The all-new BMW M2 Coupé kini hadir di Indonesia

BMWM2Coupe_lowres

Hari ini, BMW Indonesia untuk pertama kalinya memperkenalkan the all-new BMW M2 Coupé.  Kendaraan ini didesain untuk tetapkan standar baru dalam hal kedinamisan pada segmen kendaraan sport kompak dengan performa tinggi.

The all-new BMW M2 Coupé tawarkan teknologi motorsport yang sangat kompetitif di lintasan balap namun juga sesuai untuk digunakan di jalan raya Jakarta yang cukup padat. Pada saat yang sama, kendaraan ini menjadi bukti kekuatan huruf M sebagai ‘huruf paling kuat di dunia otomotif’.

“M adalah motorsport dan BMW M juga melambangkan emosi. The all-new BMW M2 Coupé yang kehadirannya sudah lama dinantikan ini merupakan titik masuk baru line up BMW M, dan kendaraan luar biasa ini pula merupakan jawaban tegas BMW untuk kebutuhan di segmen kendaraan sport kompak dengan performa tinggi yang terus berkembang dan diwarnai kompetisi sengit. Saya yakin BMW akan menarik banyak pelanggan baru yang muda, aktif dan dinamis dengan hadirnya kendaraan sport terbaru ini,” ujar Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia.

Sejak tahun 1972, BMW M telah ciptakan sejumlah kendaraan legendaris yang sukses memikat hati penggemar motorsport di seluruh dunia. Termasuk di antaranya model klasik BMW 2002 Turbo yang merupakan salah satu kendaraan paling memikat di zamannya serta kendaraan pabrikan Eropa pertama yang diproduksi dengan turbocharger.

“Sudah lebih dari 40 tahun sejak BMW 2002 Turbo menjadi tolok ukur bagi kendaraan dengan tingkat kedinamisan dan kelincahan yang tinggi. Kini, misi kami untuk memberikan kenikmatan berkendara untuk pelanggan yang sangat kami hargai dalam sebuah desain kompak terwujud. Dan hari ini, kendaraan yang sudah ditunggu banyak orang tersebut telah hadir,” tambah Karen.

Desain khas BMW M.

Hanya perlu sekilas pandang untuk memastikan bahwa the all-new BMW M2 Coupé termasuk dalam line up BMW M. Desain yang tajam melengkapi atributnya yang dinamis. Terinspirasi oleh model-model kendaraan bersejarah BMW di arena balap, desain dari the all-new BMW M2 Coupé mewakili potensi performa yang luar biasa.

Apron depan rendah dengan intake udara besar, sisi samping dengan garis otot yang dipertegas insang pada bagian fender sebagai ciri khas M, pelek aluminium 19-inci dengan desain double-spoke khas line up BMW M, serta penggunaan knalpot M-specific twin-tailpipe memainkan peran penting dalam menunjukkan ciri khas M pada the all-new BMW M2 Coupé.

Karakter khas kendaraan BMW M tidak hanya hadir di bagian eksterior namun juga tampil pada desain interior. Balutan Alcantara pada detail pintu danhandbrake boot bersama dengan open-pore carbon fibre di bagian dashboard dan center console menunjukkan kualitas desain interior tingkat tinggi serta tampilkan ciri khas kendaraan sport yang semakin diperkuat dengan jahitan Polar Blue contrast stitching dan juga embos huruf M pada detail-detail tertentu.

Keberadaan BMW M sports seats, lingkar kemudi BMW M sports, dan BMW M gearshift lever memastikan pengemudithe all-new BMW M2 Coupé dapat mengendalikan kendaraan mereka dengan sempurna.

Teknologi mutakhir M TwinPower Turbo.

The all-new BMW M2 Coupé ini dilengkapi dengan mesin enam silinder segaris yang telah melalui pengembangan secara ekstensif dengan kapasitas 3 liter dan teknologi BMW TwinPower Turbo. Dilengkapi TwinScroll turbocharger dengan exhaust manifold yang memiliki saluran kembar, terpisah dengan dinding tipis untuk mendukung efisiensi mesin yang lebih baik. Beberapa komponen, seperti piston dengan optimized top rings dan grey cast iron liners serta crankshaft main bearing shells berasal dari mesin BMW M3/M4.

Disalurkan melalui M Double Clutch Transmission (M DCT) 7-percepatan dengan Drivelogic, the all-new BMW M2 Coupé mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 370 hp dan torsi puncak pada 465 Nmmulai dari 1.400 rpm hingga ke 5.560 rpm, dengan fungsi overboost, torsi melonjak hingga 500 Nm (+35 Nm) dari 1.450 rpm ke 4.750 rpm. Mesin yang tangguh ini dapat mencapai 0 – 100km/jam hanya dalam waktu 4,3 detik berkat teknologi inovatif dari mesin BMW M TwinPower Turbo.

Selain responsnya yang tajam dan penyampaian daya yang optimal, the all-new BMW M2 Coupé ini mampu mengurangi konsumsi bahan bakar menjadi hanya 12,7 km/l (gabungan) dan emisi CO2 185 g/km (gabungan). Hal ini dicapai melalui berbagai teknologi EfficientDynamics yang mencakup fungsi seperti Auto Start Stop, sistem Brake Energy Regeneration, Electric Power Steering, serta teknik pengurangan berat pada rangkaian arsitekturnya.

Salah satu faktor yang secara siginifikan mengurangi bobot kendaraan adalah penggunaan  bahan lightweight aluminum pada as roda depan dan belakang yang juga digunakan pada BMW M3 Sedan dan BMW M4 Coupé. Bahkan, komponen kunci seperti sasis, control arms, pelat khusus pada double-joint spring-strut di as roda depan dikembangkan secara khusus untuk mengurangi bobot hingga 5 kg jika dibandingkan dengan pengembangan dengan konstruksi baja konvensional. Pengurangan bobot juga diteruskan dengan penggunaan tubular anti-roll bar dan suspensi dengan konstruksi khusus.

Teknologi motorsport untuk penggunaan sehari-hari.

Motorsport adalah akar dari BMW M GmbH, seperti yang dapat terlihat pada seluruh line up kendaraan BMW M. Dengan mengusung tradisi ini, the all-new BMW M2 Coupé menunjukkan kepemimpinan dalam halkedinamisan, sensasi berkendara, stabilitas, tingkat presisi lingkar kemudi dan kemudahan pengendalian di segmennya tanpa mengorbankan faktor yang mendukung penggunaan sehari-hari. Untuk menyalurkan potensi kendaraan ini seefektif mungkin di jalan raya, pengembangan ban khusus pada all-new BMW M2 Coupé dilakukan bersama dengan pembuatan as roda.

Serangkaian faktor tertentu menjadi prioritas di sini – terutama ketika didedikasikan untuk kendaraan sport dengan performa tinggi. Salah satu contohnya, roda depan harus memiliki stabilitas lateral dan directional serta tingkat sensitivitas lingkar kemudi yang baik, sedangkan di saat yang bersamaan lingkar roda belakang dituntut untuk memberikan traksi yang optimal, stabilitas lateral dan directional yang presisi. Untuk mencapai hal tersebut, para insinyur di BMW M memutuskan untuk menggunakan velek aluminium dengan ukuran dan profil ban yang berbeda pada lingkar roda depan dan belakang dari the all-new BMW M2 Coupé.

Rem performa tinggi yang terdapat pada the all-new BMW M2 Coupé berasal dari riset BMW di dunia motorsport dan dapat diidentifikasi dengan mudah melalui kaliper rem (empat-piston di depan dan dua-piston di belakang) dengan warna biru metalik dan menampilkan logo BMW M pada bagian depan.

Kaliper BMW M compound brakes yang hadir sebagai fitur standar pada the all-new BMW M2 Coupé ini juga dilengkapi dengan perforated – inner vented brake disc yang terbuat dari greycast iron dengan diameter 380mm di bagian depan dan 370mm di bagian belakang, sementara as penghubung pada cakram rem tersebut dibuat dari bahanaluminium untuk mengurangi berat keseluruhan.

Kemampuan drift.

Untuk menambah faktor kedinamisan the all-new BMW M2 Coupé, kendaraan ini dilengkapi dengan BMW M Dynamic Mode (MDM). MDM adalah sub-fungsi dari Dynamic Stability Control (DSC), yang secara efektif mengantisipasi oversteer atau understeer atau kehilangan traksi dengan mengambil langkah-langkah (mengurangi tenaga mesin, pengereman individual pada setiap lingkar roda) untuk menstabilkan kendaraan.

Namun, dalam situasi tertentu – misalnya pengemudian sporty dan dinamis di lintasan balap – putaran tenaga berlebih pada as roda belakang dapat menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Di sini, MDM, yang diaktifkan secara otomatis dalam mode yang dianjurkan untuk mengemudi di dalam sirkuit – SPORT+ atau dapat diaktifkan dengan menekan tombol DSC, memungkinkan adanya slip yang lebih lebar. Batasan toleransi stabilitas DSC diperluas untuk memberikan kebebasan bagi pegemudi untuk mengukur batas kemampuannya.

Slip yang lebih lebar akan meningkatkan traksi dan menciptakan daya dorong. Oversteer dan understeer yang lebih signifikan dapat dilakukan, begitu pula dengan drift, tetapi disaat yang bersamaan fitur keselamatan aktif DSC tetap dapat diandalkan dalam situasi kritis.

Keunggulan dinamis sebagai standar.

Piranti standar dari all-new BMW M2 Coupé telah mewakili elemen penting dari desain yang memiliki orientasi performa. Termasuk di antara unsur tersebut adalah BMW M Sport suspension yang ringan dan serta Active M Differential di gardan belakang, yang mengoptimalkan traksi dan memaksimalkan stabilitas. Transmisi 7-percepatan BMW M Double Clutch Transmission (M DCT) dengan Drivelogic hadir sebagai fitur standar, memungkinkan pergantian gigi yang halus, tanpa gangguan pada aliran tenaga dan akselerasi yang optimal di luar jalur berkat fungsi Launch Control yang terintegrasi.

Soundtrack BMW M yang tersusun sempurna.

Salah satu kontributor utama bagi pengalaman yang luar biasa pada the all-new BMW M2 Coupéadalah knalpot yang dioptimalkan dengan sistem flap khusus. Dengan empat pipa di bagian belakang, exhaust system inidengan cepat mengidentifikasikan all-new BMW M2 Coupé sebagai bagian dari line up kendaraan BMW M dan back-pressure yang minimal juga memastikan siklus mesin yang sempurna.

Selain itu, flap knalpot yang dikendalikan secara elektrik juga menciptakan suara mesin khas BMW M di seluruh rentang putaran mesin tanpa mendorong tingkat volume ke batas yang berlebihan. Pengemudi dapat menggunakan switch Driving Experience Control – comfort, SPORT, SPORT+ – untuk memilih mode berkendara dan suara yang telah dikonfigurasikan sesuai dengan pilihan tersebut.

Eksklusivitas BMW M.

Daftar perlengkapan standar untuk the all-new BMW M2 Coupé, yang tersedia dalam empat varian warna eksterior – Long Beach Blue metallic, Alpine White, Black Sapphire, dan Mineral Grey – juga termasuk BMWM sports seats, BMW M steering wheel, BMW M footrest dan bantalan lutut pada konsol tengah, untuk memberikan sensasi menyatu pada kendaraan, serta dashboard dengan open-pore carbon fibre, instrument cluster dengan desain khas BMW M – yang dibuat khusus untuk the all-new M2 Coupé dan logo BMW M pada door sill plates, tuas perseneling, lingkar kemudi, dan rev counter yang hadir secara eksklusif pada the all-new BMW M2 Coupé. Dimana seluruh rangkaian dari fitur tersebut hadir untuk membuat pengemudi menyatu dengan berbagai kondisi jalan.

BMW ConnectedDrive.

Berbagai pilihan sistem bantuan pengemudi dan layanan mobilitas dari BMW ConnectedDrive juga tersedia pada the all-new BMW M2 Coupé. ConnectedDrive Services menjadi basis untuk konektivitas kendaraan yang luas, dan layanan ini juga memungkinkan pengoperasian aplikasi inovatif, yang terintegrasi dengan kendaraan menggunakan teknologi BMW ConnectedDrive.

Salah satu contohnya, aplikasi GoPro yangmemungkinkan pengemudi untuk merekam waktu setiap putaran di lintasan dengan kamera yang terpasang pada dashboard, dikendalikan dengan BMW iDrive Controller dan tampil pada Control Display.

Sementara itu, gaya individual pengemudi dapat dianalisis dengan aplikasi BMW M Laptimer. Aplikasi ini kemudian akan bekerja langsung, merekam kecepatan kendaraan, kecepatan, putaran mesin, gigi yang digunakan, sudut kemudi, posisi pedal gas, dan konsumsi bahan bakar. Ini berarti bahwa ketika data dianalisis melalui display grafis di smartphone pengguna ,reaksi saat mengemudi juga dapat dinilai. Fitur yang lain memungkinkan dua pencatatan pada jalur yang sama untuk dibandingkan sudut demi sudut. Berbagai informasi yang ada dapat dibagikan dengan mudah melalui e-mail atau media sosial.

Ketersediaan dan harga.

The all-new BMW M2 Coupé akan tersedia di dealer-dealer resmi BMW dari Mei 2016. All-new BMW M2 Coupé akan ditawarkan dengan harga Rp. 1.349.000.000,- off-the-road. Setiap unit kendaraan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

Ban kendaraan juga ditanggung oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban per tahun sampai 100% yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempes. Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *