makassar / Surya Auto Custom X Surfer Girl Indonesia.

Kolaborasi ini sangat menarik bagi kami, mengingat image brand kami yang di peruntukkan untuk perempuan muda yang sangat aktif dan dinamis. Dan juga mengingat desain mobil Datsun Go Panca yang kecil dan multifungsi, yang berbeda dari tampilan stereotype mobil adventure yang biasanya besar dan “macho”. Kami ingin menggabungkan sisi cool dan tangguh dari seorang perempuan adventurous tetapi juga tidak meninggalkan sisi femininitas-nya.

Hal lain yang membuat kami langsung tertarik dengan kolaborasi ini juga karena tema “Outdoor Crossover” ini sangat selaras dengan direksi baru brand kami bertajuk “My Life My Way” yang menginspirasi remaja perempuan Indonesia untuk menjadi pribadi yang percaya diri, berani, dan menjadi bagian dari kebaikan di planet bumi seperti karakter-karakter brand kami, Summer, Nikki dan G.G.

Datsun GO Panca : Retro Stylish
By Java All Star (Gabungan modifikator pulau Jawa) X Pickers Store Bandung.

Akhirnya kami mendapat kesempatan untuk wujudkan konsep modifikasi di dalam acara ini, terimakasih banyak kepada Datsun yang telah memberikan kesempatan dan pengalaman untuk menyatukan visi serta misi dalam bentuk Datsun Retro Style yang sangat berharga. Mohon maaf atas kekurangannya, semoga karya kami bisa bermanfaat bagi perkembangan otomotif di indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *