#168Hours Program Uji Performa TOP 1 dan Land Rover Discovery bersama AutoBild

20160525_114003

Auto Bild Indonesia (ABI) bekerjasama TOP 1 dan PT Grandauto Dinamika (GAD) selaku Agen Pemegang Merek Land Rover di Indonesia melakukan program uji performa dan turing keliling Pulau Jawa (25 Mei-1 Juni 2016). Dalam pengujian kali ini metode yang dipakai sangat ekstrem: selama perjalanan mesin mobil tidak dimatikan atau akan menyala 168 jam non-stop.

Dalam program bertajuk “168 HOURS EXTREME CHALLENGE” ini menggunakan dua unit Land Rover Discovery Sport. Ini adalah Premium Compact SUV paling serba guna, canggih, dan paling mewah di kelasnya.

Land Rover Discovery Sport yang dipakai mengandalkan mesin bensin dan diesel. Untuk mesin diesel berkapasitas 2.200 cc turbo dan mampu menghasilkan tenaga 190 hp dengan torsi maksimum 420 Nm/1.750 rpm. Sementara untuk mesin bensin menggunakan dapur pacu 2.000 cc turbocharger dengan keluaran tenaga 240 hp dan 340 Nm/1.750 rpm. Keduanya dibekali transmisi canggih 9-percepatan otomatis.

“Inilah pencapaian tertinggi dari Land Rover melalui New Discovery Sport yang hadir dengan segudang teknologi dan fitur-fitur terbaik serta menunjukkan kemampuannya yang canggih di on-road maupun off-road ekstrem. Kehebatannya tersebut kini bisa dirasakan konsumen di Indonesia yang menginginkan kepuasan premium dari sebuah SUV asal Inggris yang legendaris,” terang Direktur Operasional PT GAD Roland Staehler.

Kedua Land Rover Discovery Sport yang dipakai dalam “168 HOURS EXTREME CHALLENGE” ini menggunakan oli TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 PI SN 100% Fully Synthetic Oil. Oli

ini adalah produk premium TOP 1 dan sudah memenuhi spesifikasi serta standar dari kendaraan Land Rover Discovery Sport. Produk TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 sangat ideal bagi mesin yang bekerja pada akselerasi tinggi, dimana Viscosity Stability akan terjaga dengan sempurna sampai kondisi temperatur tinggi sekalipun.

Spesifikasi dari Produk TOP 1 Evolution OEM Series juga dapat anda temukan di produk TOP1 lainnya yaitu TOP 1 HP Plus Series dengan varian 5W-30, 10W-30 dan 10W-40 untuk mesin bensin dan TOP 1 HD Plus 10W-30 yang diperuntukkan bagi mesin diesel. Varian produk ini
sangat cocok untuk kendaraan harian dengan kondisi jalanan yang macet, menjadikan akselerasi dan tenaga mesin menjadi lebih optimal.

“Spesifikasi Land Rover Discovery Sport yang telah diperkuat oleh formula oli TOP 1 akan digunakan untuk melibas medan berat di Pulau Jawa selama 168 jam tanpa mematikan mesin. Acara ini merupakan ajang pembuktian ketangguhan produk TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 dan semoga akan menjadi referensi bagi para pemilik mobil atau konsumen untuk menentukan pelumas yang tepat bagi kendaraannya,” ujar Presiden Komisaris PT Topindo Atlas Asia Rudy Hartono.

Tantangan Tes yang Ekstrem

Pengujian mobil dan oli akan dilakukan sepenuhnya oleh tim Auto Bild. Mereka akan mengemudikan kedua Land Rover Discovery Sport dengan oli TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 API SN 100% Fully Synthetic Oil yang menyala 168 jam non-stop dengan total jarak tempuh pengujian kurang lebih sekitar 2.602 km.

Tim berangkat dari Jakarta hari ini (25/5) melalui jalur pantai utara menuju Semarang, lalu Surabaya, hingga Banyuwangi yang merupakan titik paling timur di pulau Jawa. Kemudian tim
bergerak ke arah selatan dan menyusuri jalur ini mulai dari Jember, Malang, Yogyakarta, Bandung, Sawarna hingga Tanjung Lesung sebagai titik paling barat pulau Jawa. Tim
diperkirakan akan finish di Jakarta pada 1 Juni 2016.

Dalam perjalanan 168 jam non-stop keliling Pulau Jawa ini akan memaksa mobil dan oli bekerja dalam kondisi yang ekstra berat. Mesin dan oli akan bekerja tanpa henti selama 8 hari di berbagai kondisi lingkungan, mulai dari daerah pegunungan yang dingin sampai pesisir pantai dengan temperatur yang menyengat. Belum lagi faktor eksternal seperti kemacetan dan udara kotor seperti debu yang tentu menambah beban oli sebagai komponen amat vital bagi kinerja mesin.

Untuk membuktikan ketangguhan mobil dan oli yang dipakai, tim Auto Bild juga melakukan serangkaian pengujian baik pengambilan data performa maupun uji laboratorium untuk oli Pengujian ini dilakukan sebelum dan sesudah melakukan perjalanan 168 jam non-stop ini.

Adapun data performa yang diambil adalah uji akselerasi (0-60 km/jam, 40-60 km/jam, 60-80 km/jam, dan 80-100 km/jam), konsumsi bahan bakar kombinasi, dan kekedapan kabin.Sementara uji lab dilakukan untuk melihat kualitas oli dengan perangkat laboratorium yang canggih dan independen.

“Kami sangat gembira TOP 1 dan Land Rover berani menjawab tantangan kami lewat tes selama 168 jam non-stop mengelilingi Pulau Jawa. Auto Bild Indonesia sebagai Automotive Consumer Guidance memiliki kewajiban moral kepada audiens untuk menginformasikan data dan fakta terhadap produk-produk terbaik, baik mobil maupun komponen pendukungnya. Pengetesan mobil dan oli sudah menjadi rutinitas kerja redaksi selama ini, tapi bedanya jika selama ini pengetesan dilakukan dalam kondisi riil sehari-hari, kali ini lebih ekstrem. Tujuannya untuk melihat performa dan durabilitas di atas rata-rata,” jelas Editor in Chief Auto Bild Indonesia Bimo Aribowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *