Ducati Multistrada 1200 Enduro buat penggemar touring adventure

ASIAN PREMIERE - DUCATI MULTISTRADA 1200 ENDURO (4)

PT Garansindo Euro Sports (GES) pada Senin, 16/5/16 juga menghadirkan Multistrada 1200 Enduro yang dirancang khusus untuk melintasi beragam lintasan. Multistrada 1200 Enduro merupakan ini sepeda motor full-optional yang dibuat untuk memuaskan para pengendara adventure. PT GES mematok harga jual Ducati Multistrada 1200 Enduro dengan angka Rp 809,000,000 (off the road).

Multistrada 1200 Enduro telah diuji dalam berbagai cuaca kondisi yang ekstrim untuk memastikan reliabilitas dalam semua cuaca serta mempertahankan kualitas yang diharapkan dari Ducati. Dilengkapi dengan velg 19 inci didepan dan 17 inci dibelakang, Multistrada 1200 Enduro merupakan ultimate multi-bike yang untuk perjalanan jarak jauh. Dirancang dengan suspensi elektronik semi-active Sachs (depan dan belakang) dan tangki bensin 30 liter, Multistrada 1200 Enduro mampu untuk melintasi semua medan dan mencapai jarak tempuh hingga 450 kilometer (280 mil).

Multistrada 1200 Enduro merupakan pertama kalinya Ducati bersaing dalam segmen baru, yaitu maxienduro tourer tanpa mengorbankan style dan teknologi Ducati. Tampilan smart dan sport telah diperbaharui dan mengalami upgrade untuk serangkaian fitur-fitur off-road. Fitur elektronik merupakan hal yang penting untuk para rider. Teknologi Inertial Measurement Unit (IMU), mengukur secara dinamis pitch dan roll angle serta akeselerasi berasama 3 axes untuk meningkatkan performa dan keselamatan ketika riding dalam kondisi ekstrim.

Fitur-fitur standar yang dilengkapi di Multistrada 1200 Enduro termasuk Cornering ABS, Cornering Lights (DCL), Ducati Traction Control (DTC), Ducati Wheelie Control (DWC) dan sistem semi-active Ducati Skyhook Suspension (DSS) Evolution dengan wheel travel 200 mm. Pertama kalinya untuk Ducati adalah Vehicle Hold Control (VHC) yang membantu memudahkan pengendara ketika melakukan start ketika dalam posisi menanjak.

Teruji dan dirancang untuk menaklukan kondisi lintasan ekstrim, Multistrada 1200 Enduro memiliki frame Multistrada 1200 bersama swingarm twin-sided baru. Sepeda motor ini dilengkapi dengan mesin Ducati Testastretta DVT (Desmodromic Variable Timing) yang menghasilkan 160 dk dengan standar emisi EURO 4 serta sistem knalpot baru. Fitur teknologi Riding Mode (Enduro, Touring, Sport and Urban), sepeda motor Multistrada 1200 Enduro memberikan jiwa four-bikes-in-one yang membuat multibike Ducati terkenal.

Fitur standar lain untuk Multistrada 1200 Enduro termasuk electronic speed control dan sistem Bluetooth. Sistem Bluetooth tersebut, dengan menggunakan Ducati Multimedia System (DMS), menghubungkan para rider kepada smartphone dan dapat mengatur fungsi multimedia (telepon masuk, pesan teks, musik) lewat switchgear serta informasi yang ditayangkan di dashboard TFT.

Koneksi Bluetooth standar yang dilengkapi di Multistrada Enduro terkoneksi dengan aplikasi Multistrada Link App, tersedia untuk iOS dan segera untuk Android, untuk berhubung smartphone Anda dan merekam data dan perjalanannya dari sepeda motor ini. Data tersebeut termasuk kecepatan, sudut kemiringan, tenaga dan konsumsi. Informasi tersebut akan ditayangkan didalam peta dan riding diary untuk mengetahui data perjalanan seperti jarak tempuh, kecepatan maksimal, lean angle, serta penggunaan tenaga mesin.

Multistrada 1200 Enduro dibuat dengan tiga warna yaitu Ducati Red dan Phantom Grey serta memiliki serangkan aksesoris dari Ducati Performance serta Touratech termasuk paket Enduro, Touring, Sport dan Urban.

Fitur Standar Multistrada 1200 Enduro

Colours

  • Ducati Red with Racing Grey frame and black wheel rims
  • Phantom Grey with Racing Grey frame and black wheel rims

Equipment

  • Ducati Testastretta DVT engine · Inertial Measurement Unit (IMU) by Bosch · Bosch-Brembo ABS 9.1ME Cornering braking system · Electronic cruise control · Riding Modes · Ducati Multimedia System (DMS) · Ride-by-Wire Power Modes (PM) · Ducati Wheelie Control (DWC) · Ducati Traction Control (DTC) · Vehicle Hold Control (VHC) · Sachs semi-active electronic suspension (front and rear): Ducati Skyhook Suspension (DSS) Evolution system · Sachs steering damper · Full LED headlight with Ducati Cornering Lights (DCL) · Dashboard with full-TFT 5” colour screen · Centre stand

Personalisation packages

  • Touring Pack: heated grips, Ducati Performance by Touratech aluminium panniers and handlebar bag
  • Sport Pack: type-approved Ducati Performance by Termignoni exhaust (complies with EU homologation requisites), billet black aluminium water pump cover, billet aluminium front brake fluid and clutch fluid reservoir caps
  • Urban Pack: Ducati Performance by Touratech aluminium top case , tank bag with tank lock and USB hub to charge electronic devices
  • Enduro Pack: Supplementary LED lights, Ducati Performance by Touratech components: crash bars, radiator protection, oil radiator protection, chain guide, rear brake guard

Design and ergonomics with off-road inspiration

Varian Enduro menyerap desain sport dari Multistrada dari sisi tampilan off-road. Para desainer Centro Stille Ducati berkarya untuk mengutamakan proporsi sepeda motor.

Pada bagian depan, penyempurnaan dari sepeda motor ini menghasilkan tangki sebesar 30 liter. Beak depan kini lebih panjang dan dua penutup tangki bagian samping dirancang dengan anodized aluminium untuk pemasangan lebih kokoh. Mudguard bagian depan telah didesain ulang dan reposisi untuk meningkatkan perlindungan dari lumpur.

Pada bagian garis depan yang bergabung dengan bagian tail telah didesain ulang untuk mengoptimalkan pengendara ketika berdiri diatas foot peg. Tempat duduk sepeda motor ini juga mengalami desain ulang untuk meningkatkan kontinuitas dan memastikan pergerakan rider lebih mudah saat di kondisi off-road. Untuk bagian samping, garis asenden dimulaikan dari swingarm sampai headlight depan untuk memberikan Multistrada 1200 Enduro tampilan seperti sang binatang siap untuk melompat.

Posisi riding dari Multistrada 1200 Enduro telah dirancang untuk meningkatkan handling saat off-road. Handlebars telah dinaikkan dan tempat duduk dibuat lebih kecil yang memberikan keleluasaan pada pengendara. Footpeg dirancang menggunakan bahan microcast steel dan dilapiskan dengan removable rubber.

Mirip dengan footpeg, desain tuas terinspirasi dari dunia off-road dimana tuas rem belakang dapat pengaturan ketinggian yang mudah dengan dua posisi. Tuas gigi memiliki kopling artikulasi untuk mencegah kerusakan saat keadaan jatuh atau hambatan lain. Untuk melindungi mesin twin-cylinder, Multistrada 1200 Enduro dilapiskan dengan sump guard berbahan aluminium dengan sokongan yang berhubung langsung ke sasis.

Secara standar, Multistrada 1200 Enduro dilengkapi dengan ketinggian tempat duduk 870 mm dan disediakan dalam varian 890 mm yang lebih aman untuk perjalanan off-road. Tempat duduk ukuran 850 mm juga disediakan untuk memudahkan para rider meletakan kaki. Tempat duduk tersebut disediakan sebagai aksesoris.

Tempat duduk penumpang yang lebih pendek dan kecil disediakan sebagai aksesoris serta memudahkan para rider untuk mengubah keberatan ke belakang sambil berdiri diatas footpeg.

Multistrada 1200 Enduro dilengkapi dengan layar berukur 60 mm secara vertical dan dapat diatur dengan satu tangan. Untuk penggemar off-road, opsi aksesoris termasuk layar Plexiglas yang pendek juga tersedia.

Multistrada 1200 Enduro dilengkapi dengan dua colokan 12-volt dibawah tempat duduk penumpang dan satu lagi dibagian dashboard. Colokan ini dapat menangani sampai 8A untuk memberikan tenaga kepada aksesoris seperti pakaian thermal, intercom atau charger mobile phone.

GPS dari Garmin tersedia didalam aksesoris Ducati Performance yang mendapat daya dari konektor khusus di area dashboard. Slot USB untuk charge mobile phone tersedia dibawah tempat duduk. Multistrada 1200 Enduro memiliki center stand sebagai kelengkapan standar.

Tempat penyimpanan dibawah tempat duduk penumpang ideal untuk menyimpan toolkit, buku panduan atau barang pribadi lainnya. Serangkaian aksesoris opsional seperti panniers aluminium Ducati Peformance by Touratech memastikan efisiensi kepada Multistrada ketika touring jarak jauh. Grab handle bagian belakang didesain ulang untuk mengurangi ukuran motor meskipun pannier telah dipasang. Tersedia sksesoris touring lain termasuk heated grips yang menjadi krusial saat cuaca dingin.

Ducati Testastretta DVT

Pengaturan waktu dari camshaft, kontrol intake valves serta camshaft yang mengatur exhaust valves, mesin DVT mengoptimalkan performa rpm tinggi untuk memberikan tenaga maksimum. Dalam keadaannya rpm rendah hingga medium, mesin ini menlancarkan pergerakan untuk menghasilkan power delivery lebih halus serta menambah torsi.

Perbedaan valve overlap angle dihasilkan dari menggunakan sistem DVT (Desmodromic Variable Timing) dimana adjuster valve timing diaplikasikan pada bagian dual overhead camshafts. Sistem DVT telah dipisah dua bagian yaitu housing eksternal yang berhubung dengan katrol yang didorong dengan timing belt dan mekanisme internal bergabung ke camshaft.

Mekanisme internal ini koaksial dengan housing eksternal terlebih dahulu atau didelay sehubungan dengan housing yang tergantung dari tekanan oli. Tekanan oli dapat diatur dengan valve khusus dan perbedaan dari setiap cam dikontrol secara dinamis dengan sensor di penutup cam.

Mesin Ducati Testastretta DVT menggunakan sistem valve actuation Desmodromic yang telah membuat sepeda motor asal Bologna ini populer diseluruh dunia. Sistem spesial ini menutup valve intake dan knalpot secara mekanis dengan presisi ketika terbuka.

Desain mesin Ducati Testastretta DVT menampilkan bagaimana valve actuation dari Desmodromic memberikan kelebihan valve spring tradisional. Dalam keadaan rpm rendah sistem ini membutuhkan tenaga yang sedikit sebab tidak ada spring yang dikompres. Oleh karena itu, mesin ini mampu membuat valve timing adjuster masing-masing kompak untuk mengurangi beban mesin sehingga terintegrasi dengan baik.

Menggunakan bore berukuran 106 mm dan stroke berukur 67,9 mm (total displacement 1198 cm2), Ducati Testastretta DVT menghasilkan 160 dk @9500 rpm dan 136 Nm torsi @7500 rpm.

Mesin DVT dilengkapi dengan sistem Dual Spark (DS) yang menggunakan dua spark plugs per silinder untuk meningkatkan efisiensi pembakaran. Setiap spark plug memiliki ignition control independen untuk memastikan optimal diseluruh rpm dalam semua kondisi perjalanan.

Mesin ini juga dilengkapi dengan sensor anti-knock untuk memastikan mesin berjalan dengan lancar meskipun menggunakan bensin oktan rendah atau kondisi lain seperti altitude tinggi yang bisa mempengaruhi pembakaran. Sensor ini sangat krusial saat perjalanan panjang dalam daerah.

Multistrada 1200 Enduro dilengkapi dengan transmisi 6-pecepatan dimana rasio gigi pertama lebih pendek dari sepeda motor lain di keluarga Multistrada untuk meningkatkan performa off-road dan memastikan handling lebih baik dalam perjalanan percapatan rendah. Kopling di Multistrada 1200 Enduro dibuat dengan tipe oil-bath slipper.

Layout sistem knalpot berbasis dua manifold utama yang bergabung langsung didalam satu silencer 2- chamber. Chamber kedua berfungsi sebagai kolektor 2-1-2 yang mangandung catalytic converter. Dari sini dua pipa keluar langsung melalui silencer yang kompak dan ringan yang berletak disamping (sidemounted) dengan posisi tinggi serta berbahan outer sleeve aluminium alloy.

Perawatan Berkala

Investasi terhadap kualitas – yang memastikan desain, materi dan engineering tetap terbaik – memberikan Ducati memiliki perawatan berkala yang memudahkan pemilik. Interval perawatan rutin telah diperpanjang menjadi 15.000 km (9.000 mile) atau satu tahun. Pengaturan valve timing menjadi 30.000 km (18.000 mil). Peningkatan ini dihasilkan dengan memberikan materi khusus untuk valve seats supaya meningkatkan efisiensi pembakaran dan membatasi suhu dari mesin Ducati Testastretta DVT. Sebagai tambahan, sistem DVT yang inovatif tidak menyulitkan prosedur pengaturan valve timing.

Teknologi Inovatif

Teknologi Bosch IMU (Inertial Measurement Unit) memberikan sensasi baru dari empat Riding Mode (Enduro, Touring, Sport dan Urban) yang dimiliki Multistrada 1200 Enduro. Setiap Riding Mode memiliki pengaturan sistem Ducati Skyhook Suspension (DSS) Evolution yang berbeda. Sistem DSS mengkonfigurasi suspensi secara instan melalui input sensor on-vehicle untuk memastikan body sepeda motor terisolasi terhadap jalan yang tidak rata serta meningkatkan keamanan di mode Enduro, Touring dan Urban.

Untuk Sport Riding Mode, suspensi telah diatur untuk memastikan load on-wheel yang terbaik dang sangat diperlukan untuk perjalanan lebih cepat. Sebagai tambahan, masing-masing Riding Mode dapat diatur melalui pengaturan Ducati Wheelie Control (DWC), Ducati Traction Control (DTC) dan Cornering ABS yang berbeda. Seluruh sistem control elektronik dapat diatur sesuai dengan keinginan sementara fungsi Default membolehkan semua setting dibalikan ke standar.

Pengiriman daya mesin dari Multistrada 1200 Enduro dapat diatur melalui sistem Ride by Wire. Tidak lagi torsi diatur melalui throttle cable namun melalui elektronik dimana sinyal dibaca dan diproses oleh unit pengelola mesin. Unit ini juga mengatur throttle body aperture dari sepeda motor ini. Sistem Ride by Wire memberikan tiga mapping engine power deliver yang berbeda.

Enduro Riding Mode

Enduro Riding Mode mengutamakan karakter off-road Multistarada 1200 dimana tenaga mesin diatur menjadi 100 dk dan intervensi DSS Eveloution dikonfigurasi ulang untuk riding perjalanan yang tidak halus.

Setting sistem DTC memastikan genggaman dan akselerasi off-road maksimum, sementara DTC dinonaktifkan. Dalam setting ini, ABS menjadi Level 1 untuk permukaan low-grip dan level intervensi deteksi pengangkat roda belakang dinonaktifkan bersama fungsionalitas cornering. Dalam mode ini, ABS di roda belakang telah dikunci.

Touring Riding Mode

Tenaga maksmium untuk Touring Riding Mode menjadi 160 dk namun memastikan tenaga yang halus dan progresif. Dalam mode ini, keamanan aktif telah ditingkatkan dengan level intervensi DTC dan DWC tinggi. ABS berada pada Level 3 dan cocok untuk touring memberikan confident riding dengan pencegahan pengangkat roda belakang.

Mode ini mengoptimalkan fungsi combined braking dan active cornering. DSS Evolution telah diprogram untuk memberikan setting suspensi yang tepat untuk perjalanan jarak jauh oleh karena itu meningkatkan keselamatan untuk pengendara dan penumpang.

Sport Riding Mode

Memilih Sport Riding Mode akan merubahkan mesin Multistrada 1200 Enduro menjadi 160 dk highadrenaline dengan torsi 136 Nm serta setting suspensi sport-style. Riding Mode ini dicirikan dengan intervensi DTC dan DWC yang rendah. ABS diatur menjadi Level 2 dan deteksi pengangkat roda belakang dinonaktifkan namun fungsi cornering tetap aktif.

Urban Riding Mode

Memilih Urban Riding Mode pengurangan tenaga ke 100 dk dan menggunakan setting suspensi yang memberikan kenyamanan ketika pengendara melintasi rintangan perkotaan dengan mudah. Setting DTC dan DWC disetting tinggi sementara ABS disetting Level 3 “Safe & Stable.” Setting ini memberikan confident riding dengan pencegahan pengangkat roda belakang yang mengoptimalkan fungsi combined braking dan active cornering.

DTC (Ducati Traction Control)

Ducati Traction Control (DTC) dalam beberapa milidetik DTC dapat mendeteksi gejala wheelspin serta untuk meningkatkan performa sepeda motor dan keselamatan. Sistem tersebut memiliki tingkat level 1 hingga level 8. Setiap level telah diatur untuk memberikan toleransi kepada roda belakang yang mencocokan kemampuan pengemudi (dikategorikan 1 sampai dengan 8). Level 1 dan 2 digunakan untuk perjalanan sports-style dan mengizinkan rear wheelspin yang tinggi. Level 3 dan 6 memastikan traksi sepeda motor terbaik sedangkan level 7 dan 8 memaksimalkan traksi untuk lintasan basah.

Ducati Wheelie Control (DWC)

Sistem ini mengatur tenaga mesin dan mengatur torsi serta tenaga untuk meningkatkan akselerasi keselamatan tanpa mengurangi keseimbangan. Seperti DTC, sistem ini memiliki 8-level pengaturan yang terintegrasi Riding Modes.

Ducati Skyhook Suspension (DSS)

Evolution Sistem Ducati Skyhook Suspension (DSS) Evolution di sepeda motor Multistrada 1200 Enduro berbasis dari rear shock bermerek Sachs dan fork berukur 48 mm. Parts ini memastikan 200 mm penggerakan roda untuk bagian depan dan belakang. Suspensi elektronik menghasilkan pengaturan rebound dan compression damping, bersama control semi-active yang menghasilkan keseimbangan optimal. Secara praktek, sistem ini mempertahankan keseimbangan sepeda motor dalam setiap kondisi perjalanan.

Teknologi inovatif ini berkinerja lebih baik dari suspensi pasif konvensional. Didalam sistem DSS Evolution, aturan telah disempurnakan untuk performa, keselamatan, dan kenyamanan.

Teknologi DSS Evolution menganalisa data dari beberapa sensor dibagian bobot sprung dan unsprung sepeda motor untuk mengkalkulasi dan mengatur damping yang diperlukan untuk menghasilkan perjalanan yang lancar. Accelerometer yang berada di steering yoke, satu dibagian dari belakang sepeda motor dan satu lagi didalam control unit yang mencatat data dari DSS Evolution mengenai bobot sprung. Sementara accelerometer dibagian fork bottom memberikan input mengenai bobot unsprung.

Pada bagian belakang merupakan sensor lain untuk mengukur perjalanan suspensi. DSS Evolution mencatat informasi tersebut melalui algoritme control semi-active yang membuat penyesuaian secara cepat untuk hydraulic damper serta mengurangkan penggerakan sepeda motor.

Untuk melancarkan efek longitudinal dari akselerasi dan deselerasi, sistem ini memanfaatkan sensor akselerometer longitudinal Ducati Traction Control (DTC), sistem pendeteksi tekanan ABS untuk kalkulasi secara cepat dan mengaktifkan balasan yang mengurangi osilasi sepeda motor, serta data dari Bosch IMU mengdeteksi secara dinamis pergerakan sepeda motor pada dua sumbu (lateral dan vertical).

Sistem pengereman Brembo dengan Bosch Cornering ABS

Multistrada 1200 Enduro memiliki sistem pengereman dari Brembo dengan Bosch 9.1ME ABS ECU yang merupakan bagian dari Ducati Safety Pack (DSP). Cornering ABS memanfaatkan platform Bosch IMU (Inertial Measurement Unit) untuk mengoptimalkan tenaga pengereman bagian depan dan belakang saat kondisi kritikal serta dimana sepeda motor dalam kondisi miring ketika belok. Terintegrasi dengan Riding Mode, sistem ini memberikan solusi tanpa kompromi dalam semua situasi atau kondisi lintasan.

Bersama prosesor control ABS, sepeda motor Multistrada memanfaatkan Electronic Combined Braking System yang mengoptimalkan Urban dan Touring Modes. Namun, Electronic Combined Braking System ini digunakan lebih rendah saat penggunaan mode Sport.

Didesain untuk meningkatkan control ban belakang saat pengereman keras, deteksi pengangkat roda belakang diaktifkan untuk Urban dan Touring Riding Mode, namun dinonaktifkan ketika di mode Sport dan Enduro. ABS dapat diatur khusus untuk roda depan seperti di Enduro Riding Mode. Tujuan dari pengaturan ini supaya membolehkan penguncian roda belakang saat perjalanan pasir. ABS dapat dinonaktifkan melalui instrument panel didalam semua Riding Mode, dan settings dapat di save dan gunakan untuk Key-On selanjutnya.

Sistem ini terintegrasi secara baik dengan Ducating Riding Modes dan memiliki tiga level. Level 1 memaksimalkan performa off-road dengan menonaktifkan deteksi pengangkat roda belakang dan membolehkan roda belakang untuk terkunci. Dengan Level 1, ABS akan digunakan khusus untuk bagian depan.

Dalam mode Sport, Level 2 memastikan keseimbangan antara bagian depan dan belakang tanpa menggunakan deteksi pengangkat roda belakang. Namun, fungsi Cornering tetap aktif dan dikalibrasi untuk pengendara sport-style. Level 3 membolehkan mode Touring dan Urban optimasi dengan kombinasi pengereman dengan mengaktifkan deteksi pengangkat roda belakang dan performa serta fungsionalitas Cornering menjadi aktif dan dikalibrasi untuk keselamatan berkendara maksimal.

Sistem pengereman bagian depan di sepeda motor Multistrada 1200 terbaru ini menggunakan monobloc kaliper 4-piston merek Brembo yang radially-mounted dengan piston berukur 32 mm diameter dan 2 pad, master silinder dengan tuas adjustable, dan dua 320 mm disk. Pada bagian belakang adalah satu disk berukur 265 diameter dicengkeram dengan kaliper floating dari Brembo. Komponen tersebut memastikan performa pengereman terbaik yang merupakan fitur standar Ducati.

Vehicle Hold Control (VHC)

ABS di Multistrada 1200 memiliki fitur sistem Vehicle Hold Control (VHC). Ketika aktif, sitem VHC menahan sepeda motor secara stabil dengan menggunakan pengereman bagian roda belakang (apabila tidak digunakan, deaktivasi secara otomatis akan dilakukan setelah 9 detik).

Fungsi ini diaktifkan ketika sepeda motor didalam posisi tidak bergerak dan kickstand diposisi naik dimana para rider menggunakan tekanan tinggi pada rem depan atau belakang. Ketika fungsi ini aktif, sistem ini mengkalkulasi dan dapat digunakan sesuai dengan kondisi sepeda motor serta menggunakan tekanan rem belakang dan berfungsi dibagian control pompa dan valve unit ABS.

Sistem ini dapat diaktifkan dalam semua tingkatan ABS, kecuali ketika ABS dinonaktifkan. Aktivasi VHC dapat indikasi melalui lampu peringatan. Lampu peringatan ini akan berkedip sebelum sistem aktif dan menahan roda belakang.

Instrument panel and lighting

Dibagian dashboard sepeda motor ini dilengkapi dengan layar TFT 5-inci bewarna untuk memberikan informasi mengenai kecepatan, rpm, gigi yang dipilih, total jarak tempuh, trip1 dan trip2, suhu pendingin mesin, indicator bahan bakar, dan jam. Informasi lain yang ditampilkan termasuk Riding Mode, jarak tempuh dengan jumlah bahan bakar yang tersedia, konsumsi bahan bakar, serta penggunaan konsumsi bahan bakar rata-rata, rata-rata kecepatan, suhu udara, waktu jarak tempuh dan peringatan terhadap kondisi lintasan yang licin ketika terjadi wheelspin.

Semua layar Riding Mode diberikan dengan informasi yang beda. Enduro Riding Mode menampilkan fungsi Trip Master yang memiliki pengaturan jarak tempuh (dikurangi atau ditambah).

Saat dalam kondisi berhenti, akses kepada settings menu melalui switchgear dibagian kiri handlebar mengizinkan para rider untuk mengatur beberapa fungsi seperti DTC dan personalisasi DWC serta fungsi Cornering ABS level 3. Suspensi juga dapat diatur melalui setting menu. Ketika penghentian atau berjalan, para rider dapat mengatur untuk memilih Riding Mode (Sport, Touring, Urban atau Enduro) dan serangkain setting untuk mengatur kondisi berkendara yaitu khusus untuk rider dengan bagasi, rider dengan penumpang atau rider dengan penumpang dan bagasi.

Sepeda motor Multistrada 1200 Enduro dilengkapi dengan headlight LED yang memiliki fungsionalitas Ducati Cornering Lights (DCL). Headlight ini diaktifkan untuk memberikan pencahayaan optimal kepada permukaan jalan. Fungsionalitas ini dihasilkan dengan platform intertial Bosch IMU.

Pilihan yang lain untuk meningkatkan pencahayaan dengan konsisten adalah tambahan dua headlight yang dapat diatur melalui tuas khusus dibagian kiri switchgear. Headlight tersebut memberikan pencahayaan sekeliling yang terbaik. Sepeda motor ini juga dilengkapi dengan lampu hazard yang diaktifkan secara mudah dengan tekanan tombol khusus.

Opsi lain termasuk heated grip yang dapat diatur melalui tuas khusus dibagian kanan switchgear.

Hands Free Ignition

Menghidupkan mesin Multistrada 1200 Enduro dapat tanpa menggunakan kunci mekanikal. Dalam jarak dua meter, secara otomotis sistem sepeda motor ini membaca kode kunci elektronik untuk menghidupkan ignition tanpa mengeluarkan kunci dari kantong. Dengan menekan tombol key-on, control panel Multistrada 1200 Enduro akan nyala dan mesin akan nyala.

Kunci tersebut dibuat dari sirkuit elektronik dan kunci mekanikal untuk membuka tutupan bensin. Sistem tersebut termasuk actuator elektrik penguncian stang dimana ketika sepeda motor dalam kondisi parkir. Steering lock dapat diaktifkan dengan tekanan tombol.

Sasis

Sepeda motor Multistrada 1200 Enduro telah dibuat dengan komponen, dalam konten teknologi dan performa, yang merupakan state-of-the-art. Key chassis perimeters seperti wheelbase, ukuran swingarm, dan steering geometry (trail dan offset) telah dibuat dengan baik untuk memberikan pengendara off-road, handling dan stabilitas dalam kecepatan tinggi.

Multistrada 1200 Enduro memiliki frame depan besar diameter bermerek Trellis, low-thickness tubing sementara dua sub-frames lateral ditutup dengan bahan fiberglass rear load-bearing, techno-polymer untuk meningkatkan rigiditas torsional. Dibandingkan dengan Multistrada 1200, ground clearance untuk varian Enduro ditingkatkan 31 mm menjadi 205 mm. Oleh karena itu, varian Enduro memiliki kelebihan dalam perjalanan kondisi off-road.

Terbuat dari shell-cast aluminium, swingarm tersebut merupakan kombinasi dari parts brushed dan rough-finished untuk tampilan yang menakjubkan. Dirancang khusus untuk perjalanan off-road, swingarm kuat ini mengkombinasikan bobot ringan dengan kemampuan baik untuk menyerap benturan ketika off-road.

Sepeda motor Multistrada 1200 Enduro terbaru memiliki steering damper bermerek Sachs yang meningkatkan control dan keyakinan rider dalam situasi ekstrim. Steering damper ini membolehkan rider untuk mencapaikan level performa yang sebelumnya tidak dialami dalam segmen large displacement travel enduro.

Suspension

Multistrada 1200 Enduro dirancang dengan fork upside-down dengan ukuran 48 mm dengan sleeves yang bewarna ceramic gray dan wheel hub diperpanjang seperti sepeda motor off-road. Bagian roda belakang dirancang dengan shock absorber merek Sachs.

Dikontrol dengan sistem Ducati Skyhook Suspension (DSS), suspensi depan dan belakang telah mengalami penyempurnaan dibagian mekanik dan software untuk memberikan pengaturan secara otomatis terintegrasi bersama Riding Modes dari damping rebound dan compression serta spring preload. Setting ini dapat diatur melalui on-board computer.

Khusus untuk Multistrada 1200 Enduro adalah suspensi yang memastikan 200 mm wheel travel pada bagian depan dan belakang. Suspensi ini memiliki setting semi-active untuk mengoptimalkan performa off-road.

Tyers and Wheels

Sepeda motor Multistrada 1200 Enduro dilengkapi dengan ban Pirelli SCORPTIONTM Trail II, 120/70 R19 untuk bagian depan dan 170/60 R17 dibagian belakang. Ban ini menggabungkan dua tipe penggunaan: offroad racetracks dan road riding. Didesain untuk para antusias, ban ini memiliki serangkaian kelebihan termasuk jarak tempuh terbaik, performa konsisten dalam seluruh hidupnya serta handling terbaik dalam cuaca basah.

Pola tapak dari ban SCORPIONTM Trail II menggabungkan kapabilitas off-road yang digunakan diseluruh lineup SCORPTIONTM dengan pengalaman Pirelli untuk membuat ANGELTM GT sebagai ban touring sport terbaik dari Pirelli. Groove dibagian samping dari ban ini dirancang untuk mengoptimalkan pembuangan air saat kondisi hujan, sementara layout dan bentuk “binary open” dibagian tengah memastikan traksi terbaik, stabilitas dan tread wear biasa.

Dibandingkan dengan model sebelumnya, ban terbaru ini menjamin jarak tempuh yang lebih tinggi tanpa mengorbankan peforma cornering dan memastikan performa dalam kondisi basah. Profil SCORPION™ Trail II berasal dari rider yang menggunakan ANGEL GT.

Dirancang dengan contact patch lebih pendek dan lebar, profil ban ini bantu mengurangkan dan mengimbang tread wear, untuk memastikan jarak tempuh lebih jauh. Profil yang baru menghasilkan handling baik yang tetap konsisten sepanjang lifecycle sepeda motor ini. Ban Pirelli SCORPION Rally juga tersedia untuk perjalanan off-road terbaik.

Ban Multistrada 1200 Enduro merupakan ban tubless, spoked wheels dengan velg berbahan aluminium, 40 cross-mounted spokes dan gravity-cast hubs. Ban tersebut berukur 3.00 x 19” didepan dan 4.50 x 17” dibelakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *