PT Garansindo Euro Sports hadirkan Ducati XDiavel untuk pasar moge di Indonesia

Asian Premiere - Ducati XDiavel (1)

PT Garansindo Euro Sports pada Senin, 16/5/16 menghadirkan Ducati XDiavel. Ducati memasuki segmen cruiser dengan cara yang berani dengan menghadirkan Cruiser asli dengan desain, teknologi dan performa dari sebuah motor Ducati. XDiavel ini dibanderol dengan harga Rp 799,000,000 (off the road) sedangkan XDiavel S yang lebih mewah dibanderol dengan harga Rp 899,000,000 (off the road).

Sepeda motor Cruiser dikenal dengan kecepatan rendah, riding santai, perjalanan panjang dengan posisi kaki menghadap ke depan, sedangkan sepeda motor Ducati memiliki karakteristik style Itali yang memiiki refined insinyuring dengan performa khas Ducati.

XDiavel menghadirkan konsep ‘Low-speed excitement’ yaitu penggabungan riding style sebuah cruiser dengan adrenalin mengendarai sebuah sepeda motor Ducati. Itulah artinya huruf X di motor Xdiavel, yaitu menggabungkan dua dunia berbeda dalam satu sepeda motor tanpa kompromi.

5.000, 60, 40 merupakan angka yang menggambarkan konsep dari XDiavel.

5.000 merupakan rpm dimana mesin twin-cylinder mencapaikan torsi maksimum (13,1 kgm). Rpm tersebut merupakan rpm sangat rendah untuk mesin Ducati namun cocok untuk Cruiser. Pada 2.100 rpm, power unit dari XDiavel menghasilkan torsi lebih dari 10 kgm dengan flat curve yang hingga revlimiter. Mesin Ducati ini juga menghasilkan 156 dk dan performa menggairahkan diseluruh rentang rpm.

Untuk mencapaikan performa tersebut, para insinyur Ducati memaksimalkan pengembangan mesin Testastretta dan melalui beragam uji coba sehingga menghasilkan Ducati Testastretta DVT 1262. Peningkatan kapasitas mesin, bersama sistem DVT (Desmodromic Variable Timing), menghasilkan torsi yang berisi di rpm rendah, namun memastikan performa seperti sports bike dalam rpm tinggi.

Dalam perancangan Ducati Testastretta DVT 1262 sangat teliti dimana pemindahan water pump di dalam intracylinder V menghasilkan system pendingin yang tidak terlihat pada bagian sisi kiri mesin. 60, adalah jumlah konfigurasi posisi pengendara XDiavel, dengan hadirnya 4 posisi footrest, 5 posisi tempat duduk dan tiga posisi handlebar serta mampu untuk menambah tempat duduk penumpang dengan backrest yang kecil.

Semua ini menghasilkan comfortable riding sehingga terciptanya ‘Low Speed Excitement.’ Yang terakhir, 40, merupakan maksimum lean angle. XDiavel adalah sebuah sepeda motor Ducati yang memliki performa dinamis dari sebuah sports bike ketika anda ingin untuk memaksimalkan performa XDiavel. Sasis, suspensi dan rem telah di rancang untuk menghasilkan pengalaman berkendara sportstyle, tanpa mengorbankan kenyamanan dan handling yang mudah ketika berkendara di jalan raya dalam kecepatan yang rendah.

XDiavel merupakan sepeda motor Ducati yang pertama kalinya menggunakan transmisi final belt-type. Transmisi tersebut sangat krusial untuk sebuah Cruiser, dimana sistemnya telah dirancang khusus untuk XDiavel oleh Ducati untuk memastikan penyaluran tenaga yang handal dan maksimal dari Ducati Testastretta DVT 1262. Belt drive memiliki kelebihan untuk transmisi yang lebih sunyi, tampilan bersih, perawatan yang lebih mudah serta throttle response halus.

Desain dan teknologi terdapat pada XDiavel dengan penggunaan lampu Full LED yang memiliki peran penting terhadap styling XDiavel. Seperti produk Ducati terbaru lainnya, XDiavel dilengkapi dengan fitur Bosch Intertial Measurement Unit (IMU), yang mengukur secara dinamis pitch and roll angle yang disesuaikan dengan kecepatan motor, meningkatkan performa dan secara bersamaan juga mengutamakan keselamatan berkendara. Sistem ini bersama dengan Ducati Traction Control (DTC), Riding Modes dan Bosch Cornering ABS, Cruise Control dan fitur inovatif Ducati Power Launch (DPL) membuat XDiavel sebuah sepeda motor hebat yang menghadirkan performa serta mengutamakan keselamatan.

XDiavel turut hadir dengan varian S. XDiavel hanya tersedia dengan warna hitam (untuk XDiavel S, warna black matte menjadi gloss). XDiavel S juga memiliki DRL (Daytime Running Light) DRL inovatif pada bagian depan dengan pelapis DLC, Brembo M50 kaliper pada roda depan, posisi duduk yang sempurna dengan bagian body yang dilapisi machine finished.

Selain itu, terdapat pula velg yang menarik dan penutup engine belt berbahan aluminium yang berpadu dengan lapisan cat black gloss.

Fitur Standard

XDiavel

  • Colours Dark Stealth with Mineral grey frame and wheels
  • Equipment:
  • Ducati Testastretta DVT 1262 engine · Inertial Measurement Unit (IMU) by Bosch · Bosch-Brembo ABS 9.1MP Cornering braking system · Adjustable suspension · Riding Modes (Sport, Touring, Urban) · Ducati Traction Control (DTC) · Ducati Power Launch (DPL) · Electronic Cruise Control · Full-LED front and rear lights · Dashboard with TFT display

XDiavel S

  • Colours Thrilling Black with matt black and red trim with grey frame and black wheels
  • Equipment
  • Ducati Testastretta DVT 1262 engine · Inertial Measurement Unit (IMU) by Bosch · Bosch-Brembo ABS 9.1MP Cornering braking system · Brembo M50 front callipers · Adjustable suspension · Adjustable fork with DLC coating on the fork bodies · Riding Modes (Sport, Touring, Urban) · Ducati Traction Control (DTC) · Ducati Power Launch (DPL) · Electronic Cruise Control · Full-LED front and rear lights · Front headlight with DRL · Dashboard with TFT screen · Bluetooth module for infotainment system · Seat with dual-material lining · Machine-finished forged lateral frame plates · Natural brushed-effect anodized swingarm · 12-spoke machine-finished wheels · Gloss black engine · Machine-finished aluminium belt covers · Rear view mirrors in billet aluminium

Personalisation Packages

Ducati Performance memberikan serangkaian aksesoris untuk XDiavel. Selain masing-masing item, tiga paket personalisasi telah disediakan yaitu Sport, Touring, dan Urban.

Sport Pack:  Memajukan handlebars, handlebar plugs, fuel filler cap, dan forged aluminium rim set

Touring Pack: Tempat duduk penumpang yang aman, backrest untuk penumpang, magnetic tank bag, dan layar Plexiglas transparan

Urban Pack: Penutup rear brake fluid reservoir, billet aluminium footrest, billet aluminium frame plugs, billet aluminium handlebar end weights, brake dan clutch fluid reservoir covers, billet aluminium clutch cover, phase inspection cover dan Roadster nose fairing.

Desain

Garis-garis yang panjang, rendah, dan gagah berpadu komponen teknologi canggih. Tetapi yang diutamakan dari XDiavel adalah tampilan yang indah. Inilah bagaimana para desainer Ducati membayangkan XDiavel pertama kalinya ketika melakukan sketsa. Sepeda motor Cruiser digabungkan dengan DNA Ducati.

XDiavel menghadirkan konsep Cruiser ke masa depan sebagai “Technocruiser” asli. Proporsi, pembentukan dan detil sangat krusial untuk Cruiser dan semua ini merupakan tampilan Cruiser yang dihadirkan oleh Ducati. XDiavel memiliki tampilan yang unik.

Lekukan body yang menutupi kerangka sepada motor serta menonjolkan bentuk dari mesin Ducati Testastretta DVT 1262. Mesin tersebut dirancang dan diproduksi dengan teliti dan salah satu tujuan dari desain XDiavel adalah untuk menyelaraskan dan menonjolkan desain dari mesin intra-cylinder ‘L’ Ducati.

Keseluruhan desain merupakan hasil dari kerjasama yang baik antara tim desainer dan insinyur Ducati sehingga menghasilkan XDiavel dengan tampilan yang elegan dan indah. Memiliki proprosi yang ekstrim, XDiavel telah didesain “element by element”. Frame yang pendek dan modern, segera dikenali sebagai frame klasik dari Ducati Trellis.

Tangki besi yang berbentuk teardrop membawa merupakan ciri khas Cruiser, namun mempertahankan DNA dari Monster dan Diavel. Headlamp XDiavel merupakan interpretasi ultra-modern dari headlight naked Ducati classic, yang sekarang dilengkapi dengan DRL inovatif untuk menghadirkan tampilan yang menggambarkan XDiavel serta mencolok.

Pada bagian tailpiece, silencer dan tempat duduk yang memiliki desain dengan ciri khas tersendiri menghasilkan keselarasan desain yang harmonis dan berimbang seperti musisi berbakat dalam satu orchestra. Hasil yang memuaskan ini membuat Ducati untuk hanya meenghadirkan satu warna untuk seluruh varian XDiavel yaitu hitam.

Untuk bagian penutup mesin dan penutup final belt, XDiavel bewarna hitam matte (Dark Stealth) dengan warna Mineral Grey untuk subframe dan swingarm. Untuk varian XDiavel S diwarnai dengan hitam gloss (Thrilling Black) dengan strip hitam matt dan trim merah. Di varian ini, seluruh mesin diwarnai hitam gloss dan penutup belt tidak diwarnai untuk menunjukkan aksen aluminium.

Ergonomis

Posisi berkendara XDiavel mencerminkan karakter dari sepeda motor ini. Ketika para desainer dan insinyur mulai bekerja untuk XDiavel, mereka memiliki satu visi yaitu posisi berkendara yang aman untuk Cruiser asli. Tempat duduk harus rendah dan footrest memadap kedepan serta ergonomis perlu menjadi modular untuk para rider menduduk dengan aman seperti memakai jas yang dibuat custom made.

Oleh karena itu, footpegs XDiavel dapat diatur tiga posisi (kurang lebih 22,5 mm dari setting standar). Sebagai tambahan, untuk para pengemudi yang senang dengan posisi berkendara yang mirip motor balap kit Ducati Performance “central footpeg” tersedia sebagai opsi. Ketika desainer membuat handlebar, kabel disalurkan untuk memungkinkan penggantian handlebar yang cepat untuk memajukan (+ 25 mm) atau memundurkan (- 25 mm) opsi Ducati Performance.

Untuk bagian tempat duduk, selain memiliki ketinggian 755mm, Ducati Performance dapat pengaturan lebih tinggi (+ 20mm) atau lebih rendah (- 10mm). Tempat duduk yang lebih lebar dan lebih aman dengan bahan premium yang memiliki desain aman juga tersedia. Terakhir, untuk memastikan para penumpang merasa aman, tempat duduk aman dengan backrest juga tersedia didalam aksesoris Ducati Performance.

Mesin

Mesin Ducati Testastretta DVT 1262 twin-cylinder merupakan mesin baru dengan persetujuan Euro 4 dan sistem DVT (Desmodromic Variable Timing).

Pertama kali diperkenalkan di Multistrada 1200, mesin ini telah dikalibrasi ulang untuk menghasilkan torsi tinggi walaupun dalam rpm rendah untuk memastikan power deliver rpm rendah dan kurva torsi lengkap kepada rpm tinggi. Ducati Testastretta DVT 1262 memiliki performa sebesar 156 dk @9.500 rpm dan torsi 13,1 kgm @5.000 rpm.

Secara independen, sistem DVT merubah pengaturan tempo intake valve camshaft dan exhaust valve camshaft dengan menggunakan valve timing adjuster yang berada di ujung dua overhead camshafts. Sistem DVT dibagi dengan dua bagian yaitu bagian eksternal yang terhubung dengan katrol dikendali dari timing belt dan bagian internal yang terhubung ke camshaft, koaksial kepada bagian pertama untuk memutar leibh cepat atau lambat tergantung tekanan oli didalam ruang khusus.

Tekanan oli ini disesuaikan dengan dedicated valves dan timing dari setia cam dikendali secara dinamis dengan sensor di cam covers. Mesin Ducati twin-cylinder di XDiavel memiliki displacement 1,262 cm3 dengan bore-stroke 106 x 71,5 mm (dibandingkan 106 x 67,9 mm di Ducati Testastretta DVT 1200).

Dibandingkan dengan mesin Multistrada 1200, mesin XDiavel menghasilkan compression ratio lebih tinggi yaitu 13:1 (12:5:1 untuk Multistrada 1200); namun dua sepeda motor tersebut menggunakan sistem electronic injection Bosch yang memiliki elliptical throttle bodies dengan 56 mm-diameter dan sistem Ride-by-Wire yang direkalibrasi.

Varian tinggi Ducati Testastretta DVT 1262 telah mengalami beberapa perubahan. Dua cylinder head memiliki frame attachment dan pada bagian horizontal telah didesain ulang untuk mendukung bagian depan dari footpeg. Crankshaft memiliki sistem keimbangan baru, dimana sebelumnya menggunakan classic pads, sekarang ground steel plates. DVT dilengkapi dengan sistem Dual Spark (DS) (dua plug per cylinder) dan tertanam dengan sistem udara sekundar untuk mendorong udara ke dalam exhaust duct untuk melengkapi oksidasi dari hydrocarbons yang tidak terbakar serta mengurangkan polutan seperti HC dan CO tanpa mempengaruhi performa mesin.

Ducati Testastretta DVT 1262 juga menggunakan sistem mesin closure valve Desmodromic yang membuat Ducati terkenal diseluruh dunia. Dengan sistem tersebut, intake dan exhaust valve telah ditutup dengan ketilitian dan cara yang mirip dengan ketika valve terbuka. Insinyur Ducati telah berkolaborasi dengan desainer di Style Centre untuk merubah posisi pompa air. Semua mesin Ducati liquid-cooled, komponen tersebut telah ditempatkan di tutup alternator pada bagian kiri dari mesin.

Solusi tersebut mencakup perutan perpipaan yang kompleks yang menutupi bagian penting cylinder. Mesin yang berada di XDiavel, dibuat untuk menjadi karakteresitik utama, dan oleh karena itu pompa air telah diposisikan didalam ‘L’ antara dua silinder.

Insinyur dan desainer berupaya untuk membuat mesin yang bersih dari sisi estetik untuk mudah dilihat dibagian tengah. Water pump digerakan oleh auxiliary belt yang diberdayakan oleh salah satu katrol timing belt. Ukuran dari waterpump telah disesuaikan untuk meningkatkan performa dari model sebelumnya, aliran dioptimalkan untuk memastikan arus coolant flow dan seimbang antara silinder vertical dan horizontal. Pipa dan selang yang menghubungkan satu komponen ke komponen lainnya telah disembunyikan serta silinder yang menahan pump coupling memiliki sirkuit internal baru.

Perhatian terhadap detail yang menginspirasi para insinyur dan desainer untuk merancang Ducati Testastretta DVT 1262 dapat ditemukan di-repositioning pipa blow-by. Untuk sepeda motor Ducati yang lain, pipa tersebut keluar dari dasar dibelakang silinder vertical. Namun, di XDiavel, pipa tersebut terintegrasi di penutupan belt. Sebagai tambahan, finishing untuk semua parts mesin diselesaikan dengan cermat.

XDiavel dirancang dengan transmisi 6-pecepatan dan memiliki gear sensor yang pertama kalinya berada di 1299 Panigale, tetapi koplingnya tipe oil bath dengan fungsi slipper. Pertama kalinya untuk Ducati adalah transmisi tipe belt. Untuk memasang katrol depan, penutup mesin telah mengalami perubahan.

Rasio final 28/80 bersusaian dengan rasio drive 15/43. Knalpot dari XDiavel merupakan sistem 2-in01 dengan bodi chamber-type dan dua tail pipes. Perutean pipa knalpot secara sengaja membuat mesin mudah dilihat seperti posisi central body didepan roda belakang.

Perawatan Berkala

Investasi konstan kepada kualitas – dipastikan dengan desain, materi dan insinyur canggih – memberikan Ducati untuk memberikan penjadwalan maintenance yang kompetitif. Interval perawatan rutin telah diperpanjang ke 15.000 km (9.000 mile) atau satu tahun dan pengaturan valve timing ke 30.000 km (18.000 mile) untuk memudahkan konsumen.

Peningkatan ini dihasilkan dengan memberikan materi khusus pada valve seats sehingga meningkatkan efisiensi pembakaran dan membatasi suhu dari mesin Ducati Testastretta DVT. Sebagai tambahan, sistem DVT yang inovatif tidak menyulitkan prosedur pengaturan valve timing.

Electronics

Ducati XDiavel dilengkapi dengan perangkat Bosch IMU (Inertial Measurement Unit) yang mengukur secara dinamis sudut roll dan pitch serta kecepatan sepeda motor dan handling sehingga menghasilkan peningkatan performa dan standar keselamatan. IMU memiliki tiga pilihan Riding Mode (Sport, Touring dan Urban).

Setiap Riding Mode mengatur performa mesin, daya maksimum, pengaturan Ducati Traction Control dan Cornering ABS yang berbeda. Semua sistem control electronic dapat diatur untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Pengaturan tenaga mesin XDiavel disalurkan melalui sistem Ride by Wire. Melalui sistem elektronik dimana sinyal dibaca dan diproses computer yang mengatur throttle body aperture. Sistem Ride by Wire memberikan tiga mapping engine power delivery yang berbeda.

Sport

Dengan Sport Riding Mode, XDiavel menjadi agresif dan menghasilkan tenaga maksimal 156 dk. Mode ini memberikan full control ke throttle response untuk akselerasi maksimal. Digabungkan dengan intervensi DTC (Level 2), mode ini sempurna untuk para pengemudi yang mencari maksimum adrenalin dan menikmati performa dari Ducati Testastretta DVT 1262.

Touring

Untuk Touring Riding Mode, Ducati memberikan power delivery yang enjoyable di 156 dk, tapi dengan konfigurasi perjalanan yang menghasilkan torsi lebih lembut dan mudah digunakan. Traksi pada bagian belakang dikontrol dengan DTC dan diatur untuk riding yang aman (Level 4). Mode ini cocok untuk rider yang mencari kemanan dalam perjalanan yang panjang. Dengan ABS, level interaksi menjadi Level 3.

Urban

Untuk Urban Mode engubah XDiavel menjadi sepeda motor yang mudah digunakan dalam kondisi lalu lintas yang padat. Urban Riding Mode membatasi tenaga menjadi 100 dk dengan traction control tinggi (Level 6).

DTC (Ducati Traction Control)

Ducati Traction Control memiliki fungsi untuk menjaga tenaga yang disalurkan ke roda belakang dan mencegah terjadinya wheelspin ketika berakselerasi atau saat menikung. Dalam beberapa milidetik DTC dapat mencegah terjadinya wheelspin sehingga anda dapat melaju dengan cepat, stabil dan aman.

Sistem tersebut memiliki 8 tingkatan. Setiap tingkatan telah diatur untuk memberikan toleransi terhadap tenaga yang disalurkan ke roda belakang . Level 1 dan 2 dimaksudkan untuk riding bergaya sport sehingga system ini mengizinkan terjadinya wheelspin yang tinggi. Level 3 dan 6 memastikan traksi terbaik dalam perjalanan. Level 7 dan 8 meningkatkan traksi untuk perjalanan dengan kondisi lintasan basah atau licin.

DPL (Ducati Power Launch)

Jiwa “Dragster” yang terdapat di XDiavel dapat disalurkan melalui Ducati Power Launch (DPL). Sistem tersebut membantu pengendara untuk menghasilkan akselerasi yang menakjubkan dan aman . DPL memiliki 3 mode dimana Level 1 menghasilkan performa maksimum sedangkan level 3 menjaga tenaga yang dihasilkan oleh XDiavel ketika melakukan akselerasi spontan. DPL dapat diaktifkan melalui tombol pada bagian kanan dari switch gear. Ketika mode ini aktif, pengendara dapat menyesuaikan level intervensi melalui menu di dashboard. Saat level sudah dipilih, pengendara menekan tuas kopling, pindah ke gigi pertama dan putar akselarator penuh, setelah itu secara perlahan melepaskan kopling dan rasakan akselerasi yang mengagumkan.

Sistem ini berhenti ketika sepeda motor mencapai 120 kph (75 mph) atau ketika dalam gigi ketiga atau ketika sepeda motor melambat dan memasuki kecepatan 5 kilometer per jam (3 mph). Untuk melindungi kopling, sang algoritme telah dirancang untuk membatasi pemulaan konsekutif. Satu per satu, jumlah “sisa launch” dapat diulang ketika sepeda motor kembali dalam kondisi penggunaan normal.

Bosch Brembo brake system with Cornering ABS system

XDiavel dilengkapi dengan peranti rem Brembo dan perangkat Cornering ABS 9,1MP di paket Ducati Safety Pack (DSP). Cornering ABS menggunakan platform Bosch IMU (Inertial Measurement Unit) untuk mengoptimalkan daya pengereman pada bagian depan dan belakang termasuk dalam kondisi kritikal serta dimana sepeda motor dalam kemiringan ekstrim. Melalui interaksi dengan Riding Modes, sistem tersebut memberikan solusi yang tepat untuk segala situasi membahayakan ketika berkendara ataupun segala situasi lintasan dalam perjalanan.

Diciptakan untuk memperbaiki traksi roda belakang dan depan saat pengereman darurat. Apabila diperlukan ABS dapat dinonaktifkan melalui instrument panel dalam semua Riding Mode, dan setting dapat disimpan dan digunakan pada Key-On.

Secara sempurna, sistem ini terintegrasi dengan Ducati Riding Modes dan memiliki tiga tingkat pengaturan. Level 1 memberikan performa sports riding maksimum dengan hanya mengaktifkan ABS pada roda depan saja. Level 2 memastikan keseimbangan antara roda depan dan belakang tanpa deteksi peningkatan traksi ke roda belakang namun tetap terintegrasi dengan Cornering braking sistem dan dikalibrasi untuk riding sports-style. Level 3, khusus mode Touring dan Urban, optimalisasi dari peranti ABS.

Dashboard

Dashboard XDiavel memiliki layar TFT dengan module lampu peringatan terpisah dan diposisikan diatas handlebars. Dashboard ini memiliki empat mode display. Memiliki beberapa mode pengaturan display, mode Default memberikan informasi yang krusial dan dihadirkan dengan style yang keren. Mode lain merupakan Track, Full dan City yang meneysuaikan dengan Riding Modes.

XDiavel memiliki switchgears khusus dengan tombol red-backlit. Dalam kondisi tidak berjalan, para pengemudi dapat menggunakan switchgear dibagian kiri untuk akses menu dan mengatur serangkaian fungsi seperti setting DTC dan DPL dan Cornering ABS. Cruise Control pun mendapat tombol khusus untuk diaktifkan dan mengatur kecepatan.

XDiavel S dilengkapi dengan fitur Bluetooth. Menghubungi smartphone ke dashboard, memberikan para pengendara leluasa untuk menerima panggilan masuk, pesanan singkat tayang di layar serta musik yang sedang didengarkan.

Lampu

Pemasangan lampu XDiavel merupakan hasil dari pekerjaan desain yang intense. Lampu bagian depan dan belakang merupakan unit full-LED dan didesain untuk memberikan motor ini dengan penampilan mudah dikenali. Secara otomatis, lampu akan menyesuaikan konfigurasi siang hari ke malam melalui sensor di dashboard. Fungsi tersebut, ketika diinginkan, dapat dinonaktifkan untuk secara manual.

Headlight untuk XDiavel S merupakan DRL (Daytime Running Light). DRL ini merupakan lampu bagian samping yang memastikan visibilitas untuk motor saat siang hari serta memberikan XDiavel fitur-fitur yang unik dan berbeda.

Hands Free Ignition

Menyalakan mesin XDiavel dapat tanpa menggunakan kunci mekanikal. Dalam jarak dua meter dari sepeda motor, secara otomotis sistem XDiavel membaca kode kunci elektronik sehingga pengendara dapat menyalakan mesin tanpa mengeluarkan kunci dari kantong.

Dengan menekan tombol key-on, control panel XDiavel akan menyala dan mempersiapkan mesin untuk diaktifkan. Kunci ini dilengkapi dengan sensor yang terhubung dengan XDiavel dan terdapat kunci mekanikal untuk membuka tangki bensin.

Sistem tersebut termasuk actuator elektrik penguncian stang ketika sepeda motor dalam kondisi parkir dan diaktifkan dengan tekanan tombol. Ketika pengemudi kembali ke sepeda motor, secara otomatis kunci akan dibuka saat key-on.

Sasis

XDiavel dibuat dengan frame tubular Trellis yang menyatu dengan mesin Ducati Testastretta DVT 1262 sebagai bagian dari sasis dan pelindung mesin. Frame ini menyatu dengan mesin dan dua kepala silinder seperti subframe aluminium shell-cast. Terikat dengan mesin juga dua forged aluminium plates (machine-finished untuk varian S).

Bagian bawah dari swingarm adalah cetakan, dimana bagian atas Trellis adalah bagian yang dapat dilepas sehingga memudahkan pengeluaran final – belt transmisi. Walaupun XDiavel memiliki wheelbase 1615 mm, geometry sasis yang gesit dan kemampuan untuk bersandar dengan kemiringan 40 derajat.

Suspensi

Bagian depan dari XDiavel dilengkapi dengan fork 50 mm Marzocchi bersama black anodized sleeves dan compression damping yang bisa disesuaikan serta spring pre-load (varian S mendapat fork tubes dengan DLC coating). Pengaturan damping compression dan spring pre-load berada di bagian kiri fork tube, dimana rebound adjustment berlokasi di bagian kanan.

XDiavel memiliki cast aluminium slanted for yokes dengan risers yang mendukung aluminium alloy handlebards berdiameter 32 mm dengan rubbermounted tube eksternal yang memiliki diameter 22 mm. Dengan headstock rake 30 derjaat dan offset 130 mm, XDiavel memberikan front end agility dan kesempurnaan untuk handling dan steering lock yang terbaik.

Pada bagian belakang, XDiavel memiliki monoshock Sachs dengan spring loaded dan damping rebound yang dapat diaturkan dengan reservoir terpisah. Tertanam hampir horizontal, shock absorber bekerjasama dengan linkage progresif.

Peranti Rem

Dibagian depan XDiavel adalah performa pengereman terbaik dari rem Brembo dengan radial monoblock calipers M4 32 (M50 untuk varian S) digerakkan dengan radial brake pump PR18/19 yang memiliki fitur integrated aliuminium reservoir. Callipers tersebut memegang dua 320mm floating discs. Pada bagian belakang merupakan 265 mm disk dan rem 2-piston PF 30/32 caliper yang dibuat oleh Brembo.

Roda dan Ban

XDiavel dirancang dengan velg 14-spoke. Dibagian depan memiliki velg 3.5” x 17’’, dan 8” x 17’’ dibagian belakang. Varian S dilengkapi dengan velg 12-spoke machine-finished dengan desain yang indah.

Bagian depan dirancang dengan ban 120/70 ZR17 tradisional dengan tapak yang didesain ulang untuk meningkatkan performa dalam lintasan basah. Ban belakang adalah 240/45 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II. Untuk meningkatkan traksi terbaik ketika berbelok serta menghasilkan jarak tempuh yang baik, ban belakang memiliki fitur dual compound technology dan EPT (Enhanced Patch Technology).

Dua fitur tersebut membantu meningkatkan traksi. Desain tread dan materi yang terbaik memastikan peforma luar biasa dalam semua kondisi perjalanan, termasuk yang basah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *